Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mencegah Cacar Air Agar Tidak Menyebar Ke Seluruh Tubuh

Cacar, cacar itu memang ada beberapa yang paling terkenal ada yang di beri nama cacar air, cacar api dan cacar ular (herpes zoster). Kenapa penyakit cacar air yang lebih umum di kenal sementara cacar lainnya tidak?

Ya, memang karena cacar air itu lebih sering terjadi dibandingkan dengan penyakit cacar lain yaitu cacar api dan cacar ular. Cacar air salah satu jenis penyakit kulit yang bisa menjangkit berbagai kalangan usia dan umumnya hanya terjadi 1 kali dalam seumur hidup seseorang.

Mungkin kita tahu bahwa cacar air merupakan salah satu jenis penyakit kulit dengan mengakibatkan berbagai gejala muncul dengan sendirinya. Oleh sebabnya, dalam hal ini perlu cara mencegah cacar air agar tidak menyebar ke seluruh tubuh dan menular pada orang lain.

Penyakit kulit cacar air perlu diwaspadai dan senantiasa melakukan berbagai upaya dalam membantu menyembuhkan dan memulihkan fisik dari kondisi keluhan kesehatan tersebut. Memang selama ini banyak yang mengetahui bahwa cacar air akan hilang dengan sendirinya untuk kurun waktu cukup singkat.

Tahukah sebenarnya jika cacar air yang sudah hilang dapat memicu bekas luka ?

Keluhan kesehatan di luar tubuh khususnya pada kulit manusia, cacar air ini bisa menyebar luas yang mulanya hanya beberapa bintik-bintik saja, lama setelah itu bintiknya terjadi di sekujur tubuh.

Penyakit cacar air lebih sering terjadi pada kalangan anak-anak dibandingkan dengan kalangan dewasa sekalipun. Alasan kuat yang mendukung terjadinya penyakit cacar air pada anak-anak dikarenakan besar kemungkinan sistem daya tahan tubuh anak yang masih dalam tahap perkembangan dan belum sekuat sistem kekebalan tubuh kalangan dewasa.

Gaya hidup sehat, asupan pola makan yang menyehatkan gizi seimbang empat sehat lima sempurna masih berlaku hingga sampai saat ini. Sangat penting menjaga kebersihan badan, lingkungan, tempat tinggal selalu melakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup menjadi sebuah kebiasaan sehat untuk mencegah terjangkitnya berbagai macam penyakit termasuk penyakit cacar air.

Dengan melakukan kegiatan menjaga kebersihan, pola makan sehat seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Segala macam penyakit apabila di dalam tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat tidak rentan dan tidak mudah goyah terkena serangan berbagai jenis penyakit.

Kendati di usia muda memang segala sesuatu fisik masih kuat, mental sehat bugar tahan banting berbeda dengan kalangan manula yang mudah jatuh sakit karena tidak memahami akan pentingnya gaya hidup sehat di usia muda. Gaya hidup sehat di usia muda akan menjadikan bentuk kesehatan fisik meningkat begitu pun kesehatan jiwa (mental, psikis).

Gaya hidup sehat tidak hanya ditunjang dengan semua aktivitas, namun kesehatan mental perlu dilakukan setiap hari supaya seimbang antara sehat fisik dengan sehat psikis. Dalam melakukan gaya hidup sehat dari segi jiwa, mental dan psikis perlu menjalani kegiatan rohani dan spiritual diantaranya rutin menjalani kegiatan ibadah dan sembahyang menurut kepercayaan agama masing-masing.

Kembali pada topik pembahasan sebelumnya yang menjelaskan mengenai metode pencegahan penyakit kulit cacar air. Penyakit cacar air dari kulit yang terinfeksi sejenis virus varisella zoster berupa virus yang menularkan penyakit cacar air dari satu orang ke orang yang melakukan kontak langsung.

Penyakit kulit tersebut harus di cegah sedini mungkin melalui cara pencegahan yang tepat menurut anjuran kalangan medis dan catatan sumber kesehatan dari dokter. Secara sederhana terdapat beberapa cara yang dapat membantu mencegah penyakit kulit cacar air supaya tidak menyebar keseluruh tubuh dan tidak menular sama sekali ke orang lain.

Hal yang pertama mesti dilakukan dalam membantu menjadikan perantara untuk mencegah penyakit kulit cacar air itu menyebar luas dengan langsung melakukan vaksinasi atau imunisasi. Sudah dari semenjak dulu hingga sekarang ini program kesehatan memberlakukan vaksinasi secara periodik setiap bulan.

Dengan diberlakukan kegiatan vaksinasi untuk kalangan balita khususnya di setiap bulan secara teratur menjadi program pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Masyarakat yang sehat tentu menjadikan salah satu bentuk meningkatkan kesejahteraan bangsa dan negara.

Program vaksinasi cacar air yang dilakukan oleh kalangan medis bertujuan menjadikan anak dalam negeri ini sehat dan terbebas dari salah satu penyakit yang umum di alami oleh anak-anak yaitu cacar air.

Cacar air memang termasuk golongan penyakit kulit yang tidak mematikan, namun penyakit cacar air sangat berbahaya jika tidak di cegah sejak awal. Penyakit cacar air termasuk penyakit kulit yang bisa menular artinya menjangkit dari satu orang ke orang terdekat atau bahkan ke semua lingkungan.

Sebelum melakukan vaksinasi cacar air untuk kalangan anak pastikan anak memiliki kondisi yang kuat dan tidak sedang sakit. Vaksinasi yang merupakan kegiatan pemberian vaksin dengan maksud merangsang sistem daya tahan tubuh anak supaya meningkat.

Anak-anak yang melakukan imunisasi sangat dianjurkan oleh pemerintah dan lembaga kesehatan dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit pada anak. Vaksinasi cacar air secara umum diberikan secara bertahap dari mulai tahap pertama ketika usia sudah 1 tahun ke atas, vaksinasi ke 2 diberikan ketika usia mencapai 4 sampai 5 tahun.

Apa itu yang di maksud vaksin cacar air ?

Vaksin cacar air yang merupakan vaksin suntikan yang diberikan dalam membantu mencegah penularan dan penyebar luasan penyakit kulit dengan gejala cacar air yang terjadi. Vaksin cacar air salah satu suntikan berupa virus yang dilemahkan bahkan dimatikan dan tidak memicu bahaya dengan tujuan merangsang sistem daya tahan tubuh untuk memberikan perlindungan dari virus cacar air tersebut.

Dalam hal ini virus cacar air yang menginfeksi seluruh tubuh bisa di cegah lebih awal dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi cacar air memiliki banyak sekali manfaat yang tepat bagi kesehatan anak dan semua kalangan usia.

Tentu sangat tidak jarang bahwa orang yang terkena wabah cacar air akibat belum pernah mengalami vaksinasi cacar air ketika usia masih kecil. Cara mencegah cacar air agar tidak menyebar luas ke seluruh tubuh merupakan kegiatan sederhana yang mungkin dapat dilakukan setiap hari.

Berbagai kegiatan sederhana sebagai cara mencegah cacar air agar tidak menyebar ke seluruh tubuh diantaranya melalui kegiatan dan pemanfaatan bahan-bahan alami berikut :

  • Mengobati ruam-ruam merah berbintik dengan madu organik

Madu organik yang sudah teruji secara klinis mampu menjadikan perantara penyembuhan jenis penyakit kulit termasuk cacar air. Penyakit kulit cacar air itu bisa di cegah dengan mengoleskan madu hutan asli atau madu organik untuk perawatan kulit.

Cara perawatan kulit untuk pengobatan cacar air sangat mudah dilakukan yakni dengan cara pemberian madu dicampurkan air hangat untuk di minum. Hal ini bertujuan bahwa dengan cara di minum, gejala cacar air seperti radang tenggorokan dan susah menelan bisa di bantu.

Gejala di luar tubuh seperti ruam-ruam, gatal, kemerahan, berntik dan keluhan alergi lainnya bisa dioleskan dengan cara mengoleskan madu untuk mempercepat pengeringan luka. Luka yang mudah cepat mengering karena bisa di bantu melalui olesan madu asli.

Selain itu, madu asli memiliki sifat anti bakteri dan anti viral yang baik untuk proses regenerasi jaringan tubuh yang rusak. Biasakan untuk senantiasa melakukan perawatan kulit dengan madu asli bukan hanya untuk cacar air saja, namun untuk jenis penyakit kulit lainnya.

  • Baking soda

Siapa yang tidak tahu baking soda itu apa ? Baking soda itu sendiri adalah bahan-bahan yang sering ada dan digunakan untuk keperluan bahan makanan rumahan. Sebenarnya baking soda mampu membantu mengendalikan iritasi dan gatal akibat cacar air.

Caranya cukup mudah dilakukan dalam membantu mencegah penyakit kulit cacar air antara lain dengan cara berendam di air hangat yang di campur dengan baking soda. Cara selanjutnya adalah dengan mengambil baking soda satu atau dua sendok yang kemudian dioleskan berupa pasta baking soda ke area yang terkena bintik cacar.

  • Oatmeal

Sebagai salah satu bahan rumahan yang umumnya dimakan ternyata oatmeal pun bisa dijadikan andalan sebagai obat oles. Ya, dari namanya oatmeal salah satu makanan khas yang umum kalangan lanjut usia mengkonsumsinya.

Cara mudah dapat dilakukan sebagai ramuan alami untuk membantu mencegah keluhan penyakit cacar yakni dengan mengoleskannya oatmeal dan menjadikan pasta oatmeal ke area yang terkena penyakit cacar.

  • Wortel dan ketumbar

Sayuran wortel dan bumbu masakan ketumbar sangat efektif dalam mengobati gejala yang diakibatkan oleh cacar air. Besar kemungkinan alasan yang menjadikan bahan-bahan tersebut, karena bahan keduanya kaya akan kandungan antioksidanĀ  dalam efek penyembuhan luka lebih cepat.

  • Minyak lavender

Kandungan minyak lavender sangat jarang dan bahkan mungkin dari segi harganya pun terbilang mahal sekali. Sebagai salah satu solusi mengenai cara yang efektif dalam mencegah penyebaran penyakit cacar agar tidak meluas ke seluruh tubuh yakni dengan minyak lavender.

Minyak lavender dengan minyak kelapa dan minyak almond sebagai bahan-bahan alami efektif mengatasi gatal dan iritasi pada kulit yang diakibatkan adanya gejala cacar air. Sebagai caranya yang mudah dilakukan diantaranya dengan mencampurkan ketiga bahan yakni minyak lavender, minyak kelapa dan minyak almond. Oleskan setiap hari dan secara teratur ke area yang terkena penyakit cacar atau mencampurkan bahan minyak essensial chamomile.

  • Teh herbal

Teh herbal pun termasuk dalam bahan rumahan yang memiliki manfaat penyebaran virus penyakit cacar air secara alami dan aman.

  • Minyak cendana

Ya,mungkin di daerah pedesaan sangat banyak tersedia pohon cendana dan sebenarnya minyak cendana hanya bisa di dapat secara langka. Bagi yang memiliki minyak cendana bisa menjadi bentuk perawatan tepat alami untuk membantu mencegah cacar air.

  • Lidah buaya

Nah, mungkin bahan yang satu ini terbilang mudah di dapatkan karena banyak sekali tumbuh di pekarangan rumah mau pun di jual bebas di pasaran. Lidah buaya memiliki sifat anti virus, anti inflamasi dan penyembuhan alami untuk luka.

  • Daun kemangi

Daun kemangi yang terasa segar dan harum nya memiliki sejuta manfaat kesehatan dalam membantu perawatan luka. Caranya cukup terlebih dahulu di rebus saring cairan dan gunakan cairan tersebut untuk dioleskan ke area yang terluka atau sakit cacar dengan kain lap atau cotton bud.

  • Garam epsom

Garam epsom sangat mudah di dapat yang mana membantu mempercepat proses penyembuhan sakit cacar air. Caranya dengan berendam di air hangat yang sudah diberikan taburan garam epsom.

Diatas telah dijelaskan melalui berbagai pilihan cara mencegah cacar air agar tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan penggunaan bahan-bahan herbal dan mudah di dapat.

By Posted : Agen Gamat Bandung

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.