Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sekian Banyak Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari Utama untuk Kesehatan

Air Kelapa Hijau Serasa Lebih Segar dan Muda Kembali

Siang hari merupakan waktu yang sangat cerah dan apalagi kalau cuacananya begitu panas terik menyengat kulit. Tentu biasanya akan senang untuk sekedar menghilangkan dahaga dari mulai konsumsi buah-buahan hingga minuman dingin lainnya.

Minum air kelapa bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, sebab begitu cuaca panas terik gersang melanda tentu berakibat pada penambahan cairan dan kesegaran dalam tubuh sangat dibutuhkan.

Air kelapa yang diminum tentu memberikan manfaat yang cukup enak, manfaat air kelapa mengandung cukup banyak mineral yang sangat dibuituhkan bagi tubuh, sekaligus rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Meminum air kelapa sangat cocok di minum ketika seseorang kehilangan banyak cairan seperti misalnya sedang melakukan aktivitas olahraga selain menjadi alternatif dari air putih biasa.

Kaya akan kandungan gizi air kelapa sangat bagus dimanfaatkan sebagai pelengkap nutrisi tambahan makanan

Kendati tidak terlihat menonjol dari segi pengobatan, fakta lain beralih dari yang lain kepada air kelapa yang mana bisa memberikan manfaat yang begitu melimpah terlebih untuk kesehatan.

Pemahaman tentang kelapa

Pohon kelapa memliki nama botani yakni Cocos Nucifera seperti pohon palem dan biasanya orang memanfaatkan pohon dan bagian kelapa lainnya untuk keperluan apa pun. Seperti contoh batang pohon kelapa dapat dibuat sebagai bahan bangunan tradisional, atapnya dibuat dari daun kelapa kering, lidi dari daun berguna untuk sapu lidi, akarnya bisa untuk kerajinan khususnya untuk akar kelapa yang mati, buahnya untuk sumber makanan dan minuman.

Ketika buah kelapa matang, beberapa buah tetap dalam bentuk cairan, sementara sisanya matang berubah menjadi daging putih padat dikenal sebagai daging kelapa. Air kelapa dibuat secara alami oleh kelapa itu sendiri dengan cukup banyak kandungan air dan sangat sedikit kandungan lekamk.

Semestinya tidak perlu merasa cemas dengan daging kelapa sebab kandungan lemak yang rendah terutama untuk pembuatan santan. Cukup dengan memarutnya hingga halus karena santan kelapa hanya mempunyai persentase lemak 50% bersama air.

Pohon kelapa membutuhkan waktu cukup lama sekitar 10-12 bulan untuk bisa mematangkan buah kelapa atau menjadi kelapa muda. Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang usia matang sekitar 6-7 bulan, meskipun sudah banyak yang matang sekaligus.

Sumber nutrisi yang lengkap terkandung dalam air kelapa muda

Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar 0,5-1 cangkir air kelapa. Satu cangkir (240 gram) terdapat 46 kalori serta unsur-unsur lainnya seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, magnesium, mangan, kalium, sodium, kalsium dan sebagainya.

Beberapa manfaat air kelapa yang dapat dirasakan terlebih untuk yang sering mengonsumsinya setiap hari yaitu :

  • Air kelapa terdapat kanmdungan gula dan elektrolit yang bisa menyegarkan secara alami. Setiap 30 mililiter air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.
  • Air kelapa membantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh.
  • Setiap 30 mili liter ar kelapa muda adanya kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.
  • Pada penelitian sejumlah ahli dinyatakan bahwa air kelapa bisa menggantikan cairan tubuh secara alami dan cepat. Tidak hanya itu dengan konsumsi air kelapa muda mempunyai kemampuan dalam mencukupi cairan tubuh dibandingkan dengan minuman olahraga.
  • Adanya kandungan antioksidan yang kuat, mampu mengatasi racun racun yang berada dalam tubuh, termasuk zat-zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.
  • Terdapat besar kemungkinan manfaat air kelapa dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida.
  • Riset mendapati jika manfaat air kelapa bisa mencegah penumpukkan kalsium, oksalat dan zat lain menjadi kristal yang kemudian menjadi batu ginjal.

Sekian Banyak Manfaat Minum Air Kelapa Setiap Hari Utama untuk Kesehatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.