Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Minum Ramuan Kunyit untuk Penyakit Maag dan Asam Lambung

Sakit maag tentunya tidak dialami beberapa kalangan saja, melainkan sakit maag itu sendiri harus segera di tangani lebih cepat dan di cegah awal permulaannya.

Kondisi sakit maag tentu menjadi suatu alasan cukup dalam menyadarkan kepada setiap masyarakat untuk senantiasa menjaga pola makan sehat dan menjalani gaya hidup sehat setiap harinya.

Dalam hasil penelitian yang menunjukkan bahwa minyak dalam kunyit dengan sifat terapeutik bagi ulkus gaster yang di induksi histamin. Pada pembahasan kali ini bisa mempelajari tentang bagaimana manfaat minum ramuan kunyit untuk penyakit maag dan asam lambung.

Sebenarnya sudah dari dulu khasiat kunyit itu di kenal selain sebagai obat maag saja bisa untuk membantu meningkatkan fungsi kerja sistem pencernaan makanan.

Kunyit yang sekarang sudah banyak jenis dan varietasnya sehingga memungkinkan bisa mengolah bahan ramuan tersebut sebagai obat tradisional untuk sakit maag akut dan maag kronis.

Rimpang kunyit yang seolah-olah menjadi bahan ramuan manjur ini memang perlu dibuktikan berdasarkan hasil riset para ahli. Maka oleh sebab itu, kunyit putih dan kunyit biasa sebagai sarana yang tepat dalam membantu menjadi bahan ramuan alami untuk sakit maag.

Di dalam hasil riset pakar laboratorium di beberapa hasil uji klinis menunjukkan khasiat efek kurkumin yang diberikan kunyit pada pengidap sakit maag, sindrom iritasi usus dan gangguan perut lainnya diperoleh bahwa penderita mengkonsumsi rimpang kunyit ukuran 1 gram dua kali sehari selama 6 bulan mendapatkan pulih kembali lebih cepat dari berbagai gangguan pencernaan makanan.

Studi lain yang di dapat dari ekstrak kunyit berupa minyak atsiri yang bagus dalam membantu menyembuhkan usus dan lambung terdiri dari turmerone dan zingiberene dan yang paling penting adalah cucurminoids (bentuk fenolik cucurmin).

Kandungan senyawa bioaktif dalam kunyit tersebut di atas mampu meningkatkan fungsi kerja sistem pencernaan dengan meningkatkan cairan empedu, membantu meningkatkan kontrasi kandung empedu dan unsur dari minyak atsiri sebagai karminatif yang meningkatkan sistem pencernaan.

Hasil yang menunjukkan bahwa kunyit selain berperan dalam aktivitas anti inflamasi anti oksidatif dan anti mikroba anti trombosit dan anti kanker. Bahkan kemampuan paling diutamakan dari senyawa kunyit ini mampu meningkatkan fungsi kerja sistem pencernaan di perut dan mengurangi kondisi asam lamung termasuk gejala sakit perut.

Kunyit dalam hasil kajian ini mampu menjadi salah satu bahan alternatif yang baik untuk ulkus peptik merupakan hasil refluks asam jangka panjang dimana serangan asam berlebihan pada dinding perut dan kerongkongan merusak lapisan sel dan menjadikan peradangan termasuk luka di lambung.

Ulkus tersebut tumbuh dalam ukuran cukup besar dengan mengakibatkan rasa nyeri sakit berkepanjangan yang diselingi rasa terbakar panas.

Akibat dari kondisi rasa nyeri, sakit dan mulas di perut dari sakit maag dan asam lambung menyebabkan pengidap tidak nafsu makan dan bisa jadi memicu pendarahan internal di dalam tubuh.

Dalam sebuah hasil riset yang menunjukkan bahwa untuk menguji kebenaran akan khasiat kunyit untuk lambung dan terutama sakit maag sebagai obat yang sangat manjur dan aman dalam proses penyembuhannya.

Kandungan kurkumin berperan untuk membantu proses penyembuhan ulserasi dan luka di lapisan usus, sehingga mengurangi gejala akibat sakit maag dan penyakit gastro intestinal lainnya.

Mekanisme kerja kurkumin pada kunyit setelah mencoba konsumsi bahan aktif kunyit untuk mengurangi sekresi hormon gastrin di perut yang merangsang produksi asam.

Kunyit memiliki tindakan anti inflamasi yang kuat dan telah lama dimanfaatkan sebagai agen anti inflamasi untuk beberapa bagian tubuh. Perasaan sakit mulas dan mual mengakibatkan peradangan sel epitel esofagus yang memicu rasa sakit dan mulas mual.

Telah diperoleh bahwa ramuan kunyit dengan kandungan kurkumin memiliki kemampuan untuk menghambat aksi enzim glyoxalase yang pada gilirannya memodulasi beberapa jalur metabolik untuk merangsang pembersihan zat oksidatif dan inflamasi dari jaringan.

Kerusakan esofagus memperoleh bahwa kurkumin mampu menghambat enzim cycloxygenase 2 yang bertanggung jawab pada produksi prostaglandin oksidatif dan inflamasi.

Kandungan curcumin yang ditemukan dapat kunyit ini mempunyai kemampuan  untuk meningkatkan produksi enzim SOD yang bertanggung jawab untuk membersihkan spesies oksigen reaktif di dalam sel.

Sebenarnya untuk cara membuat ramuan kunyit dalam membantu sakit maag dan asam lambung yang dialami ini cukup mudah saja dilakukan baik oleh kalangan anak-anak atau pun dewasa. Ramuan kunyit dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari kondisi sakit maag dan asam lambung.

Beberapa resep tradisional untuk membuat racikan ramuan obat sakit maag berbahan dasar kunyit antara lain :

Resep Kunyit

  1. Perlu dipersiapkan ramuan rimpang kunyit yang hendak di buat ramuan
  2. Kupas kulit rimpang kunyit dari tanah yang masih menempel dan cuci bersih
  3. Parutlah rimpang kunyit sebagai ramuan tersebut untuk kemudian di masukkan ke dalam segelas air yang nantinya di masak.
  4. Masak air rebusan ramuan kunyit hingga benar benar matang
  5. Lalu kemudia saring ar rebusan untuk di ambuil ramuan kunyit
  6. Anda bisa menambahkan perasa gula aren atau pun madu sebagai pemanis rasa agar tidak terasa menyengat saat di minum
  7. Lakukan setiap hari 2 kali antara pagi hari dan saat malam harinya

Manfaat Minum Ramuan Kunyit untuk Penyakit Maag dan Asam Lambung

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.