Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Taurine untuk Kesehatan Mata dan Efek Sampingnya

Manfaat Taurine untuk kesehatan mata dan efek sampingnya – Taurine, sudah tahukah anda jika taurine itu makanan atau bahan apa? Apakah taurine termasuk bahan kimia ? Mengapa taurine itu bisa bermanfaat ? Lalu, apa saja manfaat dengan cara konsumsi taurine setiap hari terutama untuk kesehatan mata ? Memangnya taurine bisa digunakan oleh siapa saja atau tidak bagi sebagian orang?

Manfaat Taurine untuk Kesehatan

Beberapa kalangan pria dewasa yang bekerja berat seperti pekerja bangunan sebagian besar mereka senang dengan konsumsi minuman berenergi dan berstamina.

Diantara jenis minuman berenergi ada yang sebagian besar mengandung taurine ekstrak. Tapi tahukah kamu jika taurine itu bahan minuman atau bahan makanan apa?

Sebenarnya taurine ini hingga sampai sekarang masih dalam tahap pengembangan sejumlah para pakar yang mana diteliti lebih dalam lagi ternyata di duga bisa memberikan manfaat kesehatan khususnya untuk kesehatan mata.

Bahkan hingga sampai saat ini asal-usul taurine masih diteliti dan seluk beluk taurine itu sendiri juga efek samping yang kemungkinan bisa saja timbul lantaran konsumsi berlebihan dari ekstrak taurine.

Taurine selama ini disebut-sebut sebagai asam amino, namun bukan asam amino essensial melainkan asam amino kondisional yang di buat dari tubuh dan sebagian besar ditemukan dalam jantung dan otak.

Banyak yang mengira dengan dasar asal-asalan percaya jika taurine awal mulanya dari cairan testis banteng atau mengira dari urine sapi seperti gambar merk pada beberapa jenis minuman berenergi.

Padahal taurine itu tidak di dapat dari testis banteng yang selama ini di perkirakan dan walaupun ada pada empedu banteng dan sapi betina sekali pun. Jadi pada dasarnya taurine sudah ada pada tubuh manusia itu sendiri.

Ternyata taurine bisa diproduksi bagi beberapa jenis makanan dengan mendapatkan proses ekstraksi sekali pun seperti pada daging atau ikan yang sering di buat sebagai produk komersial seperti minuman energi dan suplemen stamina.

Taurine juga dalam dunia medis dimanfaatkan untuk beberapa jenis resep obat terutama untuk jenis keluhan kesehatan tertentu.

Manfaat taurine untuk kesehatan mata

Ekstrak taurine sebagai unsur asam amino yang memiliki manfaat salah satunya untuk kesehatan mata dan pengaruh kesehatan mata progresif berikut ulasannya :

Taurine dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi visualisasi mata dimana sel-sel epitel berpigmen di retina mata yang berguna sebagai sel reseptor visual.

Ketajaman visual terbesar terjadi di area makula retina dekat tempat saraf optik masuk dari bagian belakang mata. Dengan laju pertambahan usia, makula secara umum berdegenerasi seperti gangguan mata berupa degenerasi makular.

Kandungan antioksidan yang cukup besar bermanfaat untuk kesehatan mata diantaranya dengan membantu menghindari lesi retina dan kerusakan visual yang dapat dilakukan dengan jalan konsumsi taurine secara teratur.

Jenis obat obatan seperti halnya obat anti depresi, anti epilepsi obat kemoterapi semuanya bisa mengurangi unsur taurine dalam tubuh dan mengakibatkan kerusakan pada bagian retina mata. Dengan jalan konsumsi suplemen yang mengandung taurine dapat mengembalikan kadar taurine dalam tubuh yang sudah hilang agar memberikan perlindungan terhadap retina mata.

Unsur kadar taurine yang terus menerus menurun dapat menjadikan kekhawatiran cukup besar mengingat kekurangan taurine bisa memengaruhi retina mata dan diakibatkan oleh jenis obat atau pun usia masing masing.

Kandungan antioksidan sangat penting sekali dibutuhkan oleh organ mata dan penglihatan menjadi terbebas dari bentuk kerusakan mata serta membantu mencegah keluhan kesehatan degenerasi makula akibat faktor usia bertambah.

Asam amino taurine yang kaya akan kandungan antioksidan bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker ganglion retina dan faktor kebutaan warna mata termasuk glaukoma.

Dalam hasil kajian ilmiah menyebutkan jika ketika itu tahun 2012 di luar negeri para ahli menjelaskan dengan unsur taurine mampu memberikan perlindungan dari penyakit kanker ganglion retina dan kematian sel-sel lainnya berdasarkan hasil uji klinis laboratorium pada uji percobaan manusia dan hewan.

Para ahli mempunyai harapan untuk menjadikan taurine sebagai obat di masa depan dalam memberikan perlindungan untuk sistem saraf pusat.

Taurine adalah asam amino yang mengandung sulfur dengan peran penting untuk pengembangan tingkat lebih baik dan perlindungan sel sel tubuh. Taurine memiliki peran untuk pengendalian beberapa proses biologis dalam tubuh.

Manusia bisa memproduksi taurine sendiri namun tidak dalam jumlah yang cukup besar. Maka dari itu, taurine termasuk pada asam amino essensial kondisional yang sangat dibutuhkan bagi manusia.

Banyak versi menjelaskan bahwa taurine sering dijadikakan bahan minuman energi yang kurang sehat, sehingga perlu adanya pertimbangan secara khusus untuk mengkonsumsi suplemen taurine dan sesuai aturan yang berlaku dalam produk itu sendiri.

Pada hasil sebuah penelitian menerangkan kombinasi antara taurine, diltiazem dan vitamin E membantu menurunkan kehilangan penglihatan dengan melindungi terhadap kerusakan oksidatif. Tingkat taurine yang sangat cukup dihubungkan dengan pengaruh baik untuk pencegahan katarak pada manusia.

Tahukah jika taurine ini sangat ampuh dalam menghancurkan molekul perusak organ mata ?

Taurine merupakan asam amino yang banyak sekali ditemukan di bagian retina mata. taurine membantu memberikan perlindungan khusus mata dari molekul beracun.

Tingkat penurunan penglihatan terus meningkat seiring laju usia bertambah, faktor lainnya stres oksidatif pada sel sel sensorik cahaya. Dengan kemampuan taurine dalam membantu menghilangkan molekul cahaya yang merusak mata dapat dihancurkan sehingga mata tetap terlindungi.

Taurine dapat membantu mengembangkan kenormalan retina mata, taurine berfungsi untuk mencegah mata dari kondisi rabun dan akhirnya membuat kebutaan permanen.

Kandungan unsur taurine dalam mata membantu mengontrol beban listrik yang melewati membran sel. Penting agar menjaga fungsi impuls saraf sehingga mempunyai kemampuan untuk fokus lebih baik.

Taurine ternyata sangat dibutuhkan cukup untuk bayi

Taurine hanya dimiliki oleh bayi sedikit dan bermanfaat agar bayi berkembang dan tumbuh janin dalam kandungan. Taurine sangat dibutuhkan perkembangan otak dan mata janin.

Taurine untuk bayi bisa untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi bayi dari infeksi dan masalah pencernaannya.

Taurine juga untuk membuang bahan limbah, racun, dan kotoran dari mata kita. Karena taurine tidak disintesis oleh tubuh kita, kita harus mendapatkannya dari sumber makanan atau suplemen.

Taurine hanya ditemukan pada produk hewani. Itu tidak ada dalam produk sayuran.

6 Sumber Makanan Taurin:

Daging (kambing dan sapi)
Ikan
ASI
Produk susu
Makanan Laut (udang, cumi-cumi, kerang)
Unggas (ayam dan bebek)

Dosis Taurine :

Dosis untuk mengonsumsi taurin adalah antara 500mg-2.000mg karena akan menunjukkan keberhasilan meskipun batas atas toksisitas ditempatkan pada tingkat yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, dosis tinggi taurin dapat ditoleransi dengan baik.

Kontradiksi :

  • Wanita hamil diizinkan untuk mengambil taurin di bawah bimbingan dokter.
  • Binaragawan harus mengkonsumsi suplemen taurin di bawah bimbingan dokter

Sesudah membahas mengenai manfaat untuk kesehatan mata, maka apa saja efek samping yang ditimbulkan dari jalan konsumsi taurin ?

Asam amino taurine tubuh adalah 1/1000 zat kimia yang penting bagi kehidupan. Asam amino taurine sangat penting bagi penglihatan manusia. Ini mendukung fungsi jantung, otot rangka dan sistem saraf pusat.

Apakah dengan konsumsi taurine dapat menyebabkan masalah kesehatan atau hanya sekedar mitos belaka ?

Dalam hasil uji laboratorium oleh sejumlah mahasiswa mendapati jika taurine yang dikombinasikan dengan kafein tidak menghasilkan efek pada memori dalam jangka pendek.

Dari sebuah penelitian yang sama di laboratorium menemukan bahwa detak jantung pasien menurun sedangkan tekanan darah arteri mereka meningkat seusai menelan taurine.

Beberapa peneliti menerangkan bahwa kafein memainkan peran dalam memicu reaksi bersamaan dengan taurine.

Pengaruh kedua taurin dan kafein masih perlu diteliti secara mendalam, tetapi banyak orang menduga bahwa kombinasi dari dua dapat menghasilkan efek samping yang berbahaya. Salah satu kombinasi yang sudah terbukti berbahaya adalah campuran minuman energi taurine dan alkohol.

Kombinasi dari stimulan dan depresan dapat menyebabkan masalah jantung seperti detak jantung yang abnormal. Kombinasi ini juga dapat menyebabkan dehidrasi karena keduanya bertindak sebagai diuretik.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.