Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pertolongan Pertama Jika Terjadi Kram dan Sakit Saat Haid Wanita

Haid atau menstruasi pada seorang wanita itu sangat memicu semua gangguan kesehatan terlebih akan terasa kram di bagian perut bawah yang begitu terasa sakit.

Kram dan sakit yang terjadi ketika sedang mengalami siklus menstruasi  bisa di bantu dengan semua jenis perawatan di rumah misalnya dengan melakukan pertolongan pertama jika terjadi kram dan sakit saat haid wanita.

Ada banyak jenis kram saat menstruasi itu terjadi diantaranya kram otot dan kejang, rasa sakit dan perut bagian bawah yang intens dan tajam seolah olah di tusuk tusuk atau bisa juga pegal pegal dan sakit melalui punggung dan pinggang dekat perut.

Menstruasi berupa salah satu siklus kesehatan seorang wanita, akan tetapi kalangan wanita juga harus bisa merawat dan mengatasi keluhan kesehatan termasuk siklus haid itu sendiri.

Banyak diantaranya wanita mengerang kesakitan akibat kondisi kram yang timbul baik saat haid awal atau haid biasa yang terjadi.

Ada banyak perawatan rumah ini bisa membantu dalam mengurangi tingkat perasaan sakit akibat kram saat menstruasi antara lain :

  1. Masukkan alas pemanas atau botol air panas di perut dan bisa juga boleh mandi melalui air hangat. Air yang hangat dan panas akan membantu meningkatkan aliran darah berjalan normal dan mengurangi rasa sakit ketika haid.
  2. Berbaringlah dan letakkan bantal di bawah lutut atau berbaring miring dan posisi kaki dan lutut paling tinggi dari posisi kepala. Dengan terapi ini bisa membantu mengurangi penekanan aliran darah balik.
  3. Manfaatkanlah pembalut yang sesuai dan nyaman digunakan bukan tampon.
  4. Senantiasa berolahraga secara teratur ini membantu mengurangi efek kram yang sakit di bawah perut.
  5. Konsultasikan dengan dokter dalam prihal yang sedang dialami untuk mendapatkan perawatan yang secara jelas dan diberikan resep obat dari dokter termasuk penanganan hormonal tubuh.

Supaya lebih jelas ada bentuk perawatan lain yang bisa membantu dalam mengurangi rasa kram dan sakit ketika haid terjadi pada wanita dewasa diantaranya :

  • Terapkan panas

Memanfaatkan alas pemanas merupakan cara terbaik untuk mengendurkan otot otot perut berkontraksi yang menyakitkan di rahim wanita.

Ada banyak jenis alas pemanas yang sudah di isi dengan air hangat misalnya over-the counter heating pathces atau bahkan anda bisa menggunakan botol plastik yang diberi air panas di dalamnya.

Tempelkan alas pemanas atau botol plastik ke perut yang sedang mengalami kram untuk membantu mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi.

  • Hindari konsumsi kafein

Bagi kalangan wanita yang sedang haid untuk jangan sekali kali konsumsi kafein terutama pada kopi. Kafein khususnya kopi ini bisa memicu penyempitan pembuluh darah dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi, yang menjadikan kram saat menstruasi berlangsung menyakitkan.

  • Minum air teh hangat

Minum air teh hangat ? ya, walau pun teh itu mengandung senyawa kafein tetapi teh memiliki sifat dalam membantu menghilangkan rasa sakit dan membantu mengurangi rasa kram di perut saat menstruasi.

  • Konsumsi vitamin D

Dalam hasil riset ilmuan memperoleh bahwa vitamin D khususnya D 3 ini bisa membantu menurunkan risiko kram saat haid dan mengurangi intensitas nyeri atau sakit di badan.

  • Obat pereda nyeri dan pelancar haid resep dokter

Ya obat resep dokter tentunya akan menyesuaikan dengan gejala keluhan kesehatan yang terjadi karena sebelumnya dokter akan memeriksakan terlebih dahulu gejala kram yang timbul.

Obat pencegah peradangan dan rasa nyeri bisa membantu mengurangi rasa nyeri sakit dan kram di bagian perut bawah wanita.

  • Cobalah untuk bisa terapi akupuntur

Akupuntur sudah terbukti bisa membantu mengatur aliran darah melalui perut dan mengendurkan saraf dengan secara langsung meredakan kontraksi otot dan memberikan hasil yang efektif membantu mengurangi nyeri dan kram di perut.

  • Banyak konsumsi susu yang mengandung banyak kalsium

Mineral penting sangat dibutuhkan khususnya kalsium dan magnesium, ada banyak sekali produk suplemen termasuk susu asli yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan kram saat menstruasi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.