Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Sup Sumsum Tulang Sapi untuk Pertumbuhan dan Pengobatan

Sup Sumsum Tulang Sapi Baik Buat Pertumbuhan dan Penyembuhan Penyakit

Menu makanan saat lebaran hari raya haji Idul Adha tidak terlepas dari yang namanya daging hewan kurban sapi atau daging hewan kambing. Tapi beberapa orang di setiap daerah banyak yang ingin sekali konsumsi selain daging sapi yaitu termasuk gemar mengonsumsi bagian sumsum tulang sapi.

Mungkin kedengarannya sedikit lucu jika sumber makanan dari tulang baik sekali untuk keseharan tulang. Tapi, siapa sangka bahwa sup sumsum tulang sapi ini menjadi kegemaran setiap orang dan ingin sekali mengonsumsinya.

Sumsum tulang tentu diperkaya akan kandungan kalsium bagaimana tidak, kalau sumber kalsium itu sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Terutama untuk kalangan anak-anak sangat penting sekali sumber kalsium yang menyehatkan tulang, agar anak-anak cepat tumbuh dan berkembang.

Melalui asupan kalsium dari sumber terpercaya pada sumsum tulang khususnya sumsum tulang sapi, maka sup sumsum tulang sapi ini bisa menjadi referensi menu makanan patut untuk di coba.

Banyak restoran-restoran di berbagai negara di dunia lebih banyak mengolah sumsum tulang sapi untuk di buat sup sumsum tulang sapi atau kaldu tulang sapi.

Sup sumsum tulang sapi merupakan salah satu daftar menu makanan yang memenuhi unsur asam amino lengkap, kolagen, protein, gelatin dan mineral kalsium dan mineral lain sangat melimpah.

Makanan berupa sumsum tulang sapi adalah makanan tradisional itu artinya sudah ada semenjak dahulu seperti halnya penduduk asli Amerika (suku Indian) juga bangsa Mongolia diketahui sudah mengenal dan mempopulerkan masakan sup sumsum tulang sapi.

Lain pula dengan orang-orang di wilayah yang sering mengalami musim salju di negara Skandinavia saja, mereka pun tidak kalah dari negara lain dan sering memasak sup sumsum tulang sapi untuk anak-anak saat salju turun.

Makanan bergizi padat nutrisi karena hewan sapi pemakan sayuran itu berarti memiliki efek zat gizi mudah di serap dan di cerna baik oleh tubuh dan berbeda dengan daging sapi.

Inilah beberapa riset para ilmuan tentang adanya manfaat dari konsumsi sup sumsum tulang khususnya sumsum tulang sapi yaitu :

Salah satu kajian yang diperoleh dari Profesor di Universitas Michigan menunjukkan bahwa jaringan lemak di sumsum tulang adalah sumber tertinggi hormon adiponektin, yang membantu menjaga sensitivitas insulin, memecah lekam, dan telah dihubungkan dengan penurunan penyakit kardiovaskular, diabetes dan obesitas terkait kanker pula.

Penelitian nutrisi Sally Fallon dan Kaayla Daniel dari Weston A. Price Foundation menerangkan bahwa sup sumsum tulang mengandung mineral yang sangat mudah diserap tubuh seperti kalsium, magnesium, fosfor, silikon, dan sebagainya.

Sup sumsum tulang mengandung chondroithin sulfate dan glukosamine senyawa yang banyak dipasarkan dalam bentuk suplemen herbal untuk mengurangi peradangan akibat arthritis dan nyeri sendi.

Diantara kajian tentang sup sumsum tulang oleh University of Nebraska Medical Center meyakini bahwa terdapat manfaat untuk masalah flu.

Para ahli memperoleh riset bahwa terdapat 19 lebih asam amino yang ada pada sumsum tulang bermanfaat mengurangi peradangan di sistem pernapasan dan memperbaiki pencernaan makanan.

Selain itu para peneliti membuktikan bahwa asam amino beperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan berbagai alergi, asma dan radang sendi.

Sup kaldu sumsum tulang sapi juga sangat penuh akan kandungan mineral penting berikut :

  1. Kalsium tinggi
  2. Magnesium
  3. Fosfor
  4. Mineral cukup penting lainnya bagi tubuh

Sumsum tulang merupakan bagian-bagian yang tidak terbuat dari sel-sel lemak (adiposit) terbuat dari sel-sel penting yang membentuk dan menyerap kembali jaringan penghubung. Sel-sel sumsum tulang diantaranya :

  • Osteoblas (pembentuk sel tulang)
  • Fibrolas (pembentuk jaringan konektif)
  • Osteoklas (penyerap kembali tulang)

Fungsi dari ketiganya itu adalah untuk membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih manusia.

Berikut dibawah ini adanya beberapa senyawa nutrisi paling penting yang diperoleh dalam kaldu atau sup sumsum tulang sapi dan khasiatnya diunggulkan buat kesehatan tulang diantaranya ada sumber nutrisi berikut :

1. Glikosaminoglikan (GAG)

Glikosaminoglikan mempunyai fungsi pokok mempertahankan dan mendukung kolagen dan elastin yang mengambil ruang antara tulang dan berbagai serat.

Beberapa unsur Glikosaminoglikan pada sumsum tulang sapi termasuk glucosamine, asam hyaluronic dan chondroitin sulfate sebagai sumber paling baik baik kesehatan tulang.

2. Glucosamine

Terdapat dua jenis glucosamine yang baik dalam perawatan tulang dan sendi tubuh diantaranya hidroklorida dan sulfat yang terbentuk secara alami dalam sumsum tulang.

Kedua glukosamine itu bertugas dalam menjaga kekuatan tulang rawan, yang merupakan substansi kenyal di dalam sendi dan sendi adalah bantalan alami bagi semua tulang.

Studi menunjukkan bahwa glukosamin ini dapat menjadi habis tak tersisa pada tubuh manusia seiring pertambahan usia, maka dari itu glukosamine bisa di dapat dari sumber makanan berupa sumsum tulang sapi.

Melalui konsumsi lebih sering glukosamin terutama sumber makanan sup kaldu sumsum tulang sapi dapat membantu mendukung kesehatan, fleksibilitas dan kenyamanan sendi.

3. Chondroitin Sulfat

Chondroitin sulfat merupakan glycosaminoglikan yang manfaatnya untuk tulang rawan di dalam sendi. Biasanya suplemen yang terdapat chondroitin sulfat dipadupadankan dengan glukosamine dalam mendukung kesehatan dan kenyamanan sendi.

Kajian ilmiah mendapati bahwa suplemen atau sumber makanan chondroitin mendukung respons peradangan yang sehat serta kesehatan jantung, kesehatan tulang, kesehatan kulit dan tingkat kolesterol yang sehat.

4. Kaya akan sumber mineral dan elektrolit

Sup sumsum tulang menyediakan mineral sangat penting, termasuk diantaranya elektrolit, semuanya disediakan ke dalam wujud sumber nutrisi makanan yang mudah di cerna baik oleh tubuh.

Elektrolit dalam sup sumsum tulang sapi kaya akan sejumlah mineral kalsium, magnesium dan kalium, fosfor semuanya berperan dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, kepadatan tulang, fungsi sinyal saraf, kesehatan jantung dan kesehatan sistem pencernaan makanan.

5. Kolagen

Memang kolagen bagi beberapa orang menyangka baik untuk kesehatan kulit saja, faktanya kajian ilmiah menunjukkan jika kolagen sangat berguna untuk membentuk jaringat ikat dan sebagai pelindung sendi sehingga memungkinkan seseorang bisa bergerak bebas.

Kolagen adalah protein yang ditemukan dalam jaringan ikat hewan vertebrata. Sangat mudah diperoleh di tulang, sumsum tulang rawan, tendon dan ligamen hewan. Kolagen dalam sumsum tulang sapi khususnya dapat menghasilkan gelatin.

6. Gelatin

Gelatin adalah bentuk pemecahan kolagen satu makanan fungsional utama dimanfaatkan untuk perawatan medis di China. Menurut penelitian Dr. Francis Pottenger dan penelitian para ilmuan kelas dunia sudah menemukan gelatin dan kolagen mempunyai manfaat terdaftar berikut ini :

  1. Gelatin bisa membantu mencegah gejala alergi makanan dan kepekaan mentoleransi makanan tersebut, termasuk alergi susu sapi dan gluten.
  2. Kolagen membantu melindungi dan menangkal lapisan saluran pencernaan dan dapat membantu penyembuhan penyakit pencernaan.
  3. Gelatin mampu meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan probiotik
  4. Sup sumsum tulang sapi dapat meningkatkan nutrisi kolagen baik dalam mengurangi munculnya kerutan dan mengusir selulit.
  5. Gelatin sangat berguna dalam memecah protein dan melancarkan lapisan usus sehingga bisa mencegah sindrom iritasi usus dan masalah autoimun.
  6. Gelatin menyediakan bahan mineral pembentukan tulang dengan cara mudah diserap tubuh mencegah tulang keropos dan mengurangi efek nyeri sendi.

Kolagen yang didapat dalam sup sumsum tulang atau kaldu tulang dapat menjadikan kulit sehat kenyal dan halus. Mengonsumsi sup sumsum tulang sapi yang kaya kolagen khususnya bisa mengencangkan kulit dan mencegah penyakit kulit selulit.

Sebagai sumber kaya akan gelatin, sup sumsum tulang sapi mampu melindungi dan menjaga lapisan mukosa saluran pencernaan makanan yang berarti meningkatkan penyerapan nutrisi.

7. Asam hyaluronic

Diperoleh di seluruh jaringan ikat tubuh, sel epitel (kulit) dan saraf, asam hylaruronic berkontribusi terhadap proliferasi sel, diferensiasi sel dan mitigasi, memungkinkan sel-sel kita untuk melakukan berbagai fungsi di seluruh tubuh sesuai keperluan.

Asam hyaluronic ini menawarkan dukungan untuk berbagai jenis kulit dan mencegah penuaan, mampu mengembalikan kondisi peremajaan kulit dan sel sehingga kencang kulitnya.

8. Terdapat asam amino

Gelatin yang terdapat pada sumsum tulang sapi mengandung asam amino kondisional berupa arginin, glisin, glutamin dan prolin. Asam amino tersebut memiliki fungsi dalam semua proses penyembuhan. Asam amino kondisional adalah asam amino non esensial yang sangat penting dalam beberapa kondisi tubuh.

1. Asam amino kondisional arginin diperlukan baik oleh tubuh untuk :

  • Fungsi sistem kekebalan tubuh dan penyembuhan luka
  • Diperlukan sebagai produksi dan pelepasan hormon pertumbuhan
  • Membantu meregenerasi sel-sel hati yang rusak
  • Sangat dibutuhkan untuk produksi sel sperma

2. Asam amino glisin mampu untuk maenjalankan fungsi-fungsi berikut :

  • Pencegahan dari kerusakan jaringan protein seperti otot
  • Dimanfaatkan dalam membuat garam empedu dan glutathione
  • Membantu mendetoksifikasi tubuh bahan kimia dan bertugas sebagai antioksidan kuat
  • Salah satu neurotransmitter yang memperbaiki tidur dan meningkatkan memori dan kinerja tubuh

3. Prolin asam amino kondisional bertugas secara khusus dalam membantu :

  • Meregenerasi tulang rawan dan menyembuhkan nyeri persendian
  • Mengurangi selulit dan membuat kulit terasa kenyal
  • Membantu memperbaiki masalah usus

4 Glutamin asam amino penting lain dari sumber sumsum tulang sapi memberikan dampak positif berupa :

  • Membantu mempertahankan energi dengan menyuplai kebutuhan nutrisi
  • Melindungi lapisan usus dari iritasi
  • Metabolik bahan bakar untuk sel-sel di usus
  • Meningkatkan metabolisme dan pembentukan otot

Nah, jika melihat dari segi kandungan didalamnya kita bisa merangkumnya dari manfaat sup sumsum tulang sapi berikut ini :

  1. Sup sumsum tulang sapi dapat mengobati masalah sistem pencernaan seperti sindrom iritasi usus
  2. Sup sumsum tulang sapi sangat membantu bagi alergi makanan terutama alergi susu sapi
  3. Manfaat dari sup sumsum tulang sapi baik dalam membantu kesehatan sendi
  4. Sup sumsum tulang sapi kaya akan nutrisi kolagen yang bisa mencegah penuaan kulit dan kerusakan kulit
  5. Sup sumsum tulang sapi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.