Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemanfaatan Bumbu Ketumbar untuk Obat Segala Macam Keluhan Penyakit

Pemanfaatan bumbu ketumbar untuk obat segala macam keluhan penyakit boleh dibilang sudah terkenal di beberapa negara di dunia. Banyak yang tidak mengira kalau ketumbar itu hanya sekedar bahan-bahan bumbu masakan saja. Sudah saatnya kita bisa mengetahui secara pasti apa saja manfaat ketumbar selain fungsinya sebagai bumbu, ternyata bermanfaat untuk pengobatan.

Ketumbar dengan nama ilmiah Coriandrum Sativum L. merupakan tumbuhan rempah-rempah bisa juga bahan bumbu sangat terkenal. Biji ketumbar kering orang sering memakainya untuk dimanfaatkan yaitu untuk bumbu yang mengeluarkan aroma khas.

Asal Muasal Ketumbar dari Segi keberadaannya

Bentuk biji kering hampir mirip dengan lada seperti biji kecil dan dalam perdagangan obat alami makanan tersebut dengan nama fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan coriander dan di Amerika Latin terkenal sebagai Cilantro. Tumbuhan ini asal muasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Ketumbar dikenal sebagai Dhaniya untuk negara India, biasanya orang India mencampurkannya untuk bahan kuliner kari atau bisa pula untuk saus. Sejarah ketumbar sudah ada semenjak 5000 tahun oleh pengobatan Ayurveda sudah terkenal sebagai ramuan untuk organ hati, melawan infeksi bakteri, mendukung sistem kelancaran pencernaan, detoksifikasi hati dan ginjal, meningkatkan daya fungsi otak, membantu mengatasi peradangan kulit dan merangsang sekresi insulin pada penderita diabetes.

Di wilayah Asia bahkan di seluruh dunia Eropa, Amerika, Afrika hingga Australia ketumbar lazim untuk penambah citarasa kuliner dan bisa untuk ramuan. Maka tidak heran, jika ketumbar diyakini para ahli sebagai ramuan yang cocok untuk penyembuhan berbagai jenis keluhan penyakit.

Dalam artepak-artepak dan relief sejarah Gua Nahal Hemar Israel yang konon sudah ada semenjak 8.000 tahun yang lalu menemukan adanya bukti catatan menyebutkan nama ketumbar sebagai ramuan.

Melintas ke daerah tetangganya yakni Mesir ditemukan makam Raja Fir’aun Tutankhamen tepatnya di seluruh Tanam Gantung Babilonia ada sisa-sisa ketumbar diawetkan. Jadi selama ribuan rahun itu, ketumbar sudah terkenal sekali dan dimanfaatkan untuk kesehatan atau bisa juga untuk sesajen ritual-ritual penyembahan tertentu.

Dalam Alkitab juga disebutkan sudah ada sejarah tentang pemanfaatan ketumbar, termasuk sejarah Mesir Kuno bahwa ketumbar melambangkan “Cinta Abadi”.

Ketumbar secara umum dapat diolah ke dalam bentuk apa pun dari mulai dikeringkan hingga didapati ekstrak minyak atsiri langsung untuk kebutuhan ramuan dan memang apa saja fungsi minyak ketumbar ? Simak penjelasannya sekilas.

Minyak ketumbar biasanya diperoleh dari ekstrak biji ketumbar atau bisa pula dari daun ketumbarnya saja dari proses bantuan distilasi uap (penyulingan).

Minyak atsiri ketumbar terdiri dari senyawa diantaranya borneol, cineole, cymene, dipentene, linalool, phellandrene, pinene, terpeneol, dan terpenolene, dan senyawa-senyawa itu menyimpan manfaat sebagai ramuan.

Komponen utama minyak atsiri ketumbar diantaranya linalool, yang merupakan 87 % minyak, tergantung dari negara mana asal produksinya. Misalnya saja minyak ketumbar Argentina, mengandung 68,9 persen hingga 87 persen linalool, sementara minyak dari Iran kemungkinan mengandung sekitar 40,9 persen hingga 79,9 persen. Komposisi kimia lainnya dari minyak ketumbar berupa γ-terpinene, neryl acetate, α-pinene, p-cymene, dodecanal dan 2E-dodecanal.

Menurut hasil penelitian dari studi klinis University of Hamburg Medical Center Jerman dibuktikan bahwa salep dicampur dengan minyak atsiri biji ketumbar 6 % membantu mengobati kaki atlet. Karena aromanya itu sangat kuat, manis dan segar, maka minyak biji ketumbar merupakan bahan yang cocok untuk bahan parfum dan sabun.

Nah, itu dia tentang sejarah dan pengolahan bumbu ketumbar untuk dibuat dalam bentuk minyak esensial. Tapi baik itu biji dan minyaknya sama-sama bersifat senyawa obat alami dari mulai analgesik (pereda rasa sakit), afrodisiak (obat kuat), antispasmodik (anti kejang), karminatif (baik untuk pencernaan), depurative, deodoran, pencernaan, fungisida, lipolitik serta hipolipidemik.

Manfaat bumbu ketumbar sudah banyak dirasakan untuk digunakan sebagai ramuan

Kandungan senyawa alami paling aktif ketumbar diantaranya sabinene, myecene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecene, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

Khasiatnya sangat tak sebatas untuk bahan bumbu dan baik untuk sistem pencernaan saja. Bumbu ketumbar juga berguna untuk meredakan sakit kepala, pusing, mual, muntah, influenza, wasir, radang, penambah asi, baik dalam melancarkan buang gas perut, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi hingga lemah syahwat.

Berikut dibawah ini terdapat beberapa manfaat dari sifat yang dikandung pada bumbu ketumbar antara lain :

  • Anti bakteri ketumbar berfungsi untuk melawan bakteri dan membantu melawan infeksi penyebab bau mulut dan bau badan secara alami. Saat bersamaan ketumbar juga bersifat anti jamur sebagai manfaat untuk melawan infeksi jamur di kulit, atau gejala lainnya.
  • Karminatif dan Digestif sifat ketumbar yang membantu meringankan gangguan pencernaan makanan seperti sakit perut dan masuk angin. Salah satu hasil penelitian baru-baru ini menerangkan bahwa para ahli menyebut ketumbar mampu melawan infeksi bakteri yang memicu keracunan di makanan.
  • Afrodisiak ketumbar – dalam sejarah Mesir Kuno menggunakan bumbu ketumbar dan terkenal sebagai simbol ramuan “Cinta Abadi” kenapa hal itu demikian sampai kesana pernyataannya ? Karena disebutkan dalam catatan “Arabian Nights” atau Seribu Satu malam” seperti catatan Arab. Ketika itu meyakini bahwa ketumbar mengandung fitonutrisi berpotensi dalam meningkatkan gairah seksual, merangsang libido kaum pria dan wanita serta mencegah gangguan seksual dalam dirinya.
  • Ketumbar bersifat analgesik tahukah sebenarnya jika minyak esensial ketumbar sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala rasa sakit. Hal tersebut, maka ketumbar bisa dimanfaatkan untuk mengobati rasa sakit gigi, nyeri otot dan nyeri saat menstruasi.
  • Anti spasmodik maka kandungan di dalamnya bumbu ketumbar bermanfaat untuk meredakan kram otot dan kejang pada beberapa kalangan tertentu.
  • Hipolipidemik hasil penelitian menuturkan bahwa ketumbar menurunkan serapan dan meningkatkan pemecahan lipid sehingga bermanfaat sebagai herbal untuk melawan hiperlipidemia.
  • Ketumbar mengandung banyak bioaktif yang mendukung pada berbagai jenis pengobatan termasuk kemampuannya dalam sifat antimikroba, anti epilepsi, antidepresan, antimutagenik, anti inflamasi dan pencegah kecemasan. Manfaat lain terbukti ampuhj dalam menurunkan kolesterol tinggi, tekanan darah dan gula darah secara alami.

Fakta nutrisi dari bumbu ketumbar yang tentunya dapat mencukupi kebutuhan gizi harian diantaranya sebagai berikut :

  • Energi
  • Lemak
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Forfor
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Vitamin B1
  • Vitamin A
  • Flavonoid
  • Senyawa fenolik
  • Folat
  • Kalium
  • Vitamin K
  • Vitamin E
  • Vitamin C

Keefektifan Ketumbar untuk Pengobatan Tradisional

1. Ketumbar untuk mencegah dan mengurangi gejala diabetes

Bumbu ketumbar terkenal dalam menjaga kadar glukosa darah karena efek merangsang pada kelenjar endoktrin. Ketumbar berguna dalam meningkatkan insulin dalam darah dengan meningkatkan remasekresi insulin di pankreas. Seluruh proses membantu dalam penyerapan dan asimulai gula yang tepat, menghasilkan penurunan nyata pada penderita diabetes.

2. Mencegah dan mengurangi efek osteoporosis

Dengan adanya antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niacin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium, dan beta karoten  seluruhnya difungsikan dalam mencegah osteoporosis dan kasus persendian.

Biji ketumbar mempunyai senyawa asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat anti arthitis dan anti rematik sehingga cocok untuk radang sendi dan rematik.

3. Membantu efektif mencegah kolesterol tinggi

Ketumbar sudah diteliti mampu menurunkan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kolesterol baik sehingga bisa berguna juga untuk mencegah penyakit jantung. Jumlah nutrisi ketumbar yang dihadirkan dalam membantu penurunan kolesterol berupa asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam strearat.

4. Efektif menyembuhkan gangguan sistem pencernaan makanan

Kegunaan borneol dan linalool di dalam bumbu ketumbar membantu proses pencernaan makanan. Dengan demikian ketumbar bisa untuk mencegah awal infeksi bakteri dikarenakan kandungan didalamnya dari limonene, cineole, beta phelandrene, dan alpha pinene secara sifat anti bakteri.

Senyawa alami dari borneol dan linalool secara alami efektif membantu menormalkan sistem pencernaan, membantu dalam mendukung organ usus untuk bekerja secara tepat.

Senyawa ketumbar berlimpah mampu mengobati anoreksia nervosa karena bertugas dalam merangsang nafsu makan yang sangat efektif. Bisa juga memberikan efek kenyamanan untuk perut dan zat besir didalamnya sangat bagus dalam meningkatkan energi.

5. Biji ketumbar berkhasiat untuk menurunkan gangguan fungsi mata dan gangguan penglihatan lainnya

Ketumbar kaya sejumlah antioksidan vitamin A, vitamin C dan mineral termasuk zat besir, fosfor hingga beta karoten yang sama terdapat pada wortel. Mampu mencegah gangguan penglihatan manusia seperti degenerasi makula, katarak, konjungtivitis dan mengurangi efek penuaan pada mata (mata panda).

6. Ketidakseimbangan siklus menstruasi dapat dicegah dengan bumbu ketumbar

Siklus menstruasi tidak seimbang akibat hormon yang tidak menentu dan sering berubah-ubah pada wanita akan memicu rasa sakit, sakit kepala, mudah sekali marah, perut kembung, dan pembengkakan perut bagian bawah pada wanita selama menstruasi berlangsung.

Ketumbar dapat secara khusus bersifat alami mampu mendukung sekresi kelenjar endoktrin sehingga siklus menstruasi pada keadaan seimbang atau normal.

7. Ketumbar bagus dalam mencegah bau mulut dan radang gusi

Radang di mulut seperti adanya sariawan bisa diakibatkan oleh pola konsumsi makanan yang buruk, intoleransi terhadap makanan, virus, dan gejala penyakit. Ketumbar mengandung sifat antiseptik alami untuk membantu mempercepat proses penyembuhan radang dan mencegah infeksi. Termasuk gejala radang gusi, gingivitis, yang menyebabkan masalah bau mulut dan gusi berdarah.

8. Mencegah dan menyembuhkan anemia

Anemia secara umum diakibatkan oleh kurangnya kandungan zat besi dalam darah, dan ditandai oleh gejala jantungan, sesak napas, dan penurunan fungsi kognitif serta kelelahan fisik. Biji Ketumbar mengandung zat besi yang sangat tinggi dan membantu dalam mecegah anemia.

9.  Mampu menyembuhkan masalah kesehatan kulit

Ketumbar dengan sifat detoksifikasi, disinfektan anti septik dan antioksidan bersama sifat lain telah terbukti sangat membantu menyembuhkan kondisi kesehatan kulit diantaranya kulit kering, eksim, infeksi jamur antihistamin alami yang sudah sangat parah.

Komposisi lainnya juga berguna sebagai anti alergi untuk mencegah gatal, rasa sakit (analgesik), juga bisa untuk mencegah penyakit cacar. Menghambat pertumbuhan infeksi jamur seperti di kulit dan pada organ pencernaan makanan salah satunya diare.

Cineole dan asam linoleat yang membantu mengurangi efek peradangan di kulit dan pembengkakan sehingga menghasilkan perbaikan pada kondisi kesehatan kulit.

10. Ketumbar bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu studi sudah dilakukan bahwa ketumbar dapat secara efektif menguragi tekan adarah dan dikenal sebagai ramuan paling manjur dalam dunia medis. Sifat ketumbar mampu menenangkan tegang di pembuluh darah dan meningaktkan interaksi ion kalsium dengan asetikolin untuk mendukung neurotransmitter dalam sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara efisien.

Minyak ketumbar pun dari ekstrak ketumbar aslinya bisa mencuci darah dari racun dengan demikian bertidak sebgai detoksifier pembersih darah. Dengan demikian, bisa mencegah keluhan penyakit pada darah seperti asam urat, dan masalah pembuluh darah.

Sumber kutipan :

  • https://articles.mercola.com/herbal-oils/coriander-seed-oil.asp
  • https://www.goodhealthacademy.com/superfoods/benefits-of-coriander-leaves
  • https://www.naturalfoodseries.com/11-benefits-coriander-seeds
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/health-benefits-of-coriander-essential-oil.html
  • https://draxe.com/coriander/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.