Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Paling Unggul Manfaat Buah Apel Yang Paling Mengesankan Buat Dicoba

Buah Merah Kaya Manfaat Patut Dicoba Apel Fruit

Buah apel satu dari sekian banyak buah dengan rasa manis yang khasiatnya terbukti ampuh membantu meningkatkan kesehatan secara alami. Bukan simpang siur belaka, nyatanya sudah banyak peneliti membuktikan kalau buah apel itu sangat bermanfaat dan kaya sumber zat gizi lengkap.

Khasiat buah apel menurut mitos bisa menjauhkan seseorang dari penyakit, tapi itu mungkin saja hanya sekedar acuan saja agar penting sekali konsumsi buah apel setiap hari.

Sudah di kaji sebelumnya kalau buah apel memang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak dan menguntungkan secara positif baik kesehatan.

Di dalam apel itu terdapat kandungan antioksidan, flavonoid, serat makanan, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Fakta Nutrisi Buah Apel Kaya Akan Manfaat

Buah apel merupakan buah dari pohon yang dikenal sebagai Malus Domestica. Pohon apel terdapat varietas tersendiri yang diunggulkan di seluruh persebaran dunia, namun siapa sangka kalau buah apel asalnya dari daratan benua Asia pada ribuan tahun lamanya.

Satu buah apel mengandung beberapa sumber zat gizi yang dibutuhkan baik oleh tubuh diantaranya :

  • Sumber kalori
  • Serat makanan
  • Gula
  • Protein dan Lemak
  • Vitamin C tinggi
  • Potasium
  • Vitamin K
  • Vitamin B6
  • Mangan
  • dan sejumlah fitonutrisi lainnya.

Manfaat nutrisi lengkap buah apel termasuk diantaranya bisa meningkatkan pencernaan yang baik karena aktivitas serat makanan dalam buah apel.

Mencegah peradangan penyebab penyakit yang sering terjadi di arteri jantung dengan cara mengelola berat badan dengan lebih baik.

Apel membantu menguatkan tubuh dengan cara meningkatkan energi saat sedang berolahraga dan sangat direkomendasikan.

Sebagian besar hasil kajian para pakar menerangkan bahwa antioksidan, apel merupakan peran aktif untuk penurunan risiko beberapa bentuk kanker, obesitas, penyakit kardiovaskular, asma, penyakit alzheimer dan bahkan diabetes.

Beberapa manfaat buah apel yang sangat diyakini berdasarkan penelitian sejumlah ahli antara lain :

1. Buah apel si kaya antioksidan yang tugasnya membasmi sel kanker

Buah apel merupakan makanan tinggi antioksidan dan sumber flavonoid yang sangat diunggulkan di masyarakat Amerika Serikat dan Eropa.

Masyarakat AS dan orang Eropa meyakini bahwa antioksidan dari buah apel dengan adanya senyawa fenolik sebagai sumber zat bioaktif yang mencakup flavonoid. Senyawa tersebut lebih dari sekedar menangkal radikal bebas tapi juga efektif memberikan sinyal sel yang anti proliferatif.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah apel termasuk quercetin, catekin, plorodzin dan asam klorogenik. Antioksidan inilah yang memberkan efek fitosemikal perlindungan tertentu dengan menghambat reproduksi sel kanker dalam usus.

2. Membantu mencegah inflamasi (peradangan)

Fitokimia yang diperoleh dalam buah-buahan berwarna dari apel dengan berupa fenolik, makanan kaya flavonoid ini bersama karotenoid diketahui mampu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis yang meluas.

Hal demikian dikarenakan fitosemikal menjaga arteri tetap bersih, menurunkan respons inflamasi dan mencegah tingkat stres oksidatif yang tinggi.

3. Keunggulan hebat yang dimiliki buah apel mampu mencegah seklaigus mengurangi gejala penyakit jantung

Terdapat bukti bahwa asupan makanan berserat tinggi, khususnya buah dan sayuran segar dapat membantu menguragi risiko berbagai penyakit kronis.

Orang yang sering konsumsi makanan tinggi antioksidan cenderung mengalami tingkat penyakit jantung sangat sedikit.

Adanya serat yang didapat dalam apel dikenal sebagai pektin diketahui bermanfaat menurunkan kadar kolesterol secara alami karena berkaitan pada penyakit jantung.

4. Tinggi kandungan serat makanan

Melalui lebih banyak asupan serat makanan dari buah apel secukupnya itu baik untuk memastikan fungsi serat mengikat sejumlah zat-zat lemak dalam saluran pencernaan terutama di usus.

Bahkan kolesterol dan racun bisa diikat untuk nantinya dibuang bersama keluar tubuh. Serat di dalam buah apel membantu meningkatkan perasaan kenyang dalam beberapa kurun waktu tertentu. Sebagai detoksifikasi yang menguntungkan bagi kerja sistem pencernaan makanan.

Betapa pentingnya serat buah apel karena serat pektin inilah yang mengatur gula darah dan kolesterol tubuh sehingga serat bisa membersihkan pembuluh darah dan saluran pencernaan.

5. Buah apel sumber vitamin C paling tinggi

Pada satu buah apel terdapat beberapa kandungan vitamin C tinggi yang diduga sebagai antioksidan cukup besar penting dalam kesehatan kulit, mata, sistem kekebalan dan otak.

Adanya antioksidan lain yang didapat melalui sayuran dan buah apel vitamin C melawan radikal bebas dan membantu melindungi DNA dan sel-sel tubuh.

Vitamin C sangat penting dalam menjaga metabolisme yang sehat dan memperbaiki jaringan, terutama di mata dan di kulit.

Sumber vitamin C seperti buah apel mempunyai efek anti penuaan alami karena buah apel mendukung pembaharuan sel kulit mati atau rusak, membantu proses penyembuhan luka, mencegah infeksi bakteri dan memblokir kerusakan akibat sinar UV.

6. Khasiat buah apel membantu meningkatkan penurunan berat badan ideal

hasil kajian menunjukkan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dihubungkan dengan perlindungan terhadap obesitas.

Apel sangat memberikan asupan tingkat nutrisi dan antioksidan kuat serta rendah kalori sehingga adanya serat mudah larut dan tidak larut beraksi mengikat sejumlah jaringan lemak dalam tubuh.

7. Kemampuan lain buah apel ternyata mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan makanan

Telah terbukti efektif dalam melawan masalah pencernaan buruk seperti kanker usus perut kembung dan membantu meningkatkan kinerja organ lambung. Selain itu, buah apel kaya kandungan serat membantu melancarkan buang air besar dari kondisi sembelit seseorang.

Pektin salah satu serat dalam buah apel yang berperan sebagai diureutik alami dan mempunyai efek pencahar ringan sehingga membantu mengurangi gejala perut kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

8. Khasiat buah apel diyakini mampu mengurangi kondisi bau mulut

Kandungan apel berupa serat dinamakan pektin ini membantu mengendalikan bau makanan serta meningkatkan air liur yang berfungsi membersihkan udara napas.

9. Dapat membantu mengurangi kondisi diabetes

Flavonoid tertentu dalam buah apel diyakini sejumlah ahli dalam meningkatkan sensitivitas insulin, yang berupa kunci untuk mencegah diabetes dan pertambahan berat badan jangka panjang.

Sebenarnya asupan tinggi serat dan fitonutrisi buah apel bertindak sebagai pengobatan diabetes alami termasuk unsur antioksidan dan serat.

Disebabkan buah apel tinggi akan kandungan serat, maka buah apel dianggap paling berpengaruh dalam jenis makanan indeks glikemik rendah.

Fitonutrisi dalam buah apel membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk membuat insulin, menghambat enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah.

10. Nyatanya buah apel ini memiliki khasiat mengatasi rambut rontok

Buah apel mengandung bahan kimia procyanidin B-2. Unsur kimia tersebut apabila dioleskan ke rambut rontok akan meningkatkan regenerasi tumbuh rambut baru bagi yang mengalami masalah kebotakan permanen.

11. Mampu meningkatkan kesehatan sistem saraf

Antioksidan dalam buah apel seperti adanya quercetin yang bisa mengurangi matinya sel saraf oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf). Efek perlindungan oleh apel juga sekaligus mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif contohnya stroke, alzheimer hingga parkinson.

12. Membantu mengurangi tingkat gejala asma (sesak napas)

Sangat menaik sekali, buah apel sudah dibuktikan berfungsi sebagai obat asma tradisional dan berkaitan dengan kesehatan pada sistem pernapasan paru-paru.

13. Sumber boron mineral paling penting untuk kepadatan tulang

Sedikit fakta orang mengenal manfaat dan nutrisi buah apel. Padahal buah apel sumber boron alami cukup tinggi terbaik.

Mineral boron bertugas dalam membangu kepadatan tulang yang kuat serta mencegah penyakit tulang seperti osteroporosis. Selain itu, boron dalam buah apel bisa meningkatkan hormon seks, membangun masa otot dan mendukung fungsi otak.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.