Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Minum Susu Kambing Ras Etawa Setiap Hari Buat Kesehatan

Kambing etawa itu ada banyak ras-nya contoh diantaranya termasuk kambing etawa ras senduro dan kambing etawa ras kaligesing yang ada di Indonesia. Itu pun banyak mungkin selain dari luar daerah pulau jawa juga sudah banyak yang beternak kambing etawa.

Mungkin dalam pemikiran anda pasti menanyakan apa saja perbedaan antara kambing ras senduro dengan ras kaligesing?Tapi sebelum itu simak dulu tentang sejarah keberadaan adanya pembudidayaan ternak kambing etawa di Indonesia.

Di Indonesia susu kambing yang paling terkenal adalah susu kambing ras etawa karena dibandingkan dengan susu kambing lainnya atau domba susu kambing etawa paling banyak dimininati dan sudah berkembang pesat dipasarkan.

Pada dasarnya menurut sejarah awal mula keberadaan ternak kambing etawa di Indonesia memiliki sejarah tersendiri. Ketika itu menurut cerita Presiden Sukarno membawa kambing Jamnapari ras dari etawah, Uttar Pradesh India ke Indonesia untuk keperluan pengembangan pada tahun 1947.

Kambing yang dibawa tersebut disilangkan dengan kambing lokal lumajang (kambing menggolo) yang memiliki ukuran lebih besar dari jenis kambing kacang.Nah, hasil persilangan tersebut menjadi kambing etawa ras senduro lumajang. Tapi lain sejarah lagi bahwa peternakan ras kambing etawa sudah ada semenjak kolonial Belanda tepatnya sekitar tahun 1930.

Kembali lagi pada topik awal tentang perbedaan ras kambing etawa senduro dengan kaligesing itu sebenarnya masih sama tidak ada perbedaan. Hanya saja, jika dilihat dari segi harga ras kambing etawa kaligesing lebih ekonomis jika dibandingkan dengan ras kambing etawa senduro. Itu mungkin harga dapat berubah sewaktu waktu tergantung ternak dan budidaya yang berkembang pesat antara keduanya.

Tapi pernahkah terpikirkan oleh anda mengapa kambing etawa itu banyak para peminatnya ?

Jawabannya cukup mudah sekali ditebak, karena jenis kambing etawa di Indonesia bisa menguntungkan untuk mereka para pelaku bisnis ternak kambing. Karena susu kambing etawa banyak yang menggemarinya ketimbang susu kambing lainnya atau bahkan susu sapi.

Sekarang saja banyak para industri produk minuman dan jamu mengolah susu kambing baik dalam bahan campuran bubuk atau bisa juga cair siap minum.

Apa perbedaan antara susu kambing segar cair dan susu kambing bubuk?

Susu kambing bubuk adalah produk manufaktur pihak industri yang dibuat dengan menguapkan susu sampai kering dengan teknologi beraneka macam seperti halnya Walatra Etaku Goat Milk yang memanfaatkan teknology nano membentuk mikro partikel terkecil butiran bubuk susu kambing etawa. Meski tidak semurah susu kambing segar cair, susu kambing bubuk memang memiliki umur simpan lebih lama.

Bisakah kita minum susu kambing mentah langsung?

Susu kambing mentah pada dasarnya adalah susu yang belum dipasteurisasi untuk membunuh bakteri berbahaya di dalamnya. Hal itu bisa menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Makanya, aman rasanya jika tidak minum susu mentah langsung seperti itu.

Bisakah kita menggunakan susu kambing jika kita sensitif/alergi terhadap susu sapi?

Ya, tentu saja.bisa silahkan konsumsi saja Walatra Etaku goat milk 100% asli dan aman dari susu kambing etawa.

Apakah susu kambing memiliki efek samping?

Tidak ada efek samping yang spesifik yang telah dicatat dalam catatan hasil uji lab. Namun, karena susu kambing memiliki jumlah folat sangat rendah, hal itu mungkin kurang efektif untuk kalangan wanita hamil atau menyusui. Sebab kalangan wanita hamil dan ibu menyusui lebih membutuhkan folat untuk proses pembuatan ASI yang banyak.

Dalam menyikapi hal semacam ini untuk informasi lebih lanjut tentang efek samping susu kambing, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Bila Anda menganggap rata-rata susu sapi diberi hormon pertumbuhan, antibiotik, pakan transgenik, vaksinasi, dan terkena kondisi beracun, maka tidak mengherankan jika banyak manusia mengalami efek kesehatan negatif dari mengkonsumsi susu pasteurisasi dari sapi.

Susu kambing adalah alternatif yang jauh lebih sehat, terutama bila sudah mentah dan organik. Kambing menghasilkan sekitar 2% pasokan susu global; Orang yang mengkonsumsi susu kambing mengutip kejadian alergi dan keluhan pencernaan yang jauh lebih sedikit.

Eumm… bagaimana apa tertarik mau mencobanya ? Boleh beralih dari susu sapi ke susu kambing etawa sekarang juga

Manfaat susu kambing etawa

Susu kambing etawa sangat mendukung sekali dalam meningkatkan proses penyembuhan melalui berbagai cara tersendiri dan berbeda dengan jenis obat atau ramuan. Tidak hanya itu, proses pendukung dalam meningkatkan kesehatan setiap individu oleh susu kambing etawa lebih cepat daripada susu sapi.

Ini dia beberapa manfaat minum susu kambing ras etawa setiap hari buat kesehatan diantaranya sebagai berikut :

  • Reaksi terhadap peradangan (sensitif) sangat rendah alias sedikit

Dalam kajian ilmiah terhadap beberapa kalangan para ahli menunjukkan bahwa diantara manfaat minum susu kambing ras etawa setiap hari tidak memicu potensi besar alergi sama sekali.

  • Manfaat susu kambing etawa sangat mendukung sekali proses metabolisme

Dalam studi yang dilakukan oleh USDA dan Prairie View A & M university menghubungkan susu kambing etawa dengan peningkatan kemampuan untuk metabolisme zat besi dan tembaga, khususnya diantara setiap orang yang keterbatasan pencernaan dan penyerapan.

  • Penyediaan cukup banyak nutrisi dari susu kambing etawa

Keunggulan utama susu kambing adalah hampir mirip nutrisi ASI pada manusia. Karena memiliki komposisi kimiawi yang sangat dekat dengan ASI manusia daripada susu sapi, lebih mudah dicerna dan berasimilasi dalam tubuh manusia.

  • Lemak pada susu kambing etawa lebih kecil dibanding susu sapi

Apakah dengan meminum susu kambing etawa bisa untuk diet sehat?Iya bisa saja, itu sebabnya ukuran molekul lemak dalam susu kambing jauh lebih kecil daripada yang ditemukan pada susu sapi. Hal ini membuat susu kambing lebih mudah dicerna.

  • Asam lemak berbeda dengan lemak oleh karena itu susu kambing etawa mengandung banyak asam lemak

Susu sapi memiliki kandungan kira kira 30% asam lemak ketimbang susu sapi yang rata rata sekitar 17 %. Asam lemak mendukung kelengkapan gizi harian dan fakta membuktikan jika susu kambing etawa sangat rendah laktosa dibanding susu sapi. laktosa inilah yang banyak membuat beberapa kalangan mengalami alergi.

  • Kaya akan kalsium dari susu kambing etawa

Mungkin tidak disangka-sangka jika selama ini susu sapi itu kaya dengan kalsium. Tapi sekarang beda lagi, faktanya bahwa peneliti mendapati akan kandungan kalsium yang setara pada susu kambing etawa dengan susu sapi.

Dengan meminum segelas susu kambing etawa setiap hari pertumbuhan tulang, gigi dan fungsi otak bisa berjalan dengan baik. Susu kambing mengandung tinggi kalsium, triptofan asam amino dan merupakan pilihan yang lebih sehat daripada susu sapi.

  • Susu kambing etawa bersifat anti asam lambung naik

Susu sapi dihubungkan dengan alergi dan kelebihan asam lambung pada tubuh manusia, susu kambing etawa ternyata beda. Susu kambing beda dengan susu sapi yang tinggi kandungan lemaknya, sehingga bisa memicu pembentukan asam lambung.

Tidak hanya itu, susu kambing memiliki butiran lemak susu sepersepuluh lebih kecil dari ukuran lemak susu sapi. Itu alasannya jika susu kambing bagus untuk sistem pencernaan makanan dan minuman.

  • Susu kambing etawa memiliki kandungan gizi seimbang

Pada pengobatan Naturopati, kambing disebut sebagai hewan natrium bioorganik. Mereka terkait dengan kekuatan, fleksibilitas, dan vitalitas.

Sapi merupakan hewan kalsium yang dikenal dengan stabilitas dan berat. Natrium bioorganik merupakan unsur penting untuk mendukung kesehatan sendi dan tulang.

Secara tradisional, susu kambing etawa telah digunakan untuk memberi nutrisi dan memulihkan sistem saraf yang mengalami gangguan. Susu kambing etawa juga sangat padat nutrisi.

Ini memiliki hampir 35% kebutuhan kalsium harian Anda dalam satu cangkir. Satu cangkir susu kambing etawa menyediakan 20,0% kebutuhan riboflavin setiap hari dan ini adalah sumber protein fosfor, vitamin B-12, dan potasium yang baik.

  • Susu sapi ada beberapa bahan yang berbahaya jika tidak diolah langsung sementara susu kambing aman

Ya, walau pun susu kambing etawa itu aman tetapi memang perlu melakukan olahan khusus terlebih dahulu. Tetapi para peneliti menegaskan bahwa di dalam susu sapi memang terdapat unsur berbahaya seperti halnya bahan alergen yang menjadikan alergi bagi beberapa kecil kalangan.

Susu sapi mengandung hormon pertumbuhan dan somatotropin hormon yang secara artifisial meningkatkan produksi susu untuknya.

  • Susu kambing bermanfaat besar dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengapa anda mesti memilih susu kambing etawa jika dibandingkan dengan susu sapi?

Hal itu karena susu kambing etawa memiliki banyak kandungan selenium dan mineral penting utuh yang baik dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak manfaat yang sudah dirasakan setelah rutin mengonsumsi susu kambing etawa secara teratur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.