Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Penyakit Diabetes Disebabkan Karena Tubuh Kekurangan Hormon Insulin

Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh kekurangan hormon insulin telah dikaji hingga sampai saat ini dan detik ini bahwa para ilmuan kesehatan senantiasa sepakat dan konsisten mengkaji ulang fakta tentang keluhan kesehatan tersebut. Sekarang zaman yang serba maju sehingga menuntut keharusan untuk merubah pola hidup menjadi lebih sehat agar tidak mudah terserang berbagai keluhan kesehatan termasuk penyakit diabetes.

Hormon insulin merupakan bagian dari hormon yang diproduksi pada pankreas, organ yang berada pada belakang dalam perut. pankreas mengandung sejumlah sel yang di sebut dengan pulau kecil. Sel beta di dalam pulau kecil membuat insulin dan melepaskannya ke dalam darah.

Insulin memiliki kegiatan dan kegunaan dalam metabolisme cara tubuh menggunakan makanan yang dicerna untuk energi. Saluran pencernaan memecah karbohidrat gula dan pati ditemukan dalam banyak makanan menjadi glukosa. Glukosa dalam bentuk gula yang masuk dalam aliran darah. Melalui bantuan insulin, sel-sel di seluruh tubuh menyerap glukosa dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Fungsi hormon insulin dalam mengendalikan tingkat glukosa dalam darah

Saat kadar gula darah tinggi pasca makan, pankreas melepaskan insulin ke dalam darah. Hormon insulin dan glukosa selanjutnya berjalan dalam darah ke sel-sel di seluruh tubuh.

Hormon insulin membantu otot, lemak dan sel hati menyerap glukosa dari sirkulasi darah, menurunkan kadar glukosa darah.

Hormon insulin menstimulasi jaringan hati dan otot untuk menyimapn kelebihan glukosa.

Hormon insulin berfungsi pula dalam menurunkan gluosa darah dengan mengurangi produksi glukosa di hati.

Pola hidup sehat selalu diawali dari diri sendiri dan kemudian kepada keluarga untuk selanjutnya terhadap lingkungan sekitar. Penyakit diabetes adalah bagian dari penyakit yang diakibatkan oleh faktor pola hidup yang tidak sehat dalam arti  tidak melakukan kegiatan positif yang bernilai kesehatan. Maka oleh sebab itu, pola hidup tidak sehat mengakibatkan adanya beberapa keluhan kesehatan seperti halnya penyakit diabetes.

Penyakit diabetes tidak saja dialami oleh kalangan dewasa saja, melainkan untuk seluruh usia termasuk kalangan anak-anak dan remaja. Ada berbagai jenis keluhan kesehatan diabetes yang mesti dipahami dalam pembahasan sebelumnya dan dampaknya terhadap masalah kesehatan.

Penyakit diabetes yang paling umum terjadi pada beberapa kalangan usia khususnya kalangan dewasa bersama para lansia diantaranya diabetes tipe 1 dan diabetes tipes 2 diantaranya sebagai berikut :

■ Penyakit diabets tipe 1

Terhadap sejumlah keluhan kesehatan diabetes tipe 1 tubuh menghasilkan insulin yang tidak mencukupi dalam mengatur tingkat kadar gula darah. Apabila tidak tersedianya hormon insulin, sel-sel yang secara banyak tidak dapat memperoleh glukosa dari darah dan maka oleh karenanya sel memanfaatkan sumber energi lain.

Keton adalah bagian dari sumber energi alternatif yang secara langsung dihasilkan oleh hati, akan tetapi tingkat keton yang berlebihan dapat mengakibatkan keadaan cukup serius berupa ketoasidosis. Kalangan penderita diabetes tipe 1 harus menyuntikan insulin dalam mengimbangi kekurangan insulin tubuh.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh, sistem tubuh untuk melawan infeksi menyerang dan menghancurkan sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Ilmuan berpendapat bahwa diabetes tipe 1 diakibatkan oleh faktor genetika dan lingkungan, diantaranya infeksi virus yang memicu penularan penyakit.

■ Penyakit diabetes tipe 2

Diabetes merupakan penyakit yang bisa ditandai oleh tubuh tidak merespon sama sekali dan secara tidak normal terhadap hormon insulin. Hal yang demikian lebih dinamakan dengan hormon insulin. Akibat tubuh tidak dapat mengambil glukosa dari dalam darah. Pada tahap permulaan diabetes tipe 2 tubuh merespon dengan memproduksi lebih insulin daripada yang umum diperlukan sama sekali.

Faktor penyebab diabetes tipe 2 bentuk diabetes paling umum terjadi dan termasuk bagian dari perkembangan selanjutnya diabetes tipe 1. Terdapat penyebab yang menjadikan keluhan diabetes tipe 2 antara lain gaya hidup tidak sehat, pola maka tidak teratur, kelebihan berat badan, obesitas juga jarang olahraga.

Pengidap diabetes tipe 2 apabila tidak aktif sama sekali secara fisik dan kelebihan berat badan alias obesitas sangat berpengaruh pada masalah kesehatan tersebut. Berat badan yang berlebihan terkadang mengakibatkan resistensi insulin dan umum pada orang dengan diabetes tipe 2.

Apabila diabetes tipes 2 berlanjut adanya perkembangan selama beberapa tahun, tuntutan ekstra pada pankreas untuk memproduksi insulin pun dapat mengakibatkan kehilangan sel penghasil hormon insulin (sel beta pankreas) ketika mengalami dahaga.

Berkaitan pada tingkat resistensi insulin, maka orang dengan keluhan diabetes tipe 2 kemungkinan perlu menerima suntikan insulin dalam mengatur tingkat gula darah.

Berikut terdapat beberapa gejala dan penyebab umum penyakit diabetes lalu apa saja penyebab yang mesti diketahui ?

Gejala diabetes antara lain sebagai berikut :

■ Pertambahan haus dan buang air kecil

■ Merasakan lapar dan dahaga

■ Secara umum diabetes mengganggu kesehatan pada indra penglihatan sehingga mudah kabur.

■ Terasa kaku dan mati rasa bahkan kesemutan area jari tangan dan kaki.

■ Dampak luka yang tidak kunjung sembuh sukar mengering.

■ Terjadi penurunan berat badan yang berangsur-angur derastis.

■ Gejala diabetes dapat terjadi mendadak dalam hitungan beberapa hari, Gejala dan ciri khusus penyakit diabetes selalu terjadi perlahan-lahan dan berkembang untuk beberapa tahun. Banyak penderita diabetes tipe 2 tidak mempunyai gejala. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa memiliki penyakit diabetes menjadi masalah kesehatan terkait diabetes umumnya pandangan terhadap suatu objek menjadi kabur.

Penyakit diabetes disebabkan karena tubuh kekurangan hormon insulin sehingga nantinya menjadi masalah tidak baik terhadap kesehatan dan bisa mengancam jiwa seseorang. Hormon insulin merupakan hormon yang memiliki peranan aktif dalam mengontrol kadar gula darah (glukosa). Kekurangan hormon insulin dan tidak seimbang kemampuan dalam merespon insulin secara efisien, maka dapat mengakibatkan perkembangan gejala diabetes.

Tidak hanya kegunaan sebagai pengendali tingkat kadar gula darah, insulin pun dapat ikut berperan aktif untuk menyimpan sejumlah lemak. Hormon insulin memiliki peran cukup baik dalam memainkan beberapa kegiatan dalam sistem metabolisme tubuh. Hormon insulin juga yang mengontrol dan memanfaatkan glukosa (gula darah) secara tepat dan menyimpan glukosa termasuk lemak. Selain itu, lebih umum sel-sel di dalam tubuh mengandalkan hormon insulin untuk mengambil glukosa dari dalam untuk memperoleh energi.

Tingkat glukosa insulin dimana hormon insulin membantu kegiatan mengatur tingkat kadar gula darah dengan ditandai sel hati dan sel otot termasuk lemak dalam mengambil glukosa darah. Maka sebab itu, hormon insulin membantu menyerap sel glukosa untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *