Promo HOT !!! Rp.155.000 Jadi Rp.150.000 Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Sampai

Penyakit Kulit Seperti Psoriasis dan Eczema

Kerap kali penyakit kulit seperti psoriasis dan eczema menggangu kesehatan kulit dan pada umumnya bisa saja menjadikan seseorang tidak terlihat menarik saat orang lain menatap kulit yang terinfeksi penyakit psoriasis. Penyakit kulit seperti psoriasis dan eczema merupakan masalah kesehatan kulit dimana kedua jenis penyakit tersebut menjadikan kulit meradang dan muncul gejala keluhan kesehatan lainnya.

Banyak sekali keliru dalam persepsi perbedaan antara eczema alias eksim dengan jenis penyakit kulit serupa psoriasis. Padahal keduanya sama sekali berbeda dari segi gejala dan cara perawatan dalam menghilangkan penyakit kulit tersebut.

Psoriasis merupakan masalah di sekitar kulit sekujur badan yang menjadikan kulit kering, gatal, tidak mudah mengelupas, berisik, adanya ruam-ruam merah berbintik putih berisi nanah. Sementara itu eczema alias eksim adalah dermatitis atopik berupa masalah pada kulit yang umumnya rentan menjangkit anak-anak. Eczema akan sangat parah sekali dibandingkan psoriasis dimana kondisinya dengan rasa gatal bukan kepalang, kulit akan tampak kering, pecah-pecah, ruam-ruam merah dan rusak bahkan bisa keluar darah kotor dan cairan nanah dari eksim yang dialami.

Di bawah ini merupakan beberapa bagian anggota badan yang sering terjangkit oleh infeksi penyakit kulit seperti psoriasis dan eczema diantaranya sebagai berikut :

Pada bagian kulit wajah

Psoriasis  sebagai bagian dari masalah kulit yang dapat terjadi di sekitar wajah terutama belakang telinga dan kulit rambut bagian tengkuk. Secara umum alergi dan respon terhadap peralatan kecantikan, sabun, dan alat perawatan wajah bisa menimbulkan masalah kulit wajah diantaranya infeksi penyakit psoriasis.

Lain halnya dengan eczema dimana keadaan ini akan memperburuk kondisi kulit sehingga mengahasilkan rupa kulit terkesan kurang enak untuk di pandang. Eczema alias eksim salah satu gangguan kulit sangat kronis dimana kulit akan terasa gatal, bersisik, adanya bentukan rupa kulit kering, pecah-pecah, rusak dan merah berdarah. Jika terus menerus digaruk lama kelamaan akan melebar lukanya dan tentu berakibat iritasi cukup serius.

Pada bagian kulit Kaki

Di bagian kulit kaki sedikit sekali terjangkit infeksi psoriasis atau akan sangat jarang terjadi. Namun kebanyakan psoriasis ini menimbulkan peradangan hebat pada area persendian kaki terutama sendi lutut dan lipatan kulit. Tidak hanya itu kadangkala penyakit kulit psoriasis di kaki menyebabkan pembengkakan cukup parah berupa benjolan di area sendi kaki, lutut dan telapak kaki bersamaan dengan kulit penuh ruam-ruam merah kering.

Berbeda dengan eczema sering terjadi pada bagian tertutup bagian kaki mulai dari belakang lutut kaki, pangkal paha dan semua daerah di kaki yang sering berkeringat. Rasa gatal bercampur keringat akan sangat susah sekali mereda karena kulit yang mengalami peradangan akan tetap basah dan lama untuk keringnya dibandingkan dengan psoriasis.

Pada bagian lipatan kulit

Pada umumnya pada bagian lipatan kulit terutama kalangan anak-anak dan balita sering mengalami kejadian semacam ini. Terutama eczema sering rentan banyak terjadi pada kalangan anak-anak yang memakai popok dan celana dalam yang kotor, tidak sesuai lalu kemudian mengandung bahan kimia tertentu. Bukan hanya itu jika celana dalam anak lembap, kotor dan sebagainya, maka potensi besar terjadinya infeksi penyakit kulit ezcema pun dapat berlangsung begitu saja.

Psoriasis yang secara umum terjadi pada kalangan orang dewasa ini dapat muncul di area lipatan kulit seperti dari lipatan daun telinga, area tengkuk yang lebat akan rambut kepala, lipatan ketiak, lipatan selangkangan dan area kemaluan pun bisa saja terjadi.

Eczema sebagai bagian dari kejadian munculnya masalah kulit tidak bersifat permanen dengan gejala rasa tidak tertahankan, ruam-ruam merah bengkak, basah dan adanya bekas kerusakan seperti pecahan luka akibat di garuk-garuk. Pemicu utama dari adanya eczema hingga saat ini masih dalam tahap penelitian, namun secara pasti bisa saja akibat alergi makanan, efek samping obat-obatan tertentu, faktor genetik dan umum terjadi pada anak dibandingkan orang dewasa.

Psoriasis masalah umum berupa kerusakan kulit bersifat permanen namun dapat dihilangkan dengan berbagai perawatan khusus. Kondisi penyakit kulit seperti ini antara lain adanya bentukan sisik kulit menebal, berwarna merah jambu adanya cairan nanah di dalam ruam-ruam tersebut sehingga suatu saat akan pecah ketika di garuk. Gejala umum yang muncul sama dengan eczema berupa rasa gatal tidak tertahankan, nyeri akibat peradangan dan perih ketika digaruk sehingga menimbulkan penyebaran ke daerah kulit lainnya.

■ Pada bagian kulit kering

Psoriasis dengan bentukan bercak-bercak merah meradang tidak terlihat kering dan mengelupas. Terkadang agak sedikit bentukan ruam-ruam merah tanpa sisik untuk terjadi di area lipatan kulit kering seperti lutut, siku dan ketiak.

Lain pula dengan eczema atau yang kita kenal sebagai eksim ini menjadikan kulit kering, bentukan warna yang terkesan tidak enak di lihat dan bagian kulit mudah mengelupas jika tergaruk oleh kuku tangan. Maka oleh sebab itu, tidak dianjurkan sama sekali untuk menggaruk-garuknya dengan kuku yang kotor apalagi mencungkil luka eczema tersebut.

Demikian beberapa uraian mengenai jenis penyakit kulit psoriasis dan eczema alias eksim yang secara umum sering terjadi di lingkungan masyarakat. Semoga dengan adanya uraian kali ini bisa membedakan pengertian tengan eczema dan penyakit kulit psoriasis.

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *