Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Sayuran Daun Seledri untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sayur daun hijau seledri memang sudah sangat cocok di konsumsi baik dalam keadaan mentah atau sudah di rebus, sebagaimana lalapan sayuran pada umumnya. Manfaat sayuran daun seledri untuk kesehatan dan kecantikan tentu berkaitan langsung dengan nutrisi lengkap gizi yang ada di dalamnya.

Sayuran daun seledri sudah dikenalkan ketika zaman dahulu oleh bangsa asing ke Indonesia, ketika itu orang senang dengan sayuran yang satu ini, maka untuk bahan pangan dan digemari banyak masyarakat ketika itu.

Daun seledri yang berwarna hijau segar itu memiliki nama ilmiah Apium Graveolens adalah tumbuhan keluarga Apiaceae.

Orang lebih senang membuat lalapan dan masakan baik dalam sup, untuk dimakan bersama di daerah yang berhawa sejuk menyuguhkan rasa konsumsi yang begitu nikmat.

Bukan hanya daun seledri saja yang hanya bermanfaat, ternyata biji benih seledri pun mempunyai sumber antioksidan yang sangat baik dan enzim cukup bermanfaat.

Ini dia manfaat biji seledri khususnya dengan sifat yang dimilikinya antara lain :

  • Mempunyai banyak sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin C, kalium, folat dan vitamin B6.
  • Sebagai penyuplai antioksidan flavonoid dan fitonutrien polifenol untuk meningkatkan kesehatan organ hati, kulit, mata dan kemampuan kognitif.
  • Biji seledri merupakan biji kecil yang bermanfaat sebagai bahan bumbu karena terdapat senyawa berminyak khusus yang di sebut apiol dengan sifat agen penyedap dan untuk bahan obat herbal.

Sejarah asal usul sayuran daun Seledri

Menurut mitos terdahulu, sayuran ini termasuk sayuran purbakala, sebab sudah ada catatan sejarah menurut sejarah Mesir Kuno daun seledri sebagai bagian dari sisa sisa yang ditemukan sebab diawetkan bersama makam Fir’aun “Raja Tutankhamun” yang meninggal pada 1323 sebelum Masehi.

Lain pula catatan sejarah di kekaisaran Romawi kuno juga, menurut kepercayaan orang Yunani jika daun seledri masa masa dahulu kala, dimanfaatkan untuk karangan bunga bagi orang yang mati atau mahkota bunga seledri untuk mereka yang menang di medan pertempuran (kesatria).

Seledri yang berkaitan dengan catatan Yunani itu disebutkan “iliad” homer dan “The Odyssey’ sebagai seledri liar yang tumbuh di seluruh wilayah Troy.

Fakta Nutrisi yang Terkandung di Dalam Sayuran Seledri

Berkat semua vitamin dan mineral yang terkandung di dalam seledri sangat luar biasa, maka di dalam 1 cangkir jus seledri mengandung sekitar nutrisi sehat yaitu :

453 unit internasional
36,5 mikrogram folat
263 miligram potasium
3,1 miligram vitamin C
0,1 miligram mangan
0,1 miligram vitamin B6
40,4 miligram kalsium
0,1 milligram riboflavin
11,1 miligram magnesium
16,2 kalori
3,5 gram karbohidrat
0,7 gram protein
0,2 gram lemak
1,6 gram serat
29,6 mikrogram vitamin K
Semua dengan beberapa gula, seledri juga mengandung beberapa vitamin E, niacin, asam pantotenat, zat besi, fosfor, seng dan selenium. Beberapa kandungan nutrisi lainnya seperti kalsium, natrium, tembaga, magnesium, zat besi, zinc, dan kalium.

Seledri mengandung asam lemak dan vitamin termasuk diantara vitamin A, vitamin K, C, E dan D. Vitamin B (thiamin, Riboflavin, asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12 serta serat tinggi.

Fakta dibalik Manfaat Sayuran Seledri

  • Seledri sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala asam urat

Seledri mengandung jenis unsur anti inflamasi yang di kenal sebagai inhibitor COX-2 dengan fungsi mengurangi kadar asam urat yang merupakan penyebab asam urat. Memakan batang seledri dan mengambil ekstrak biji seledri alias benih seledri bisa mencegah serangan asam urat.

  • Meredakan arthritis (radang sendi)

Berbeda dengan kondisi saat seseorang asam urat arthritis (radang sendi) ini bisa dibantu mengatasinya dengan sayuran seledri. Lebih dari 25 senyawa anti inflamasi dan jumlah unsur potasium yang efektif dalam menyembuhkan rematoid artritis. Jus seledri bisa mengurangi pembengkakan sendi dan meningkatkan kekuatan persendian.

Menurut para peneliti medis telah menemukan lebih dari 12 jenis lebih antioksidan yang bertugas untuk manfaat daun seledri itu. Termasuk diantaranya asam fenolik seperti asam caffeic dan asam ferulat ditambah flavaol seperti Quercetin.

Kandungan diatas menjadikan seledri berfungsi untuk mengobati berbagai kondisi yang diperburuk akibat peradangan antara lain contohnya nyeri sendi dan asam urat.

  • Manfaat luar biasa daun seledri bisa membantu melawan serangan sel kanker

Di dalam seledri terkandung senyawa aktif yang disebut sebagai Phytochemical coumarin yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas sel darah putih yang melawan sel kanker. Seledri juga terdapat sifat antioksidan yang kuat untuk mencegah kerusakan sel-sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Seledri terdiri dari senyawa anti kanker termasuk asam fenolik, asetilen dan coumarin yang efektif meningkatkan sel sel yang mencegah perkembangan sel kanker.

Perkembangan sel kanker akan di cegah oleh kandungan asetilen seledri. Asam fenolik dalam seledri menghambat prostaglandin yang menekan pertumbuhan sel kanker.

  • Seledri bisa membantu mengobati infeksi saluran kandung kemih

Memiliki sifat anti inflamasi dan mengandung sejumlah bahan berkhasiat dalam menyembuhkan infeksi saluran kencing.

Seledri mengandung sodium dan potassium keduanya berfungsi sebagai diuretik. Konsumsi seledri bisa membantu mengatur cairan dalam tubuh dan dapat menstimulasi produksi urin yang membantu menghilangkan kelebihan cairan.

Menjadi sifat di ureutik yang baik, maka seledri berperan menghilangkan kelebihan semua cairan di tubuh. Mencegah pembentukan batu di kantung empedu dan ginjal.

  • Meredakan inflamasi (peradangan) dan rasa sakit

Sifat seledri sebagai pembunuh rasa sakit alami dan aman juga komponens anti peradangan.

  • Daun seledri bisa menyembuhkan masalah gangguan sistem pencernaan

Di dalam segelas jus seledri mampu menyembuhkan keluhan pada sistem pencernaan makanan seperti rasa mulas dan mual. Mineral penting yang terkandung didalamnya baik dalam menetralkan keasaman lambung, menenangkan perut dan bisa mencegah sakit maag.

Para ahli meyakini jika seledri itu mampu menyehatkan perut, usus besar dan lambung sebab adanya kandungan kimia, berupa flavonoid, tanin, minyak atsiri dan alkaloid yang mengendalikan tingkat asam lambung dilepaskan sementara dan meningkatkan lendir pelindung lambung dari iritasi.

Seledri menjadi pencahar alami membantu meringankan gejala sembelit. Kandungan serat dan air di dalamnya menjadikan feses lunak. Menjadikan proses pembuangan menjadi lancar dan dengan begiu menenangkan saraf otot yang terlalu banyak ketegangan karena bahan obat kimia.

Seledri terdiri dari berbagai mineral yang efektif menangangi masalah pencernaan makanan. Seledri mampu menyeimbangkan tingkat ph tubuh dan menetralkan asam lambung.

  • Kegunaan seledri mampu menenangkan sistem saraf tubuh

Seledri yang terbentuk dari hormon tanaman yang bisa menenangkan sistem saraf tubuh. Kandungan magnesium (yang sering dimanfaatkan sebagai obat tidur) dan adanya alkali organik di dalam sayuran seledri sangat membantu mengatasi rasa stres dan cemas.

Berkaitan dengan hal itu, bisa merelaksasikan saraf saraf otot yang tegang karena faktor kelelahan fisik. Seledri bisa sebagai obat insomnia dan melalui cara konsumsi jus seledri pagi hari.

  • Sayuran seledri sangat bagus untuk perkembangan otak

Mengandung sejumlah unsur luteolin yang dipercaya oleh para ahli dapat memperlambat timbulnya lupa ingatan di usia senja (manula) dan pencegahan dari penyakit alzheimer.

Senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan di otak dan gangguan pada memori. Tugasnya memperlambat proses penuaan sel dengan melawan radikal bebas sehingga memelihara otak dalam keadaan normal.

  • Kemampuan seledri dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seledri terkenal sebab kemampuan dalam merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai sumber penyakit. Adanya unsur antioksidan itu dan sifat lain yang dimilikinya dari mulai anti virus, anti bakteri sangat direkomendasikan.

  • Mengatasi masalah sistem pernafasan terutama asma, pneumonia, flu dan gangguan nafas lainnya

Antioksidan dan senyawa lain termasuk sifat anti inflamasi dan vitamin C dalam seledri meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan infeksi virus mau pun bakteri. Membantu mencegah infeksi pada sistem pernafasan seperti flu, asma, radang paru-paru atau masalah pernafasan lain.

Berkaitan dengan masalah ini seledri bisa membantu mencegah bau mulut dengan kemampuan membersihkan bakteri di mulut.

  • Manfaat seledri ternyata bisa untuk mencegah hipertensi

Kalangan penderita hipertenti yang sering dirasakan begitu berat bisa dibantu mengatasinya dengan jus daun seledri. Lebih banyak unsur pengobatan trutama coumarin yang mengurangi tingkat tekanan darah dan membantu mengembangkan sistem peredaran darah.

Seledri pun turut mempunyai unsur phtalide yang bisa mengatur aliran darah dalam tubuh, mengendurkan otot-otot sekitar arteri sehingga mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.

  • Efektif dalam mengurangi tingkat masalah diabetes tipe 2

Dalam 1 cangkir jus seledri terdiri dari unsur 29 mikrogram vitamin K. Vitamin K mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan meningkatkan kepekaan terhadap insulin. Dengan demikian manfaat efektif seledri bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  • Mampu menurunkan tingkat kolesterol berlebihan

Karena manfaat seledri itu mencegah diabetes sangat bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat. Antioksidan sifat yang dimiliki seledri itu membuat perlindungan terhadap sel dari efek kerusakan oksidatif.

  • Bisa meringankan gejala menopause

Mengkonsumsi seledri dapat mengurangi gejala menopause seperti hot flushes. Sayuran seledri mengandung anethole (phytochemical estrogen) fitokimia oestrogenik yang bertindak dengan cara yang sama seperti HRT, tetapi tanpa menimbulkan efek samping sama sekali.

Nah, diatas sudah dibahas mengenai manfaat seledri yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan penyembuhan. Lain dengan manfaat kedua dari daun seledri ini bagus untuk kecantikan dan perawatan tubuh.

Jus seledri bisa membantu diet sehat penurun berat badan

Mungkin baru kali ini mengetahuinya, jika ternyata seledri adalah sumber nutrisi yang baik bagi mereka yang ingin menjalani program diet sehat. Mengandung cukup banyak serat larut dan diperlukan sistem pencernaan untuk menghasilkan energi dan membuat rasa kenyang. Kalori yang rendah membuat program diet sehat ini bisa dipadukan dengan bahan lainnya.

Sumber nutrisi seledri berguna untuk menghilangkan jerawat

Jika anda mempunyai kondisi kulit berminyak, maka apa salahnya untuk mencoba perawatan alami dengan seledri. Manfaatnya bisa mengurangi kelebihan minyak di kulit dan mengurangi peradangan di kulit akibat jerawat.

Manfaat kesehatan seledri termasuk sifat anti penuaan dini dengan sumber terkaya vitamin A dan C yang baik. Bertindak sebagai anti oksidan utama melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini dan radikal bebas.

Unsur vitamin E memberikan nutrisi untuk kelembapan kulit, asam lemak omega 6 di seledri mempertahankan cahaya dan kekenyalan kulit sehingga tampak awet muda. Mineral penting berupa kalsium, selenium, fosfor, kalium dan magnesium memberikan nutrisi di kulit.

Digunakan secara topikal dalam mengatasi masalah penyakit kulit seperti vitiligo, infeksi jamur di kulit, infeksi bakteri dan menyehatkan kulit.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sayuran seledri hijau yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Baca halaman terkait :

Walatra Sehat Mata Softgel With Nano Technology

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.