Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Nama Penyakit Nyeri Pada Persendian yang Perlu Diketahui

Penyakit Sendi Pada Kalangan Dewasa dan Manula

Penyakit nyeri pada persendian terutama sendi gerak dan tulang memang menjadi kasus keluhan kesehatan untuk di era globalisasi sekarang ini. Manakala kasus keluhan kesehatan nyeri sendi telah menjangkit kalangan usia muda yang masih aktif bergerak sehingga mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari-harinya.

Nama nama penyakit nyeri pada persendian yang perlu diketahui memang harus dikenalkan lebih supaya bisa mengurangi dan mencegah gejala keluhan kesehatan tersebut dari sejak awal mula. Keluhan kesehatan nyeri sendi memang bisa terjadi secara mendadak atau bahkan secara perlahan-lahan bisa merusak sistem saraf dan jaringan otot kaki termasuk tulang.

Nyeri sendi merupakan rasa sakit cukup serius pada beberapa bagian anggota tubuh yang menghubungkan antara tulang dengan tulang lainnya. Gangguan nyeri sendi dapat terjadi sebentar dan bisa saja cukup lama. Tingkat rasa nyeri berbeda mulai dari ringan, sedang hingga akhirnya cukup berat dirasakan.

Beberapa nama penyakit nyeri sendi pada persendian yang perlu diketahui berdasarkan hasil catatan medis dan sejumlah riset para ahli diantaranya sebagai berikut :

■ Chondromalacia patellae atau patelloferomoral pain syndrome (PFS) atau yang di kenal sebagai lutut pelari

Nama penyakit nyeri sendi lutut ini Chondromalacia patella merupakan pemicu nyeri lutut paling sering pada orang usia muda dan atlet. Chondromalacia patella dapat diakibatkan karena cedera pada lutut atau olahraga yang berlebihan. Krepitus pada lutut bisa dirasakan saat naik tangga, berdiri dari duduk lama dengan lutut ditekuk atau berdiri dari posisi jongkok. Gejala yang terasa berupa nyeri, bengkak dan kaku pada sendi lutut.

■ Meniskus lutut (cedera pada tulang rawan sendi lutut)

Meniskus merupakan tulang rawan yang melindungi sendi lutut dari gesekan serta menjaga kestabilan sendi. Cedera pada meniskus dapat terjadi pada cedera karena olahraga saat terjadi puntiran pada lutut dan dapat terjadi pada lanjut usia yang memiliki meniskus yang lebih tipis. Gejala lain di samping munculnya kreptus antara nyeri lain nyeri, bengkak, kaku dan sukar meluruskan lutut.

■ Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi pembengkakan jaringan di dalam dan sekitar sendi dampak akibat dari kerusakan permukaan pelindung tulang. Cedera serius pada area sendi, obesitas dan faktor usia adalah hal-hal yang membantu meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Osteoarthritis adalah salah satu penyakit degeneratif pada persendian sebagai akibat penipisan pada tulang rawan sendi. Penipisan ini mengakibatkan gerakan sendi yang tadinya mulus menjadi kasar dan saling bergesek sehingga memicu rasa nyeri setiap kali sendi digerakan.

■ Haemarthrosis

Kondisi semacam ini diketahui sebagai bentuk dari pendarahan internal (di dalam) ruang sendi akibat tempurung lutut retak atau ligamen robek.

■ Traumatic Synovitis atau peradangan  pada jaringan yang melapisi sendi dan tendon karena cedera.

■ Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi yang disebabkan oleh kristal-kristal tajam dari penumpukan zat asam urat.

■ Pseudogout. Penyakit dari bentuk kondisi hampir sama dengan asam urat, namun kristal-kristal tajam yang terbentuk berasal dari akumulasi kalsium di sekitar sendi. Berbeda dengan gout, pseudogout umumnya menyerang sendi lutut dahulu.

■ Penyakit osgood-schlatter. Kondisi yang ditandai dengan gejala nyeri sendi dan bengkak pada benjolan tulang terletak di bawah tempurung lutut.

■ Hemofilia

Hemofilia adalah bentuk dari komplikasi gejala kondisi pendarahan internal sehingga menjadikan kerusakan cukup parah di area sendi lutut dan merusak jaringan halus sendi atau tulang rawang dan lapisan tipis di dalam sendi. Nama penyakit komplikasi sendi ini dapat terjadi di dalam otot dan mengakibatkan tungkai membengkak.

■ Septic arthritis

Septic arthritis merupakan radang sendi yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Penyakit ini umumnya menyerang sendi. Septic arthritis biasaya di derita oleh anak-anak dan lanjut usia.

Septic arthritis dapat dipicu karena selaput sendi (synovium) tidak mampu melindungi sendi dari infeksi sehingga tubuh bereaksi dengan menimbulkan peradangan pada sendi. Infeksi berlangsung dengan cepat dan dapat merusak tulang muda serta tulang lain dalam sendi.

■ Nama penyakit nyeri sendi pada persendian selanjutnya berupa dislokasi dalam arti cedera pada sendi. Cedera tersebut terjadi saat tulang bergeser dan keluar dari posisi normalnya pada sendi. Terdapat beberapa kasus dislokasi terjadi akibat benturan yang dialami oleh sendi. Contohnya saat bermain basket atau jatuh dari sepeda.

Dislokasi secara umum terjadi pada jari dan bahu. Kendati demikian, persendian lain seperti lutut, pinggul, siku tangan maupun pergelangan kaki juga bisa mengalami cedera.

■ Avascular necrosis adalah kondisi yang ditandai dengan gejala kerusakan tulang akibat kurangnya pasokan darah.

■ Psoriatic arthritis. Psoriatic arthritis mengakibatkan sendi terasa nyeri, kaku, bengkak dan meradang dan umumnya dialami satu dari lima orang penderita psoriasis (penyakit peradangan kulit).

■ Rhematoid arthritis merupakan gejala sakit pada kondisi yang kerap hilang dan timbul mengakibatkan penderitanya lelah. Bagian sendi yang mengalami peradangan pada rhematoid arthritis biasanya sendi jari tangan pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

■ Peradangan pada jaringan ikat. Penyakit yang menyerang jaringan ikat antara lain skleroderma dan lupus.

■ Infeksi virus. Infeksi virus yang dapat mengakibatkan radang sendi misalnya rubella dan hepatitis.

■ Arthritis. beberapa jenis arthritis yang jarang terjadi dapat pula memicu nyeri pada bagian sendi tubuh diantaranya reactive arthritis, juvenile arthritis, dan anklyosing spondylitis.

■ Penyakit osgood-schlatter. Kondisi ini ditandai dengan gejala nyeri dan bengkak pada benjolan tulang yang terletak tepat di bawah tempurung lutut.

■ Kanker tulang

Kanker tulang meski pun tidak termasuk dalam penyakit nyeri sendi, namun bisa memicu rasa nyeri pada persendian. Berdasarkan tempat sel kanker bermula, kanker tulang dibagi menjai beberapa kanker diantaranya sebagai berikut :

■ Osteosarkoma. Kanker tulang yang berkembang di ujung tulang panjang pada tulang yang sedang aktif pertumbuhannya. Jenis kanker tersebut menyerang tulang kering, paha, dan lengan.

■ Chondrosarcoma. Kanker tullang yang berkembang di dalam sel tulang rawan yang biasa menyerang tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk, tulang belikat atau tulang lengan bagian atas.

■ Sarkoma Ewing’s. kanker tulang ini berkembang di dalam jaringan saraf yang belum dewasa pada sumsum tulang. Jenis ini umumnya menyerang tulang paha, tulang kering dan tulang panggul.

■ Tumor sel raksasa pada tulang. Kendatipun sebagian besar tumor jenis ini bersifat jinak, beberapa diantaranya dapat bersifat ganas dan umumnya menyerang tulang di kaki (dekat lutut). Tumor ini jarang bermetastase ke bagian tubuh lainnya yang jauh, akan tetapi sering muncul kembali meskipun telah dioperasi.

■ Chordoma. kanker tulang yang kerapkali terjadi pada dasar tulang tengkorak atau pada tulang belakang.

Demikian nama-nama penyakit nyeri pada persendian yang perlu diketahui supaya memperoleh gambaran untuk membantu upaya pencegahan terjadinya nyeri atau pengapuran sendi.

Nama Penyakit Nyeri Pada Persendian yang Perlu Diketahui

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *