Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Puting Payudara Terasa Gatal Pertanda Apa? Simak Ulasannya

Puting Payudara Terasa Gatal Pertanda Apa ? Simak Ulasannya – Dalam hal sebab puting susu atau puting payudara terasa gatal tentunya ini bisa saja terjadi di usia remaja pada wanita atau sudah dewasa.

Puting payudara terasa gatal tiba tiba mendadak akan memicu kondisi lainnya dari mulai kondisi ringan hingga sudah sangat berat sekali pun bisa terjadi.

Diakibatkan munculnya rasa gatal pada puting payudara, maka upaya sebisa mungkin untuk tidak selalu menggaruk berlebihan sehingga kulit puting payudara akan terluka dan lecet.

Pada umumnya kondisi rasa gatal pada puting payudara ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor pengaruh diantaranya kulit yang kering dan bisa pula akibat kanker alias tumor ganas pada payudara.

Walau pun tangan sesekali bahkan terus menerus menggaruk puting yang gatal apa bila belum diperiksa oleh ahli medis sangat sulit sekali menanganinya. Jadi usaha yang baik hanya dengan segera konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai tindakan pengobatan biasa.

Beberapa faktor yang menjadi pertanda rasa gatal pada puting payudara berikut diantaranya :

  • Puting payudara gatal pertanda menderita Eksim.

Kondisi penyakit kulit yang tidak hanya menyerang kulit bagian luar, tetapi eksim bisa merambah ke sekujur badan termasuk puting payudara wanita.

Kondisi eksim pada payudara mengakibatkan puting kering, gatal, bersisik, merah, pecah pecah, pendarahan dan pengerasan kulit. Eksim pula akan diperburuk dengan kemunculan infeksi bakteri staphylococcus aureus. Kondisi semacam ini yang umumnya berlangsung kronis atau jangka panjang.

  • Puting payudara gatal bisa jadi pertanda kehamilan

Payudara seorang wanita secara umum akan mengalami pembesaran saat masa kehamilan. Peregangan besar tersebut dapat memicu rasa gatal gatal dan disertakan kulit payudarayang mengelupas.

  • Puting payudara gatal akibat menyusui bayinya

Kebiasaan yang terjadi sering sekali dialami oleh kalangan wanita yang sedag menyusui ini berupa mastitis (infeksi pada jaringan payudara) karena akibat ibu menyusui mengalami penyumbatan air susu atau terekspos bakteri.

Kondisi semacam itu bisa menjadi mastitis. Infeksi pada jaringan payudara wanita menyusui bisa menjadi puting payudara terasa gatal, bengkak, merah meradang dan disertai nyeri sensasi terbakar ketika menyusui bayinya.

  • Olahraga berkeringat bisa memicu rasa gatal pada puting payudara

Segala bentuk aktivitas yang menguras keringat tentunya akan menjadikan lembab pada bagian organ dalam terutama payudara yang berkeringat.

Tidak hanya itu, rasa gatal akibat gesekan dengan baju dan bra yang ketat memicu iritasi yang kemudian mengakibatkan luka kering terasa gatal khususnya pada puting payudara.

  • Kanker payudara sebagai pemicu rasa sakit dan rasa gatal

Jenis kanker payudara pada wanita memang untuk saat ini paling jarang ditemui di negara-negara berkembang. Kanker payudara bisa terjadi sebagai akibat dari berbagai faktor pengaruh terutama infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh.

Ternyata sudah banyak yang merasakan gatal tidak tertahankan dari kondisi kanker payudra yang dialami selama ini. Benjolan yang ada pada puting payudara menjadi rata, keluar cairan puting dan perubahan kulit pada puting payudara wanita.

Rasa gatal akibat kanker payudara bisa juga sangat buruk kondisinya diakibatkan oleh paparan benda kimia, reaksi deterjen, sabun dan sebagainya.

Cara mengatasi puting payudara yang gatal pada wanita dewasa

Cara mengatasi puting payudara yang gatal pada wanita didasarkan oleh faktor pemicu yang mendasari rasa gatal di puting.

Apa bila rasa gatal pada puting payudara mengalami eksim, maka sangat baik bila menjaga kelembapan alami kulit dengan mengurangi kontak dengan air dan pemakaian sabun yang tidak bersih saat mandi. Dalam jenis penanganannya bisa dengan melakukan pengobatan memakai salep eksim yang mengandung emoline dan steroid.

Terutama untuk kalangan wanita yang senang sekali berolahraga baik pada pagi hari hendaknya menjaga kebersihan pakaian, tidak memakai bra yang ketat apa lagi longgar, selalu memakai krim khusus untuk mengatasi gesekan berupa petroleum jelly.

Bisa melakukan tempelan plester medis pada puting payudara untuk mencegah gesekan dengan bra.  Sementara itu untuk kalangan wanita hamil dan menyusui bisa memakai bra yang berbahan katun sehingga aliran darah dan aliran udara lancar dan usahakan untuk wanita hamil tidak boleh pemakaian sabun mandi pada payudara.

Terdapat metode lain yang bisa membantu dalam mencegah rasa gatal diantaranya dengan mengolesi puting payudara dengan parafin putih lunak atau lanolin murni bisa juga dengan mengobati pecah pecah perdaahan pada area tersebut.

Untuk mengatasi puting payudadara yang terasa gatal lebih efektif bila berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan kepastian apa pemicu terasa gatal dan terhindari dari zat zat yang bisa mengganggu kesehatan bayi saat di susui.

Simak pembahasan serupa :

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.