Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Squalene untuk Kecantikan Kulit

Baru tahu ! kenapa Squalene bisa untuk kecantikan ?

 

Squalene, sama juga dengan komposisi untuk mempercantik kulit pada umumnya diproduksi secara langsung secara alami oleh tubuh kita, maka lambat laun akan menurun produksi unsur mempercantik kulit apabila seiring bertambahnya usia.

Squalene adalah produk sampingan jenuh dari minyak squalene tetapi tidak digolongkan ke dalam kategori minyak, sebab Squalene tidak mengandung asam lemak dan tidak juga dikategorikan sebagai obat yang secara umum orang menjualnya.

Squalene boleh jadi kategori natural Health food (makanan sehat alami) dan boleh dikatakan sebagai ramuan herbal menurut badan kesehatan dunia (WHO).

Saat membeli produk Squalene maka harus bisa memastikan, anda membeli produk Squalene yang di buat dari Squalene terhidrogenasi. Apa bila Squalene itu sendiri tidak sama sekali terhidrogenasi, maka akan sangat mudah mengoksidasi begitu banyak ke udara dan akan mudah sekali tengik, sehingga menghilangkan manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Apa benar kalau Squalene itu ada pada tubuh manusia?

Mungkin sangat terkejut apabila anda mendengar bahwa Squalene itu ada yang diproduksi sebagian di tubuh manusia. Ya, memang dan itu bersamaan dengan diproduksinya sebum, namun sebum pun memiliki peranan penting dalam kesehatan kulit supaya kulit tetap lembab dan seimbang dan meningkatkan elastisitas.

Manusia dilahirkan dengan kandungan produksi squalene di kulit saat masih bayi, namun ketika usia mulai bertambah maka squalene akan menghilang. Tidak heran jika bayi memiliki kulit yang begitu lembut dan lembab.

Para ahli sains mendukung pemanfaatan Squalene sebagai pelembab anti penuaan yang ampuh. Diantaranya banyak manfaat dari squalene antara lain sebagai melawan kanker, antioksidan yang sangat luar biasa, detoksifikasi, hidrat dan memiliki aktivitas emolien.

Sejarah Squalene

Squalene secara tradisional bersumber dari yang paling terkenal adalah produksi hati ikan hiu laut di daerah Samudera Pasifik Selatan. Squalene hati ikan hiu telah lama diketahui dan digunakan untuk pengobatan tradisional sebagai julukannya “obat multi khasiat” di seluruh budaya Asia.

Bagi yang belum tahu, ternyata Squalene tidak hanya dimiliki hati ikan hiu saja, melainkan Squalene dari minyak zaitun, dedak padi dan tebu yang tentunya sangat aman bila dibandingkan dari ekstraksi hewaniah.

Squalene merupakan zat organik (alami) yang berupa cairan encer berwarna kuning muda atau putih bening dan tidak bersifat minyak karena tidak terdapat asam lemak dan gugusan COOH.

Squalene hati ikan hiu yang diperoleh pada spesies hati ikan hiu botol (Centrophorus Atromarginatus) yang unik oleh Dr Mitsumaru Tsujimoto pada penelitiannya tahun 1906. Ia menuturkan penelitiannya itu terhadap squalene karena hewan ikan hiu telah hidup semenjak 400 juta tahun.

Spesies ikan hiu hidup bertahan ratusan tahun lalu hingga sekarang dikedalaman 300-1000 meter di bawah permukaan laut yang kondisinya sangat ganas, minim sinar matahari, kurangnya oksigen, kekurangan sumber makanan, tekanan sangat tinggi dan suhu udara sangat rendah.

Apa yang membuat orang ingin sekali mengonsumsi hati ikan hiu ?

Nah, dari sini kita bisa mengetahui jika ikan hiu mampu bertahan itu karena rahasianya ada pada organ hatinya selama ini. Terutama untuk jenis hiu botol yang diambil squalene paling banyak karena selain bertubuh kecil dari yang lain. Namun hati ikan hiu jenis ini sangat berukuran besar. Hati ikan hiu botol bahkan melebihi squalene hiu lain sekitar 90% squalene yang mampu mencukupi kebutuhan oksigen bagi tubuh.

Tidak hanya hati ikan hiu botol yang kerap kali dijadikan produksi namun ada beberapa hiu lain seperti hiu aizame, Spiny Dog Fish atau Centrophorus atromarginatus garman.

Lalu, Apa saja manfaat Squalene untuk kecantikan ?

Manfaat Squalene untuk kecantikan kulit

Saat Squalene diterapkan untuk proses perawatan kulit manusia, maka akan bersama-sama melakukan reaksi seperti halnya sebum dengan meningkatkan elastisitas dan meningkatkan retensi kelembaban dan nutrisi.

Squalene yang bentuknya hampir mirip dengan cairan encer ini sangat ideal untuk semua jenis kulit bahkan cocok pula untuk kalangan yang memiliki kulit berminyak.

Disebabkan sifatnya non komedogenik dan tidak memiliki residu minyak, maka tidak akan menyumbat pori-pori dan terbukti sama kuatnya dengan retinol saat melawan radikal bebas dan mengembalikan kerusakan akibat sinar UV.

Efektivitas Squalene dalam membantu melindungi kulit terhadap faktor lingkungan dan biasanya dimanfaatkan sebagai krim tabir surya dan krim jerawat dari faktor sensitivitas matahari.

Dalam sebuah studi K.Ohsawa dkk diterbitkan pada Mei 1984 “Journal Of Toxicological Sciences” menetapkan bahwa Squalene memainkan peran penting dalam perlindungan dari kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV matahari.

Manfaat melembabkan kulit dan melembutkan kulit Squalene terhadap kulit membantu mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus, menurut edisi februari 2010 SOFW-Journal Squalene mempunyai efek anti penuaan, membantu menjaga kesehatan kulit.

Squalene dapat diserap dan menyebar dengan mudah di atas permukaan kulit tanpa meninggalkan unsur minyak. Squalene merupakan bagian dari produk alami dari kulit dan ada sebagian di tubuh manusia untuk peran penting dalam perbaikan kulit yang rusak.

Squalene mempunyai sifat humektan dalam arti mampu meningkatkan kapasitas retensi air ke kulit. Menurut hasil penelitian menyebutkan bahwa pelembab yang mengandung Squalene membantu melindungi kulit sensitif, mencegah kekeringan kulit, memperbaiki warna kulit dan tekstur.

Squalene pun dapat dimanfaatkan ke kulit rambut hal ini untuk membantu pertumbuhan rambut sama dengan fungsinya sebagai perawatan kulit.

Squalene yang didefinisikan sebagai bentuk perawatan alami all in one dan makanan ajaib ini membantu lebih cepat pada lapisan kutikula kuku yang kering dan minyak kutikula akan memberikan banyak kelembapan tanpa rasa minyak sehingga kuku mudah tumbuh.

Dengan adanya squalene telah banyak yang menggunakan sebagai emolient kulit sebagai pelembab kulit dan menurut ranah medis Squalene benar benar digunakan untuk mengobati kanker, kondisi kulit dan sistem pernafasan yang terganggu.

Manfaat Squalene pun membantu menghilangkan noda-noda yang sarat akan kandungan antioksidan besar membantu mencegah timbulnya jerawat, melawan radikal bebas pemicu kerusakan jaringan kulit dan melawan infeksi bakteri, virus mau pun jamur ke kulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.