Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Sinar Matahari Dari Segi Agama, Ekonomi dan Kesehatan

Matahari sebagai sumber energi terbesar bagi semua makhluk yang berada pada galaksi bima sakti atau yang dikenal sebagai tata surya, mungkin ada banyak yang lain tentang manfaat dari sumber sinar matahari yang bisa di informasikan.

Manfaat sinar matahari dari segi agama ekonomi dan kesehatan yang mana matahari adalah sebuah benda besar di luar angkasa melebihi planet planet yang ada di tata surya. Hanya saja, jika di lihat secara kasat mata akan terasa kecil itu karena jarak begitu jauhnya antara planet bumi dan matahari.

Sinar matahari sebagai sumber energi makhluk yang ada di planet bumi ini, dengan matahari yang walau pun terasa panas sekali terutama saat siang hari nyatanya sungguh sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Pada dasarnya sinar matahari memang diperuntukkan sebagai satu dari sumber energi selain air, dan matahari pula bisa terjadinya siklus hujan akibat panas sinar matahari.

Secara teori astronomi dunia menyebutkan jika jarak matahari dengan bumi antara 150.000.000 km cahaya. Dan berarti waktu yang dibutuhkan menuju ke matahari kira kira 8 menit 19 detik dengan kecepatan cahaya.

Matahari adalah bola raksasa yang panas suhu panasnya mungkin melebihi panas api yang ada di bumi. Sementara di bumi ini kita sudah merasakan begitu panas sinarnya matahari saja. Padahal itu baru sinar yang jaraknya begitu jutaan kilometer jauh jaraknya dari bumi dan berdasarkan penelitian jika matahari adalah bola gas raksasa yang sangat panas.

Kali ini kita tidak akan membahas secara teoritis mengenai apa itu matahari dan spesifikasinya, tapi yang akan dibahas diantaranya manfaat sinar matahari dari segi agama, ekonomi dan kesehatan.

Sinar matahari berbeda dengan cahaya bulan, cahaya bulan sebenarnya didapatkan dari pantulan sinar matahari, dan bulan berbeda dengan matahari sehingga boleh dikatakan bulan tidak memiliki cahaya sebagaimana matahari.

Orang kebanyakan menyebut sinar matahari dan jarang menyebut kata “cahaya matahari”, itu karena kata cahaya terlihat pengucapannya seperti lembut terang benderang. Sedangkansinar biasanya mendekati situasi yang panas terik menyengat atau suhu tinggi sehingga cocok disebut dengan sinar matahari.

Cahaya dan sinar keduanya bersumber dari matahari langsung yang dipantulkan menuju ke bumi dan bintang-bintang juga mendapatkan pantulan sinar dari matahari sehingga bintang-bintang itu seolah-olah memiliki cahaya.

Manfaat Sinar Matahari Dari Segi Agama

Sekali lagi bahwa matahari menunjukkan kebaikannya dengan menyinari muka bumi ini agar manusia bisa beraktivitas berjalan, menentukan ruang dan waktu.

Tanpa adanya sumber energi matahari, benar sekali faktanya tidak akan ada siklus kehidupan makhluk hidup atau bahkan benda tak hidup pun membutuhkan sinar matahari.

Dalam segi agama sebenarnya keberadaan sinar matahari sangat penting, orang yang beragama islam dalam menentukan waktu ibadah sholat. Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Al-qur’an surah As-shams aya 1-2 yang artinya :

” Demi matahari dan cahayanya di pagi hari. dan bulan apabila mengiringinya”

Ayat suci diatas menjelaskan jika waktu pagi adalah awal waktu itu ditetapkan dan malam sebagai “mengiringinya” yang menjadikan manusia bisa beristirahat dan beberapa makhluk hidup lain di muka bumi ini.

Dengan adanya pergantian siang dan malam maka kehidupan bisa berjalan dengan normal, Jika meyakini sepenuh hati maka tidak ada satupun makhluk di bumi ini yang mampu menandingi kekuasaan Allah Subhanahu Wa ta’ala

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. [Ali ‘Imran/3:190-191].

Menurut ilmuan-ilmuan barat dan semua ilmuan yang saat ini menjalankan berbagai penelitian menyebutkan bahwa matahari cikal bakal sumber energi masa depan. Oleh karenanya, kita patut bersyukur bahwa energi sangat dibutuhkan dan salah satunya energi sinar matahari untuk kehidupan generasi mendatang.

Sinar matahari langsung dapat dirasakan ketika pagi hari menjelang siang atau sebaliknya tidak dapat dirasakan saat malam hari. Sinar matahari yang begitu panas menuntut manusia untuk bergerak dalam arti beraktivitas mensyukuri kenikmatan tiada tara karena hari ini dan detik ini kita masih bisa menghirup udara segar pagi, bercengkrama, duduk mengobrol, menulis, berlari, berjalan, mengetik, makan dan sebagainya.

Apa saja bentuk syukur manusia yang harus diketahui? diantaranya adalah dengan ibadah kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala.

“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS. Al Mukminun [23]: 115)

Barisan kalimat ayat-ayat diatas menjelaskan bahwa sangat tidak mungkin jika manusia itu bisa bertahan hidup kekal dan semua pasti ada kematiannya bukan hanya manusia tapi semua makhluk hidup lainnya.

Betapa pentinya kegiatan untuk mensyukuri nikmat atas anugrah yang luar biasa dari keberadaan sinar matahari disamping mempunyai hikmah untuk agama juga hikmah lainnya bagi kehidupan.

Manfaat Sinar Matahari dari Segi Ekonomi

Seperti yang sudah dibahas diatas jika matahari adalah menurut para ilmuan tergolong sumber energi masa depan, itu berarti menuntut manusia untuk mengasah daya pikirnya dan untuk kemajuan ekonomi semuanya.

Ekonomi dalam arti materialis menunjukkan betapa diperlukan, contoh kecil saja nelayan atau pelaut bisa berlayar karena mendapatkan sinar matahari untuk memperoleh hasil tangkapan ikan. Orang berjualan es karena sinar matahari terik di siang hari, itu pun termasuk manfaat dari sinar mahari.

Keberlangsungan sinar matahari membantu manusia untuk bisa meningkatkan laju perekonomian dunia. Orang bisa mendapatkan uang karena proses jual beli saat siang harinya. Semua pertumbuhan tanaman yang diambil manfaatnya untuk memperoleh sumber penghasilan yaitu dinamakan ekonomi.

Sumber pembangkit listrik dari sel surya berguna untuk menerangi jalan raya agar manusia bisa mendapatkan perekonomian dibawah lampu sel surya ketika malam hari. Sel surya dari sumber sinar matahari bisa untuk mengalirkan arus listrik untuk daya tinggi yang fungsinya orang bisa mendapatkan sumber penghasilan atas keberadaan listrik.

Hamparan kebun-kebun sayuran dan buah-buahan agar bisa dipanen dan berbuah lantaran mendapatkan proses fotosintesis menggunakan sinar matahari. Manusia tidak mungkin membuat sinar matahari yang bisa tumbuhan berfotosintesis yang ada nantinya malah layu atau mati tumbuhannya.

Dengan hasil panen sayuran dan buah-buahan atau tumbuh-tumbuhan manusia bisa menjual dan memperoleh penghasilan dan itu dinamakan dengan juga ekonomi. Atau manusia bisa juga mengolah semua tumbuh-tumbuhan untuk di buat bahan-bahan kerajinan yang bisa menghasilkan nilai materi itu pun sama dinamai ekonomi.

Manfaat energi sinar matahari selain untuk pembangkit listrik juga salah satu sumber energi tidak terbatas sebab walau pun digunakan berulang kali tidak pernah habis dan berbeda dengan sumber energi fosil dimana suatu saat akan habis seiring berjalanya waktu.

Sebenarnya manfaat matahari dari segi ekonomi sangat banyak antara lain :

  • Manfaat sinar matahari bagi petani
  • Manfaat sinar matahari bagi nelayan
  • Manfaat sinar matahari bagi pedagang
  • Manfaat sinar matahari untuk pembangkit listrik
  • Manfaat sinar matahari untuk mesin atau alat-alat
  • Manfaat sinar matahari untuk sayuran dan buah-buahan serta tanaman
  • Sinar matahari untuk turunya hujan.
  • Manfaat sinar matahari untuk pakaian, tempat tinggal kendaraan
  • Dan semua manfaatnya itu tidak dapat diuraikan satu persatu dalam bidang ekonomi.

Manfaat sinar matahari dari segi kesehatan

Walau pun sinar matahari ketika siang sangat terik menyengat yang membuat orang berjemur terlalu lama bisa menghitamkan kulit. Namun, di sisi lain manfaat sinar matahari sangat beragam salah satunya untuk kesehatan

Kesehatan yang bisa di dapat dari manfaat sinar matahari diantaranya menurut ahli kesehatan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Selalu berolahraga di pagi mendapatkan sinar matahari dan masih banyak kandungan oksigen bersih belum tercemar polusi apapun menjadikan kesehatan terutama sistem pernapasan, pembuluh darah dan sirkulasi darah di tubuh.

Banyak teori bidang kesehatan memastikan bahwa sinar matahari sangat baik untuk kesehatan tulang, sirkulasi darah menjadi lancar sehingga memperoleh energi dari nutrisi makanan agar bisa bergerak.

Sumber energi matahari menjadikan energi dan manfaat diantaranya sumber vitamin D paling baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi tulang.

Sinar matahari merupakan sumber pembentuk vitamin D, fungsi daripada vitamin D itu sendiri diantaranya membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfat dari nutrisi makanan dan minuman. Kalsium dan fosfat itu mempunyai peranan penting dalam kesehatan khususnya tulang, gigi dan otot-otot.

Dengan adanya asupan vitamin D ternyata membantu menghindari keluhan penyakit seperti sclerosis, diabetes tipe 1 dan osteomalacia. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan kalau sinar matahari mampu mengatasi sejumlah masalah kesehatan kulit. Itu sebabnya orang dari luar negeri meluangkan waktu sering berjemur di pesisir pantai dikarenakan ingin sekali memperoleh manfaat dari sinar matahari langsung.

Menurut penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari bisa untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik itu tandanya sinar matahari bermanfaat mengurangi tingkat stres.

Pada hari cerah yang mana sinar matahari bersinar dengan terangnya, otak kita akan memproduksi hormon serotonin (hormon yang dapat memengaruhi suasana hati) lebih banyak apabila dibandingkan dengan hari-hari mendung, hujan dan berawan.

Adanya paparan sinar matahari secara berlebihan memang dapat memicu kanker kulit. Akan tetapi dalam jumlah terbatas, sinar matahari sangatlah diperlukan justru untuk mencegah penyakit kanker lainnya seperti kanker prostat, kanker pankreas, kanker ovarium, kanker usus besar dan limfoma Hodgkin.

Sangat beruntung sekali jika kita tinggal di wilayah yang tropis dalam arti mendapatkan sinar matahari langsung cukup banyak dan berbeda dengan wilayah yang kurang terkena sinar matahari kemungkinan rentan mengalami penyakit kanker dan penyakit tulang misalnya.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.