Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Terbukti Manfaat Minyak Bulus Labi Labi Jenis Kura Kura Sungai Air Tawar

Terbukti Manfaat Minyak Bulus Labi Labi Jenis Kura Kura Sungai Air Tawar – Mungkin dari sebagian orang menyangka kalau kura kura hanya hidup dilaut, tapi faktanya terdapat beberapa jenis kura-kura yang mana bisa hidup di sungai-sungai perairan air tawar.

Sebenarnya untuk jenis kura-kura ada beragam khususnya di lautan luas, tetapi kura-kura untuk air tawar itu sendiri tergolong langka bahkan sudah hampir punah. Biasanya kura-kura air tawar memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan kura-kura yang ada di laut.

Diantara beberapa spesies kura-kura air tawar yang terkenal diantaranya bulus sejenis kura-kura tetapi memiliki batok tempurung yang lunak dan terdiri dari tulang rawan.

Sebelum membahas mengenai bulus sejenis hewan kura kura yang sangat langka dan dilindungi, terlebih dahulu mengulas penjelasan dari kura-kura itu diantaranya :

Kura-kura dan penyu dua jenis berbeda yang mana kura kura lebih senang hidup didarat, di air laut dan sungai-sungai. Kura-kura memiliki tempurung batok atau cangkang sangat keras berkuku tajam yang memungkinkan berjalan di darat secara leluasa. Sementara penyu cenderung hidup di lautan bebas, bercangkang keras tapi tidak berkuku tajam.

Batok dan penyu sama-sama mempunyai 2 bagian yaitu antara bagian atas (punggung) dan bagian bawah perutnya. Bagian atas dari kura-kura disebut karapas (carapace) sementara bagian perut (ventral, perut) dikenal sebutan plastron.

Berkaitan dengan hal tersebut maka ada beberapa jenis kura-kura air tawar yang tidak sama sekali memiliki tempurung seperti yang dijelaskan seperti halnya bulus atau labi labi (trionychoidea) dan jenis penyu belimbing yang luar batoknya tidak bersisik sama sekali dan mempunyai lapisan tulang rawan.

Nah, diatas sudah dijelaskan seperti halnya hewan labi-labi alias bulus yang paling terkenal di wilayah Asia terutama Indonesia. Dengan demikian, menurut kepercayaan masyarakat orang zaman dulu bahwa hewan labi-labi alias bulus ini bisa menjadi perantara ramuan alami penyembuhan.

Masyarakat Indonesia membuat ramuan dari hewan labi-labi untuk diambil minyaknya. Dan itu berarti hewan bulus atau labi labi itu harus mati terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan sebagai minyak bulus.

Padahal kalau melihat secara jelas dalam peraturan perundang-undangan tentang pelarangan perburuan liar yang mengakibatkan ekosistem terganggu dan kepunahan makhluk hidup didalamnya. Sama saja dengan melanggar hukum dan berakibat pada terancamnya kelestarian makhluk hidup.

Kembali pada sesuai topik judul yang terbukti manfaat minyak bulus labi labi jenis kura kura sungai air tawar berikut pembahasannya dibawah ini.

Terdapat berbagai versi yang menjelaskan dan sudah dibuktikan dengan berbagai kesaksian atas pemakaian minyak bulus labi labi semenjak zaman dahulu oleh orang zaman dulu terutama suku dayak Kalimantan mereka percaya jika minyak bulus labi labi mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan biasanya digunakan sebagai obat luar bukan diminum.

Di pulau Kalimantan yang sangat besar itu, terdapat spesies kura-kura air tawar yang habitat aslinya di sungai-sungai sangat kecil pada hutan-hutan pedalaman. Kura-kura adalah hewan yang memiliki siklus kehidupan cukup lama bahkan hingga ratusan tahun.

Menurut kepercayaan orang zaman dulu hingga sampai saat ini pengolahan minyak bulus dari hewan labi-labi terus ada. Beberapa suku dayak Kalimantan dipedalaman khususnya dalam bidang pengolahan diwariskan secara turun temurun untuk memperoleh ekstraksi minyak bulus labi labi.

Teknik pengolahan sangat kuno yang dilakukan suku di pedalaman yaitu dengan cara mengeringkan daging labi-labi atau bulus yang sudah mati dibawah sinar terik matahari.

Dibiarkan kering selama 1 bulan untuk menetralisir bau daging yang sangat menyengat. Masyarakat suku pedalaman biasanya menjual minyak bulus untuk pemakaian obat luar dalam mengatasi masalah kulit dan sebagainya.

Minyak bulus yang dimaksud adalah berupa lemak yang terdapat pada hewan bulus itu sendiri. Dapat digunakan untuk penyembuhan luka terbuka tanpa meninggalkan bekas luka dan hal itu terbukti benar berdasarkan banyaknya kesaksian setelah mencoba pemakaian minyak bulus.

Juga sangat efektif sebagai perawatan untuk mengatasi masalah jerawat, flek hitam, eksim dan alergi. Dikarenakan minyak bulus tersebut bagian dari bahan penting dalam banyak produk kosmetik Eropa dan Cina, maka minyak bulus bisa difungsikan dalam merawat kelembutan kulit dan menghaluskan wajah.

Terbuat dari lemak kura kura sungai yang tanpa melakukan proses penyulingan sama sekali untuk memperoleh ekstrak minyak karena teknik yang secara tradisional / cara turun temurun diwariskan orang-orang zaman dulu.

Bau khas minyak bulus itu dijadikan sebagai aroma yang membedakan minyak oles pada umumnya. Bahkan aroma khas dari minyak bulus ternyata berdasarkan survei penelitian bisa sebagai aroma terapi bagi peningkatan efektivitas libido pria dan wanita.

Dalam memastikan keaslian minyak bulus itu sangat mudah dilakukan yakni dengan cara mencium aroma khas yang menyengat dari yang sudah pernah dirasakan sebelumnya.

Ada juga dengan cara lain yaitu membiarkannya selama 1 minggu tapi tidak boleh terkena terik matahari sebab akan mengurangi kualitas dari khasiat minyak bulus. Jika asli itu akan mengendapkan deposit minyak intrik, dan berwarna putih.

Sementara yang palsu tidak sama sekali berubah dan tidak adanya aroma khas pada minyak bulus tersebut. Apabila dalam pemakaian minyak bulus sangat tidak tahan dengan aromanya bisa dengan campuran bahan lain berupa minyak sereh dan lotion lain karena bersifat alami.

Bulus atau labi-labi endemik asli terdapat paling banyak di wilayah Borneo terutama di hutan-hutan kian tahun semakin langka. Seharusnya ada batasan dan pelarangan dari pemakaian hewan yang langka dan terancam punah.

Segi pemanfaatan dari minyak bulus kebanyakan bukan sebagai obat untuk kulit melainkan digunakan sebagai obat pijat atau urut terutama kalangan wanita dalam memontokkan atau memperbesar payudara. Sementara kaum pria memanfaatkan minyak bulus sebagai obat urut untuk memperbesar alat vitalnya.

Minyak bulus menurut dokter sebenarnya untuk digunakan obat oles urut pijat saja. Kegunaanya tidak lain hanyalan sebagai obat pelumas dalam proses pemijatan supaya lebih mudah tangan memijat.

Rangkuman manfaat kesehatan minyak bulus sebagai minyak terapi topikal (dioleskan) antara lain :

  • Sebagai pelumas untuk terapi kesehatan alat vital
  • Membantu mengencangkan dan memperkeras alat vital
  • Membantu memperbesar dan memanjangkan alat vital
  • Sebagai perawatan payudara dan kulit
  • Mengencangkan payudara menjadi lebih montok indah dan menawan
  • Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah
  • Mengobati jerawat dan flek hitam
  • Mengobati eksim dan permasalahan kulit lainnya
  • Membantu menghilangkan selulit strechmark dan kulit ruam-ruam.

Cara-cara pemanfaatan atau pemakaian minyak bulus labi labi diantaranya sebagai berikut :

Sebelum menggunakan minyak bulus Kalimantan silahkan cuci terlebih dahulu alat kelamin dengan air hangat , kemudian setelah bersih silahkan olesi di sekitar batang kelamin dan di urut-urut selama 5 menit kurang lebih.

Lakukan sekurang-kurannya selama satu minggu, alhasil dapat dirasakan dan terlihat selama beberapa hari yang cukup mencengangkan. Begitu pun cara pemanfaatan minyak bulus pada payudara wanita agar terlihat montok, dan indah dipandang kaum pria.

Nah, dalam hal ini minyak bulus labi-labi asli Kalimantan sebenarnya dalam bidang pengobatan masih tahap penelitian para ahli sepenuhnya. Mengenai khasiatnya memang boleh saja di coba tetapi dalam batas yang sangat wajar dan jangan sampai mengancam kelestarian makhluk hidup.

Terbukti Manfaat Minyak Bulus Labi Labi Jenis Kura Kura Sungai Air Tawar

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.