Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Tidur Siang Untuk Memulihkan Kondisi Tubuh yang Sudah Lelah

Kenapa Kelelahan Fisik Memicu Perasaan Ngantuk dan Ingin Sekali Tidur Siang ?

Aktivitas di zaman yang serba canggih menuntut seseorang untuk kerja keras menguras tenaga dan daya berpikir setiap orang bahkan kalangan anak-anak dalam hal pembelajaran.

Sehingga akibatnya orang mudah mengalami kelelahan fisik bahkan mental sekali pun sehingga perlu adanya solusi paling efektif.

Rasa lelah di siang hari tentu termasuk suatu kondisi yang sangat wajar, tetapi adakalanya bagi persepsi setiap orang itu berbeda-beda, ada yang menyebut rasa lelah itu kondisi penyakit dan ada juga yang menganggap suatu hal yang tabu.

Jadi untuk hal semacam ini perlu adanya penjelasan terkait kondisi tubuh sudah lelah dengan kebiasaan tidur siang hari. Para pegawai kantoran, karyawan industri, para pelajar tentu tidur siang itu dipastikan pernah atau sering dialaminya.

Berbicara soal tidur siang yang diharapkan adalah pulihnya kondisi tubuh kembali fresh segar bugar dan penuh energi dalam menjalankan aktivitas. Tidur siang diperbolehkan asalkan jangan sampai terlewat batas apalagi saat jam istirahat kerja.

Semua orang berhak istirahat cukup dengan cara tidur siang sebentar, misalnya istirahat jam kerja pukul 12.00 siang diperbolehkan. Manfaat tidur siang untuk memulihkan kondisi tubuh yang sudah lelah mungkin sebagian orang belum mengetahui.

Bahasan mengenai manfaat tidur siang untuk memulihkan kondisi tubuh yang sudah lelah dimaksudkan agar paham dalam mengatur waktu yang seefisien mungkin sehingga berdampak positif untuk kerja yang produktif.

Karyawan atau pegawai kantoran khususnya di zaman sekarang yang serba canggih dan modern sering berhadapan dengan media elektrolit terutama komputer. Pada dasarnya keseringan dalam menatap layar gadget, televisi apalagi komputer bisa berdampak pada kelelahan fisik dalam arti “mudah mengantuk”.

Maka dari itu, diperlukan suatu antisipasi agar rasa lelah itu dapat terbayarkan dengan adanya kebiasaan tidur siang saat jam istirahat kerja.

Sebenaranya seseorang gampang lelah itu bisa diakibatkan karena faktor kondisi tubuh terlalu bekerja keras sekaligus dalam waktu yang tidak terbatas dan semuanya berpusat di otak.

Aktivitas otak pun sama memerlukan pemberhentian sejenak agar menghilangkan stres atau ketegangan dalam diri.

Pasti semua orang butuh penyegaran tubuh dengan berbagai cara dari mulai menghilangkan penat dengan pergi ke wahana wisata alam atau cara yang gratis dilakukan diantaranya melalui istirahat tidur.

Faktor lain seseorang merasakan penat dan lelah diakibatkan karena memiliki keluhan kesehatan dari mulai anemia, dehidrasi serta kondisi tubuh sedang sakit yang memungkinkan dirinya butuh istirahat.

Menurut penelitian istirahat yang paling baik adalah tidur, jika waktu sudah menunjukkan istirahat siang apa salahnya untuk tidur.

Bayi yang rewel di malam hari, menjadikan bayi dan orang tuanya kurang istirahat terlebih para orang tua harus mengurus semuanya dan harus bisa mengatur waktu.

Orang dewasa dihadapkan pada pilihan yang sangat cukup berat, memungkinkan faktor kelelahan mudah terjadi dan butuh istirahat sebentar ketika di siang harinya.

Waktu siang hari sudah ditetapkan untuk bekerja dan malam sebagai waktu untuk istirahat, sebaliknya berbeda pada sebagian kecil orang terutama kalangan dewasa dimana mereka ada yang melakukan aktivitas saat malam harinya (bekerja) lalu tidur dari pagi buta sampai siang terang benderang.

Aktivitas tidur siang hari dan malam harinya bekerja tentu akan merubah sekaligus mengganggu jam biologis seseorang yang terkenal dengan nama lain yaitu Ritme Sirkadian.

Jam biologis atau ritme sirkadian mengikuti segala perubahan pada aktivitas fisik, mental dan perilaku manusia dalam siklus 24 jam. Termasuk diantaranya ritme sirkadian yaitu menentukan siklus jam tidur seseorang.

Terganggunya ritme sirkadian manusia berpotensi mengakibatkan berbagai faktor gangguan juga seperti insomnia, obesitas, diabetes tipe 1-2, penyakit jantung, gangguan pernapasan, sering masuk angin, pusing, depresi, gangguan bipolar dan masalah mood buruk.

Orang yang sering begadang berati menandakan jam biologisnya itu terganggu sehingga mudah sekali mempengaruhi daya tahan tubuh dan melemahkannya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu tepat dalam jadwal yang sudah terbiasa atau diatur dalam jadwal kehidupan sehari hari dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali.

Berbagai efek kurang istirahat malam hari diantaranya gangguan emosi yang tinggi, risiko lebih mengalami penyakit jantung, tekanan darah tinggi, daya ingat menurun, diabetes, obesitas, dan penurunan gairah seksual.

Kebutuhan waktu tidur beragam sekali tergantung usia. Semakin bertambah usia, maka kebutuhan tidur malam akan semakin berkurang. Rata-rata waktu tidur malam orang dewasa yaitu perlu sekitar 7-9 jam sehari itu sudah cukup.

Sementara ketika usia lanjut memerlukan waktu tidur di malam hari hingga 7-8 jam seharinya itu artinya saat lanjut usia sering mengalami masalah waktu tidur dan memang benar selalu terjadi bagi sebagian besar manula.

Lain pula dengan bayi dan anak-anak sesuai kebutuhan waktu tidur sangat berbeda-beda. Pada bayi 0-3 bulan misalnya kebutuhan hampir mencampai setengah hari lebih berkisar antara 14-17 jam dalam sehari.

Beberapa gangguan waktu tidur

Terdapat berbagai hal yang mempengaruhi negatif waktu tidur seseorang. Pada wanita dewasa, kebutuhan untuk memperoleh waktu tidur yang baik lebih diabaikan seperti faktor pemicu kondisi perubahan hormonal misalnya saat haid, sedang hamil atau menginjak usia manopause.

Pada pria dewasa yang sudah berumah tangga misalnya disibukkan dengan urusan pekerjaan yang membuat waktu istirahat diabaikan dan gaya hidup tidak sehat.

Padahal hal demikian tentu bisa memicu kondisi gangguan kesehatan serius dari mulai ringan hingga adanya komplikasi penyakit.

Kembali sesuai topik dan judul diatas berkenaan dengan manfaat tidur siang untuk memulihkan kondisi tubuh yang sudah lelah.

Tubuh yang sudah lelah saat siang hari tidak boleh dipaksakan beraktivitas, sebab bagaimana pun jika tubuh yang lelah berdampak pada kacaunya produktivitas kerja dan kondisi lainnya.

Cara yang terbaik diantaranya melalui tidur siang hari untuk kurun waktu sebentar saja dan boleh dilaksanakan saat jam kerja istirahat.

Apa yang diyakini sebagai jumlah waktu ideal untuk tidur siang?

Penemuan dari satu penelitian di tahun 2006 menunjukkan bahwa tidur siang 10 menit mungkin merupakan durasi tidur siang yang efektif secara keselurunan, sebagian besar bisa membantu menghindari keterlambatan setelah bangun tidur malam hari.

Tidur siang 10 menit menghasilkan pemulihan langsung secara keseluruhan dari mulai latensi tidur, perasaan kantuk, kelelahan, kekuatan dan kinerja kognitif (daya berpikir).

Beda dengan tidur siang selama kurang lebih 20 menit mampu dalam perbaikan yang muncul 35 menit setelah tidur siang dan kesehatan kedepannya 1,5 jam setelah tidur ada dalam keadaan segar dan fit.

Tidur siang selama 30 menit mampu menghindarkan dari gangguan subyek stres, mood buruk dan menghindari ketegangan tubuh dan menormalkan waktu tidur dan memulihkan kondisi kesehatan lainnya.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat tidur siang berdasarkan hasil kajian ilmiah para ahli antara lain :

1. Tidur siang ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif

Hasil kajian pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Sport Sciences memperoleh penjelasan bahwa tidur siang setelah makan siang mampu meningkatkan kewaspadaan yang berarti tetap fokus, dan kinerja mental serta fisik kembali normal.

2. Manfaat tidur siang dibuktikan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Athens Medical School dan Harvard School of Public Health mendapati adanya bukti ilmiah bahwa orang tidur siang secara teratur rata-rata berisiko angka kematian akibat jantung koroner sangat minim sekali, bila dibandingkan dengan yang tidak tidur siang.

Para peneliti mendasari kajian dari tidur siang yang dimaksud sebagai istirahat biasa yaitu waktunya 3 kali seminggu selama sekitar 30 menit setiap hari.

3. Membiasakan tidur siang hari dapat menunda perasaan lapar

Ya, mungkin orang yang sudah tidur boleh dikatakan tidak ingin makan apa-apa atau minum. Namun pernyataan disini diarahkan pada proses penundaan rasa lapar yang cukup lama.

Rasa lapar bisa timbul karena aktivitas hormon bermasalah misalnya baru saja makan, tiba-tiba ingin makan kembali jadi bisa dihindari dengan cara tidur siang.

Penelitian memperoleh bahwa dengan tidur siang sejenak membantu mengembalikan konsentrasi dan menurunkan hormon stres yang mendukung seseorang merasa lapar.

4. Dengan tidur siang membantu mengontrol stres dan kecemasan

Dari berbagai penelitian diambil kajian ilmiah pada studi tahun 2012 diterbitkan oleh Journal of Clinical Endocrinology & metabolism meneliti efek terkait stres pada dua orang dewasa yang satu tidur siang setengah jam dan satunya lagi tidur malam hanya 2 jam.

Dari hasil indikator diatas diperoleh pada orang dewasa yang tidur siang hari selama setengah jam mendapati kondisi fisik membaik, hormon stres menurun dibandingkan dengan orang yang tidur malam 2 jam saja.

Satu lagi penelitian yang berkaitan dengan manfaat tidur siang untuk mengurangi stres berasal pada kajian National Institute of health bahwa tidur siang berguna dalam menurunkan stres dan melawan perasaan emosi yang terjadi akibat terlalu memaksakan kehendak untuk bekerja.

5. Diyakini sejumlah ahli menerangkan bahwa tidur siang sebentar mampu meningkatkan kinerja fisik seseorang

Berlebihan dalam melakukan olahraga dan beraktivitas sementara tidur malam hari sebentar sangat tidak diperbolehkan sama sekali.

Studi sudah didapatkan adanya hubungan antara tidur siang sebentar dengan peningkatan kemampuan atletik termasuk lari, berjalan, reaksi motorik lebih baik.

Nah, bagi para atlet sangat tidak disarankan latihan saat malam hari, akan lebih baik tidur sebab memicu implikasi negatif baik saat latihan atau saat kompetisi berlangsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.