Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Daun salam memang selama ini sering dibuat bahan-bahan bumbu masakan sebagai penambah aroma minuman atau masakan. Akan tetapi ternyata, masakan dan minuman dengan campuran bahan daun salam yang cukup dimasukkan saja saat dimasak, ini ternyata bisa menjadi bahan ramuan tradisional.

Apalagi jika daun salam yang selama ini di kenal sebagai bahan-bahan dari bumbu masakan jangan dianggap sepele khasiatnya, harga yang terbilang murah meriah, bagi daun salam, nyatanya bisa berkhasiat untuk semua keluhan kesehatan dari yang bersifat kronis hingga sudah sampai akut.

Fakta yang mengejutkan, jika daun salam termasuk ke dalam jenis rempah-rempah, karena bersifat aromaterapi dan mempunya ciri khas rasa cukup kuat. Umumnya rempah-rempah memiliki daya keawetan lebih lama dibandingkan dengan bahan bumbu masakan dan sekali lagi, jika rempah-rempah dengan bumbu masakan itu berbeda.

Orang Barat umumnya mengenal daun salam sebagai Indonesian Bay Leaf (daun salam Indonesia), sebab tidak hanya di Indonesia saja daun salam itu tumbuh, melainkan tumbuh di berbagai negara dan yang paling banyak memang ada di Indonesia. Nama ilmiah yang biasa terkenal dari daun salam adalah Syzygium polyanthum.

Secara tradisional para leluhur digunakan turun temurun atas khasiat daun salam untuk kesehatan dan cara mengolahnya itu bermacam macam. Biasanya, orang-orang zaman dulu mengolah daun salam yang kering, bahkan masih mentah segar untuk keluhan penyakit asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis dan sebagainya.

Nilai gizi daun salam sangat berbeda dengan nilai gizi daun pada umumnya yang bernilai kesehatan, bagi beberapa jenis keluhan kesehatan pada manusia.

Rincian nutrisi (zat gizi lengkap) daun salam untuk mencukupi gizi harian

  • Daun salam sangat kaya akan kandungan kalium, kalsium, magnesium, seng, zat besi, selenium dan mangan. Bahkan kandungan yang paling penting berupa phytocemical dan minyak esensial yang baik untuk kesehatan.
  • vitamin C daun salam bermanfaat sebagai sumber yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin C di tubuh. Manfaat 100 gram daun salam segar memberikan sekitar 46,5 mg vitamin C yang setara dengan 77,5 % kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan para ahli medis.
  • Vitamin A di dalam daun salam merupakan sumber yang kaya akan vitamin A baik dalam menyediakan 5.185 International UNit atau 20% dari asupan harian vitamin A.
  • Kandungan asam folat cukup baik di dalam 100 gram daun salam memberikan asupan harian terutama bagi ibu hamil 180 mg atau setara dengan 45% dari asupan harian susu formula ibu hamil.
  • Unsur unsur mineral penting dalam daun salam seperti adanya magnesium, mangan, seng (zinc), zat besi dan selenium, tembaga, kalsium, kalium (elemen baik untuk sel sel tubuh dan cairan tubuh dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung.

Perlu diperhatikan ada banyak jenis daun salam tetapi salah satu diantara jenis daun salam yang sangat membahayakan adalah daun salam california, menurut hasil uji klinis menunjukan jika konsumsi daun salam california bisa mengakibatkan kerusakan saraf dan gangguan pernafasan saat terhirup.

Beberapa jenis daun salam berikut dibawah ini yang paling dikenal oleh semua masyarakat di berbagai negara dan pelosok daerah dengan genus tanaman atau varietas berbeda asal tumbuhnya yaitu :

  • Bay Laurel (Laurus nobilus Lauraceae), yang dikenal dengan sebutan daun salam teluk mediterania, daun salam jenis ini dimanfaatkan sebagai daun mentah langsung dan kering untuk bahan campuran sup bumbu masakan, semur masakan dan rebusan masyarakan di Mediterania.
  • California Bay Leaf ( umbellularia California) yang dikenal sebagai california laurel, memang dari segi tempat tumbuhnya, sama tetapi varietas berbeda dan aroma cukup kuat.
  • Daun salam teluk India (Cinnamomum Tamala, Lauraceae) daun salam teluk India atau Malabathrum sedikit mirip dengan daun salam teluk Mediterania akan tetapi memiliki rasa yang hampir mirip dengan kulit kayu manis.
  • Indonesian Bay Leaf atau Laurel Indonesia (daun salam, Syzgium Polyanthum, Myrtaceae) daun salam asli tumbuh di Indonesia, rempah-rempah asli yang pemanfaatannya sebagai bahan untuk bumbu opor daging, nasi tumpeng dan jarang sekali untuk sayuran.
  • West Indian Bay leaf (pimenta racemosa, myrtaceae) varietas ini sebagai bahan kebanyakan untuk menghasilkan cologne yang harum disebut bay rum. Daun salam ini dimanfaatkan orang Indonesia sebagai rempah ramuan herbal asli Tradisional Indonesia dan bumbu masakan.
  • Daun salam asli Indonesia sampai terkenal ke mancanegara khususnya di Eropa, sebab sudah ada semenjak dahulu sehingga manfaatnya untuk penyembuhan berbagai jenis keluhan kesehatan kronis dan akut.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan dan cara mengolahnya

Manfaat daun salam untuk penawar rasa sakit dan nyeri

Minyak esensial yang terkandung di dalam daun salam berguna dalam membunuh bakteri dan jamur yang menginfeksi ke tubuh. Kandungan Eugenol dan Methyl Chavicol efektif mengatasi peradangan dan nyeri layaknya penyakit pada kalangan lanjut usia berupa keseleo, radang sendi, rheumatik.

Rasa nyeri dan sakit kerap kali di picu adanya unsur peradangan yang terjadi di dalam mau pun di luar tubuh (kulit). Peradangan, bukan hanya masalah dalam sistem di dalam tubuh, namun itu salah satu yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh. Maka dari itu, daun salam bisa berguna dalam hal ini, karena sifat anti inflamasi dan melepaskan sejumlah parthenolide, salah satu sumber nutrisi yang membantu mengurangi hampir banyak peradangan seketika itu juga.

Anda yang ingin mendapatkan khasiat daun salam yang bersifat anti nyeri dan anti inflamasi (anti peradangan) bisa mencoba minyak essensial hasil ekstraksi daun salam seperti dengan cara mengonsumsi suplemen daun salam ekstrak (read ; Walatra Sehat Sendi Samulinpro With Nano Technology izin BPOM.

Bagaimana cara mengolahnya dengan perantaraan bahan alami daun salam ?

Caranya cukup mudah dilakukan bisa dengan diminumkan setiap hari sebagai ramuan kesehatan ang alami

  1. Rebus 3 gram daun salam
  2. 4 gr bunga mawar liar dalam 250 ml air yang bersamaan dengan 3 gram daun salam tadi.
  3. Saring dan kemudian langsung diminum setiap harinya.

Bagi kalangan yang merasakan radang sendi dan sakit di area tulang bisa mengurangi efek rasa yang terjadi dengan cara di buat baluran atau luluran dengan campuran antara daun salam dan daun jarak.

Khasiat daun salam bisa membantu membersihkan racun berbahaya bagi tubuh

Tahukah jika selama ini daun salam bisa membersihkan racun pemicu sumber penyakit di dalam tubuh ?

Manfaat pencernaan utama lainnya adalah dengan membantu membuang racun dengan cara khusus dan berlawanan dari tubuh. Khasiat daun salam bisa membantu mendorong dan memuntahkan langsung unsur-unsur racun yang sudah masuk ke dalam perut.

Dengan tidak adanya racun di dalam tubuh, maka akan terbebas dari berbagai sumber penyakit dan tubuh menjadi sehat.

Khasiat yang bisa diambil dari daun salam khususnya bisa membantu masalah sistem pencernaan manusia

Seperti halnya serat, daun salam dapat membantu menjaga kerja sistem pencernaan. Dari sejumlah hasil riset menerangkan bahwa senyawa organik dalam daun salam dapat membantu meredakan sakit perut, mengurangi rasa gas dan ketidaknyamanan setelah makan.

Daun salam membantu melancarkan proses pencernaan supaya lebih mudah untuk memecah berbagai komponen protein kompleks dan karbohidrat tepung dalam makanan. Kegunaan daun salam bekerja lebih baik tidak ada efek peradangan yang membantu mengurangi perut kembung, begah dan rasa sakit pasca makan.

Kandungan unsur kimia aktif biologis di dalam ekstraksi daun salam terdiri dari minyak atsiri, tanin, dan flavonoid. Daun salam kering mengandung 0,17% minyak essensial terdiri dari senyawa eugenol dan metil Chavicol. Keduanya ekstrak etanol yang dimanfaatkan para ahli medis bersifat anti jamur dan anti bakteri, ekstrak metanol daun salam bisa digunakan sebagai terapi cacingan anak.

Penyakit diare dan penyakit pada sistem pencernaan manusia bisa diobati dengan daun salam, sebab kandungan enzim tertentu membantu memperbaiki kerusakan pada sistem pencernaan.

Lalu, tentukanlah bagaimana cara mengolah daun salam untuk memperbaiki dan melancarkan sistem pencernaan manusia ?

Apabila anda mengalami masalah dari sistem pencernaan seperti diare, disentri, perut kembung, bergas, maag, lambung dan sebagainya bisa mencoba ramuan dari daun teh kering daun salam dengan seduhan hangat.

Cara mengolahnya sangat unik sekali dilakukan, diantaranya cukup mengambil daun salam kering yang sudah dibersihkan. Rebuslah daun salam kering (15 gram daun ) dengan segelas air kira-kira 15 menit atau benar-benar mendidih. Sebelum itu, tambahkan dulu sedikit garam dan saring air rebusan daun salam sudah mendidih. Seketika itu, minum langsung selagi masih hangat atau dingin.

Ternyata daun salam bisa mengobati sakit maag dan ulkus di lambung bagaimanakah caranya ?

Penyakit maag dan ulkus di lambung berakibat pada penyakit berupa peradangan dan rasa sakit tidak tertahan di area perut. Diantara cara mengolah daun salam untuk maag dan ulkus lambung dengan 16 sampai 20 lembar daun salam.

Sebelum itu, cuci daun salam mentah, lalu direbus ke 1/2 liter air dan gula merah secukupnya hingga mendidih. Saring air rebusan daun salam dan minum secara rutin sampai rasa sakit di lambung itu bisa hilang.

Inginkan bentuk tubuh ideal dan langsing, sudahkah mencoba untuk diet sehat menggunakan daun salam ?

Mempunyai bentuk tubuh langsing, singset dan proporsional merupakan dambaan setiap wanita dan pria yang tergolong obesitas. Ada banyak cara untuk mendapatkannya sampai salah dalam mengambil tindakan diet ketat.

Di dalam daun salam, ada banyak sekali enzim yang menjadikan perut tetap kenyang selama beberapa jam. Bagaimana cara mengolah diet harian menggunakan daun salam itu ?

Cara cukup mudah yang bisa dilakukan bagi siapa saja yang ingin diet sehat tentu yang pertama siapkan sebanyak 30 lembar daun salam hijau, lalu cuci sampai bersih, Kemudian, daun salam itu direbus dalam 4 gelas air untuk mendapatkan 2 gelas nantinya. Saring lalu kemudian minum dalam keadaan sudah dingin 2 gelas setiap hari menjelang tidur. pasti dapatkan tubuh ideal yang anda inginkan secara aman.

Manfaat daun salam sudah sejak lama membantu mengatasi asam urat secara alami

Ramuan daun salam yang diseduh atau direbus cara mengolahnya simple sekali cukup dengan 10 lembar saja, kemudian rebus dengan 3 1/2 gelas air untuk mendapatkan 1 gelas saja. Saring dan minum air ramuan selagi masih hangat.

Adakah manfaat daun salam untuk meredakan batuk berdahak dan batuk kering ?

Tentu jawabannya ada dan tepat jika anda mencoba konsumsi ramuan berbahan dasar daun salam. Batuk merupakan jenis penyakit yang sangat menyiksa di bagian leher anda. Nah, salah satu diantara cara yang tepat dengan membuat ramuan daun salam menjadi obat batuk alami.

Begini cara menyiapkannya yaitu 7 lembar daun salam kering, 3 sendok makan madu organik dan 1 buah jeruk nipis atau air jeruk perasan. Setelah itu, rebus daun salam kering itu ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring daun salam rebsan tersebut lalu tambahkan dengan madu dan air jeruk nipis tadi, minum selagi masih hangat sampai batuk terasa mendingan.

Daun salam mengobati hipertensi lalu apa sajakah bahan bahan selain itu ?

Daun salam sangat tinggi kandungan tannin dan flavonoid dapat mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi yang di derita. Cara mengolah ramuan ckup mudah dengan merebus daun sebanyak 10 lembar di cuci terlebih dahulu hingga benar benar bersih. lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum air rebusan daun salam secara teratur setiap hari.

Pada kebanyakan orang lebih cenderung memanfaatkan daun salam sebagai bahan bumbu masakan yang biasa-biasa saja, namun siapa sangka bila daun salam efektif untuk menggantikan ketergantungan pada jenis obat-obatan kimia berbahaya.

Asam folat dalam daun salam bermanfaat untuk periode kehamilan wanita

Daun salam kaya akan sam folat bermanfaat selama periode kehamilan 3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan. Melalui asupan asam folat yang cukup bagi janin dalam kandungan bisa mencegah cacat lahir bayi dan sifatnya merangsang kehamilan bagi wanita. Konsumsi daun salam yang berlebihan tidak cocok selama masa kehamilan. tetapi tetap, ada banyak Manfaat Kesehatan dari Daun Salam Indonesia.

Gigi yang putih bersih ternyata tidak mesti mengeluarkan biaya mahal, ada cara lain yaitu dengan daun salam

Anda bisa menyikat gigi supaya lebih bersih dengan daun salam bubuk bersama pasta gigi anda, 3 kali dalam 1 hari agar memperoleh senyum indah dan berseri.

Mampu menginduksi tidur bagi yang memiliki keluhan penyakit saat tidur (insomnia dan gangguan tidur lainnya)

Campurkan beberapa tetes ekstrak daun salam bubuk atau kering dengan air hangat dan minum pada waktu menjelang tidur malam hari.

Daun salam mengobati diabetes dan kolesterol tinggi

Syzygium polyanthum alias daun salam bermanfaat untuk mengobati diabetes tipe 2, untuk membantu menyembuhkan kolesterol, asam urat, ulkus akut, hipertensi, dan gangguan bagi sistem pencernaan,

Daun salam menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolesterol dan trigliserida, sehingga bermanfaat dalam menyembuhkan diabetes tipe 2.

Berikut cara membuat ramuan sederhana: Ambil 10 lembar daun segar, lalu didihkan menjadi 3 gelas air untuk menjadi segelas air. Saring air, dan minum selagi hangat 2 kali sehari.

antioksidan di dalam daun salam sangat bermanfaat untuk mememudahkan insulin lebih normal, menjadi sarana pilihan yang baik bagi penderita dabetes dan resitensi insulin.

Manfaat daun salam untuk kecantikan kulit dan rambut wanita

Punya penyakit kulit tapi tidak cepat sembuh langsung, yuk coba menggunakan daun salam sekarang juga !

  • Penyakit kulit Kudis, gatal
    Untuk perawatan eksternal, cukup ambil satu daun salam , kulit kayu tumbuhan daun salam, batang daun salam, atau akar jika diperlukan. Bilas, lalu giling sampai adonan halus seperti bubur. Dan oleskan ke tempat gatal, lalu dibungkus/dibalut dengan kain kasa khusus luka.

Memperbaiki rambut rontok dan punya ketombe di rambut bisa dengan daun salam, karena diyakini oleh para ahli untuk mengobati rambut rontok berguna sebagai tonik untuk rambut yang efektif memerangi ketombe dan rambut rontok.

Dalam memusnahkan atau membersihkan kutu dari rambut anda, rebus daun salam (50 gram daun) dengan 400 mili liter air dan 100 ml air. Saring air untuk mengaplikasikannya cukup di buat minyak atau olesan rambut selama kurang lebih 3 jam atau 4 jam saja. Lalu bilas dengan bersih menggunakan air biasa.

  • Manfaat Kardiovaskular Daun Salam
    Fitonutrien yang kuat di daun salam memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Mereka mengandung senyawa berharga seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Dalam kasus penyakit jantung dan kecemasan, rebus 3 gram daun salam dan 3-4 gram bunga mawar liar dalam 300 ml air hingga tersisa hanya 75 ml. Saring dan minum ramuan ini untuk bantuan.
  • Sifat anti-kanker:
    Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin yang semuanya memiliki sifat kemopanan pelindung yang memberikan ketahanan terhadap berbagai jenis kanker. Mereka juga mengandung phytonutrien yang disebut parthenolide yang telah terbukti secara khusus menahan proliferasi sel kanker serviks.

Daun Syzygium polyanthum mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin. Senyawa ini dapat melindungi tubuh dari serangan kanker, mengandung phytonutrient (parthenolide) untuk mencegah sel kanker serviks.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.