Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Terungkap Seluruh Manfaat Ramuan Buah Tunjuk Langit Dari Biji Mahoni

Biji mahoni atau buah tunjuk langit yang sekian lama baru-baru ini diperbincangan hangat oleh kalangan publik terutama diketahui akan khasiat luar biasa dari biji mahoni untuk bahan ramuan.

Pada umumnya biji mahoni yang dimanfaatkan untuk secara langsung di makan mentah, tetapi ada juga yang dikeringkan terlebih dahulu untuk dibuat kapsul pada bahan jamu. Biji mahoni ketika saat di konsumsi akan terasa pahit dirasakan melebihi pahitnya biji atau jamu brotowali atau patrawali.

Ya, itu karena rasa pahitnya ini biji mahoni masyarakat meyakini dengan persepsinya secara turun temurun dari orang zaman dulu yang bisa membantu dalam hal pengobatan tradisional.  Biji mahoni seperti sudah dikatakan sebelumnya bisa membantu untuk berbagai macam pengobatan tradisional dan sudah ada semenjak dahulu mengenai pengenalan khasiat biji tersebut.

Sebenarnya bentuk biji mahoni ada kemiripan dengan pisau kecil juga sangat ringan sehingga anak-anak biasanya akan menerbangkan biji mahoni sebagai mainan baling-baling yang memutar di udara.

Jangan salah jika rasa biji mahoni yang sangat pahit itu ternyata menyimpan segudang bahan pengobatan medis seperti pengobatan konvensional sekarang ini.

Sekiranya ada orang yang sudah mengetahui prihal manfaat biji mahoni itu tandanya sudah mempunyai peluang pengobatan yang alami dan tradisional. Banyak sumber referensi artikel pengobatan di internet yang lebih padat informasinya dan akurat tetapi disini adalah sharing (berbagi) informasi kepada semua pihak dalam rangka mengupayakan pemakaian produk pengobatan tradisional resep para leluhur.

Saat pertama kali menggigit atau mengunyah biji mahoni kering mungkin mata terasa terpejam merasakan pahitnya biji herbal yang satu ini. Tetapi, jika sudah sering dilakukan mengonsumsinya mungkin rasa pahit itu akan terbiasa.

Dan yang jelas tidak boleh terlalu sering dalam mengonsumsinya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan jika berlebihan dalam mengonsumsinya.

Kenapa dikatakan biji mahoni sebagai buah tunjuk langit ? Karena buah mahoni yang apabila sudah merekah dan tumbuh selalu mengarah keatas langit dan berbeda dengan buah pada umumnya, makanya disebut sebagai buah tunjuk langit.

Mengenai pembahasan kali ini kita bisa saling berbagi info tentang bahan-bahan ramuan alami yang mungkin dapat dicoba di sekitar lingkungan salah satunya dengan biji mahoni.

Biji mahoni banyak yang tidak mengetahui manfaat pengobatannya, padahal itu sudah jelas banyak orang di sebagian kalangan merasakan khasiat atas pemulihan kondisi tubuh setelah makan biji mahoni kering.

Ya, biji mahoni kering orang mengonsumsinya langsung tetapi harus dikupas dulu lapisan yang menyelimuti biji mahoni tersebut dan akan keluar biji mahoni putih mirip seperti obat tablet kebanyakan.

Rasanya memang pahit, apalagi dikonsumsinya tidak dengan bahan yang manis dan jangan pernah sekali-kali mengonsumsi biji mahoni dengan minuman berkafein tinggi seperti kopi dan semacamnya. Hal demikian tentu sangat bereaksi ketika sudah dicoba mengonsumsinya yang lama kelamaan menimbulkan efek samping tertentu.

Banyak industri jamu dan obat herbal mencoba mengolahnya ke dalam campuran bahan herbal bersama bahan herbal lainnya. Tetapi sekali lagi yang perlu diingat jika konsumsi biji mahoni secara berlebihan akan berakibat patal dan memicu reaksi efek samping atau kontra indikasi berbahaya bagi beberapa kalangan.

Dalam bahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh lagi akan khasiat yang paling alami dari buah tunjuk langit si biji mahoni berikut.

Perkenalan dari tumbuhan mahoni

Menurut sejarahnya pohon mahoni berasal dari daratan kepulauan Solomon tapi sudah tersebar habitatnya di wilayah Asia dan daerah yang beriklim tropis serta subtropis. Tumbuhan ini bisa hidup ratusan tahun sehingga bisa untuk digunakan keperluan manusia secara umum.

Mahoni terkenal sebagai pohon yang menghasilkan batang pohon untuk kebutuhan dalam pembuatan perabotan kayu dan ukiran. Akan tetapi, mahoni kayu yang juga mempunyai kegunaan lain ternyata bagian tumbuhan mahoni seperti bijinya baik untuk pemanfaatan kesehatan.

Biji mahoni yang dikenal sampai sekarang bersumber dari pohon mahoni sangat bervariasi untuk bidang pengobatan alami. Terdapat senyawa 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin itu menjadikan lebih kaya akan nutrisi dari biji layaknya nutrisi pada ginseng.

Ada pun unsur-unsur pengobatan lain terdapat kandungan vitamin lengkap, mineral lengkap, protein, asam lemak, dan semua itu dibutuhkan baik oleh tubuh.

1. Manfaat biji mahoni berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah yang normal dan pencegahan penyakit jantung

Diantara keuntungan besar dari khasiat biji mahoni adalah efeknya pada peningkatan sirkulasi darah. Flavonoid dalam biji mahoni langsung  segara membantu dalam meingkatkan sirkulasi darah, sementara saponin baik dalam meningkatkan fungsi kerja jantung.

2. Biji mahoni bisa mengontrol gula darah

Khasiat kebaikan dalam biji-biji mahoni kering yang mampu mengatur gula darah. Bagi kalangan penderita diabetes, mengonsumsi 1/2 sendok teh bubuk biji mahoni dengan air hangat sebelum dan sesudah makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Kandungan saponin pada biji mahoni berperan aktif dan segera membantu membersihkan kadar gula darah.

3. Ternyata Biji mahoni bisa untuk penawar serangga untuk menghindari gigitan atau sengatan

Secara khusus rasa yang pahit dan aroma khas begitu menyengat dari biji mahoni, tentu bukan hanya serangga saja yang menghindar manusia juga pasti menjauh. Tapi bukan dari hal itu, saponin pada biji mahoni bersifat anti serangga.

Bagi masyarakat yang sering kontak langsung dengan serangga seperti halnya nyamuk dan lebah di iklim tropis maka biji mahoni juga bisa digunakan sebagai obat topikal di kulit.

4. Mengatasi masalah sembelit dengan konsumsi biji mahoni

Saat mengalami kondisi sembelit, susah sekali mengeluarkan feses dari dubur, untuk membantu melancarkannya tidak salah kalau memilih biji mahoni. Jika diminum bersama air hangat biji mahoni mentah kering baik untuk buang air besar (BAB) yang keras.

5. Mengurangi gejala alzheimer

Apabila penderita mengalami penyakit alzheimer dapat mecoba menambahkan beberapa biji mahoni seperti bubuk biji mahoni dalam secangkir diseduh dengan susu murni.

Penyakit alzheimer sebenarnya tidak dapat disembuhkan karena itu ada upaya untuk mengurangi gejala tersebut yaitu barusan melalui konsumsi biji mahoni.

6. Mengatasi nyeri saat haid kram dan semacamnya ketika datang bulan

Kalangan wanita yang mengalami nyeri saat haid dapat menahan rasa sakit dengan bantuan biji mahoni kering. Mengonsumsi biji mahoni pada hari pertama nyeri haid akan terasa berkurang dikemudian hari rasa nyeri kram dan lainnya.

7. Mampu meningkatkan kesuburan seorang wanita dewasa

Apabila banyak sekali yang ingin melakukan program hamil tetapi masih belum kunjung mendapatkan apa yang dicita-citakan itu berarti masih banyak solusi lain. Tepatnya melalui program kesuburan wanita perantara kegiatan mengonsumsi biji mahoni secara teratur.

8. Keunggulan biji mahoni bisa untuk meningkatkan nafsu makan

Sama seperti halnya jamu sering meningkatkan nafsu makan tetapi begitu ada jamu yang membuat orang bisa langsing. Faktanya kebanyakan jamu mampu meningkatkan nafsu makan seperti pada biji mahoni berkhasiat meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan.

Isi kandungan yang terdapat di dalam buah tunjuk langit atau biji mahoni kering

Setidaknya terdapat 3 bahan aktif senyawa pada biji mahoni yang bermanfaat untuk ramuan berupa flavonoid, saponin dan alkaloid.

  • Fungsi daripada flavonoid biji mahoni

Flavonoid berupa senyawa fenolik yang mengandung banyak pigmen tumbuhan. Unsur flavonoid bermanfaat bagi manusia khususnya sebab antioksidan sifat dimilikinya  mampu menangkal radikal bebas dan racun yang terdapat di dalam tubuh.

Sifat antioksidan dalam biji mahoni juga berfungsi untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan gangguan kesehatan jantung.

Sifat flavonoid mampu meningkatkan sirkulasi darah lancar, membantu meningkatkan kerja kardiovaskular, membersihkan pembuluh darah dari faktor penyumbat seperti trigliserida dan lemak, kolesterol berlebihan, mencegah arterioklerosis.

Flavonoid bersifat anti inflamasi yang mampu mencegah peradangan di jaringan tubuh dan bertugas untuk mengurangi efek rasa nyeri atau sakit selama masa pengobatan.

  • Saponin biji mahoni

Manfaat biji mahoni kemudian adalah unsur saponin didalamnya, itu berarti saponin berupa glukosida yang membentuk busa sabun jika dicampur dengan air.

Hal demikian diduga jika saponin sebagai sabun alami yang berasal dari tumbuhan dan memiliki sifat hipoglikemik jika digunakan sebagai camilan pada penderita diabetes.

Berdasarkan sebuah studi oleh peneliti Smith et Al dari Ekiti State University, Nigeria dan diterbitkan dalam Journal Of Drug Delivery & Therapeutics, mengungkapkan bahwa efek hipoglikemik dari saponin bahkan lebih kuat daripada obat antidiabetes generik. Maka sebab itu, bisa disimpulkan jika saponin yang terdapat pada biji mahoni sama halnya dengan obat antidiabetes.

Tidak hanya membantu dalam hal pengobatan diabetes hasil penelitian juga menerangkan kalau saponin berguna untuk mengatasi alergi adanya efek anti alergi, anti histamin menjadikan bermanfaat untuk mencegah penyakit alergi akibat virus seperti asma.

Para peneliti juga mendapat kajian ilmiah lain dimana manfaat saponin khususnya di biji mahoni mampu mengatasi disfungsi ereksi akibat diabetes. Sama halnya dengan kaya akan kandungan saponin dari ginseng sehingga khasiatnya mungkin akan sama.

  • Unsur alkaloid pada biji mahoni sangat diperlukan

Manfaat penting akhirnya itu terdapat kandungan alkalinya. Sudah diketahui bahwa secara umum penyakit timbul dikarenakan tingkat pH tubuh terlalu rendah atau asam. Segala sesuatu yang mencemari tubuh, termasuk racun dan radikal bebas bersifat asam.  Kandungan alkaloid biji mahoni mampu membantu detoksifikasi tubuh dan mencegah oksidasi dan efek merusak dari sifat asam.

Mengonsumsi biji mahoni secara teratur dan tidak berlebihan akan menjadikan tubuh lebih kebal terhadap serangan kanker, ditambah sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara cepat.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.