Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Manfaat Batang Tumbuhan Sarang Semut

Sarang semut seperti apa yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional ?

Tumbuhan sarang semut merupakan tumbuhan yang tumbuh di batang potong di hutan-hutan pedalaman sehingga akan sulit sekali menemukannya. Tumbuhan sarang semut adalah tumbuhan herbal dan melakukan simbiosis pada tumbuhan inangnya setinggi 8 meter kurang lebih.

Berada tumbuh jauh diatas 1100-2500 meter diatas permukaan laut di pegunungan paling terkenal Jaya Wijaya (papua) dan sudah dikenal oleh masyarakat lokal Asia Tenggara seperti orang Indonesia.

Tumbuhan sarang semut papua dengan nama ilmiahnya Myrmecodia termasuk jenis tanaman yang melekat pada tanaman inang tetapi tumbuhan tersebut bukanlah golongan parasit. Tumbuhan sarang semut dimanfaatkan oleh semut sebagai rumah untuk bersayang.

Nama umum yang terkenal dari setiap daerah di berbagai wilayah menyebutnya seperti Rumah Semut (Sumatera), Ulek-ulek polo (jawa), Lokon, Suhendep, Nongon (papua), Periok Hantu, Peruntak, Sembuku (Malaysia, Bay Ki Nan, Ki Nam Gai, Ki Nam Kin (vietnam).

Jenis tumbuhan yang tergolong keluarga Hydnophytinae (Rubiaceae) dan terdiri dari labirin (lorong) buatan semut di dalamnya sebagai rongga untuk beraktivititas para semut.

Walau banyak versi yang belum mengetahui khasiatnya, tapi apa manfaat yang dikatakan sebagai ramuan sarang semut ?

Menurut sejarahnya terkenal di Indonesia, sarang semut pertama kali diperkenali di wilayah Indonesia bagian Timur tepatnya di Papua, maka tidak heran sarang semut itu diberi nama sarang semut papua.

Manfaat batang tumbuhan sarang semut digunakan oleh penduduk setempat di Papua khususnya untuk bahan campuran ramuan tradisional. Mereka percaya jika sarang semut itu memiliki manfaat kesehatan yang sangat luar biasa.

Dengan mengkonsumsi rutin setiap harinya manfaat batang sarang semut yang diolah dengan cukup dijemur dan dikeringkan selama berhari-hari agar mudah di proses.

Versi lain pun menyebutkan jika pengenalan akan manfaat batang sarang semut sudah meluas dan berada di Semenanjung Malaysia, Filiphina, Kamboja, Australia dan Pulau Solomon.

Tumbuhan sarang semut papua ditinggali oleh koloni semut sejenis Iridomyrmex dan Ochetellus dengan pembuatan lorong labirin dan tumbuh tidak sebagai parasit melainkan Simbiosis Mutualisme bagi tumbuhan inangnya.

Sarang semut mempunyai keluarga Rubiaceae dengan 5 genus, Akan tetapi, terdapat hanya 2 yaitu yang berkaitan dengan koloni semut. Tumbuhan tersebut diantaranya Myrmecodia (45 spesies) dan Hypnohytum (26 spesies).

Dari spesies semut tersebut, hanya Hypnophytum Formicarum, Myrmecodia Pendens dan Myrmecodia Tuberosa dan diyakini memiliki nilai kesehatan atau bahan ramuan.

Mengambil manfaat batang tumbuhan sarang semut papua tentunya hanya ada di Papua dan jarang sekali ditemukan di daerah lainnya. Batang tumbuhan sarang semut kering itu biasanya bisa diolah untuk di buat teh, kapsul atau bubuk.

Biasanya batang sarang semut yang kering umumnya di buat teh dan rasanya tidak jauh berbeda dengan teh hijau, teh rosela dan teh daun jati cina.

Siapa yang tidak menduga jika semut dan sarangnya itu berperan aktif melakukan simbiosis mutualisme dengan memberikan cukup banyak nutrisi yang baik bagi tumbuhan inangnya (tumbuhan yang ditinggali tanaman sarang semut).

Tumbuhan sarang semut papua asli itu sangat mahal harganya karena jarang ada di hutan-hutan manapun di daerah lain.

Dalam segi ilmu pengetahuan yang kini dalam pengembangan para ahli terkait kandungan dan khasiat yang dimiliki manfaat batang tumbuhan sarang semut.

Secara klinis tumbuhan batang sarang semut telah terbukti dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit seperti halnya kanker dan tumor, asam urat, penyakit jantung koroner, wasir (ambeien) tuberkulosis, migrain arthritis dan leukimia.

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dan meringankan gejala kanker juga peradangan manfaat batang tumbuhan sarang semut efektif membantu dalam proses pencegahan penyakit rematik, alergi kulit, mimisan, flu bersin, stroke, penyakit infeksi saluran pernafasan akut, penyakit kulit, gangguan ginjal dan infeksi saluran kencing.

Sebenarnya banyak sekali manfaatnya disamping sebagai tanaman yang berkhasiat untuk melancarkan sistem pembuluh darah, melancarkan ASI, haid wanita dan meningkatkan gairah libido pasangan suami isteri.

Sarang semut dengan unsur stimulan sistem kekebalan tubuh manusia ini justru membantu melindungi sel-sel tubuh untuk melakukan aktivitas dengan normal dari gangguan dan kerusakan sel dapat di cegah dan dipulihkan.

Umumnya yang paling terkenal dari manfaat batang tumbuhan sarang semut papua diantaranya untuk kanker. Sarang semut papua (Mrymecodia) merupakan tumbuhan kaya akan kandungan flavonoid tinggi dengan kegunaan untuk antioksidan dalam tubuh. Adanya kandungan tanin dan asrtringen yang cukup kuat dalam mengikat dan mengendapkan protein yang berlebihan dalam tubuh.

Selain itu, ada polifenol, yaitu asam fenolik dan flavonoid, tokoferol (vitamin E) sekitar 313 ppm, alfa-tokoferol, magnesium, kalsium dan fosfor.

Bagi yang mengalami keluhan diabetes (kencing manis) atau kadar gula darah naik bisa dengan jalan perantaaan konsumsi batang tumbuhan sarang semut.

Manfaat batang tumbuhan sarang semut lainnya yang baik terhadap kesehatan antara lain mampu menurunkan tingkat kadar gula darah berlebihan.

Penelitian modern menuturkan jawabannya yang mana manfaat batang tumbuhan sarang semut papua itu mengandung banyak senyawa aktif seperti asam fenolik, flavonoid, tanin, polifenol, tokoferol serta berbagai mineral.

Kandungan unsur polifenol ramuan batang tumbuhan sarang semut sebagai antimikroba dan mampu menurunkan tingkat kadar glukosa darah.

Kemudian manfaat adanya flavonoid yang mempunyai kemampuan sebagai anti diabetes dengan memperbaiki sensitivitas insulin.

Mekanisme kerja flavonoid itu dalam menurunkan tingkat kadar gula darah dengan menghambat phosphodiesterase yang akan merangsang sekresi insulin melalui saluran Ca.

Sarang semut papua ada dua jenis yaitu sarang semut putih dan sarang semut berwarna merah dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit asma dan sesak nafas.

Batang tumbuhan Sarang semut papua mengandung zat: flavonoid, tanin, antioksidan tokoferol dan vitamin E. Beberapa mineral yang ada pada sarang semut papua sangat penting untuk tubuh seperti kalsium, natrium, kalium, seng, besi, fosfor dan magnesium.

Kandungan flavonoid menjadikan sarang semut mempunyai khasiat dalam mengobati berbagai penyakit seperti kanker, tumor, asma, TBC, rematik, katarak, diabetes, migren, wasir, dan periodontitis. Sedangkan zat tanin berkhasiat untuk diare, wasir, dan hemostatik yang burguna untuk menghentikan perdarahan).

Beberapa hasil observasi laboratoirum menunjukkan jika manfaat batang tumbuhan sarang semut papua itu dapat membuktikan khasiatnya dalam jenis pengobatan kanker.

Berdasarkan acuan tersebut, maka tanaman herbal alernatif yang aman diantaranya sebagai kemoterapi kanker khususnya kanker payudara wanita dengan tingkat efek samping yang rendah.

Sarang semut kaya akan kandungan sekali lagi flavonoid, tanin, polifenol yang berguna untuk antioksidan, sehingga baik untuk pencegahan kanker. Bahkan kandungan tokoferol dan alfa-tocopherol zat yang sangat aktif dengan kemampuan penghambatan radikal bebas.

Klon Sel Supri (SP-C1) sudah dipelajari secara luas dalam mendapatkan zat antikanker dari tumbuhan obat (herbal) serta efektivitas obat sintesis pada pertumbuhan sel kanker.

Senyawa flavonoid merupakan pigmen berwarna merah, ungu dan biru yang dapat ditemukan pada tumbuhan manapun. Flavonoid dapat menghapus kadar glukosa dengan kemampuannya sebagai zat antioksidan penting.

Flavonoid bersifat protektif terhadap kerusakan sel beta β sebagai penghasil insulin dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Nah itulah beberapa manfaat batang tumbuhan sarang semut papua yang bisa dicoba sebagai bahan ramuan.

Perlu diperhatikan sebenarnya untuk ramuan dari segi pemakaian tidak atau kurang baik secara langsung tapi jika sudah melalui proses produksi seperti halnya di buat kapsul bisa dan tingkat keamanannya cukup terjamin.

Dari sebab itu, lebih penting memilih sarang semut papua kapsul dibandingkan sarang semut kering agar dalam proses pembuatan kapsul sudah melalui proses penyaringan yang ketat sekali dan bebas dari bahan-bahan kimia.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *