Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Karena Padat Gizi Dari Buah Semangka Harus Disantap untuk Kesehatan

Buah segar berair berwarna merah ketika dibelah ini terkesan menggiurkan untuk disantap baik di buat dalam minuman jus atau langsung memakannya.

Khasiat buah semangka ini didasari oleh adanya kandungan padat gizi dari buah ini diantaranya kaya akan sejumlah vitamin, fitonutrisi dan antioksidan yang membantu memelihara kesehatan luar dan dalam.

Semangka merupakan anggota keluarga tanaman berbunga yang dikenal sebutan cucurbitaceae (sejenis labu-labuan). Tumbuhan berduri rendah ini asalnya dari daratan Afrika Selatan dan menghasilkan buah semangka yang bila sudah matang bisa langsung di konsumsi.

Terlihat menarik, rasanya manis, menyegarkan karena banyak air buah semangka itu didalamnya padat gizi baik untuk kepentingan tubuh.

Jika buah semangka asli liar di hutan lebih pahit daripada jenis buah semangka yang di makan sekarang ini dan banyak sekali varietas dengan warna dan rasa berbeda.

Di belahan bumi Afrika di hutann-hutan itu ada sekian banyak varietas buah semangka yang beragam ada sekitar 1.200 varietas buah semangka yang berkembang saat ini di dunia.

Sejarah keberadaan buah semangka pertama kali dipopulerkan

Dipercayai berdasarkan sejarah dimana tumbuhan semangka sudah dibudidayakan ribuan tahun yang lalu di Mesir kira-kira zaman peradaban Mesir abad ke-2 sebelum masehi. Terdapat bukti bahwa buah semangka yang dimakan di wilayah lembah Nil.

Biji semangka juga telah diperoleh temuan berdasarkan sejumlah artepak-artepak bersejarah di situs dinasti Twelfth dan bahkan ada di sekitar makam raja Fir’aun (Ramses) “King Tutankhamun”.

Semangka juga disebutkan dalam Alkitab dan diceritakan bahwa buah semangka ini di makan oleh orang Israel zaman dahulu ketika mereka sedang di tawan di Mesir.

Pada abad ke 10 popularitas konsumsi buah semangka sudah bisa menyebar ke beberapa bagian India dan Cina. Ini selanjutnya sudah bisa menyebar ke Eropa Selatan dan membuat jalan ke Amerika dari jalur penjelajahan laut.

Kandungan kalori yang rendah di dalam buah semangka menjadikan sumber nutrisi antioksidan yang tinggi di tambah dengan sumber vitamin dan mineral penting. Bukan soal padat akan gizinya ternyata buah semangka mampu membersihkan racun dari dalam tubuh.

Bagaimana tidak, selama hampir puluhan tahun penelitian, belum ada satu pun jenis buah yang bisa membuang racun tapi beda dengan buah yang satu ini yaitu buah semangka. Diyakini sejumlah para ahli jika buah semangka mampu mencegah kemunculan penyakit cukup serius.

Ini dia beberapa manfaat buah semangka segar patut untuk dicoba sebab padat akan zat gizi

Menambahkan antioksidan, makanan padat gizi dan anti inflamasi seperti halnya pada buah semangka untuk menu pelengkap tambahan.

Sumber nutrisi dari buah semangka termasuk cara dalam asupan zat gizi bagi tubuh dalam membatasi stres di tubuh, melindungi tubuh dari kerusakan DNA seminimal mungkin dan memperlambat proses penuaan dini.

Anak-anak sangat dianjurkan makan buah semangka atau jus semangka karena selain mengenyangkan akibat kandungan airnya tentu membantu meringankan rasa sakit, meningkatkan tenaga pasca olahraga dan menjaga kulit tetap sehat dan awet muda serta membantu detoksifikasi.

Unsur vitamin A dalam buah semangka dibutuhkan sebagai sumber perkembangan janin di dalam rahim, terutama dalam tumbuh kembang paru-paru, ginjal, jantung, tulang, mata, sistem pernapasan, peredaran darah dan sistem saraf pusat.

Ibu hamil tentu dibolehkan konsumsi buah semangka dalam batas yang wajar, karena setiap buah-buahan segar dan matang baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Tidak hanya sampai di situ, buah semangka juga mampu meningkatkan perbaikan jaringan tubuh ibu pasca persalinan.

Hampir lebih banyak kandungan air dalam buah semangka dan juga mineral utuh seperti magnesium, kalium, adanya karbohidrat kompleks, vitamin termasuk vitamin C dan A serta antioksidan yang diperlukan oleh tubuh.

Buah semangka tidak mengandung lemak oleh karenanya banyak sekali kandungan airnya dan rendah kalori pula sehingga baik dimanfaatkan untuk bahan program diet menurunkan berat badan berlebih.

Para peneliti mendapati manfaat kesehatan potensial dari buah segar semangka karena jumlah lycopene cukup tinggi yang berupa sifat antioksidan yang terdapat didalamnya.

Antioksidan tinggi yaitu lycopene dalam buah semangka memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh seseorang.

Bahkan yang ditawarkan atas manfaat kesehatan buah semangka dengan ketersediaan vitamin A (beta karoten) dan vitamin C keduanya dikenal mempunyai sifat antioksidan yang juga anti peradangan baik untuk menangkal penyakit.

8 Manfaat Kesehatan Buah Semangka

1. Buah semangka mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah diteliti sebelumnya oleh para ilmuan medis dunia jika buah semangka terdapat sumber asam citrulline yang berupa asam amino untuk dimetabolisme dan nantinya berubah menjadi arginin di dalam tubuh.

Arginin adalah asam amino esensial yang siap menjaga sistem kekebalan tubuh secara tepat. Vitamin C buah semangka bertugas dalam meningkatkan fungsi kerja sistem kekebalan tubuh, memperpendek durasi penyakit dan mengurangi gejala penyakit serta mencegah penyakit jantung dan kanker.

Dengan kelancaran sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka sistem pencernaan makanan akan normal sebagaimana mestinya sebab semua penyakit 99% berawal dari sistem pencernaan makanan bermasalah.

2. Penderita tekanan darah tinggi diperbolehkan konsumsi buah semangka karena mampu mengatur tekanan darah dalam tubuh

Keefektifan semangka selama ini nyatanya bisa membantu mencegah kekurangan kalium dan magnesium dan keduanya itu merupakan diantara sumber yang dibutuhkan dalam penyembuhan tekanan darah tinggi.

Hasil riset diterbitkan dalam jurnal advances in nutrition menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan kaya akan kalium dan magnesium seperti buah semangka dapat berpengaruh positif untuk penurunan tekanan darah pada sebagian besar kalangan.

Di dalam buah ini juga ada lycopene, sejenis karotenoid yang bisa meningkatkan fungsi normal jantung. Buah semangka bisa mengurangi peradangan, mengurangi ketegangan arteri, menstabilkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi.

3. Mampu mencegah perkembangan penyakit batu ginjal

Riset para ahli sudah menunjukkan bahwa potasium yang didapat dalam buah-buahan seperti buah semangka sangat membantu membersihkan racun dari dalam dan membuang zat sisa darah sehingga mencegah penumpukkan di ginjal (batu ginjal).

Manfaat buah semangka termasuk pula sebagai bahan diureutik alami yang artinya mampu membantu meningkatkan produksi air seni yang membawa limbah keluar dari tubuh bersamanya.

4. Penelitian menunjukkan jika buah semangka sangat berkhasiat mengurangi gejala nyeri otot

Suplai air buah semangka dari asam amino L-citrulline sangat mujarab dalam mengurangi faktor nyeri otot. Selain itu, manfaat buah semangka termasuk adanya vitamin C yang sudah bisa memberikan perlindungan kartilago dan tulang.

Vitamin C mampu memperbaiki tendon dan ligamen dan membantu mempercepat penyembuhan luka dan jaringan parut. Memperoleh jumlah kalium dan magnesium yang tepat dari sumber makanan terutama buah semangka itu penting sekal karena bisa mengurangi gejala nyeri otot.

Kram otot dan kejang yang berlangsung terjadi akibat latihan fisik dapat di bantu pengurangan gejalanya melalui asupan kalium.

5. Buah semangka sangat membantu dalam mendetoksifikasi tubuh (pembersihan racun) dari dalam tubuh

Semangka terdiri dari sejumlah air dan mineral utuh seperti kalium dan magnesium sebagai fungsi utamanya dalam mendetoksifikasi tubuh, membantu mengendalikan aliran darah dan tingkat hidrasi (cairan) dalam tubuh.

Mineral tersebut sangat penting dalam mensuplai oksigen lancar ke dalam sel-sel tubuh sehingga mencegah sel-sel dari kerusahan.

6. Semangka bisa membantu melawan kanker

Fitotenoid fitonutrisi lycopene yang terkandung dalam buah semangka sudah dihubungkan dengan efektivitas melawan kanker payudara dan prostat. Lycopene berperan aktif dalam menjaga dan melindungi selaput sel dari bahaya racun yang memicu kerusakan sel-sel tubuh.

Penyuplai antioksidan tinggi berkat vitamin C dan vitamin A yang sangat baik membantu melawan kerusakan radikal bebas dan menghentikan DNA dari mutasi yang berbahaya yang menyebabkan pembentukan tumor alias kanker.

7. Buah semangka mampu menjadi solusi perawatan kulit alami

Memang sudah banyak penelitian mengungkapkan jika buah semangka bisa digunakan sebagai alternatif dalam merawat fungsi kesehatan kulit.

Dengan banyaknya kandungan vitamin C dan vitamin A dan keduanya sangat berperan secara medis menjaga kesehatan kulit akibat faktor pertambahan usia seseorang.

Vitamin C dan vitamin A yang merupakan sifat antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas serta memberikan perlindungan dari sinar UV atau sebagai media tabir surya alami.

Sumber nutrisi vitamin C terutama pada buah semangka ini bisa membantu membantu produksi sintesis kolagen yan memberikan efek protektif terhadap paparan sinar UV A dan UV B.

Kemampuan lain dari vitamin C buah semangka mampu meringankan hiperpigmentasi kulit dan memperbaiki peradangan yang terlihat parah di kulit.

Elemen vitamin A bermanfaat untuk penyembuhan luka dan regenerasi sel kulit rusak. Vitamin A ini dibutuhkan dalam mendukung pembentukan sel-sel epitel (kulit) dan sarana kuat mencegah pertumbuhan sel kanker kulit.

Mangan sumber mineral penting telah teruji berfungsi untuk kesehatan penampakan kulit yang sehat dengan dukungan produksi kolagen, komposisi struktural penting dalam elastisitas kulit.

Mineral mangan juga bertindak sebagai agen anti radang dan anti oksidan mengurangi pembengkakan dan infeksi pada kulit.

8. Khasiat buah semangka mampu memberikan nutrisi untuk mata dan perawatan alami mata

Nutrisi penting yang paling utama dalam membantu meningkatkan kesehatan mata termasuk diantaranya beta karoten, vitamin A, vitamin C, lutein dan zeaxanthin.

Kesemua unsur tersebut diatas hadir pada buah semangka yang mampu menunjukkan efektivitas dalam mencegah degenerasi makula akibat faktor usia.

Vitamin A bentuk lain dari beta karoten yang diperoleh khususnya di buah semangka beperan dalam mencegah degenerasi makula pemicu utama penglihatan memburuk akibat usia lanjut.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.