Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik tulisan GO-SEND GRAB

   

Manfaat Lycopene, Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Lycopene yang termasuk anti oksidan hanya mampu berada pada berbagai jenis tumbuhan. Lycopene yang merupakan zat kimia alami dengan memberi pigmen warna merah pada buah mau pun jenis sayuran tertentu. Lycopene yang termasuk dalam sejumlah pigmen dengan namanya karotenoid.

Kandungan lycopene yang tidak hanya ditemukan pada tomat saja melainkan bisa terdapat pada semangka, anggur merah muda, aprikot, pepaya dan jamu merah muda.  Di daerah-daerah negara termaju seperti halnya negara Amerika sering mengolah sayur tomat untuk dibuat sebagai bahan pasta dan jus smoothie karena mengetahui akan manfaat lycopene untuk kesehatan.

Tapi siapa sangka di balik itu semua, bahwa ada juga manfaat lycopene, dampak buruknya bagi kesehatan. Kenapa dikatakan demikian ? Karena manfaat lycopene hanya mampu diperoleh dengan cara konsumsi sesuai aturan dan tidak berlebihan sama sekali.

Pengolahan tomat mentah menciptakan bentuk lycopene dalam produk mentah sehingga mudah di konsumsi oleh tubuh manusia. Lycopene dalam berbagai bentuk suplemen mau pun obat sama mudahnya untuk tubuh menyerap seperti lycopene yang masih mentah pada makanan.

Para ahli memperoleh manfaat dari pemakaian lycopene dalam mencegah penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah dan kanker prostats termasuk payudara, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker ovarium, kanker usus dan kanker pankreas.

Manfaat yang bisa didapat dari lycopene diantaranya digunakan sebagai pengobatan infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang menjadikan pemicu kanker rahim, lycopene juga untuk katarak mata dan sesak nafas.

Lycopene sebagai agen antioksidan yang cukup besar membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari segala bentuk kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Hal demikian, berkaitan pada riset bahwa lycopene ini bisa menjadi peran aktif mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

“Bentuk molekul lycopene membuatnya sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Kami belum benar paham, akan tetapi Lycopene mungkin memiliki sifat khusus yang melindungi sel dengan cara antioksidan yang lainnya tidak bisa melakukannya” ujar Dr. Edward Giovannuci, salah seorang profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health.

Dalam hasil kajian sebelumnya oleh banyak ilmuan di luar negeri dan dalam negeri bahwa makanan yang kaya kandungan lycopene dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat dan berbagai jenis kanker lainnya.

Lycopene sebagai salah satu antioksidan terkuat di dunia sebelum blueberry, karena lycopene ini dengan kemampuannya membantu mencegah infeksi, memperbaiki kerusakan pada area darah, tulang belakang pada beberapa kasus cedera tulang belakang.

Beberapa manfaat lycopene yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan diantaranya :

○ Lycopene membantu mencegah kanker

Kandungan yang berkaitan pada lycopene berupa sifat antioksidan kuat, maka lycopene berperan dalam mencegah dan memperlambat berbagai tipe kanker, menjadikan makanan dalam melawan infeksi pertumbuhan sel kanker.

○ Lycopene bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata

Lycopene membantu melindungi mata dari stres oksidatif yang mengakibatkan mata mengalami masalah kesehatan. Lycopene menjadikannya sebagai salah satu vitamin mata yang sangat kuat dan mudah di serap oleh tubuh.

Kandungan lycopene pada beberapa makanan sangat efektif mencegah degenerasi makula khususnya yang terjadi di usia lanjut dan mencegah mata rabun di usia tua.

○ Menghilangkan nyeri neuropatik

Neuropati atau nyeri neuropatik merupakan kondisi nyeri yang komplek dan diakibatkan oleh kerusakan saraf disertai adanya kerusakan jaringan lunak di dalam tubuh. Terdapat berbagai faktor pemicu yang menjadikan neuropati pada seseorang termasuk alkoholisme dan pengerasan ekstremitas hingga keluhan diabetes.

Terdapat beberapa bentuk perawatan secara alami untuk nyeri neuropatik diantaranya dengan agen anti inflamasi dan antioksidan kuat secara tradisional dari asupan makanan kaya sumber lycopene.

Dalam hasil uji coba khusus neuropati diabetes, lycopene mengekspresikan kemampuan antinoksiepsi (penghambat rasa sakit) dengan menurunkan keseluruhan masssa tubuh subjek. Penelitian uji klinis ini menunjukkan bahwa asupan makanan lycopene membantu meringankan rasa nyeri kronis yang dialami neuropati.

○ Lycopene sangat bagus untuk menjaga fungsi kesehatan otak

Lycopene pun mempunyai keunggulan baik secara neurologis yang cukup berkesan. Dengan eksplorasi kandungan lycopene menjadikan pilihan yang tepat untuk mencegah perkembangan penyakit alzheimer, parkinson, demensia dan memperbaiki kerusakan sel-sel saraf.

Dalam proses kemampuannya yang serupa, fitonutrien lycopene menunjukkan hasil riset dengan sifat restoratif melawan serangan epilepsi. Asupan Lycopene sangat penting, sebab kejang-kejang bersamaan demam bisa membatasi oksigen ke otak sehingga berisiko mengakibatkan rusaknya otak permanen jika terlalu lama dibiarkan.

○ Lycopene dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung

Dari awal sampai akhir permulaan, kandungan lycopene sudah terbukti jelas menjadi media perlindungan jantung dari sejumlah besar keluhan kesehatan termasuk penyakit jantung. Lycopene dapat mencegah beberapa penyakit kardiovaskular, diantaranya penyakit jantung koroner, iskemia miokard dan aterosklerosis.

○ Kandungan lycopene mampu menguatkan tulang

Kandungan berupa vitamin K dan kalsium bukan hanya keduanya yang bisa menjadikan fungsi kekuatan pada tulang, melainkan lycopene pun sama berdaya menguatkan tulang. Mencegah stres oksidatif pada tulang yang memicu struktur lapisan tulang keropos, rapuh dan lemah. Keunggulan lycopene mampu memperlambat kematian sel yang mengakibatkan tulang lemah dan memperkuat arsitektur selular tulang menjadikan kuat dan sehat pada tulang.

○ Manfaat lycopene terbukti menambah kesuburan sperma pria

Hal yang mencengangkan bahwa yang dapat diandalkan dari lycopene diantaranya mampu meningkatkan kesuburan pria dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi banyak lycopene dapat memperbanyak produksi sperma yang sehat dan subur.

Nah, diatas telah dipelajari mengenai adanya manfaat yang bisa diperoleh dengan konsumsi makanan sumber lycopene terbanyak khususnya pada buah tomat. Namun ada lagi yang perlu diwaspadai mengenai adanya dampak buruk dari konsumsi tomat yang kaya akan kandungan lycopenenya antara lain :

○ Kandungan buah tomat ternyata memiliki racun yang berupa atropin atau solanin

Ternyata tomat si merah bulat kaya lycopene mengandung senyawa kimia lainnya berupa atropin atau solanin yang umumnya terkenal sebagai gikoalkoloid. Senyawa kimia tersebut adalah racun yang umumnya lebih banyak terdapat pada tomat masih hijau dan masih belum begitu matang.

Ciri-ciri dari beberapa gejala keracunan buah tomat muda yang mengandung gikoalkoloid, maka si penderita akan mengalami dehidrasi, lemas, letih, pendarahan internal terutama pada sistem pencernaan, menggigil, sakit kepala, migrain, kelumpuhan dan dapat pula kehilangan nyawa.

Sebenarnya racun tersebut dapat dimatikan langsung melalui proses pengolahan dan dimasak baik dengan cara dibuat rebusan sayur, dibuat masakan akan hilang racun tersebut. Maka oleh sebab itu, tidak sama sekali untuk mencoba makan tomat yang belum matang karena mengandung racun. Kalau pun itu sudah matang tomatnya, maka perlu di masak dan diolah langsung supaya bahan kimia pestisida termasuk racun bisa hilang.

Gejala-gejala berikut merupakan dampak dari konsumsi tomat yang berlebihan antara lain :

○ Tomat yang kaya kandungan lycopene bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh menjadi tidak seimbang sebab di dalam kandungan tomat mentah masih terdapat karotenoid pigmen yang berupa lycopene.

Lycopene apabila dikonsumsi dalam batas yang wajar akan sangat membantu sekali untuk mencegah kanker. Akan tetapi, apabila lycopene dikonsumsi secara berlebihan sudah barang tentu terdapat sistem kekebalan tubuh menjadi terganggu dan tubuh akan kehilangan fungsi dalam melindungi diri dari berbagai infeksi penyebab penyakit.

○ Tomat mentah menjadikan permasalah pada sistem pencernaan. Karena tomat mengandung rasa asam yang mana asam berlebihan bisa saja mengganggu sistem pencernaan. Penyakit GERD (refluks asam), asam lambung naik ke tenggorokan dan masalah pada usus.

Baca bahasan terkait : Manfaat Lycopene untuk Obat Kanker

○ Sifat antioksidan dalam lycopene dapat memicu penyakit Irritable Bowel Syndrome berupa tanda awal masalah pada iritasi sistem pencernaan seperti adanya kondisi sering buang gas perut, perut kembung, mual, muntah, diare, perut terasa seolah-olah melilit dan gangguan pencernaan lainnya.

Maka dari itu, disarankan untuk konsumsi lycopene dalam batas yang wajar terutama bagi kalangan tertentu yang memiliki keluhan kesehatan pada sistem pencernaan.

○ Buah tomat yang mengandung sumber kalsium dan oksalat tinggi akan sulit dicerna untuk kalangan yang sebelumnya memiliki riwayat batu ginjal. Bagi kalangan yang memiliki keluhan kesehatan batu ginjal masih biasa disarankan untuk jangan sekali-kali konsumsi tomat secara berlebihan. Kelebihan kalsium dan oksalat adalah batuan mineral yang bisa berakumulasi di dalam organ ginjal sehingga membatu menjadi batu ginjal besar.

○ Kelebihan vitamin akibat konsumsi buah tomat secara banyak. Overdosis vitamin dapat diakibatkan oleh asupan sayur tomat yang secara berlebihan setiap harinya.

Pada dasarnya kendati memang tomat itu menyehatkan dan merawat kecantikan sangatlah banyak. Namun itu semua perlu adanya pertimbangan dan pembatasan diri dalam mengonsumsi tomat. Kandungan lycopene paling banyak tersedia pada tomat dan oleh karena itu layak memahami akan manfaat lycopene, dampaknya bagi kesehatan.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *