Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Gula Aren Ditinjau Dari Segi Kesehatan Secara Umum

Jika negeri di wilayah Timur Tengah mempunyai pohon kurma yang berbuah manis, maka negara kita tanah air tercinta ini mempunyai tandan bunga yang bisa menghasilkan cairan manis salah satunya pohon aren alias pohon enau.

Pohon enau orang secara umum sering memanfaatkannya sebagai pohon penghasil gula pemanis alami berwarna merah kecoklatan yang dinami dengan gula aren atau gula merah.

Sebenarnya bukan berasal dari pohon enau saja, gula manis berwarna merah tersebut pun bisa di dapat dari pohon kelapa, pohon lontar (siwalan), kelapa dan sebagainya. Namun orang kebanyakan lebih banyak mengolah pohon enau untuk di buat sebagai bahan nira yaitu cairan sebelum terbentuknya gula aren.

Mungkin masih belum banyak yang mengetahui, jika pohon enau hampir tumbuh tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di wilayah pulau Jawa.

Umumnya orang jawa memanfaatkan pohon enau dari semuanya mulai dari bahan pembuatan sapu lidi, sapu ijuk, buahnya untuk kolang kaling, batangnya bisa digunakan sebagai bahan bangunan rumah tradisional dan satu pohon itu berguna untuk apa saja.

Di negara Asia khususnya paling sering di Indonesia, gula aren telah banyak diproduksi dan dikenal selama hampir beratus-ratus tahun lamanya. Namun seiring perkembangan zaman, gula aren tergerus oleh adanya alternatif lain yang bahannya dari fruktosa jagung dan gula alami lainnya.

Alam sudah memberikan begitu banyak anugerah yang manusia patut untuk dimanfaatkan sedemikian rupa, sehingga manfaatnya itu bisa dirasakan bagi semua makhluk di muka bumi ini.

Alam memberikan manfaat dari tumbuhnya pohon enau untuk manusia bisa memanfatkan dari segi kesehatan gula aren berperan penting yang sangat luar biasa tak terbilang nilai harganya.

Gula Aren atau gula merah merupakan pemanis yang di buat dari nira yang asalnya dari tari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren pun bisa diasosiasikan dengan semua bentuk gula dari nira, yakni cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, enau dan siwalan.

Apa saja manfaat gula aren ditinjau dari segi kesehatan secara umum ?

Seperti yang sudah dijelaskan dalam kutipan penjelasan oleh pakar kebugaran dan nutrisi, salah satu studi Jurnal di Asean Food menyebutkan bahwa gula aren mempunyai 71 % sukrosa, yang dengan kata lain seperti gula pasir, 3 % glukosa murni dan 3 % fruktosa dalam artian 78 % lebih dari 3/4 gula aren sebenarnya gula dibandingkan dengan 100 % gula pasir biasa.

Gula Aren Tradisional Mampu Menyimpan Nutrisi Lengkap Meskipun Di Masak Lama

Dari hasil analisis di atas kita bisa mengetahui bahwa tentang gula aren mempunyai index glikemik yang rendah. Itu berarti sangat aman bagi kalangan penderita diabetes. Sebab bagaimana pun juga dengan konsumsi gula aren, akan mendapatkan cukup banyak energi lebih lama ketimbang gula pasir biasa berwarna putih bening.

Tidak seperti gula pasir atau gula meja tradisional, karena proses pengumpulan dan produksi yang sangat sederhana, gula aren mampu mempertahankan sejumlah besar nutrisi dari getah tersebut yang meliputi unsur seng, kalium, magnesium, kalsium, tembaga, senyawa polifenol, serat khusus, vitamin C dan antioksidan lainnya.

Di dalam gula aren terdapat sejumlah unsur banyak serat makanan yang di kenal sebagai inulin, fungsi bagi kesehatan adalah untuk menjaga kadar gula darah dan jumlah fruktosa yang rendah, sejenis gula di dalam tubuh dengan cepat di ubah menjadi trigliserida suatu bentuk lemak.

Gula aren adalah cairan pemanis alami yang kadar fruktosa tinggi dan kaya sejumlah kalori jadi sangat bagus untuk kesehatan tetapi kandungan fruktosa inilah harus dibatasi pemakaiannya karena bisa berakibat buruk apabila di konsumsi secara berlebihan.

Gula Aren Baik dan Aman untuk Kalangan Penderita Diabetes

Kandungan unsur inulin dalam gula aren, bisa memperlambat penyerapan glukosa dalam darah sebagai pemicu tingkat keluhan penyakit diabetes, Itu sebabnya bisa pengganti gula pasir untuk penderita diabetes melitus.

Indeks Glikemik adalah ukuran dimana seberapa cepat makanan yang diproses mampu meningkatkan jumlah kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, ada alternatif yang aman terutama dengan konsumsi gula aren karena indeks glikemiknya sangat rendah.

Di salah satu penelitian di Departemen Biokimia dan Terapi Diet di Pusat penelitian Nutrisi Tabriz University Of Medical Sciences menjukkan bahwa gula aren bisa membantu wanita yang dominan mengalami diabetes tipe 2, meningkatkan kontrol atas kadar glikemik dan antioksidan yang menurunkan kadar malondialdehyde penanda kemunculan stres oksidatif orang.

Lembaga Asosiasi Penderita Diabetes di Amerika berbagi pengalaman dengan para penderita diabetes bahwa mereka cenderung menggunakan gula aren sama halnya dengan gula pasir pada umumnya untuk diet sehat diabetes.

Gula Merah Si Pohon Enau Mengandung Unsur Vitamin dan Fitonutrien

Gula aren mengandung banyak vitamin, cukup kaya akan mineral penting dan fitonutrisi meskipun dalam jumlah sangat terbatas. Menurut lembaga riset penelitian makanan dan Gizi di Amerika menemukan jika kandungan zat besi dan seng di dalam gula aren lebih besar 2 kali lipat dibandingkan dengan gula pasir meja.

Lembaga penelitian tersebut juga menerangkan bahwa ada berbagai fitonutrisi yang cukup layak sebagai sumber referensi makanan yang bagus bagi kesehatan. Polifenol, flavonoid dan anthocyanidin dari ketiga fitonutrisi inilah membantu mengurangi tingkat gula darah dalam tubuh, peradangan dan kolesterol tinggi.

Gula Aren mencegah keluhan penyakit Kebocoran Usus dan Radang Usus

Ternyata gula aren sangat bagus untuk tingkat penyembuhan radang usus karena gula aren mengandung inulin. Inulin ini mempunyai kemampuan dalam merangsang pertumbuhan bifidobakteria usus, umumnya diperoleh dalam bentuk probiotik yang memberikan dorongan keseluruhan untuk sistem kekebalan tubuh.

Kendati pun bifidobakteria adalah sekelompok bakteri yang umumnya hidup di usus, mereka juga dapat hidup di luar tubuh dan dipergunakan oleh kalangan medis sebagai obat. Bifidobakteria inilah yang membantu memulihkan bakteri baik di usus yang mungkin sudah dihancurkan melalui efek kemoterapi, antibiotik dan semacamnya.

Bakteri tersebut membantu meningkatkan kondisi tertentu dari mulai memulihkan peradangan di usus, seperti diare, kolitis ulserativa, asam lambung, maag dan pouchitis dan bahkan telah banyak digunakan dalam mencegah infeksi usus tertentu pada bayi seperti penyakit necrotizing enterocolitis.

Diantara berbagai manfaat dengan sermua unsur nutrisi yang dibutuhkan lebih banyak nutrisi daripada gula saja. Mengandung unsur vitamin C, magnesium, forsfor, seng, zat besi dan tembaga. Terdapat beberapa fitonutrisi yang baik dari mulai unsur polifenol, flavonoid, anthocyanidin, vitamin B kompleks dan antioksidan sangat kuat.

Gula Aren Bagus untuk Diet Rendah Lemak yang Aman

Fruktosa yang sangat rendah menjadikan penumpukan lemak sedikit, maka oleh sebab itu kadar fruktosa yang rendah seperti dimiliki gula aren dan berbeda dengan gula pada buah atau dari bahan alami lainnya.

Gula aren mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh

Tingkat kecukupan zat besi yang ditawarkan dalam gula aren akan berpengaruh baik untuk keseluruhan sistem peredaran darah. Mampu menyuplai oksigen dengan lancar dan menyediakan cukup nutrisi dalam tubuh.

Zat besi merupakan unsur paling tepat untuk sel darah merah dan tanpa tingkat yang cukup bisa mengalami berbagai jenis penyakit termasuk anemia, otot melemah, sakit kepala, kelelahan dan masalah gastrointestinal.

Dengan konsumsi gula aren yang tepat membantu menurunkan tingkat kolesterol berlebihan

Sebagai bentuk kaya akan serat alami di dalam gula aren, inulin sudah mampu membuktikan dalam program penurunan kolesterol jahat dan bisa meningkatkan kolesterol baik. Sehingga pada akhirnya membantu mencegah peningkatan penyakit pembuluh darah dan jantung.

Mampu mencegah stres oksidatif dari konsumsi gula aren

Senyawa polifenol dan berbagai fitonutrisi lainnya ini betindak sebagai antioksidan kuat bagi tubuh. Mampu menurunkan radikal bebas dan mencegah stres oksidatif yang memicu keluhan kesehatan kronis, kanker dan diabetes lainnya.

Pemanfaatan gula aren bisa untuk mengatur tekanan darah tinggi

Jumlah mineral penting seperti kalium hadir dalam gula aren yang bisa meminimalkan kondisi tekanan darah tinggi. Kalium berugas dalam tubuh sebagai vasolidator dengan cara mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri jantung yang mencegah penyakit kardiovaskular dan risiko akhir jantung mau pun stroke.

Gula kaya akan kalsium dan mineral baik untuk kesehatan tulang

Terdapat beberapa mineral yang dibutuhkan bagi kesehatan tulang manusia dari gula aren diantaranya seng, kalium, zat besi, kalsium dan tembaga memainkan peran aktif untuk kekuatan tulang dan kepadatan mineral tulang sehingga menurunkan risiko penyakit osteoporosis serta penyakit persendian gerak tubuh.

Terkait laju usia bertambah gula aren mampu mengurangi tingkat kecemasan paruh baya

Dari sejumlah analisa kesehatan menemukan jika pemanfaatan gula aren secara tepat dan teratur dapat membantu kadar hormon dan neurotransmitter seseorang saat sudah tua. Mencegah gejala stres, depresi, kecemasan, dan menghindari suasana hati kurang baik.

Mampu meningkatkan suplai energi harian secara aktif bila minum cairan gula aren

Bahan alami dalam mencukupi kebutuhan energi (tenaga) harian bisa didapat dari gula aren, sebab berbeda dengan gula pada umumnya, gula aren meningkatkan metabolisme energi yang lebih konsisten dan jangka panjang.

Sama halnya dengan gula dari madu atau buah kurma, tingkat dalam mempertahan energi bagi tubuh cukup lama dan cocok untuk program diet sehat seimbang.

Gula aren bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia

Gula aren mengandung cukup besar kandungan vitamin C dan sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan produksi sel darah putih yang baris pertama untuk pertahanan tubuh terhadap serangan infeksi dan faktor penyakit menular.

Nah, itulah diatas beberapa manfaat dari gula aren bila ditinjau dari segi kesehatan secara sederhana. Namun perlu diingat jika pemanfaatan yang secara berlebihan dan terus menerus bisa berakibat dampak kurang baik untuk kesehatan, maka harus dibatasi dalam hal tersebut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.