Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Resep Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Jantung

Resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung merupakan rekomendasi kesehatan yang aman dilaksanakan oleh kalangan pengidap jantung khususnya dan semua orang yang mengalami kolesterol tinggi. Penyakit jantung dan kolesterol tinggi sebenarnya ada kaitan erat dan diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan jantung salah pemilihan jenis makanan sehat. Kita mengetahui bahwa semua jenis makanan ada yang bersifat menyehatkan dan ada pula sebaliknya. Namun, itu semua kita mesti memahami akan makanan sehat untuk penderita penyakit jantung, karena penyakit jantung itu sendiri bisa saja terjadi tidak mengenal waktu secara mendadak, berkala atau bertahap, tidak kenal usia, jenis kelamin serta golongan darah.

Semua makanan pada dasarnya bersifat alami dan yang sifatnya alami belum tentu menyehatkan seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa penting bisa membedakan resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung dengan jenis makanan pantangan bagi penderita penyakit jantung. Sebelumnya telah di bahas mengenai makanan pantangan untuk pengidap penyakit jantung dan kali ini bahasan sebaliknya berupa resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung.

Penyakit jantung itu banyak macamnya, gejalanya, dampaknya atau komplikasinya serta banyak faktor penyebabnya pula. Maka oleh itu, resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung alangkah baiknya menjadi solusi yang sederhana, tetapi bisa membantu dalam mencegah gejala mau pun tanda-tanda permulaan terjadinya penyakit jantung. Bila gejala yang terjadi akibat penyakit jantung, maka secepatnya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak dokter mengenai jenis makanan atau resep makanan berikut di bawah ini.

Banyak makanan yang dapat membantu memelihara fungsi kesehatan kerja jantung sebaik mungkin. Beberapa diantaranya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi juga tekanan darah tinggi. Supaya kolesterol terjaga tidak berlebihan karena akan berdampak langsung pada pemicu penyakit jantung secara bertahap dan mendadak.

Sebaiknya rutin mengunsimsi resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung berikut dengan penjelasannya antara lain :

■ Rasberi

Buah berry kaya akan kandungan biologis polifenol berupa senyawa antioksidan alami membantu menangkal radikal bebas pemicu kerusakan pembuluh darah jantung. Tidak hanya itu, kandungan serat alami dan kaya akan vitamin c keduanya mencegah potensi serangan  gejala stroke dan menjaga daya tahan tubuh.

Ada berbagai pilihan lainnya senantiasa bukan hanya buah rasberry saja, tetapi masih kerabat dekat antara lain buah Stroberi, bluberri, blackberry. Selain itu buah dan sayuran hijau menjadi pilihan juga sebagai resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung.

■ Buah dan sayuran segar

Buah dan sayur mayur resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung sangat penting dibutuhkan. Karena buah dan sayuran segar cukup komplit dari segi kandungan nutrisinya. Selain menyehatkan mampu meningkatkan dan menjaga sistem daya tahan tubuh, membantu mengurangi inflamasi dan kerusakan arteri. Banyak sekali jenis sayuran yang cocok digunakan untuk resep makanan sehat untuk penderita penyakit jantung diantaranya bayam, brokoli, kol, tomat, lobak, wortel, asparagus, serat arugula, paprika.

■ Minyak Zaitun

Sebenarnya minyak zaitun tersebut sebagai pengganti daripada lemak jenuh yang membahayakan karena minyak zaitun termasuk minyak nabati tak jenuh. Minyak zaitun memiliki manfaat cukup baik sehingga tergantikan lemak jenuh pada daging, susu dan mentega yang termasuk bahan-bahan pemicu kolesterol berlebihan.

■ Buah Cacao dan cokelat

Pada batas normal cokelat sangat dianjurkan dalam membantu mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Kandungan flavanols yang termasuk elemen antioksidan yang baik dalam mencegah kolesterol jahat terakumulasi dan menempel di dinding arteri. Tetapi konsumsi cokelat yang secara berlebihan tentu bukan hanya membuat sakit gigi juga berakibat kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh pemicu penyakit jantung.

■ Asam Lemak Omega 3, 6 dan 9

Asam lemak omega 3, 6 dan 9 hanya ditemukan dalam berbagai jenis ikan dan beberapa binatang laut juga terdapat pada biji-bijian utuh dan kacang-kacangan. Asam lemak omega 3 sangat direkomendasikan oleh ahli kesehatan dengan fungsinya menurunkan kadar trigliserida (lemak pemicu serangan jantung), memperlambat pertumbuhan plak di dinding arteri dan mengurangi potensi terjadinya aritmia.

Asam lemak omega 3, 6 dan 9 sebagai pilihan utama dengan menjaga darah supaya tidak terjadi penggumpalan dan memperlancar sirkulasi darah tubuh. Asam lemak omega 3 itu bisa ditemukan pada jenis ikan salmon, gamat atau teripang laut, tuna, ikan haring, sarden, kenari, biji rami tanah, biji chia dan kenari kacang.

■ Makanan yang kaya akan serat dari jenis biji utuh

Biji-biji utuh sebenarnya memiliki serat larut yang bagus dalam membersihkan dan menjaring semua plak yang terakumulasi pada dinding arteri jantung. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menganalisa kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan biji berserat alami biji gandum, kacang polong buah berri dan biji rami.

■ Lemak Tidak Jenuh atau Yoghurt

Yoghurt rasanya masam kaya akan kandungan potassium membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

■ Alpukat juga termasuk dalam kriteria makanan rendah lemak bahkan mengandung lemak tak jenuh. Memiliki manfaat menurunkan sifat peradangan kronis yang memicu arterosklerosis, mencegah pengerasan dan kekakuan parah pada dinding arteri.

■ Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat beta glucan yang baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *