Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Daun Bidara Membantu Pencernaan Lebih Baik Hingga Imunitas

Manfaat Daun Bidara Membantu Pencernaan Lebih Baik Hingga Imunitas – Bahan bahan alami tersedia begitu melimpah untuk bagian dari olahan obat tradisional.

Diantara beberapa jenis tumbuhan yang beragam fungsi kesehatannya adalah daun bidara memberikan respon cukup besar bidang herbal.

Khasiat daun bidara secara alamiah dan ilmiah terbukti banyak mengandung manfaat pengobatan. Diantara manfaat daun bidara khususnya untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari debu dan kotoran yang menempel, menjaga kulit tetap sehat dari efek kerusakan.

Tumbuhan bidara itu banyak macamnya ada juga tumbuhan bidara cina (ziziphus jujube) dan bidara arab (ziziphus spina-christi) hingga bidara laut (ziziphus mauritiana).

Secara tradisional daun bidara bisa memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar UV matahari .

Menurut anthony C. Dweck (Consultan On Natural Product to The Cosmetic, Toiletry and pharmaceutical industry, komposisi kimia dari minyak daun bidara (zizyphus spina christi) yang didapat dengan menggunakan metode destilasi mempunyai komposisi utama : geranyl aseton, metil hexadecanoate, metil octacanoate, farnesyl aseton c, hexadecanol, dan etil octadecanoate.

Sifat-sifat yang dimiliki daun bidara antara lain untuk proses penyembuhan :

  1. Bersifat anti mikroba. Bidara sudah dapat dibuktikan bisa membunuh kuman, jamur apalagi virus yang mempunyai daya kekuatan lebih.
  2. Antioksidan sudah di uji coba dengan ferrylmoglobin untuk menentukan konsentrasi kandunga antioksidan daun bidara. Ternyata daun bidara berfungsi senyawa pengurangan degradasi oksidatif. Efek pertahanan saponon pada daun bidara dari manfaatnya mencegah kerusakan sel.

Ada 6 Manfaat yang bisa diambil untuk khasiat daun bidara secara tradisional berikut diantaranya :

1. Kemampuan anti kanker

Air yang diekstraksi dari daun bidara mampu menghambat pertumbuhan sel kanker khususnya pembasmian pada sel kanker darah manusia. Sehingga boleh dikatakan tumbuhan daun bidara mampu menjadi makanan pencegah sel kanker.

2. Daun Biada secara umum digunakan untuk pengobatan insomnia

Kalangan penderita insomnia yang susah sekali tidur atau istirahat mengalami gangguan apa salanya untuk mencoba meminum ramuan daun bidara. Daun bidara terdapat senyawa yang dikenal sebagai flavonoid, saponin dan polisakarida.

Hasil riset menunjukkan bahwa kandungan saponin daun bidara yang cukup bisa memberikan efek tenang alami dan mengatasi gangguan sistem saraf pusat untuk mencegah insomnia berlanjut.

3. Tumbuhan daun bidara memiliki manfaat mencegah gangguan sistem pencernaan

Secara alami daun bidara dimanfaatkan dalam meningkatkan fungsi kesehatan di sistem pencernaan makanan.

4. Sebuah penelitian menunjukkan jika daun bidara bermanfaat untuk mencegah konstipasi kronis (sembelit)

Obat sembelit alami yang dapat dibuat diantaranya menggunakan daun bidara yang sudah mendapat kejelasan berdasarkan penelitian para ahli.

5. Daun bidara mengandung sejumlah vitamin yang melawan berbagai infeksi penyakit

Selain tinggi akan kandungan antioksidan terutama terdapat elemen vitamin C, maka konsumsi daun bidara itu cara terbaik untuk meningkatkan asupan nutrisi harian.

Antioksidan merupakan nutrisi yang bisa membersihkan radikal bebas pemicu kerusakan sel sel tubuh.

7. Mampu mengontrol tekanan darah

Secangkir daun bidara mempunyai persentase kandungan potasium harian yang berguna untuk menjaga tekanan darah agar tetap lancar. Menjadikan pembuluh darah rileks pada gilirannya aman untuk jantung.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.