Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengenalan Dari Manfaat Gambir untuk Kesehatan Mulut, Gigi dan Kulit

Seringkah anda melihat nenek-nenek di kampung-kampung yang sering menyirih seperti menggosok-gosok gigi dengan sesuatu bukan pasta gigi?

Kegiatan menginang atau menyirih itu sebenarnya sudah ada semenjak berabad-abad lamanya, hal itu dilakukan orang-orang zaman dahulu bahkan sampai sekarang untuk merawat kesehatan gusi, gigi atau mulut.

Menurut kepercayaan orang yang menyirih, kalau menyirih itu suatu kegiatan yang bisa memperkuat gigi dan mencegah gigi ompong atau rusak. Menyirih dilakukan dengan bahan campuran sirih dan gambir.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengenalan dari manfaat gambir untuk kesehatan mulut, gigi dan kulit. Gambir sebenarnya merupakan hasil dari getah kering yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan yang bernama Uncaria Gambir Roxb.

Di negara kita gambir ini umumnya digunakan sebagai sarana untuk bahan menyirih dan bahan penyamak kulit dan pewarna. Gambir pula mengandung katekin suatu bahan alami bersifat antioksidan alami.

Gambir mengandung sifat antioksidan yang berupa zat khusus dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak kesehatan gigi. Zat-zat lain dalam gambir yang mampu menguatkan gigi diantaranya kalsium hidroksida, fluoride, kalsium hidrapatit.

Hasil-hasil penelitian para ilmuan yang berkaitan dengan manfaat gambir untuk kesehatan diantaranya :

  1. Penelitian mendapatkan kajian bahwa oleh Risnawati dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menunjukkan efektivitas gambir sebagai efek antibakteri terhadap jenis streptococcus mutans.
  2. Penelitian Kresnawaty dan Zainuddin dari Plantation Research center dan Departemen Kimia, Universitas Padjajaran pada tahun 2009 mendapati adanya aktivitas antioksidan dan antibakteri dari ekstrak etanol turunan logam dari daun gambir.
  3. Penelitian selanjutnya oleh lucida dan Universitas Bachtiar Andalas pada tahun 2007 Gambir ini mempunyai sifat antiseptik di mulut.
  4. Kajian dari Asad Ismail Krupadhii College of Pharmacy Bangalore pada tahun 2009 yang diperoleh khasiat gambir sebagai imunomodulator.

Senyawa dalam gambir hampir banyak ditemukan diantaranya agen alkaloid yang lebih sering dikenal dengan nama tannin, katekin dan manfaat senyawa flavonoid.

Manfaat Gambir Kering untuk Kebutuhan Sehari Hari

1. Gambir sangat berkhasiat untuk obat diare

Ketika zaman dahulu, bagian tanaman gambir dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional sakit perut yaitu bagian daun dan ranting.

Bagian daun dan ranting tanaman gambir ini dikeringkan, kemudian dihancurkan menjadi teh untuk diseduh. Dalam berbagai spekulasi riset sejumlah ahli menerangkan jika gambir mengandung bakteri baik yang bisa menyerang bakteri jahat di dalam usus besar.

2. Khasiat gambir sebagai bahan untuk kegiatan menyirih

Sebenarnya kegiatan menyirih ini bisa sangat mengganggu penampilan gigi seseorang, karena akibat menyirih maka akan terlihat merah si giginya. Namun fakta lain mengejutkan bahwa kegiatan menyirih mampu menguatkan gigi dan terhindar dari rapuh.

3. Mengobati masalah bau mulut dan penyakit di mulut

Adanya beberapa senyawa pengobatan yang mampu mengatasi masalah kesehatan mulut dari mulai radang mulut, sariawan, mulut kering, dan cukup dengan ditempelkan di mulut terluka.

4. Sumber antioksidan di dalam gambir

Gambir ternyata sangat kaya akan sifat antioksidan yang mana antioksidan ini disebut sebagai katekin. Katekin adalah sumber antioksidan alami yang berkhasiat dalam menyerang radikal bebas dari sistem tubuh yang terpengaruh.

Senyawa tersebut diyakini sebagai komponen alami yang bisa menyerang semua jenis penyakit. Beberapa orang percaya kalau gambir sebagai bagian dari pengobatan Timur Tengah, India dan Pakistan.

5. Gambir mampu memfasilitasi proses penyamakan kulit

Sudah ada semenjak ratusan tahun yang lalu jika gambir dimanfaatkan untuk bahan proses penyamakan kulit. Kulit binatang tertentu seperti ular, ikan dan buaya dan berbagai kulit binatang lain biasa digunakan untuk produksi aksesoris fashion.

6. Selain untuk penyamakan gambir juga sangat berguna untuk pewarna produk tekstil tradisional

Disebabkan warna merah yang dihasilkan pada gigi saat menyirih dapat bertahan dalam kurun waktu lama, maka para ahli mengembangkan teknik pewarnaan trdisional gambir.

Cara memeras atau menumbuk daun dan batang kecil gambir ternyata, bisa meninggalkan warna merah untuk berbagai jenis benang dan bahan katun.

7. Gambir sangat ampuh dalam mengatasi luka bakar

Luka bakar sering menyisakan bekas atau lapisan kulit luar tidak begitu menarik untuk dilihat. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka akibat terbakar, maka daun gambir sebenarnya bisa menjadi solusi yang tepat.

Daun gambir yang sudah dihancurkan dan dihaluskan dapat ditempatkan pada luka bakar. Efek dingin yang dihasilkan mampu memulihkan kondisi kulit dan meminimalkan jaringan parut.

8. Obat jerawat alami dari gambir

Gambir bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Gambir yang sudah diolah menjadi bentuk kering yang kemudian dipadatkan diproses lagi menjadi masker. Kandungan anioksidan di dalam gambir bisa membuat jerawat dan luka tidak menimbulkan bekas.

9. Gambir sangat bermanfaat untuk obat lambung atau sakit maag

Ekstrak gambir sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala perih dilambung dengan cara mengolah ekstrak gambir dan dicampurkan dengan madu asli lalu diminum selama 2 kali selama 1 minggu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.