Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penting untuk Diketahui Sebenarnya, Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Ketika masih kecil, kita mungkin ada yang senang dengan jenis buah-buahanĀ  dan ada yang tidak menyukai buah-buahan sama sekali. Salah satunya saja, buah jambu biji kurang sekali peminatnya untuk anak-anak sekarang ini, padahal buah jambu biji ini menyimpan khasiat pengobatan yang sangat luar biasa.

Buah jambu biji umumnya ada yang memiliki warna daging buah merah dan ada yang berwarna putih susu. Daging buah jambu biji yang warnanya merah, sering disebut jambu biji merah sementara jambu biji berwarna putih hanya dikenal dengan jambu biji saja atau sebutan nama lainnya, tapi jelas keduanya menyimpan segudang manfaat di masing-masing.

Buah jambu biji kebanyakan orang sering membuatnya untuk di buat jus minuman menyehatkan. Itu karena, jus buah jambu biji sering dijadikan minuman menyegarkan dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian di era kebutuhan pangan sangat diperlukan.

Jika buah jambu biji sering dikonsumsi dalam mencukupi nutrisi harian, tentu bisa membantu mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit. Sebab jambu biji berkhasiat sebagai makanan pengobatan tradisional dari mulai buah jambu biji itu sendiri hingga daunnya.

Sejarah adanya perkebunan jambu biji di Tanah Air

Kebanyakan yang paling banyak dijual untuk sejak dulu hingga sekarang ini komoditas jambu biji merah, karena jambu biji merah mempunyai rasa dan tekstur daging buah yang khas tidak ada pada jambu biji lainnya. Jambu biji banyak opini menyebutkan jika jambu biji berasal dari daratan Afrika, faktanya di negara kita pun sudah banyak budidaya jambu biji biasa yang beraneka ragam varietas jambu biji.

Budidaya jambu biji , ternyata sudah ada semenjak jaman dahulu kala bahkan jauh sebelum adanya masa penjajahan di tanah air kita ini. Ketika itu, umumnya masyarakat nenek moyang bertani sebagai mata pencaharian di setiap wilayah.

Ketika itu banyak masyarakat dari luar negeri datang berbondong bondong karena cocok tanam di negara tercinta ini sangat baik. Hal demikian banyak orang asing yang menetap dan tinggal bersama suku pribumi untuk ikut bercocok tanam dengan membawa benih buah dan sayuran dari negaranya masing-masing, sebut saja paling terkenal jambu biji merah Bangkok (Thailand).

Diatas mungkin hanya menjelaskan tentang sekilas keberadaan komoditas dan varietas jambu biji di Indonesia di ambil dari topik secara sederhana saja bukan secara analisa akurat.

Memang benar tentang adanya komoditas jambu biji berasal dari luar negeri, jika masih belum mengetahui lebih jelas bisa langsung mencari tempat perkebunan komoditas jambu biji paling terkenal di setiap daerah Indonesia.

Jambu biji tumbuhan yang umumnya tumbuh dan hidup di wilayah negara dengan iklim tropis dan subtropis, salah satunya ya di Nusantara.

Dengan nama psidium guajava, buah ini salah satu dari banyak varietas serupa dalam genus yang sama. Buah berbentuk bulat lonjong yang terkenal secara umum sangat penting untuk diketahui sebenarnya, manfaat jambu biji untuk kesehatan.

Manfaat kesehatan yang Bisa Di Ambil dari Percobaan Konsumsi Buah Jambu Biji

Berikut uraian dibawah ini tersusun seringkas mungkin agar bisa dipahami secara mudah tentang manfaat-manfaat yang sudah dirasakan dari khasiat buah jambu biji.

  • Buah jambu biji baik itu merah atau pun putih daging buahnya, bermanfaat untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh

Tahukah anda jika buah jambu biji termasuk salah satu sumber buah paling tinggi kandungan vitamin C ?

Ya, jawabannya itu dibernarkan oleh sejumlah analisis. Jambu biji mengandung 4 kali lebih banyak kandungan vitamin C nya dibandingkan pada buah jeruk. Tapi orang menyangka pada umumnya jeruk lah yang punya kandungan vitamin C lebih banyak.

Padahal justru itu jelas sangat keliru, bahwa ternyata yang paling banyak kandungan vitamin C nya itu adalah buah jambu biji. Coba saja dirasakan setelah konsumsi sesering mungkin untuk menikmati buah jambu biji akan lebih segar dalam menjalani aktivitas.

Hal itu disebabkan kandungan vitamin C paling tinggi pada buah jambu biji berbeda dengan vitamin C pada buah jeruk yang mana fungsi dari vitamin C buah jambu mampu untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi mau pun faktor gejala penyakit paling umum.

Vitamin C buah jambu biji juga sebagai sifat antioksidan yang memberikan pertahanan utama terhadap poliferasi radikal bebas dalam tubuh yang mana radikal bebas itu termasuk pemicu utama munculnya penyakit serius sepeti jantung dan kanker.

Jus jambu yang kaya sejumlah vitamin C dan beberapa fitonutrisi penting lainnya bisa membantu menghilangkan radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif dalam tubuh. Buah jambu biji terkandung kisaran 228 mg vitamin C yang berarti setara dengan 338% dari sumber nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya.

  • Diketahui secara kajian ilmiah oleh para ahli meyakini bahwa jambu biji bisa mencegah potensi tumbuhnya sel kanker dan tumor

Lycopene, Quercetin, flavonoid tinggi, vitamin C dan polifenol lain bertindak sebagai antioksidan kuat dalam menetralisir radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah jambu biji mempunyai sejumlah lycopene tinggi yang baik yaitu fitonutrisi karotenoid. Lycopene dalam jambu biji mempunyai sifat anti tumor dan melindungi dari risiko terjadinya kanker prostat serta kanker payudara.

  • Jus buah jambu biji kaya akan sumber vitamin C dan sejumlah fitonutrisi penting lainnya untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh

Dikarenakan kandungan serat yang kaya dan indeks glikemik yang sangat rendah, maka buah jambu biji mampu mencegah perkembangan diabetes. Sedangkan hal itu, indeks glikemik yang rendah mampu menghambat lonjakan naik secara mendadak tingkat kadar glukosa dalam tubuh, intensitas serat yang cukup tinggi memastikan kadar pengaturan gula darah tetap dalam keadaan normal.

  • Jambu biji biasa mampu menormalkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Jambu biji biasa diyakini oleh sejumlah pakar kesehatan bisa meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh. Berhubungan dengan fungsi tersebut maka bisa mencegah tekanan darah tinggi untuk nantinya diatur dalam keadaan sebaik-baiknya.

Buah jambu biji terdapat kandungan potasium yang sangat tinggi yang berguna kadar natrium dan kalium dalam tubuh secara stabil. Potasium adalah mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan.

Kalium yang cukup juga dibutuhkan untuk cairan tubuh yang tepat yaitu untuk kebutuhan elektrolit dalam tubuh. Oleh sebab itu, buah jambu biji sangat cocok untuk membantu meningkatkan cairan terutama untuk mereka pasca mengalami gejala diare akibat dehidrasi kekurangan cairan.

  • Fakta mengejutkan jika buah jambu biji sebagai penambah darah untuk kalangan yang mengalami anemia

Jambu biji mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, K dan asam pantotenat, vitamin B6, niacin, folat dan mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium yang membantu dalam pembentukan darah. Vitamin C paling tinggi dalam buah jambu biji juga bisa meningkatkan kapasitas tubuh seseorang untuk mampu menyerap lebih cukup zat besi secara utuh.

  • Sangat direkomendasikan baik untuk meningkatkan kesehatan otak anak juga orang dewasa

Manfaat lain yang sangat luar biasa dari jambu biji diantaranya dengan menghadirkan vitamin B3 dan B6 di dalamnya juga dikenal sebagai niacin dan pyridoxine yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otak manusia, mampu merangsang fungsi kognitif dan menenangkan sistem saraf (ujar Dr. Manoj K Ahuja).

Di lain kesempatan bahwasanya unsur vitamin B6 adalah nutrisi besar dalam peningkatan fungsi otak dan saraf tubuh. Dengan jalan konsumsi jambu biji mampu meningkatkan mood yang baik dan saraf menjadi tidak tegang alias terkonsentrasi.

Jadi boleh dikatakan rutinitas yang melelahkan dan penuh dengan konsentrasi yang membuat anda stres bisa hilang sendirinya dan tingkat energi bertambah jika mencoba konsumsi jus atau buah jambu biji.

  • Daun dan buah jambu biji bisa mengobati sembelit dan gangguan sistem pencernaan makanan

Sebagai bagian dari sumber serat alami paling kaya dibandingkan dengan jenis buah pada umumnya dan hanya 1 diantara semua buah yang mampu memenuhi 12% asupan serat harian. Membuatnya menjadi lebih unggul kandungan seratnya dibandingkan dengan yang lain dan sangat bagus untuk kelancaran sistem pencernaan makanan.

Daun dan buah jambu biji jika dimakan bisa berguna sebagai obat pencahar yang sangat membantu untuk mereka yang mengalami sembelit atau susah buah air besar.

Baik dengan jalan memakan daun dan buahnya saja, jambu biji memiliki kualitas astringen menambah substansi pada usus yang kendur dan mengurangi gejala diare. Hal ini astrigen yang alkali dari alami dan mempunyai sifat bahan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan disentri dengan menghambat mikroba pertumbuhan dan menghapus ekstra lendir dari usus.

Tingkat selanjutnya bahwa kandungan seperti adanya vitamin C, karotenoid dan kalium dalam jambu biji dapat memperkuat sistem pencernaan seperti keluhan gastroenteritis seperti disebutkan diatas.

Beberapa sifat pengobatan jambu biji membantu pembentukan gerakan usus yang sehat, membantu menahan cairan di dalam tubuh dan membersihkan usus dari segala infeksi bakteri secara menyeluruh.

Menurut penelitian menegaskan jika sembelit termasuk jenis penyakit yang memicu sejumlah 70 lebih jenis penyakit dan gejala lainnya. Jadi, dalam hal tersebut jika tidak ingin hal itu terjadi untuk menuntaskan masalah sembelit dapat mempercayakan keahliannya kepada daun atau buah jambu biji.

Kesehatan dan jenis penyakit secara keseluruhan tidak dapat disangkal oleh sistem pencernan yang tepat dan yang lebih penting dengan eksresi yang tepat konsumsi jambu biji yang sering dapat menjadi kekuatan sistem pencernaan lebih baik.

  • Meningkatkan fungsi penglihatan dan kesehatan mata

Dikarenakan mengandung sumber vitamin A, buah jambu biji sebagai efektif untuk kesehatan mata dan fungsi penglihatan manusia. Dengan tidak sekedar mencegah degradasi penglihatan saja, namun meningkatkan fungsi yang baik untuk mata. Membantu memperlambat munculnya katarak dan degenerasi makula.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi, buah jambu biji membantu memberikan perlindungan mata dari radikal bebas. Antioksidan juga membantu melindungi dari kerusakan retina karena adanya radikal bebas.

  • Jus buah jambu biji sangat aman di konsumsi dan baik untuk masa kehamilan seorang wanita

Jambu biji mengandung asam folat atau vitamin B9 yang direkomendasikan untuk wanita hamil sangat bagus dan dikarenakan bisa membantu dalam mengembangkan sistem saraf bayi serta melindungi bayi baru lahir dari kondisi gangguan neurologis.

  • Daun jambu dan buah jambu biji mampu membersihkan kuman penyebab bau mulut dan sakit gigi

Daun jambu biji mempunyai tindakan anti inflamasi yang tepat dan kemampuan sifat antibakteri yang besar dalam menangkal infeksi dengan membunuh kuman pemicu sakit gigi. Jus daun jambu biji juga dikenal semenjak lama efektif membantu menyembuhkan sakit gigi, gusi bengkak, radang mulut lainnya.

  • Mengobati batuk dan gejala flu

Jus jambu biji mentah dan belum matang sempurna, sangat membantu dalam meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi produksi lendir, mendisinfeksi saluran pernafasan, tenggorokan, dan paru-paru menghambat aktivitas mikroba dengan sifat-sifat astrigennya.

Buah jambu biji mempunyai satu diantara sumber terkaya vitamin C dan zat besi diantara buah-buahan dan keduanya secara efektif mencegah pilek dan infeksi flu.

  • Bersifat anti Aging (anti penuaan dini pada kulit)

Buah jambu biji kaya dengan sejumlah vitamin A, vitamin C dan antioksidan seperti adanya karoten dan lycopene yang membantu melindungi kulit dari keriput.

Jambu biji membantu mendapatkan kembali pancaran cerah kulit dan kesegaran kulit yang sehat. Minuman buah jambu biji dikonsumsi 1 atau 2 kali dalam seminggu dapat menyamarkan sel-sel kulit mati dari kulit dan menghilangkan perubahan warna kulit, flek hitam, kemerahan kulit sampai membuang jerawat tanpa berbekas.

Jambu biji matang membantu mengencangkan otot-otot wajah karena sifat zat bahkan daunnya pun sama untuk kecantikan kulit. Buah jambu biji sebagai sumber energi, makanan kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, niasin, vitamin B6, folat, tiamin dan riboflavin. Terdapat sejumlah mineral paling penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi dan potasium.

  • Buah jambu biji bisa membantu menurunkan berat badan alias program diet sehat yang baik

Buah jambu biji kaya dengan berbagai macam sumber nutrisi sehingga baik untuk meningkatkan fungsi metabolisme. Sebagai sumber minuman sekaligus makanan yang bisa menahan atau menunda rasa lapar dan menyimpan energi dalam kurun waktu yang lama.

  • Meningkatkan fungsi kerja tiroid

Jambu biji merupakan sumber yang cukup tinggi dari mineral tembaga, yang penting dalam mengatur metabolisme dengan mengendalikan hormon produksi dan penyerapan. Hormon tiroid memainkan peran aktif sebagai regulasi energi dan metabolisme dalam tubuh.

Itulah dia tentang beberapa uraian sangat penting diketahui, manfaat jambu biji biasa untuk kesehatan semua kalangan usia. Semoga uraian kali ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca khususnya serta bagi siapa saja yang memperhatikan kepentingan kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.