Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Vitamin A dan E untuk Kesehatan Mata

Manfaat Vitamin A Plus Vitamin E Buat Kesehatan Mata Manusia

Berbicara soal vitamin memang vitamin sangat diperlukan apalagi dalam membantu meningkatkan kesehatan mata. Dengan mata sehat tentu bisa mewujudkan suatu pekerjaan yang baik dan sesuai karena tidak mengalami kendala apapun.

Vitamin Mata akan sangat berbeda dengan vitamin lain diantara vitamin yang bisa dimanfaatkan untuk bisa sehat mata adalah vitamin A dan E.

Kedua vitamin tersebut tidak dapat disatukan penjelasannya karena setiap vitamin memiliki peranannya masing masing atau fungsi yang dimilikinya.

Sumber kelancaran mata dalam melihat bisa ditunjang dengan mencukupi kedua vitamin tersebut dari beberapa jenis sumber makanan. Vitamin dan semua sumber nutrisi yang dibutuhkan dapat membantu memelihara mata tetap sehat dan bisa mengurangi tingkat risiko penyakit di mata.

Kita tidak bisa membahas fungsi kedua vitamin yakni vitamin A dan vitamin E secara bersamaan khususnya untuk mata, maka dari itu kita akan bahas satu persatu agar mendapat kejelasan lebih baik diantaranya berikut ini :

  • Adakah manfaat yang ditawarkan oleh vitamin E buat kesehatan mata ?

Vitamin E merupakan antioksidan sangat kuat yang membantu memberikan perlindungan bagi sel sel membran di seluruh tubuh terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh produk samping metabolik yang disebut radikal bebas.

Istilah vitamin E tidak hanya menjelaskan 1 unsur elemen, namun beberapa kelompok dari 8 senyawa yang dikenal dengan tokoferol dan tokotrienol. Alpha-tocopherol merupakan bentuk yang paling aktif dari vitamin E.

Analisa menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu mengurangi tingkat memburuknya degenerasi makula terkait usia diantara orang orang yang mendapatkan tanda tanda awal penyakit mata.

Memangnya berapa banyak dosis yang diperlukan vitamin E untuk kesehatan mata ?

Berdasarkan uji klinis para ahli untuk orang dewasa dan anak-anak usia 14 hingga lebih tua sekitar 15 mg per hari setara dengan 22,5 IU. Bagi wanita yang sedang menyusui vitamin E yang direkomendasikan adalah 19 mg (28,5 IU).

Vitamin E dapat membuat keluhan penyakit mata berupa retinopati diabetik menurun yang mana pembuluh darah pada retina mengalami kerusakan akibat kadar gula darah kronis yang sangat tinggi.

Faktor Degenerasi Makula Bisa Berkurang Jika Mendapat Asupan Vitamin E

Bukti yang berkaitan dengan adanya manfaat vitamin E dalam mencegah dan mengurangi tingkat degenerasi makula terkait pertambahan usia. Salah satu studi, menerangkan dalam terbitan Jurnal Amerika tahun 2008 diperoleh bahwa asupan lebih tinggi dari kombinasi antioksidan termasuk vitamin C, vitamin E seng dan beta karoten.

Komponen itulah yang bisa menurunkan tingkat risiko degenerasi makula terkait usia, sementara lainnya studi yang diterbitkan dalam “Opthalmology”pada tahun 2010 memperoleh bahwa memberikan asupan 600 unit suplemen vitamin E setiap hari selama 10 tahun tidak akan menambah dan mengurangi risiko penyakit mata degenerasi makula.

Sangat berbeda apabila kita memperoleh sumber vitamin E berasal dari makanan karena makanan memberikan nutrisi tambahan.

Diantara sumber vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan mata terutama pada bji-bijian, buah alpukat, bayam dan sayuran hijau lainnya, minyak sayur, hati, asparagus dan ubi jalar. Tapi sangat disayangkan jika konsumsi terlalu berlebihan vitamin E bisa mengakibatkan adanya keluhan berupa sulit dalam proses pembekuan darah.

Selain itu, konsumsi vitamin E berlebihan dapat mengganggu kerja obat obat tertentu, termasuk jenis obat pengencer darah dan obat obatan kemoterapi.

Bagaimana kerja vitamin E untuk membantu meningkatkan kesehatan mata anda?

Vitamin E diyakini mampu meningkatkan dan melindungi sel sel mata dari molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas dan memecah jaringan mata yang sehat.

Molekul tersebut bisa berakibat pada faktor yang lebih terkenal dari keluhan mata berupa degenerasi makula terkait pertambahan usia seseorang.

Makanan makanan yang mengandung sumber vitamin E cukup tinggi

Tidak ada jalan lain yang paling efektif selain meningkatkan kesehatan melalui antioksidan hanya dengan sumber makanan dan tidak berupa suplemen.

Kacang tanah, hazelnut, almond, biji bunga matahari, ubi jalar dan sereal semua kaya akan vitamin E. Beberapa makanan dibawah ini menjadi rekomendasi yang bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan mata antara lain :

  1. Sayuran hijau : sayuran hijau, bayam, kale dan bisa dibuat salad atau sekedar lalapan sehat mengenyangkan dengan sedikit dimasak agar bisa mempertahankan manfaat yang terkandung didalamnya.
  2. Sayuran kaya akan kandungan vitamin E dan juga C sangat baik bagi kesehatan mata.
  3. Sayuran paprika merah dan brokoli sama sama keduanya kaya kandungan vitamin E dan vitamin C dan mempunyai manfaat sangat serbaguna. Kedua sayuran tersebut bisa dimanfaatkan sebagai makanan untuk salad campuran bahan lainnya atau lalapan sederhana.
  4. Minyak nabati, khususnya minyak zaitun dapat menambah dosis vitamin E untuk saus salad, atau bisa mencampurkannya untuk bahan lain selain mentega. Minyak nabati sangat baik untuk meningkatkan fungsi mata dan cara untuk menjaganya agar tetap mempertahankan kandungannya tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Nah, diatas beberapa sumber vitamin E yang baik untuk kesehatan mata, namun masih dalam bahasan topik yang sama tentang fungsi vitamin E bagi mata.

Dalam retina mata diperoleh vitamin E dalam konsentrasi tinggi di dalam fotoreseptor yang merupakan sel yang menyerap cahaya dan penglihatan.

Dari sifat antioksidan vitamin E memberi perlindungan sel sel yang sangat penting dari bentuk tekanan penuaan yang merusak mata. Vitamin E kebanyakan dimasukan kedalam komponen suplemen pengobatan mata khususnya untuk degenerasi makula.

Selain vitamin E, apa peran vitamin A yang bagus dalam meningkatkan kelancaran aktivitas visual mata ?

Nah, pada sesi selanjutnya bahwa vitamin A secara garis besar diperuntukan lebih umum untuk kesehatan mata. Sebab vitamin A berfungsi memungkinkan mata untuk bisa menyesuaikan dengan perubahan cahaya, membuat mata tetap lembap dan meningkatkan efektivitas penglihatan ketika malam hari.

Vitamin A mampu mencegah penyakit seperti mata kering dan rabun senja dengan meningkatkan kemampuan adaptasi mata manusia ke cahaya terang dan kegelapan.

Retinol bisa membantu pembentukan ungu visual di mata, yang dapat memperbaiki mata dan memastikan retina mata tetap dalam kondisi sehat. Selain itu secara umum pemanfaatan mata bisa mengurangi faktor katarak, degenerasi makula yang umumnya terkait dengan usia lanjut.

Berbagai sumber sumber yang terdapat kandungan vitamin A nya lebih tinggi berupa :

Minyak ikan Cod, Creame, kuning telur, hati sapi, keju cheddar susu yang kaya akan sumber zat gizi, dan produk olahan mentega kaya akan sumber vitamin A.

Buah buahan yang memiliki warna kuning dan oranye termasuk sayuran mengandung pigmen karoten dan sumber vitamin A paling bagus. Pastikan untuk memasukkan makanan seperti ubi jalar, wortel, brokoli, bayam mangga, labu, tomat oatmeal, aprikot, peach, kacang polong, pepaya dan vitamin lainnya dari sayuran atau buah buahan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.