Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Proses Terjadinya Siklus Menstruasi Wanita

Proses terjadinya siklus menstruasi pada wanita secara singkat dan lengkap sangat membutuhkan informasi yang akurat dan berimbang.

Mana kala siklus menstruasi seorang wanita biasanya sudah ditentukan semenjak dirinya mencapai usia batas pubertas (masa akil baligh) untuk seorang remaja perempuan usia belasan tahun.

Menstruasi merupakan hal yang sangat dimaklumi, adanya kondisi ini sebab menstruasi sebagai upaya untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan dari dalam tubuh dengan membersihkannya lalu mengeluarkannya berupa darah.

Siklus menstruasi yang berarti pola perubahan dalam tubuh wanita, khususnya di area organ reproduksi yang dimilikinya. (Diantara dinding rahim (endometrium) ini terjadi penebalan dan meluruhkan darah sebab tidak adanya proses pembuahan sel telur.

Siklus haid atau menstruasi pada wanita sangat berbeda-beda dan kebanyakan siklus menstruasi adalah 28 hari ada juga 23-35 hari.

Jika tidak dibuahi sel telur akan di serap tubuh dan dinding rahim yang menebal sudah akan luruh, kemudian mengalir keluar dari tubuh lewat vagina bersama campuran darah.

Mengenal tahapan tahapan siklus menstruasi (haid) pada wanita

Siklus haid dan menstruasi lebih pada tahap awal terjadi ketika remaja wanita mencapai usia pubertas ketika menginjak belasan tahun usianya atau kira kira 2-3 tahun pasca payudara wanita mulai tumbuh.

Tapi, sekarang ini berdasarkan banyak hasil penelitian dan riset terkait bahwa banyak sekali siklus menstruasi tiba lebih cepat dari usia perkiraan. Banyak diantaranya usia 8 tahun ke atas sudah bisa mengalami menstruasi dan itu pun terjadi secara rutin.

Siklus menstruasi akan tetap ada hingga sudah mencapai batas usia menopause (usia paruh baya) kira kira usia 40 tahun hingga usia setengah abad lebih.

Ketika wanita sedang mengalami haid wanita akan mengalami pendarahan dari vagina selama kira kira 2 hari sampai 1 minggu dengan volume darah rata rata sekitar 30 hingga 70 mili liter.

Akan tetapi, beberapa wanita yang mengeluarkan darah yang lebih banyak volume darah akibat pendarahan lebih saat menstruasi biasanya terjadi pada hari pertama dan hari kedua.

Ketika sedang dalam masa menstruasi sakit dan karam perut saat menstruasi itu akan terjadi berlangsung.  Jika mengalami sakit dan kram perut yang terasa mengganggu ketika haid ada jalan supaya bisa mengetahui penyebab dan cara menolongnya diantaranya yaitu dengan konsultasi ke dokter.

Secara umum siklus haid pada seorang wanita itu di bagi ke dalam beberapa fase diantaranya berdasarkan hormon pada seorang wanita yang saling berpengaruh antara lain :

  • Hormon estrogen

Hormon estrogen yang termasuk dalam jenis hormon wanita di produksi di ovarium ini sangat berperan di dalam tubuh wanita. Hormon jugalah yang mempunyai peran aktif pada perubahan tubuh remaja wanita dalam masa pubertas dan terlibat dalam pembentukan kembali lapisan rahim setelah periode menstruasi.

  • Hormon progesteron

Hormon progesteron ini saling berpengaruh dengan hormon sebelumnya hormon estrogen guna menjaga siklus reproduksi dan menjaga kehamilan.

  • Hormon pelepas gonadotropin (gondatotropin -releasing hormone) di produksi oleh otak, hormon ini membantu memberikan rangsangan pada tubuh untuk menghasilkan hormon perangsang folikel dan hormon pelutein.
  • Hormon pelutein (luteinizing hormone-LH)

Adalah sel telur dan proses ovulasi diproduksi oleh ovarium berkat rangsangan dari hormon Pelutein.

  • Hormon Follicle Stimulating Hormone

Salah satu hormon khusus pada wanita yang biasanya di singkat hormon FSH yang merupakan hormon dalam mengontrol siklus menstruasi dan sangat berpengaruh dalam kematangan sel telur.

Bagaimanakah Fase Fase Siklus Menstruasi yang Terjadi Pada Wanita Dewasa ?

1 Fase pertama

Fase ini merupakan fase poliferasi dimana fase awal dari hari kelima pada saat menstruasi dan akan berlangsung sampai hari ke 14 pada setiap siklus menstruasi.

Ketika hormon ini berupa hormon estrogen yang berperan aktif ketika siklus menstruasi berlangsung akan menghambat FSH dan menguat sehingga mendorong hormon LH. Proses fase awal ini menyebabkan lapisan darah dalam rahim seketika itu juga menebal.

2 Fase kedua menstruasi

Fase yang selanjutnya dari meneruskan fase pertama awal mula di kenal sebagai fase ovulasi yang dinamai fase sel telur yang tidak dibuahi sama sekali oleh sel sperma.

Secara umum, sel telur dapat bertahan dalam waktu 24 jam dalam menunggu sel sperma untuk membuahi. Apa bila sel telur tidak di buahi sama sekali oleh sel sperma maka akan melepaskan diri dari tuba fallopi untuk kemudian menuju rahim sehingga akan hancur dan bersekresi di dinding rahim wanita.

Beberapa akibat untuk wanita yang menjadikan siklus haid seorang wanita itu bisa pulih dan lancar lantararan beberapa alasan tertentu berikut diantaranya :

  • Periode menopause

Periode menupause adalah periode pada wanita sudah dewasa atau sekitar umur paruh baya (usia setengah abad) yang bisa membantu menghentikan siklus haid itu terjadi pada wanita.

Biasanya pada periode ini wanita usia paruh baya akan mengalami bentuk gejala pendarahan besar besaran sebagai akhir dari siklus menstruasi.

  • Berat badan turun secara cepat

Untuk kalangan wanita yang mengalami berat badan turun secara drastis menjadi pemicu siklus haid itu tidak normal dan tidak lancar.

Gangguan pola makan tidak teratur dan cukup serius seperti bulimia dan anorexia nervosa dapat menjadikan siklus menstruasi tidak terkendali.

  • Aktivitas berlebihan bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan

Aktivitas yang dlakukan secara berlebihan untuk seorang wanita haruslah diwaspadai karena hal ini akan berdampak pada siklus menstruasi yang tidak lancar.

Rasa capek lelah letih dan lemah ditimbulkan akan mempengaruhi kelenjar hipotalamus sehingga berpengaruh pada hormon menstruasi.

  • Kontrasepsi hormonal

Kontrasepsi hormonal yang biasa dimanfaatkan oleh wanita dewasa terdapat beberapa jenis dapat menjadikan siklus haid tidak terkendali diantaranya suntik KB, Pil KB atau pun kontrasepsi hormonal lainnya.

  • Stress emosional

Stres yang terjadi pada seorang wanita sangatlah saling memberikan pengaruh cukup kuat manakala haid itu tidak lancar datangnya.

Stres yang sangat berlebihan menyebabkan pendarahan yang tidak lancar dan tidak teratur sama sekali. Stres hanya dapat di cegah dengan menenangkan diri, memusatkan pikiran dan penyegaran bersama alam terbuka.

  • Masalah organ kandungan

Pemicu terjadinya haid yang tidak teratur tentu tidak dapat terlepas dari adanya gangguan di dalam kandungan. gangguan di dalam kandungan seperti polip, dan myoma uteri dapat memberikan efek terhadap siklus menstruasi yang tidak teratur dan keluhan pada pendarahan di luar siklus menstruasi.

  • Tidak stabilnya hormonal tubuh

Keseimbangan dan stabilnya hormonal di dalam tubuh tentunya jika adanya kerja sama antara kelenjar tiroid, indung telur, otak dan kelenjar otak akan teratur sekali dalam siklus menstruasi.

Apa bila kondisi tidak seimbang antara hormonal di dalam tubuh, maka akan terjadi gangguan pada siklus haid.

  • Masalah kelenjar tiroid

Masalah kelenjar tiroid berfungsi dalam mengatur metabolisme di dalam tubuh. Dengan adanya gangguan pada kelenjar tiroid maka dipastikan seorang wanita mengalami gangguan pada siklus haidnya.

  • Faktor obesitas yang menjadikan haid tidak lancar

Tidak hanya faktor penurunan berat badan sehingga mempengaruhi menstruasi abnormal, tetapi obesitas pun bisa memicu haid tidak lancar.

Faktor kenaikan berat badan  yang sangat berlebih diindikasikan terjadinya gangguan tiroid pada seoang wanita.

Penyakit hormonal seperti ovarium polikistik dapat diakibatkan oleh berat badan berlebihan yang tentunya sangat perlu pengobatan khusus untuk seorang wanita.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.