Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik tulisan GO-SEND GRAB

   

Puluhan Rupa Khasiat Madu Lebah Hutan Asli yang Mesti Diketahui

Puluhan rupa khasiat madu lebah hutan asli yang mesti diketahui diantara berbagai hasil kajian secara ilmiah telah membuka pintu penerangan secara jelas.

Madu sumber nutrisi paling lengkap dari alam yang terkenal akan khasiat pengobatan tradisional semenjak ratusan tahun yang lalu bahkan setiap negara sudah pada mengetahuinya.

Madu Asli itu bervariasi Warna dan Rasa

  • Madu Hitam

Sudahkah sebelumnya memperhatikan atau merasakan berbagai jenis varian madu asli ? Pada dasarnya warna madu bervariasi dari terang hingga hitam pekat. Semakin hitam warnanya, maka semakin efektif sebagai unsur sifat antibakteri dan lebih banyak antioksidan.

Manfaat madu hitam mungkin saja lebih baik daripada madu yang berwarna terang mengingat madu jenis ini mengandung komponen fenol yang lebih tinggi. Dikarenakan kandungan fenol yang lebih tinggi, maka kapasitas antioksidan di dalam madu jenis ini otomatis lebih tinggi.

Senyawa-senyawa Berikut adalah Kuncinya

Sebagaimana disebutkan di atas, satu faktor yang menjadikan manfaat madu hitam lebih unggul adalah kandungan senyawa fenolat. Senyawa fenolat sendiri merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan dan jenisnya pun sangat beragam. Sejauh ini, berdasarkan struktur kimianya saja terdapat ribuan jenis.

Menurut riset, kebaikan dari senyawa fenolat ditunjukkan pada beberapa aktivitas yang menguntungkan, seperti:

Antikanker
Anti-inflamasi
Antiaterogenik (penghambat penyempitan arteri)
Selain itu, senyawa ini juga dilaporkan memiliki aktivitas antitrombotik, yaitu aktivitas penghambat agregasi (penggabungan) trombosit yang banyak digunakan oleh pasien yang berisiko tinggi terkena serangan koroner akut.

Khasiat madu hitam lainnya yang mungkin bisa didapat melalui kandungan senyawa fenolat diantaranya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya yang mungkin hadir adalah aktivitas analgesik. Efek utama analgesik adalah menghilangkan rasa nyeri. Peran penting lainnya dari senyawa fenolat dalam madu hitam adalah sebagai antioksidan yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Asam Fenolat

Asam fenolat adalah substansi yang umum terdapat dalam makanan sumber nabati. Dengan demikian mengakibatkan manusia secara tidak sadar selalu mengonsumsi senyawa tersebut secara rutin.. Selain dimiliki oleh madu hitam saja, masih ada sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, teh, kopi, bahkan rempah-rempah yang juga mengandung asam fenolat. Dalam tubuh manusia, senyawa asam fenolat berperan sebagai antioksidan alami.

Tidak hanya bersifat antioksidan alami, kandungan alami tersebut pun memiliki aktivitas biologis lain. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain mencegah terjadinya pembentukan leukotrien. Leukotrien sendiri adalah substansi penyebab gangguan asma, reaksi alergi, dan penyakit terkait pengaturan sistem daya tahan tubuh.

Pengaruh positif lain dari asam fenolat adalah sifat antitumor terhadap pembentukan awal kanker kolon. Kajian ilmiah di dapatkan bahwa asam fenolat memiliki potensi untuk mengontrol peradangan, pembelahan dan pembedaan jenis sel. Satu lagi, asam fenolat juga mungkin berperan sebagai antivirus, jamur dan bakteri.

Flavonoid

Khasiat madu hitam bagi kesehatan bisa dihubungkan pada flavonoid. Riset penting mengenai senyawa ini telah banyak dilakukan. Kajian-kajian ilmiah tersebut membuktikan bahwa flavonoid memiliki aktivitas sebagai antioksidan, menangkal radikal bebas dalam tubuh, mencegah penyakit jantung koroner, dan antikanker. Selain itu, senyawa ini berpotensi sebagai sarana untuk pengobatan HIV. Hingga kini, penelitian terkait flavonoid sebagai antivirus HIV masih terus berlangsung.

Melihat manfaat madu hitam sebagaimana diuraikan di atas, maka mencobanya sebagai diet harian bisa dilakukan untuk melengkapi asupan nutrisi bagi anggota keluarga di rumah. Hanya saja, selalu perhatikan label takaran harian yang tertera pada kemasan madu hitam demi mengoptimalkan manfaatnya.

Madu memang selama ini mempunyai jenis yang beraneka ragam. Pada setiap jenis madu, maka akan mempunyai khasiat yang berbeda – beda pula. Terdapat masih banyak resep madu yang digunakan sebagai obat-obatan untuk kesehatan dan penyubur vitalitas dan sebagainya.

Aneka ragam dan jenis madu ini tergantung dari sumber bunga yang dihisap oleh lebah dan juga habitat dimana mereka tinggal. Lebah menghasilkan madu dengan menghisap nectar dari bunga yang tidak hanya satu jenis saja, tapi ratusan jenis bahkan mungkin ribuan  varietas bunga.

Oleh karena tingkat rasa, warna, tekstur maupun manfaat di dalam madu menjadi berbeda – beda satu dengan yang lainnya. Dalam upaya mengelompokkan jenis – jenis madu tersebut, dibutuhkan pemikiran yang ekstra karena hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Jenis – jenis madu ini ada banyak sekali.

Bahkan para ilmuan sampai sekarang belum tahu secara gamblang apa yang mengakibatkan perbedaan warna pada setiap jenis madu. Namun, perbedaan warna pada jenis madu tersebut juga menjadi pembeda sumber bunga yang dihisap oleh para lebah. Hal yang paling pokok adalah jenis – jenis madu tersebut yang merupakan hasil alam luar biasa dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

  • Madu Campuran

Pada beberapa wilayah di dunia, madu kerap kali dicampur agar kandungan air yang ada didalam madu tersebut bisa diubah dan juga untuk mengubah warna pada madu tersebut. Tidak sedikit pula perusahaan makanan, obat-obatan dan kecantikan yang menggunakan jenis  jenis madu tersebut sebagai bahan campuran untuk produk -produk yang diproduksinya.

Obat herbal layaknya seperti jamu, sudah sejak lama menggunakan berbagai jenis madu sebagai pelengkap, supaya khasiat jamu tersebut semakin bertambah. Sekarang ini sudah banyak salon – salon kecantikan atau spa kecantikan yang mengggunakan madu sebagai lulur, scrub yang dioleskan pada wajah dan tubuh, supaya kulit menjadi awet muda, kencang, kenyal, cerah dan segar kembali.

Madu campuran adalah campuran dari dua atau beberapa jenis madu yang berbeda satu dengan yang lainnya, baik itu dari rasa, warna, tekstur maupun tempat dan juga asal bunga sumber madu tersebut. Negara produsen madu campuran terbesar saat ini adalah negara Cina, kemudian disusul oleh negara Amerika Serikat, lalu Argentina , Turki, Meksiko, Ukraina dan India.

  • Madu Monoflora

Madu Monoflora merupakan madu yang diproduksi dari satu jenis bunga saja. Madu ini dihasilkan oleh lebah madu dari nektar – nektar yang terdapat pada bunga. Rasa dari madu ini tergantung dan beravariasi pada jenis bunga apa yang dihisap oleh para lebah.

  • Madu Poliflora atau Madu Multiflora

Madu Poliflora atau Madu Multiflora berupa madu yang dihasilkan dari nektar – nektar bunga yang berasal dari berbagai macam bunga atau dari beberapa jenis bunga. Madu jenis ini rasanya lebih beragam dan manfaatnya pun lebih banyak karena sumber madu untuk membuatnya lebih dari satu macam.

  • Madu Embun

Madu Embun merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah dari cairan yang mirip madu berwujud sekresi serangga tertentu, yang sering ditemukan pada tumbuh -tumbuhan atau kelopak – kelopak bunga dan dari getah pada tanaman yang dikonsumsi oleh serangga yang lain. Misalnya saja seperti: getah dari pohon pinus yang juga menambah khasiat pada madu tersebut.

  • Madu Ekstraflora

 

Madu Ekstraflora jenis madu yang tergolong sebagai madu yang unik. madu ini dihasilkan atau berasal dari nektar non – flora atau yang bukan berasal dari bunga. Biasanya madu ini terdapat diluar bunga seperti pada daun, kelopak bunga atau batang bunga.

Jenis madu berdasarkan sumber madu yang dihasilkan oleh lebah madu, dibedakan menjadi dua, yaitu :

  • Madu Hutan Liar

Madu Hutan Liar adalah madu yang diperoleh dan dihasilkan oleh lebah – lebah yang hidup dialam liar yang berjenis Apis Dorsata. Lebah ini terdapat di hutan – hutan, di gunung dan tempat – tempat lain, tanpa adanya campur tangan manusia sama sekali. Kualitas madu yang dihasilkan oleh para lebah ini adalah madu yang terbaikm karena mereka menghisap berbagai nektar dari bunga yang ada dialam, dimana tanaman tersebut masih alami.

Akan tetapi sayangnya saat ini madu hutan semakin sulit diperoleh dan juga mahal harganya, karena keberadaan madu ini sangat sulit ditemukan. Tidak hanya itu saja, tempatnya juga sulit dijangkau oleh manusia.

  • Madu Ternak

Madu Ternak adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang dibudidayakan atau ditangkarkan dengan sengaja oleh manusia. Untuk madu ternak ini, madu yang dihasilkan hanya berasal dari nektar bunga, dari beberapa jenis bunga saja. Maka dari itu kandungan senyawa yang terkandung didalamnya tidak sebanyak yang ada pada madu hutan liar.

Meskipun begitu, madu ternak ini juga berkhasiat bagi kesehatan dan dan untuk pengobatan bagi tubuh manusia. Madu ini memiliki bermacam merek dan harganya juga cukup terjangkau.

Pembagian jenis madu ini juga kebanyakan diambil dari nama yang sesuai dengan tempat asal daerah madu yang dihasilkan, seperti misalnya : Madu Sumbawa yang berasal dari pulau sumbawa, Madu Sumatera, Madu Kalimantan, Madu Ambon, Madu Papua, dan lain sebagainya. Ada juga penamaan jenis madu sesuai dengan asal negara, suku dan lain-lain, seperti : Madu Yaman, karena berasal dari negara yaman, Madu Arab, Madu Turki, Madu Badui, karena di panen oleh orang badui dan lain – sebagainya.

Penamaan jenis Madu ada juga yang diambil dari nama asal nektar madu atau nama asal bunga dari tanaman tersebut. Contohnya seperti :

Madu Bunga Jambu air
Madu Bunga Durian
Madu Bunga Apel
Madu Bunga Mangga
Madu Bunga Rambutan
Madu Bunga Karet
Madu Bunga Kapuk (Randu)
Madu Bunga Klengkeng
Madu Bunga Kaliandra
Madu Bunga Jambu Mede
Madu Bunga Sonokeling
Madu Bunga Kopi
Madu Bunga Mahoni
Madu bunga cengkeh, dan lain sebagainya

  • Jenis Madu – Madu Bunga Kapuk Randu

Sesuai dengan namanya, madu ini dihasilkan dari bunga kapuk randu. Fungsi madu ini beraneka ragam. Diantaranya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan dan juga luka bakar.

Selain itu fungsi madu ini ialah untuk mempelancar fungsi otak., kemudian sangat baik juga untuk masker wajah, suplemen makanan dan penambah nutrisi tubuh. Sangat disarankan dikonsumsi oleh balita dan dewasa.

Tahukah sebenarnya bahwa madu berkhasiat untuk perawatan kecantikan dan kesehatan ?

Cairan yang kental dan manis ini diproduksi oleh lebah penghasil madu di hutan asli atau bisa dari lebah ternak. Secara umum kalangan bidang farmsi memproduksi madu sebagai sarana pengobatan alami dan bersifat herbal.

Kandungan madu sangat beraneka ragam dari mulai air, gula, antioksidan, flavonoid, fenolat, vitamin E, vitamin C, asam amino, serta mineral seperti zinc dan zat besi.

Bagi sebagian kalangan dari berbagai usia manfaat madu sebagai obat untuk meredakan batuk, alergi, diare, dan asma. Selain itu, beberapa kalangan pun terdapat yang memanfaatkan madu untuk berbagai permasalahan kulit, diantaranya mengatasi kulit gatal dan mempercepat proses menyembuhkan luka.

Apabila hendak mencoba memanfaatkan madu sebagai obat alami atau ramuan tradisional, sebaiknya memahami akan khasiat madu itu sendiri untuk kesehatan dan berdasarkan sumber catatan medis.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Mencoba mengoleskan madu lebah hutan asli atau cairan mengandung madu pada kulit yang terluka. Nutrisi dan bahan kimia lainnya pada madu diyakini dapat mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa nyeri, mengurangi infeksi, meningkatkan kinerja sel-sel yang terlibat dalam penyembuhan luka, mengurangi nanah, serta bau tidak sedap pada luka.

Beberapa jenis luka yang besar kemungkinan dapat dibantu perantara penyembuhan oleh manfaat madu lebah hutan asli atau madu ternak adalah luka bakar, lecet, luka pasca operasi, dan borok atau ulkus kaki kronis. Namun, penelitian menunjukkan madu tidak terbukti dapat mengobati jerawat.

Simak penjelasan mengenai : Efek Samping Minum Madu Hutan dan Madu Ternak

Kencing manis dan Diabetes

Khasiat madu lebah hutan asli ternyata juga baik dalam penanganan penyakit diabetes. Berbagai banyak hasil penelitian menemukan bahwa mengonsumsi madu lebah hutan asli atau pun madu ternak setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes sesuai aturan konsumsi.

Tingkat kadar kolesterol dan berat badan penderita diabetes pun dapat menurun akibat khasiat madu. Akan tetapi, hal tersebut masih perlu diteliti lebih jauh mengenai beberapa jenis madu yang  memilki manfaat paling baik untuk membantu mengobati kondisi tersebut.

Mengatasi Batuk

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir. Kondisi semacam ini, membasahi tenggorokan sehingga bermanfaat meredakan batuk. Mengonsumsi madu sebelum tidur, mungkin bisa mengurangi batuk pada orang dewasa dan anak-anak yang berusia dua tahun ke atas.

Sariawan akibat radioterapi

Mengonsumsi madu sekitar 20 ml memungkinkan dapat mengurangi tingkat keparahan sariawan, serta penurunan berat badan dan nyeri saat menelan akibat terapi radiasi dalam pengobatan kanker di kepala dan leher. Hasil kajian memperoleh bahwa pasien yang diberi madu pasca terapi radiasi di kepala mengeluhkan nyeri lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak konsumsi madu sama sekali.

Selain itu, penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk mengetahui kebenaran manfaat madu dari segi medis untuk kondisi-kondisi lainnya, seperti manfat madu berupa :

Meringankan kondisi setelah operasi mata.
Meningkatkan kesuburan.
Mengatasi kulit gatal.
Mengobati iritasi kulit akibat terbakar matahari.
Meringankan asma.
Mengatasi masalah kekurangan gizi.
Meningkatkan stamina.
Mengatasi alergi.
Mengobati diare.

Apa bila di minum dan dioleskan pada area kulit luka dengan dosis yang tepat, madu tergolong aman dan baik-baik saja. Kalangan anak-anak di atas usia setahun pun sangat aman mengonsumsi madu. Namun, sebaliknya tidak dianjurkan sama sekali memberi madu kepada bayi atau anak di bawah usia di bawah setahun untuk menghindari risiko botulisme. Botulisme merupakan kondisi keracunan yang menginfeksi sistem saraf tubuh dan berpotensi serius.

Terdapat jenis madu yang dapat menimbulkan efek berbahaya jika dikonsumsi, yaitu madu yang berasal dari nektar Rhododendron. Madu jenis ini berisiko menyebabkan tekanan darah rendah, nyeri dada, dan gangguan irama jantung karena mengandung racun berbahaya.

Kemungkinan madu aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Akan tetapi untuk menjaga keselamatan janin yang sedang berada dalam kandungan terutama akibat adanya infeksi bahan kimia atau bakteri madu untuk jangan sekali-kali mengkonsumsinya.

Kalangan dari segenap usia yang memiliki alergi serbuk sari, lebih baik tidak dianjurkan mengonsumsi madu karena cairan manis ini terbuat dari serbuk sari yang bisa menyebabkan reaksi alergi.

Tatkala hendak mengonsumsi dan memperoleh khasiat alami madu, seharusnya untuk mematenkan terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI atau belum. Perhatikan pula tanggal kedaluarsa madu yang tercantum pada kemasan. Apabila ragu, konsultasikan kepada pihak medis mengenai khasiat madu untuk pengobatan dan untuk menjaga kondisi kesehatan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *