Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Tindakan Tepat yang Bisa Dilakukan Bila Anak Terkena Cacar Api

Cacar api yang sebelumnya telah membahas tentang cacar air dan kini akan menjadi ulasan sederhana dari penyakit kulit cacar api atau cacar ular (herpes zoster). Pada umumnya herpes zoster alias cacar api lebih mendominasi kalangan lanjut usia dan kalangan dewasa.

Penyakit kulit cacar api tidak hanya terjadi pada kalangan dewasa saja, ternyata baru-baru ini banyak dari kalangan anak-anak yang mengalami hal serupa dari cacar air yakni berupa cacar api (herpes zoster).

Herpes zoster yang merupakan nama medis dari cacar api ini  penyakit kulit yang diakibatkan oleh virus varisella zoster yang sama terjadi pada kasus cacar air. Sebelum mengalami keluhan penyakit kulit herpes zoster, maka pernah memiliki riwayat penyakit cacar air terlebih dahulu.

Pada umumnya penyakit kulit cacar api tidak memicu gejala layaknya cacar air, biasanya akan muncul bintil berair hanya tersebar di area kulit yang dipersarafi oleh sekelompok saraf tertentu dan unilateral (satu sisi) misalnya sisi kanan atau sisi kiri tubuh seseorang.

Meski pun cacar api hanya terjadi pada kalangan dewasa secara dominan, tetapi cacar api dapat terjadi pada kalangan anak bahkan bayi yang baru lahir. Ternyata ada beberapa jenis penyakit hampir mirip dengan cacar api antara lain impetigo bulosa dan steven johnson syndrome.

Virus dari cacar api ini hidup dan berkembang dalam kurun waktu tidak sebentar di dalam tubuh. Dalam keadaan pasif sampai menunggu kondisi tubuh melemah kemudian menjadi aktif hingga akhirnya menyerang tubuh.

Dalam melakukan beberapa perawatan di rumah oleh orang tua terhadap anaknya yang mengidap cacar api sangat tidak disarankan untuk menggaruk-garukan kuku tangannya pada area kulit yang mengalami cacar api.

Tanda dan gejala dari jenis penyakit kulit cacar api

  • Penderita mengalami demam sebelum munculnya veksikel

Munculnya ruam pada kulit dan muncul makula dengan warna kemerahan. Kurun beberapa waktu tertentu, makula akan menjadi veksikel dengan cairan di dalamnya. Kemudian akan pecah beberapa hari kemudian yang menjadikan rasa nyeri dan panas terbakar bagi yang terkena penyakit ini.

Cacar api merasa panas dan nyeri dengan menyerang bagian tubuh seperti punggung, dada dan bagian leher. Gejala yang dirasakan bagi pengidap cacar api diantaranya rasa gatal rasa sakit muncul tidak mampu di tahan, mati rasa kesemutan hingga terbakar di kulit menyengat, demam menggigil, sakit kepala dan hingga mudah lelah.

Artikel yang terhubung : QnC Jelly Gamat Emas Herbal untuk Cacar

Seupaya mungkin orang tua agar memberikan taburan bedak anti gatal pada bintil yang belum pecah. Selagi masih terdapat bintil-bintil yang belum pecah agar disarankan tidak memandikan anak terlebih dahulu supaya menghindari iritasi kulitnya.

Penyakit cacar api biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri dan panas pada area tubuh yang mengalami cacar oleh karenanya dinamakan cacar api atau cacar ular layaknya tersengat bisa ular.

Cacar api membentuk gelembung cairan yang sangat kecil berbintil merah layaknya tersundut rokok panas. Berkaitan dengan hal itu, maka penyakit cacar api ini bisa memicu beberapa komplikasi parah di kulit meliputi :

  • Kerusakan pigmen kulit

Keluhan penyakit kulit cacar api bisa menyerang sistem jaringan kulit dalam termasuk merusak sel induk dan pembentuk pigmen dalam kulit.  Setelah luka cacar api mengering dan sembuh, kulit akan memberikan bekas noda bintik putih yang tidak akan hilang.

  • Sindrom Ramsay Hunt

Sindrom tersebut menjadikan gejala jika serangan virus varisella zoster mencapai jaringan saraf pada otak. Akibatnya cukup berat juga dapat memicu dampak buruk diantaranya rasa sakit kepala parah, cacat, rusaknya indera pendengaran, keseimbang dan gangguan motorik tubuh.

  • Pneumonia dan meningitis

Tahukah bahwa penyakit kulit herpes zoster alias cacar api mampu memicu terjadinya gangguan lain berupa infeksi saluran pernafasan atas dan sistem kerja saraf pusat otak.

  • Neuralgia pasca herpes

Herpes zoster atau cacar api dapat mengakibatkan jaringan saraf pada lapisan kulit yang menjadi dampak jangka panjang begitu buruk untuk kesehatan. Dampak luka bisa saja memicu rasa sakit dan gatal untuk waktu tidak sementara.

  • Herpes zoster mata

Berkaitan pada area kulit yang terkena infeksi virus herpes zoster maka bisa pula terjadi pada bagian mata seseorang. Cacar api terjadi pada mata akan merusak selaput luar bola mata. Bahkan kondisi selanjutnya dapat menjadi kerusakan jaringan, sistem saraf mata dan menyakitkan berupa glaukoma.

Cara pengobatan atau tindakan tepat dalam membantu mencegah penyakit cacar api pada anak

Untuk bisa mengobati cacar api yang terjadi pada anak-anak sangat penting perawatan dari kalangan medis. Sebenarnya untuk membantu mengatasi masalah cacar api yang paling tepat hanya menunggu perawatan ahli medis alias dokter.

Dokter spesialis kulit akan memberikan pengobatan dan perawatan khusus secara intensif dengan pemberian antibiotik dan anti virus. Adapun pemberian antibiotik berupa vaksinasi membantu perantara penyembuhan penyakit kulit.

Perawatan cacar api sebenarnya hampir serupa dengan penyakit cacar air. Umumnya membutuhkan 14 sampai 39 hari untuk penderita cacar api sampai sembuh secara optimal.

Tindakan Tepat yang Bisa Dilakukan Bila Anak Terkena Cacar Api

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.