Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Resep Turun Temurun Pembuatan Jamu Beras Kencur Ala Orang Jaman Dulu

Resep Tradisional Jamu Beras Kencur Jaman Dulu

Bangsa kita adalah bangsa yang konsisten terhadap warisan para leluhurnya, oleh karenanya warisan para leluhur itu jangan sampai hilang tergerus arus perkembangan jaman yang semakin modern dan serba praktis.

Nenek moyang bangsa Indonesia dari semenjak dahulu sudah mengenal dunia pengobatan tradisional terutama yang dikenal sampai mancanegara adalah jamu. Tentang jamu, bangsa kita banyak yang kurang memahami akan pentingnya konsumsi jamu. Hal demikian tentu saja jika kita patut berbangga atas warisan nenek moyang bangsa kita sendiri.

Jamu sudah ada semenjak dahulu bahkan sebelum adanya pengobatan modern sekali pun berkembang di nusantara ini. Jamu termasuk pengobatan tradisional yang patut untuk dilestarikan dan dinikmati bagi semua orang dan bisa menjadi penunjang kesehatan modern berbasis pengobatan herbal.

Banyak macam jamu yang kini sudah mengalami perkembangan yang dulunya tidak diproses oleh industri skala besar, namun sekarang banyak yang mengolah bahan-bahan jamu itu disulap menjadi pengobatan modern, tetapi tidak melupakan keaslian dari produk jamu itu sendiri.

Jamu yang kita kenal sekarang ini adalah hasil perubahan besar-besaran yang  mana ketika sudah meracik jamu langsung disajikan, sementara jamu yang sekarang harus diproses sedemikian rupa. Jadi sebenarnya, dalam hal ini baik jamu yang sudah diracik langsung disajikan atau pun jamu modern yang dikemas, itu sama saja karena bahan-bahannya juga berasal dari sumber yang sama.

Diantara resep turun temurun jamu yang hingga kini masih bertahan dan tetap pada keasliannya ialah jamu beras kencur. Jamu beras kencur menjadi salah satu icon ternama bagi masyarakat Indonesia, karena sudah melanglang buana ke penjuru dunia.

Hebatnya lagi, orang asing sangat menggemari jamu asli buatan Indonesia yang satu ini karena bagus untuk kesehatan tentunya. Bahkan orang-orang di luar negeri sana, menyukai semua merk jamu tradisional Indonesia karena harganya cukup terjangkau sehingga bisa dinikmati semua kalangan masyarakat.

Jamu beras kencur yang banyak orang sudah mengetahuinya itu mempunyai ciri khas aromatik berbeda dari jenis jamu pada umumnya. Jamu beras kencur dalam pembuatannya sangat mudah dan tidak mesti membutuhkan bahan-bahan yang serba mahal.

Cukup dengan bahan-bahan alami yang tersedia di dekat lingkungan sekitar terutama mereka yang senang dengan menanam bahan-bahan rempah-rempah atau pun bahan bumbu masakan.

Kita bisa terka jika nama jamu beras kencur pastinya bahan-bahan utamanya terdapat beras dan kencur. Ya, itu memang benar sekali kalau jamu beras kencur itu diantara bahan yang digunakan terbuat dari beras dan kencur, tapi ada bahan lainnya juga dalam proses meracik jenis jamu yang satu ini.

Sebelum membahas tentang tips resep turun temurun pembuatan jamu beras kencur ala orang jaman dulu, alangkah baiknya simak terlebih dahulu khasiat dan kandungan utama kencur diantaranya :

  • Kencur (Kaempferia Galanga)

Kencur termasuk jahe aromatik merupakan salah satu bahan pembuatan resep jamu beras kencur. Tergolong kategori rimpang yang tumbuh asli di wilayah tropis dan subtropis. Wilayah penyebaran dalam pertumbuhannya meliputi benua Asia, seperti Indonesia, India, bangladesh, tiongkok dan Jepang.

Khasiat kencur dipercaya secara istimewa khususnya oleh bangsa kita mampu mencegah terjadi serangan penyakit.

Tanaman kencur terutama semua jenis rimpang dari dulu sebagai tanaman obat alami sering di buat untuk jamu, seperti jahe, kencur, kunyit, lengkuas, bangle dan semacamnya. Ternyata kencur tidak hanya sekedar bahan-bahan pembuatan jamu melainkan bisa untuk bahan campuran resep masakan khas untuk beberapa negara.

Manfaat tanaman kencur diyakini dapat meredakan sejumlah gangguan kesehatan seperti depresi, stres dan cemas karena sifat dan kandungan yang terdapat didalamnya.

Tidak hanya bagian rimpang kencur saja yang digunakan, bagian lain dari tanaman kencur berupa daunnya pun bisa di pakai sebagai obat alami. Manfaat daun kencur diantaranya untuk membantu mengatasi demam, batuk, pembengkakan, rematik, oftalmia, dan pharyngodynia.

Sementara rimpang atau akar yang biasa digunakan untuk pembuatan jamu beras kencur, digunakan untuk pengobatan medis herbal tapi tidak semua negara mengenalnya.

Masyarakat bangladesh secara umum terbiasa dalam mengolah kencur untuk keperluan bahan obat alami meredakan sariawan dan menghilangkan ketombe. Lain pula dengan negeri Tiongkok sudah sejak lama senantiasa menggunakan kencur untuk mengobati jenis-jenis penyakit parah diantaranya hipertensi, rematik, batuk, sakit kepala, sakit gigi, sakit maag, nyeri dada dan perut hingga tumor atau peradangan.

Kencur merupakan sumber seng, pat, etil aster, paraeumarin, borneol, mineral, asam cinnamic, dan nutrisi penting terkandung didalamnya.

Jamu beras kencur asli Indonesia salah satu obat alternatif yang memanfaatkan tanaman kencur sebagai bahan pokoknya. Jadi, jika kita ingin sekali merasakan dan mencoba ramuan aslias jamu beras kencur maka bisa juga membuat sendiri di rumah.

Antioksidan tubuh manusia sangat dibutuhkan sekali guna mengusir radikal bebas yang kapan saja bisa menyerang tubuh dan termasuk diantaranya infeksi virus pembawa sumber penyakit. Kita bisa memanfaatkan kencur atau jamu beras kencur sebagai ramuan alami dengan sumber antioksidan terbesar.

Nah, diatas sudah dibahas sebelumnya mengenai manfaat alami dari bahan utama jamu beras kencur salah satunya tanaman rimpang kencur. Langsung saja, bahasan topik selanjutnya kembali kepada judul artikel berkenaan dengan tips resep turun temurun pembuatan jamu beras kencur ala orang jaman dulu berikut dibawa ini.

Manfaat biasa orang mengenal jamu beras kencur terutama baik untuk kesehatan diantaranya bisa meningkatkan nafsu makan khususnya untuk anak-anak, menghilangkan rasa lelah dalam arti bisa meningkatkan stamina dan vitalitas, menghilangkan pegal-pegal dan nyeri otot, meredakan gejala influenza, mencegah masalah sistem pencernaan, gangguan pernapasan, serta membantu perawatan kulit yang aman.

“Tips Resep Pembuatan Jamu Beras Kencur”

Bahan-bahan yang mau di buat nanti untuk jamu beras kencur :

  • 200 gr beras (biasanya ada yang beras merah atau beras putih)
  • 50 gr kencur
  • 30 gr jahe
  • 20 gr kunyit
  • 130 gr gula aren atau gula kelapa
  • 30 gr pasta asam jawa
  • 2 helai daun pandan
  • Sedikit garam
  • 1,5 liter + air tawar

Langkah langkah penyajian :

  1. Rendam beras selama 3 jam sebelum memulai resep.
  2. Cuci bersih beras dalam air dingin (es) baru kemudian tiriskan.
  3. kencur kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut hingga halus atau di blender.
  4.  rimpang jahe sama di blender juga
  5. Panaskan air lalu rebus kencur, jahe, kunyit, air asam, gula pasir dan gula.
  6. Rebus semua bahan hingga mendidih yang tadi sudah di blender atau di tumbuk halus.
  7. Seterusnya masukan beras hasil rendaman tadi yang ditiriskan terlebih dahulu bersama bahan-bahan rebusan dan tambahkan helaian daun pandan untuk aroma jamu.
  8. Aduk rata dan tunggu hingga pati kencur atau beras mengendap di bawah.
  9. Sajikan beras kencur selagi masih hangat. Anda bisa mencampurkannya dengan bahan alami lainnya dengan madu atau susu semacamnya.

Itulah dia pembahasan topik kali ini mengenai tips resep turun temurun pembuatan jamu beras kencur ala orang jaman dulu yang bisa di coba langsung. Semoga tips kali ini bermanfaat.

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.