Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Disini

 

Penyebab Asam Lambung Naik Dan Cara Mengatasinya

ciri ciri asam lambung naik, cara mengatasi asam lambung naik ke dada, mengobati asam lambung, makanan untuk penderita asam lambung, cara mengobati asam lambung dengan cepat, asam lambung naik jantung berdebar, cara mengatasi asam lambung tanpa obat, makanan penyebab asam lambung

Penyebab asam lambung naik dan cara mengatasinya – Penyakit asam lambung adalah salah satu jenis gangguan pada sistem pencernana manusia yang banyak menimbulkan masalah baik kesehatan atau pun masalah dalam hal pencernaan. Penyakit asam lambung secara umum diakibatkan oleh LES (Lower Esopgageal Sphinchter) yang tidak dapat berungsi dengan baik. LES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah esofagus yang berguna dalam menjaga pintu masuk dan keluarnya makanan yang nantinya akan masuk ke bagian lambung.

Saat sedang makan otot-otot LES akan senantiasa rileks dan membiarkan makanan masuk ke dalam lambung. Setelah makanan lewat. otot LES akan menjadi tegang dan menutup agar asam lambung dan makanan tidak naik kembali dari lambung ke esofagus atau di kenal sebagai tenggorokan.

Pada pengidat penyakit asam lambung naik, LES mengalami gangguan dengan melemahnya kemampuan otot-otot LES tersebut. Pengidap asam lambung kerap kali merasakan gejala cukup serius dalam hal nyeri ulu hati atau sensasi terbakar di dada dan perut menjadi terasa tidak nyaman.

Kendati demikian belum di ketahui secara jelas bahwa LES itu bisa menjadi kemampuannya melemah, terdapat beberapa faktor potensi yang di klaim sebagai penyebab masalah tersebut. Secara umum gejala asam lambung bisa saja di picu oleh kondisi tubuh yang kelebihan berat badan atau obesitas. Secara umum pengidap yang mempunyai tekanan yang lebih tinggi terutama dalam hal berat badan tentu lambungnya juga merasakan tekanan cukup besar jika dibandingkan dengan berat badan ideal seperti orang kurus. Namun siapa sangka dan tidak menutup kemungkinan pula bahwa orang kurus pun sering mengalami yang namanya gejala penyakit asam lambung.

Secara umum juga faktor penyebab asam lambung dan cara mengatasinya berkaitan dengan konsumsi makanan yang terlalu banyak lemak. Makanan yang kaya akan lemak lebih mengganggu asam lambung di dalam organ lambung sehingga asam lambung mau pun cairan di dalam lambung menjadi tidak netral dan memicu reaksi asam lambung naik kerongkongan.

Faktor yang selanjutnya sebagai penyebab asam lambung atau diakibatkan melemahnya otot esofagus dikarenakan terlalu ketergantungan minum kopi, merokok, cokelat, alkholisme dan efek samping obat-obatan tertentu. Tidak menutup kemungkinan faktor-faktor tersebut mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan dan terjadi kondisi asam lambung (GERD).

Faktor yang lain bisa pula terjadi sebagai akibat kehamilan. Orang yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon. Hal tersebut secara umum mengakibatkan kelemahan LES. Tidak hanya itu akan terjadi pula peningkatan tekanan di area perut.

Faktor asam lambung ada begitu banyak termasuk hiatus hernia dimana kondisi ini di picu oleh tekanan dari lambung terdorong sehingga melewati diafragma. LES melemah juga terjadi akibat faktor psikis misalnya stres dan membuat melemahnya otot-otot tubuh yang lain termasuk otot LES.

Bukan sekedar itu saja, pengidap diabetes pun akan lebih berisiko besar dalam menderita penyakit asam lambung. Tingkat kadar gula darah yang cukup besar merusaf sistem saraf tubuh termasuk saraf yang mengontrol otot perut. Sebagai akibat makanan tinggal di dalam perut lebih lama dan berlanjut ke usus halus. Kondisi ini memberi asam lambung kesempatan untuk naik ke kerongkongan.

Asam lambung justru salah satu bagian yang sangat penting dan dibutuhkan dan memang cairan yang terdapat di dalam organ lambung ini berperan aktif sebagai enzim penghancur makanan. Namun jika kadar asam lambung sudah mulai naik ke kerongkongan alias tidak wajar makan akan dapat membahayakan sistem kerja lambung dan menimbulkan gejala penyakit di sistem pencernaan manusia.

Apabila asam lambung mencapai kadar hingga pH2,5 akan mengakibatkan peningkatan asam lambung sementara. Asam lambung akan memperluas dai dalam paru dalam beberapa detik saja dan jaringan paru akan terpapar dalam beberapa menit. Secara umum kondisi inilah yang terjadi sebagai akibat hipotensi yang diakibatkan penurunan refluks curah jantung melalui saraf esofagus.

Disebabkan semua orang juga pernah mengalaminya baik kalangan anak-anak, dewasa hingga manula bahkan wanita hamil dan menyusui. Banyak orang yang tidak sadar kalau asam lambung naik kerongkongan itu harus di obati. Makan yang terlalu banyak dan terburu-buru misalnya saat berbuka puasa juga bisa mengakibatkan penyakit asam lambung naik kerongkongan serta muncul rasa asam terasa ini muntah pada mulut dan area kerongkongan.

Jenis-jenis makanan yang bisa memicu reaksi penyebab asam lambung naik diantaranya :

  1. Soda, dalam hal ini minuman dan makanan yang mengandung soda akan memicu gangguan di area asam lambung. Bukan hanya itu minuman bersoda pula yang menyebabkan lambung penuh dengan cairan buih yang bisa membuat lambung bergelembung.
  2. Mengonsumsi makanan yang berlemak, bukan hanya makanan yang kadar karbohiderat yang cukup berat untuk dicerna, Ternyata asam lambung naik kerongkongan pula menyebabkan asam lambung bisa naik ke kerongkongan.
  3. Cokelat. Di dalam cokelat masih terdapat beberapa kandungan stimulan yang di kenal sebagai theobromine yang jika sampai di konsumsi pada waktu malam hari makan akan dapat meningkatkan potensi refluks asam lambung.
  4.  Kacang-kacangan. banyak jenis kacang-kacangan yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit asam lambung naik kerongkongan.
  5. Minuman yang beralkohol tinggi. Bukan sebatas pada minuman bir, ginseng dan minuman berkarbonasi lainnya buah-buahan yang memiliki kadar alkohol cukup tinggi juga mengakibatkan banyak masalah terutama peningkatan asam lambung seperti buah pisang ambon.

Cara mengatasi asam lambung naik kerongkongan antara lain sebagai berikut :

■ Hal yang harus dilakukan sebagai cara mengatas asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan diantaranya dengan bahan alami daun meniran. Daun meniran yang sudah di cuci hingga benar-benar bersih, baru kemudia di rebus dengan 3 gelas air yang jernih. Rebuslah daun meniran tersebut sampai air ramuan asam lambung alami itu tinggal setengahnya saja. Apabila ramuan sudah dingin, maka saringlah dan minum setiap hari dengan memakai bahan alami daun meniran tersebut secukupnya saja yaitu saat pagi dan sore hari.

■ Cara mengatasi asam lambung yang naik kerongkongan dengan memanfaatkan baking soda, sebab sifat basa yang terdapat dalam baking soda dapat dimanfaatkan dalam mengurangi asam lambung dan gejala nyeri ulu hari. Cara membuat dengan mencampurkan 1/2 sendok hingga 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air. Apabila mengatasi asam lambung naik sering mengalami kegagalan dan tidak ada reaksi sama sekali dari pemanfaatan baking soda maka sudah pasti haru mencari solusi yang lain.

■ Cara mengatasi asam lambung naik kerongkongan selanjutnya bisa memanfaatkan bahan alami kencur. Kencur merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatasi asam lambung yang berlebihan dengan bahan alami. Cara membuat ramuan ini asam lambung ini cukup dibersihkan terlebih dahulu 1 jari rimpang kencur. Cuci hingga benar-benar matang kemudia kupas rimpang kencur tersebut dan campuri dengan garam secukupnya. Setelah di haluskan ke dua bahannya baru di kunyah dan di telan, setelah itu di dorong dengan minum air hangat secukupnya.

Penyebab asam lambung naik sebenarnya bukan karena faktor-faktor yang tercantum di atas saja melainkan bisa terjadi lantaran terlalu banyak konsumsi makanan secara berlebihan. Maka oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dan tidak terlalu terburu-buru dalam makan. Biasakan untuk senantiasa mengunyah makanan hingga benar-benar lembut.