Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Olahraga yang Cocok untuk Penderita Osteoarthritis

Olahraga merupakan salah satu kegiatan bermanfaat disamping menyehatkan tentunya sangat memberi kebugaran fisik dan psikis (mental) atau jiwa seseorang. Maka dari itu, olahraga secara teratur bisa membentuk otot-otot dan sistem saraf berfungsi dengan baik tentunya melalui kegiatan olahraga yang sesuai dan tidak memberatkan.

Jenis kegiatan olahraga untuk saat ini memang sudah banyak tersedia baik yang memerlukan tenaga bahkan pikiran termasuk pula olahraga catur yang hanya memerlukan ketangkasan berfikir untuk bisa mengasah kemampuan otak, daya ingat dan konsentrasi penuh.

Terkadang bagi sebagian kalangan usia lanjut adakalanya olahraga menjadikan hal yang tidak begitu banyak dimininati, padahal selagi masih ada banyak energi dan kemampuan mesti harus disalurkan melalui bakat kegiatan positif seperti halnya olahraga secara teratur.

Kenapa olahraga mesti dilakukan secara teratur?

Karena kegiatan olahraga yang secara umum akan menguras tenaga dan pikiran sehingga menjadikan kemampuan gampang sekali sakit dan manakala bisa mengalami beberapa keluhan kesehatan. Bentuk olahraga-olahraga secara teratur dapat dilakukan untuk membiasakan diri menjalani gaya hidup sehat.

Memahami olahraga yang cocok untuk penderita osteoarthritis alias nyeri sendi lutut dan membengkak harus dilakukan sesuai standar anjuran ahli medis setelah melaksanakan pemeriksaan dokter. Fungsi dari adanya lutut sebagai titik tumpu antara betis dan kaki bagian atas untuk melakukan perjalanan dan bergerak.

Olahraga yang cocok untuk penderita osteoarthritis yang dilakukan secara teratur dapat membantu menjaga jangkauan gerak sendi supaya tetap dalam kondisi seperti biasanya. Kendati demikian, bahwa tidak semua kegiatan latihan fisik dapat membantu menyembuhkan osteoarthritis, karena jika memang hendak menjalani latihan fisik untuk penyembuhan perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar medis.

Di dalam lutut terdapat cairan yang memberikan licin permukaan tendon dan mengurangi pergesekan saat tendon di lutut sedang aktif bergerak. Ada pula bantalan tulang rawang yang di kenal sebagai meniscus yang kegunaannya mengurangi benturan antara tulang-tulang pembentuk sendi lutut.

Pada beberapa kasus cukup serius di area sendi lutut mengakibatkan adanya rasa nyeri dan pembengkakan hebat. Osteoarthritis adalah sebagai pemicu yang umum terjadi dengan memicu tulang rawan yang terdapat di antara sendi. Dampak yang ditimbulkan, antara tulang di area sendi lutut saling bergesekan dan memicu rasa sakit teramat sangat.

Kalangan usia dewasa dan lanjut usia khususnya paruh baya kategori pasien yang cenderung mengalami keluhan kesehatan osteoarthritis. Kegiatan latihan fisik terutama olahraga sangat penting dilakukan bagi pengidap nyeri sendi lutut. Melalui kegiatan olahraga secara teratur dapat memberikan dampak cukup baik pemulihan kondisi cedera lutut akibat pergesekan yang terjadi.

Kegiatan latihan fisik berupa olahraga yang cocok untuk penderita osteoarthritis dapat membantu meredakan rasa sakit, nyeri, kekakuan otot dan pembengkakan yang terjadi saat muncul gejalanya. Tidak hanya itu kegiatan olahraga bisa membantu memperkuat otot-otot pendukung sendi sehingga membantu meredam benturan antara tulang di area persendian.

■ Rutinitas sholat lima waktu untuk umat beragama islam

Bagi umat beragama islam tentu sholat yang lima waktu yaitu ashar, maghrib, isya, dhuhur, shubuh memang tidak termasuk dalam kegiatan olahraga. Sholat merupakan bentuk penghambaan diri atas ketidakberdayaan kepada Allah SWT Dzat Penguasa Tahta Semesta Alam.

Memang bagi sebagian kecil umat beragama Islam belum menyadari bahwa pentingnya rutinitas sholat yang lima waktu diantaranya dengan adanya gerakan tertentu dalam sholat. Gerakan-gerakan dan bentuk meditasi inilah yang menjadikan ciri dari latihan fisik dengan membentuk pola sehat jasmani dan rohani.

Latihan fisik dalam sholat dalam hasil riset ilmuan muslim dan non muslim memperoleh hasil spektakuler dengan adanya rutinitas kegiatan sholat lima waktu diantaranya melancarkan sirkulasi darah ketika sedang melakukan gerakan dan saat pemberhentian gerak dalam sholat (tumaninah sholat).

Bentuk gerakan sholat yang sesuai bisa membantu latihan fisik sebagai olahraga yang cocok untuk penderita osteoarthritis. Dengan rutinitas sholat lima waktu dapat mencegah dan mengurangi terjadinya gangguan penyakit tulang rawan dan kanker tulang, mengobati dan menyembuhkan gangguan tulang akibat keseleo, terkilir pada tulang mau pun sendi-sendi tulang.

Sistem pergerakan dalam sholat sangat sesuai dengan kebutuhan tulang dalam perbaruan sel-sel anabolik, seperti gerakan rukuk dan melibatkan sendi lutut dan tulang belakang termasuk tulang leher semuanya dapat mengurangi risiko pembengkokan tulang belakang sekaligus menguatkan otot-otot perut yang berkaitan dengan jaringan otot tulang belakang.

Kefektifan yang dapat dirasakan dengan hikmah rutin menjalani sholat lima waktu dapat terasa langsung sekaligus mau pun secara perlahan-lahan. Terapi latihan fisik gerakan sholat efektif untuk jaringan otot, persendian juga tulang-tulang di dalam.

■ Latihan fisik jalan kaki setiap hari

Kegiatan olahraga setiap hari berbentuk jalan kaki setiap hari dapat membantu meringankan gejala cedera tulang lutut dan sendinya. Kendati melibatkan titik tumpu dari lutut, berjalan kaki tidak membebani dan menekan lutut secara berlebihan melainkan mengendorkan saraf-saraf kaki yang tegang khususnya ketika bangun pagi, jadi sangat penting untuk olahraga di pagi hari menjelang matahari terbit.

■ Jogging track

Joging ini tidak sama dengan jalan kaki, orang sering memberikan kesamaan antara joging dengan jalan kaki. Padahal keduanya berbeda pengertian, joging dalam arti berlari-lari kecil atau jalan cepat biasanya ada track-track khusus untuk pejalan kaki di perlintasan jalan.

Sebelum memastikan untuk dapat melaksanakan joging, alangkah baiknya untuk mengondisikan terlebih dahulu apabila terjadi nyeri sendi lutut (osteoarthritis). Apabila anda memiliki riwayat cedera lutut, keseleo, terkilir dan kecelakaan kaki untuk tidak sama sekali melakukan joging track.

■ Bersepeda

Nah, olahraga yang satu ini hanya memerlukan media pesawat sederhana berupa sepeda untuk dapat melaksanakan kegiatan olahraga yang cocok untuk penderita osteoarthritis. Diusakan untuk jangan berlebihan dalam olahraga yang satu ini, karena melibatkan sendi lutut dan area sendi kaki lainnya terutama tungkai kaki.

Olahraga low impact berupa bersepeda merupakan bentuk latihan fisik kebugaran jasmani yang tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh. Jenis olahraga yang satu ini sangat cocok sekali untuk orang yang menderita sakit nyeri sendi lutut karena tidak meningkatkan kadar stres pada area lutut. Hal mesti diperhatikan diantaranya untuk tidak memilih jalan mendaki dan terlalu curam, melainkan memiliki jalanan yang landai dan mulus.

■ Renang

Berenang dan kegiatan olahraga yang membutuhkan tenaga di air memang sangat baik untuk kesehatan dengan fungsi melepaskan stres karena tekanan dari aktivitas sehari-hari. Kegitan olahraga renang tidak memberikan tekanan sama sekali bagi berat badan, karena pada dasarnya berat badan akan mengambang dengan sendirinya ke atas.

Dalam kegiatan olahraga diatas terkecuali gerakan sholat untuk dapat menghindari gerakan-gerakan spontan berikut yang dapat mencederai sendi lutut diantaranya gerakan melompat dan sering menekuk lutut terutama dalam bersepeda atau pun berenang dengan gaya tertentu jadi disarankan untuk tidak terlalu berlebihan dan terlalu lelah berolahraga sepeda mau pun berenang.


Created By Situs Web : Pusat Jelly Gamat Bandung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.