Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Rempah-Rempah Kayu Manis Bagi Kesehatan

Rempah-rempah kayu manis yang selama ini banyak yang mengenalnya, apa lagi dizaman serba modern dan canggih, kita bisa mengetahui apa saja manfaat rempah-rempah, salah satu kata kuncinya manfaat rempah-rempah kayu manis bagi kesehatan.

Apakah kayu manis itu mempunyai rasa yang sangat manis sekali ?

Ya, jawabannya tentu, untuk apa dinamakan dengan kayu manis jika rasanya itu pahit di lidah. Kayu manis yang sudah mendunia ternyata berasal dari negera di Asia Tenggara salah satunya negara republik Indonesia. Dulu, sampai saat ini rempah-rempah selalu digandrungi khalayak umum dari segi rasa dan khasiatnya yang berguna bagi kesehatan.

Ketika masa penjajahan dahulu, rempah-rempah termasuk kayu manis banyak diminati, sehingga hal yang menyebabkan perekonomian masyarakat di kala itu, dikendalikan oleh para penjajah yang membuat rakyat sengsara. Sebab, sebagian besar penduduk Indonesia ketika itu di sektor perdagangan rempah-rempah.

Namun, hal ini berbeda dengan zaman sekarang, bahwa kini perekenomian jual beli rempah-rempah sudah bisa dikelola oleh bangsanya sendiri dan menjadikan sumber perekonomian tertinggi di wilayah Indonesia.

Maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia harus tahu dan mencoba menerima hasil bumi nusantara ini dengan melestarikan dan mensyukurinya setiap saat. Hasil bumi dari rempah-rempah berupa diantaranya kayu manis, sangat berpengaruh bagi sistem laju perekonomian rakyat.

Topik yang berkaitan yang akan dibahas kali ini tentu mengenai sejumlah manfaat rempah rempah kayu manis untuk kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian dari seorang Konsultan Nutrisi Bersertifikat Lori Kenyon Farley dibidang kesehatan, kebugaran dan anti penuaan menerangkan bahwa kayu manis dapat membantu mengelola penyakit dalam 2 cara berbeda. menuruntnya ” kayu manis bisa mengurangi tekanan darah dan dampak positif pada penanda darah bagi mereka yang menderita penyakit diabetes tipe 2. Kayu manis pun mengurangi resistensi insulin yang telah terbukti menurunkan kadar gula darah hingga 29% untuk diabetes tipe 2.

Tahukah jika kayu manis itu dari jenis pohon cemara ?

Ya, kayu manis merupakan genus atau jenis pohon cemara yang mencapai ketinggian sekitar 10-17 meter dan mempunyai cabang yang kuat, batang kokoh berdiameter rata rata 30-60 cm dan kulit kayu yang tebal.

Secara jelas kulit pohon cemara yang diambil kayu manisnya ini, umumnya orang menggunakan kayu manis sebagai bahan campuran masakan dan minuman. Tidak tanggung-tanggung lagi, nyatanya kulit kayu manis kering sudah melanglang buana di seluruh negara di dunia.

Para peneliti mendapati jika manfaat kesehatan kulit kayu manis dapat dihasilkan dari kulit asli, minyak essensial hasil olahan, dalam bentuk serbuk dan dalam bentuk ekstrak saat senyawa fenolik, flavonoid dan antioksidan yang diisolasi.

Menjadikan kulit kayu manis sebagai sarana bahan bumbu masakan yang paling banyak diminati di seluruh negara dengan sifat-sifat kealamiannya antara lain sifat antioksidan, anti inflamasi, anti diabetes, anti mikroba dan memelihara kesehatan.

Aroma yang khas dimiliki oleh kayu manis disebabkan bagian minyak ekstraksi pohon tumbuh pada pohon Cinnamomum Verum (Cinnamomum Zeylanicum). Kayu manis pun mengandung senyawa khusus yang bertanggung jawab untuk banyak unsur elemen kesehatan, termasuk unsur senyawa Cinnamaldehyde, Asam Cinnamic dan Cinnamate.

Minyak esensial dari daun dan aroma khas hangat pedas yang tidak hanya memurnikan udara di dalam tubuh, namun bisa mengurangi rasa kantuk dan iritabilitas.

Kayu manis sangat efektif membantu memberantas infeksi jamur yang sudah kebal terhadap berbagai jenis obat obatan tertentu. Pemanfaatan obat herbal, berbahan dasar kayu manis juga telah banyak digunakan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan seperti diare, perut kembut, baik untuk diet dan sebagainya.

Kayu manis mempunyai sifat yang kuat berupa anti jamur atau anti bakerti sehingga efektif menghambat pertumbuhan bakteri E coli, jamur, penyebab kontaminasi dalam makanan seseorang.

Sudahkah mendapatkan kehangatan dari manfaat kayu manis ?

Ternyata dirasakan setelah konsumsi kayu manis akan merasakan kehangatan dalam sistem pencernaan makanan atau kehangatan di luar tubuh maka akan baik jika diberikan kepada orang yang sedang menggigil kedinginan.

Bermanfaat lagi untuk kalangan yang menderita radang sendi di persendian tubuh. Salah satu kajian para pakar menjelaskan dimana hasil uji klinisnya tersebut terdapat pasien arthritis diberikan 1 sendok makan madu dengan 1/2 sendok teh kayu manis dalam bentuk bubuk.

Minyak kayu manis bermanfaat untuk obat afrodisiak herbal dan anti depresan. Akan tetapi, penggunaanya hanya sebatas aroma saja dan tidak diperbolehkan untuk di konsumsi langsung atau dioleskan.

Di dalam 1 sendok makan serbuk kayu manis mengandung beberapa unsur kesehatan diantaranya :

  • 19 % kalori
  • 0 gram lemak, gula dan protein
  • 4 gram serat
  • 68 % mangan nilai harian
  • 8 % kalsium nilai harian
  • 4 % zat besi nilai harian
  • 3 % nilai harian vitamin K

Masih ada banyak lagi kandungan yang belum bisa disebutkan satu persatu, tetapi ada beberapa sifat berikut di bawah ini yang kenyataannya bisa membantu menurunkan tingkat keluhan kesehatan beberapa orang.

Dihubungkan dengan kandungan antioksidan tertinggi pada buah berry, maka manfaat kayu manis tidak mau kalah saingan. Seperti adanya kandungan polifenol, asam fenolik dan flavonoid. Senyawa antioksidan inilah bertugas untuk melawan stres oksidatif di dalam tubuh yang memicu pembentukan penyakit tidak terduga sama sekali.

Berbagai antioksidan yang terdapat dalam kayu manis mampu membantu mengurangi banyak gejala dan penyakit, sebab adanya sifat penangkal radikal bebas. Termasuk kemampuan kayu manis untuk membatasi pembentukan oksida nitrat dalam peroksidasi darah dan lipid (lemak) keduanya itu bisa mengakibatkan gangguan otak, kanker, penyakut jantung dan sebagainya.

Mengandung sifat anti inflamasi kayu manis berperan dalam hal menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, penurunan fungsi daya ingat, dan masih banyak lagi. Para peneliti telah memperoleh uji klinis lebih dari 7 tipe senyawa flavonoid saja di dalam kayu manis. Hasilnya sangat luar biasa untuk melawan tingkat peradangan serius di seluruh tubuh.

Salah satu enzim tertentu yaitu Alanin yang berperan penting di dalam kayu manis ini memungkinkan glukosa (gula) diserap ke dalam darah.

Hasil perkara penelitian juga di dapat bahwa kayu manis membantu mencegah penurunan fungsi kognitif dan bisa memberi perlindungan pada otak manusia. Di dalam sifat antioksidan tersebut, kayu manis membantu mencegah gangguan neurologis di otak dan keluhan di usia lanjut.

Diantara beberapa cara yang dilakukan oleh kayu manis dapat melindungi dan mempertahankan kesehatan fungsi kognitif di otak dengan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel sel otak dari mutasi serta kerusakan.

Dikarenakan kemampuan kayu manis dari sifat antioksidan bisa membantu melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel dan pertumbuhan tumor mau pun kanker.

Kajian memperoleh jika senyawa yang dikenal sebagai Cinnamaldehyde ini mampu menghambat pertumbuhan bagi sel kanker, memberikan perlindungan bagi DNA, sedangkan akhirnya sel kanker bunuh diri atau memusnahkan langsung sendiri disebut apoptosis sel.

Terdapat beberapa manfaat kayu manis saat diri terkena berbagai jenis keluhan kesehatan. Kayu manis adalah rempah rempah anti mikroba, anti biotik alami, antijamur dan anti virus. Kemampuannya yang tidak terkalahkan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari ekstraksi minyak esensial kayu manis.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.