Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Serba Guna Garam untuk Aspek Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Serba Serbi Manfaat Garam dan Larutan Air Garam

Mungkin kebanyakan orang belum mengetahui apa saja manfaat garam itu, disamping sebagai bagian bahan bumbu masakan ternyata fungsi utamanya memang sangat beragam diantaranya baik untuk kesehatan juga perawatan kecantikan.

Kini diberbagai negara telah banyak yang mengetahui jika terapi air garam bisa membantu masalah kulit dari mulai alergi hingga dijadikan sebagai perawatan tubuh agar terlihat cantik.

Masyarakat diluar negeri sana atau wisatawan mancanegara mereka rela menghabiskan waktu berjemur di pantai sambil menikmati asinnya air laut itu, karena mereka sudah tahu jika air garam itu bermanfaat sekali bagi kesehatan dan kecantikannya.

Garam selalu dipentingkan oleh makhluk hidup tidak hanya manusia, ikan yang hidup di laut pun membutuhkan air asin garam sebagai tempat habitatnya, karena jika ikan laut hidup di air tawar tentu tidak mampu bertahan hidup cukup lama karena bukan tempat aslinya.

Tahukah kamu sejarah pengenalan garam di muka bumi ini ?

Garam memang perlu untuk keberlangsungan hidup manusia karena hal demikian sudah terjadi dari masa ke masa berabad-abad lamanya.

Kembali kepada masa prasejarah zaman dulu hingga saat ini, semua garam bersumber dari laut yang mati atau laut yang hidup (artinya di huni makhluk hidup di dalamnya).

Menurut sejarahnya garam senantiasa digunakan sebagai mata pencaharian perdagangan, itu berarti ketika zaman dulu orang lebih membutuhkan garam sebagai nilai tukar harga barang. Jika umpamanya orang membutuhkan barang pokok, maka bisa dengan memberikan segenggam garam kepala penjual barang pokok.

Di sub wilayah gurun Sahara abad ke 6 pedagang-pedagang suku Moor sering berkelana sambil memperdagangkan garam dalam jumlah yang sama sebanding dengan nilai harga emas murni.

Sejarah yang berbeda menyebutkan ketika tahun 1295 masehi, penjelajah Marco Polo kembali dari perjalanannya dan ia menceritakan kisah-kisah hasil penjelajahan dunianya itu tentang koin-koin garam yang membawa segel khan Agung dari Kerajaan Mongol.

Diceritakan di dalam kisahnya itu bahwa paling popoler terutama dari Maroko di selatan melintasi Sahara Ke Timbuktu terdapat lalu lintas rute perdagangan garam di seluruh dunia.

Garam sudah dikenal berabad-abad lamanya, Jadi dikatakan demikian, sudah sejak lama jika lidah indra pengecap manusia dikhususkan merasakan zat rasa asin tersebut. Bahkan sifat perubahan dari masa ke masa garam tetap awet ribuan tahun lamanya.

Saltnitsata merupakan kota dengan nama yang hampir dikaitkan pada garam itu sendiri karena kota paling pertama di Eropa yang telah membangun fasilitas produksi pengolahan garam.

Menurut hasil kajian arkeolog, jika Salnitsata mengumpulkan kekayaan dengan mata pencaharian memasok garam ke seluruh Semenanjung balkan.

Manfaat Air larutan garam untuk perawatan kulit

Nah diatas telah menjelaskan tentang sedikit sejarah pengenalan garam pertama kali di muka bumi ini. Lalu disini kita akan membahas tentang topik sebelumnya dari judul postingan kali ini mengenai serba guna garam untuk aspek kesehatan dan perawatan tubuh.

Kebanyakan garam itu lebih dominan dimanfaatkan sebagai bahan-bahan bumbu masakan saja. Memang hal itu nyata benar adanya, tetapi siapa sangka bahwa garam itu bisa berguna dalam merawat kecantikan kulit agar sehat dan terlihat indah.

Semisalnya saja di dalam dunia style fashion banyak bintang dan modeling sering menggunakan tindik telinga atau tindik hidung. Menurut spesialis ahli tindik beranggapan jika untuk menjaga daerah tersebut bersih dan kering disarankan setelah ditindik masih baru harus dibersihkan dengan larutan air garam (1/4 sendok teh garam dan 1 cangkir air hangat), dalam kurun waktu 2 kali sehari setelah mandi.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan cara membersihkan telinga yang habis ditindik langsung dibasahi (direndam) juga bisa dengan kapas bersih diusapkan pada tindikan baru tersebut. Tetapi tidak dianjurkan berlebihan dalam pembersihan ini, karena bisa saja menimbulkan iritasi pada tindikan.

Selanjutnya jika seseorang mengalami rasa gatal perih di kulit karena infeksi jamur dan semacamnya bisa mencoba obat topikal anti jamur alami dari larutan garam. Secara sederhana orang bisa melakukannya di rumah, disamping mudah tentu biayanya pun sangat murah meriah.

Cara untuk mengurangi rasa gatal, ruam-ruam, luka memar, lecet akibat infeksi jamur cukup merendam kaki dengan air garam hangat jika infeksi itu bersarang di telapak kaki atau jari-jari kaki.

Infeksi jamur pada kaki tidak boleh dianggap biasa, sebab dapat menyebar keseluruh kuku kaki bahkan ke semuanya. Gejala yang terjadi dari infeksi jamur kaki berupa rasa gatal, perih, lecet, ruam, kulit mengelupas, melepuh dan terbakar.

Kulit kaki pecah-pecah, kuku cantengan dan bau kaki bisa juga perawatan sama halnya dengan infeksi jamur di kaki. Cukup dengan berendam di air hangat ditaburi garam bubuk kurang lebih kaki direndam selama 10-20 menit.

Merendam kaki ke dalam air garam dapat mengurangi kelembapan kaki sehingga bakteri penyebab bau kaki enggan menempel di kulit kaki. Air rendaman garam hangat bisa membantu melunakkan kuku yang tebal dan susah sekali di potong.

Berikut di bawah ini terdapat beberapa manfaat garam yang bisa diaplikasikann terutama untuk perawatan tubuh dan kecantikan diantaranya :

  • Fungsi garam sama dengan perawatan yang dimiliki oleh madu yakni bersifat anti inflamasi kuat untuk membantu mencegah iritasi dan menghilangkan jerawat.
  • Garam bertugas menyeimbangkan produksi minyak di kulit dan mempertahankan hidrasi di lapisan kulit yang paling dibutuhkan.
  • Garam membantu membersihkan pori-pori kulit hingga ke dalam, menyeimbangkan kadar kelenjar minyak dan menggagalkan perkembangbiakan bakteri yang bisa memicu jerawat di wajah.
  • Garam merupakan eksfoliasi alami yang lembut mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati. Menjadikan kulit tetap remaja dan lembut serta mengembalikan kelembapan kulit.
  • Garam dengan kekuatannya menyerap kotoran, racun, debu, membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh.
  • Kandungan mineral garam membuang penghalang (penyumbat) pori-pori di kulit dan membantu mencegah kekeringan.
  • Magnesium di dalam air asin garam laut terbukti mampu mempertahankan kelembapan sehingga mencegah kulit terlihat kering dan berkerut.
  • Air larutan garam laut membantu melonggarkan dan menghilangkan serpihan ketombe di kulit kepala termasuk melancarkan sirkulasi darah di kepala untuk kulit kepala dan rambut agar sehat.
  • Garam pun mampu menyerap kelebihan minyak di kulit kepala dan mencegah pertumbuhan ketombe atau akar rambut yang rusak.
  • Di dalam garam terdapat unsur Fluoride yang berguna untuk menghilangkan noda dan membantu mencerahkan gigi kuning.
  • Garam juga bertindak dalam membantu membunuh bakteri pemicu radang gusi dan bau mulut berlebihan.
  • Garam melembutkan kutikula dan kulit serta menguatkan kuku seseorang. garam membantu mengurangi warna kuning kuku dan supaya tampak lebih indah kuku tersebut.

Diatas masih banyak lagi yang belum diuraikan terutama manfaat garam untuk perawatan kecantikan kulit. Tapi disini kemudian dipelajari lainnya tentang kegunaan garam dilihat dari aspek kesehatan manusia.

Zat Yodium di dalam garam berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi hormon tiroid. Fungsi hormon tiroid diantaranya mengatur keberlangsungan proses metabolisme tubuh secara ideal dan fungsi organ tubuh lainnya.

Garam yang beredar dipasaran secara umum di bagi menjadi 2 yaitu garam laut dan garam merja beryodium

Cara membedakan garam laut dan garam meja beryodium pada intinya sangat mudah dikenali terletak pada cara pengolahan, rasa dan tekstur garam itu sendiri. Keduanya mempunyai keunggulan yang bisa dimanfaatkan berasarkan tujuan dan selera pemakaianya.

Garam Laut

Garam laut di dapat dari hasil penguapan air laut secara alami dan umumnya memakan waktu cukup singkat dalam pembuatannya. Garam laut dapat mempunyai degradasi warna dan rasa bergantung pada sumber airnya.

Garam Meja Beryodium

Garam meja beryodium sudah sangat familiar sekali karena orang cenderung menggunakan garam meja beryodium ketimbang garam laut. Garam meja beryodium sudah melalui proses penambahan unsur mineral yaitu mineral yodium.

Sementara itu, garam meja beryodium dilakukan poses pengolahan cukup lama dan mengenai hal ini bertujuan agar menghilangkan kandungan mineral yang sangat tidak dibutuhkan oleh tubuh. Dalam mencegah penggumpalan garam meja beryodium umumnya ditambahkan dengan zat aditif.

Zat mineral yodium adalah mineral yang terdapat di dalam kandungan air laut dan kandungan tanah sekitar lautan. Garam beryodium salah satu sumber yodium paling umum dipakai. Yodium sangat penting untuk memproduksi hormon tiroid. Jika yodium itu tidak ada sama sekali dalam tubuh, dapat mengakibatkan perkembangan penyakit gondok atau hipotiroidisme.

Yodium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan otak termasuk tulang selama masa kehamilan dan tahun-tahun perkembangan awal bayi. Jika ibu hamil dan wanita menyusui kekurangan yodium, maka menurut penelitian janin akan mengalami keterbelakangan mental pasca lahiran.

Garam sangat penting sekali untuk mempertahankan tingkat hidrasi dalam tubuh. Sangat penting garam untuk menjaga keseimbangan elektrolit untuk kelancaran fungsi organ. Elektrolit banyak itu diantaranya mengandung magnesium, kalium, kalsium dan natrium.

Pernahkah konsumsi ORALIT ?

Ya, biasanya oralit digunakan untuk mengobati jenis penyakit sistem pencernaan seperti diare, kolera dan disentri. Umumnya dokter menyarankan menggunakan campuran air, gula dan garam untuk mengkompensasi kehilangan cairan akibat dehidrasi penyakit tersebut.

Diatara fungsi yang paling pokok dari zat mineral yodium diantaranya sebagai beriut dibawah ini :

  1. Menjaga fungsi tiroid tetap stabil karena jika tidak stabil akan menimbulkan masalah pada kelenjar tiroid.
  2. Mengembangkan fungsi otak pada janin dan anak-anak.
  3. Mengoptimalkan fungsi otak dan sistem saraf agar tubuh dapat berkembang dengan normal.

Manfaat Mengonsumsi Garam untuk Aspek Kesehatan

Manfaat garam yang terdapat mineral yodium bagi tubuh memang sangat vital, salah satunya berperan dalam produksi hormon tiroid. Selain itu, garam mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Mampu mencegah gangguan pada sistem perkembangan tubuh anak-anak dan bayi
  • Kekurangan garam dapat berakibat buruk pada ibu hamil. Yodium yang terlalu sedikit bisa mengakibatkan janin mengalami gangguan perkembangan otak dan gangguan mental secara fisik.
  • Membantu memelihara keseimbangan cairan tubuh
  • Garam membantu seseorang berkeringat, sekaligus menjaga suhu tubuh senantiasa tetap normal dan terhindar dari dehidrasi.
  • Membantu memelihara fungsi organ tubuh dari kerusakan.
  • Natrium pada garam berperan dalam pengiriman impuls saraf dari otak ke seluruh tubuh dan koordinasi jaringan otot. Semua fungsi tersebut akan berjalan optimal jika kebutuhan garam terpenuhi dan keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga, tidak lebih dan tidak kurang.
  • Membantu mencegah IQ rendah
  • Yodium bisa sangat penting sekali terutama untuk usia 3-5 tahun dinama studi memperoleh penjelasan bahwa ketika anak usia tersebut yang kekurangan yodium mempunyai IQ (intelegence Quotient) yang lebih rendah.

Jumlah kebutuhan garam yang sangat dianjurkan berdasarkan usia masing-masing karena sedikit atau banyaknya asupan garam berakibat buruk pada seseorang. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan seberapa besar jumlah garam yang harus terpenuhi semua usia tiap harinya.

  • Bagi kalangan bayi usia dibawah 1 tahun, dianjurkan untuk diberikan asupan garam kurang dari 1 gram sehari.
  • Usia anak-anak 1-3 tahun konsumsi yang direkomendasika tidak melebihi 2 gram perhari atau setara dengan 0,8 gram natrium.
  • Untuk usia 4-6 tahun, konsumsi yang direkomendasikan para ahli gizi tidak melebihi 3 gram perhari atau setara dengan 1,2 gram natrium.
  • Untuk usia 7-10 tahun konsumsi yang diperlukan tidak melebihi 5 gram perhari atau setara dengan 2 gram natrium,.
  • Usia anak 11 tahun ke atas dan orang dewasa konsumsi yang direkomendasikan tidak melebihi 6 gram perhari atau setara dengan 2,3 gram natrium. Bagi penderita gangguan jantung, direkomendasikan membatasi asupan natrium hingga 1,5 gram perhari.

Garam laut berkualitas umumnya mengandung 60 jenis mineral. Sementara untuk jenis garam laut Himalaya jumlah mineral sampai 84  kandungannya. Tetapi, bagaimana pun garam laut termasuk sumber mineral yang sangat baik untuk kesehatan.

Dengan mengonsumsi garam laut setiap hari, bisa dipastikan mampu mempertahankan kadar natrium-kalium dalam tubuh secara tepat. Natrium dan kalium adalah 2 zat elektrolit yang bekerja sama dalam memastikan keseimbangan cairan yang tepat dalam sel-sel tubuh serta plasma darah serta cairan ekstraseluler anda.

Di dalam laut mengandung banyak sekali elektrolit utama seperti natrium, magnesium, kalsium dan kalium yang sangat penting untuk kesehatan yang baik.

Elektrolit mempunyai banyak sekali kegunaan diantaranya mengatur detak jantung hingga otot-otot berkontraksi sehingga dapat bergerak sebagaimana mestinya.

Garam laut yang cukup bisa membantu menghindari ketidakseimbangan elektrolit, yang mengakibatkan semua jenis gejala negatif yang cukup parah, termasuk beberapa yang berakibat pada kematian.

Sebagai penyedia unsur mineral natrium, garam laut tidak hanya baik untuk kesehatan, sebab hal demikian berkaitan dengan fungsi otak, otot-otot tubuh dan saraf yang sempurna. Di dalam garam laut pun banyak mineral penting salah satunya sodium.

Sodium juga sangat diperlukan untuk transmisi sinyal listrik di dalam tubuh dan pengatur air di dalam tubuh. Rasio garam dan air sangat penting untuk tingkat metabolisme tubuh. Sodium memfasilitasi pengiriman sinyal ke saraf dan otot juga membantu mempertahankan  cairan di dalam dan di luar sel-sel darah.

Apabila asam lambung di alami seseorang rendah, itu bisa cukup serius dalam keluhan penyakit pencernaan makanan. Dengan jalan konsumsi garam laut yang tepat bisa membantu memproduksi HCL (asam hidroklorik) dengan jumlah yang tepat di dalam lambung. Hal demikian karena garam menyediakan klorida yang merupakan blok pembangun asam lambung.

Melalui kadar asam lambung yang cukup di dalam tubuh membantu tubuh untuk bisa menyerap vitamin dan mineral seperti kalsium, seng, zat besi, folat dan vitamin B12. Jadi mengkonsumsi garam laut teratur membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan.

Semua garam bahkan garam meja beryodium asal muasalnya dari air laut atau air asin, Namun tidak semua garam yang serta merta dijual dipasaran benar-benar berasal dari laut. Itu karena garam yang bukan dari air laut asalnya dari deposit garam bawah tanah yang ditinggalkan oleh air laut di beberapa titik.

Garam laut himalaya

Telah banyak diyakini oleh sejumlah narasumber terpercaya jika garam laut Himalaya salah satu dari jenis garam murni yang ada di dunia. Dengan sejarah berasal dari hasil alam, menurut sejarah adalah sisa-sisa kering dari laut purba masa dahulu kala.

Terkenal sebagai “emas merah muda” garam kristal Himalaya sebenarnya berwarna merah jambu transparan yang indah dan mengandung semua dari 84 mineral yang diperlukan tubuh.

Disebabkan kandungan nutrisi mineral yang cukup banyak maka garam laut Himalaya sangat bermanfaat dalam membantu :

  • Meningkatkan keseimbangan ph yang sehat di dalam sel-sel otak khususnya.
  • Membantu mengatur kadar gula darah dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan lebih awal.
  • Bisa mengatur kadar cairan elektrolit di dalam tubuh.
  • Bantu dalam memproduksi energi hidroelektrik dalam sel di tubuh.
  • Serap partikel makanan melalui saluran usus dengan lancar.
  • Membantu meningkatkan kesehatan sistem pernapasan.
  • Mencegah penyakit sinusitis
  • Mencegah kram otot.
  • Membantu meningkatkan kekuatan tulang dan persendian.
  • Membantu mengatur kualitas tidur seseorang.
  • Membantu meningkatkan libido pria dan wanita.
  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular jantung
  • Mengatur tekanan darah dan asupan cairan termasuk kalium yang tepat.

Garam laut celtic

Komoditas selanjutnya dari garam laut diantaranya garam laut celtic setara dengan garam kristal Himalaya dalam komposisi dan manfaatnya. Mempunyai warna abu-abu, secara alami dipanen di Brittany, Prancis, dekat laut Celtic menggunakan metode Celtic berusia 2000 tahun yang sudah lama dan penting menjaga keaslian nutrisi dari garam tersebut.

Dilaporkan berdasarkan hasil penelitian jika garam laut Celtic bermanfaat bagi kesehatan dan bisa membantu untuk :

  1. Alkalize tubuh
  2. Menyeimbangkan tingkat gula darah dalam tubuh.
  3. Menghilangkan penumpukan lendir.
  4. Membangun sistem kekebalan tubuh.
  5. Meningkakan fungsi otak.
  6. Meningkatkan energi
  7. Memberikan keseimbangan elektrolit.
  8. Mampu menjadikan tidur nyenyak.
  9. Mencegah kram otot
  10. Mengatur detak jantung dan atur tekanan darah.
  11. Tidak seperti garam pada umumnya, garam laut ini tetap awet dalam kelembapannya ketika disentuh.

Fungsi Garam untuk Aspek Kesehatan Semua Sistem Tubuh

Garam mampu mencegah gangguan sistem pencernaan makanan

Substansi paling pokok yang memulai pencernaan di lambung adalah asam klorida (HCL) yang akan diproduksi membutuhkan kehadiran ion hidrogen dan klorin. Garam pada dasarnya terdiri dari ion natrium dan klorida yang pada saat konsumsi dipecah menjadi bagian penyusun dan digunakan kembali jika diperlukan.

Kegunaan garam bisa membantu konduksi (detak) jantung lebih baik

Jantung mempuyai sel-sel pacu detak jantung sendiri, padahal itu dikendalikan oleh ion natrium garam yang tugasnya dalam transmisi impuls listrik sehingga sel-sel tersebut dirangsang untuk mengirim sinyal ke sel jantung untuk dipacu.

Garam sangat diperlukan untuk memfasilitasi gerakan tubuh

Melalui cara yang hampir mirip dengan jantung, ion natrium garam membantu menyebarkan transmii impuls listrik dari saraf ke otot untuk memungkinkan kontraksi dan pergerakan.

Garam unsur penting dari rehidrasi

Rehidrasi tidak hanya melibatkan air minum, namun garam mineral yang mengatur keseimbangan elektrolit. Ketika kita berkeringat kita kehilangan air dan elektrolit jadi kita harus memastikan bahwa kita rehidrasi dengan larutan isotonik yang ideal dari natrium, magnesium, dan ion kalium bersama dengana air .

Keunggulan garam bisa membantu mengurangi risiko diabetes

Secara umum orang tidak mengetahui jika natrium garam memainkan peran penting dalam menjaga sensitivitas insulin terhadap glukosa darah. Selaiin magnesium, natrium pun membantu memastikan fungsi insulin sebagaimana mestinya dan membersihkan glukosa secara tepat.

Garam dapat mencegah gangguan pernapasan

Garam merupakan senyawa alami yang hebat dengan sifat anti bakteri, anti inflamasi dan mukolitik yang membantu melancarkan sistem pernapasan secara sempurna. Kendati pun tidak banyak orang yang tahu tentang manfaat yang satu ini, menghirup air larutan garam ke dalam lubang hidung mampu menormalkan sistem pernapasan ternyata.

Garam mampu menurunkan nafsu makan yang berlebihan sehingga bagus untuk mereka yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan.

Garam membantu membuang racun di dalam tubuh sebagai sumber penyakit

Merendam kaki di air hangat dicampurkan garam sudah menjadi terkenal zaman sekarang. Biasanya ketika kaki sudah lama direndam akan berubah warna dan hal itu adalah racun-racun yang keluar dari dalam tubuh.

Untuk berendam menggunakan air garam, dianjurkan untuk menggunakan garam yang mengandung magnesium sulfat. Kandungan magnesium sulfat pada garam dapat membantu meredakan nyeri otot atau pun memar,.

Garam dibutuhkan untuk keseimbangan elektrolit agar tidak mengalami tekanan darah tinggi

Walau banyak yang mengira terlalu banyak makan garam berakibat pada tekanan darah tinggi. Namun, keseimbangan elektrolit seperti makanan kaya akan sodium dan kalium bisa tetap seimbang.

JIka kadar garam menumpuk dalam tubuh semua manfaat itu akan menjadi kondisi efek samping membahayakan. Asupan garam yang dibutuhkan adalah 6 gram perhari atau 1 sendok teh per hari. Jika kadar garam dalam tubuh berlebihan akan rentan bersiko mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, kanker lambung, dan masalah kesehatan lainnya.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.