Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Limpahan Kaya Manfaat Dari Buah Plum Segar untuk Kesehatan

Buah Plum Segar Kering dan Utuh Sama Saja Berkhasiat untuk Penyembuhan

Sudah pernahkah anda mendengar tentang buah prem atau buah plum di sekitar anda? Lalu, apa saja manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah plum itu ?

Memangnya buah plum itu asalnya darimana ? Kenapa bisa disebut buah plum atau buah prem?

Pertanyaan diatas menegaskan bahwa sebenarnya buah plum masih terdengar agak asing ditelinga dan faktanya betul sekali, kalau buah plum ini sangat asing. Tapi, menurut hasil yang diteliti membuktikan selain buah umumnya, ternyata buah plum sangat digemari sebab khasiatnya yang cukup luar biasa bagi kesehatan

Fakta nutrisi yang terkandung di dalam buah plum (buah prem)

Beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dari buah plum diantaranya :

  • kalori
  • Energi
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Serat
  • Lemak
  • protein
  • Vitamin A, vitamin C, B6 vitamin E dan K
  • Fosfor
  • Kalium
  • thiamin
  • riboflavin
  • niacin
  • folat
  • asam pantotenat
  • potasium
  • tembaga
  • mangan
  • magnesium
  • fosfor
  • zat besi
  • dll.

Buah prem atau buah plum merupakan buah dari tumbuhan dengan genus prunus, subgenus prunus. Subgenus tersebut dibedakan dengan subgenera yang lain (didalamnya termasuk persik, ceri dan yang lainnya).

Plum buah segar yang mirip dengan anggur ini terdiri atas ukuran dan warna beberapa ada yang memiliki warna kuning, putih, hijau dan merah. Rasa buah plum terdiri dari manis hingga asam. Buah berair dan lezat saat dimakan begitu segar itu pun bisa dikeringkan dimanfaatkan dalam pembuatan selai buah dan resep oalahan lainnya.

Adapun plum kering, orang sering mengkonsumsinya sebagai camilan sehat sama saja mengandung banyak antioksidan. Unsur antioksidan itu dikenal sebagai efek laktasif yang berhubungan dengan berbagai senyawa didalam buah-buahan seperti serat, sorbitol dan isatin. Semua senyawa tersebut membantu sistem pencernaan agar bisa diatur dengan baik.

Buah plum diyakini merupakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Buah plum ada yang merah warnya juga ungu tapi sebagian kecil lainnya mungkin akan berbeda di setiap wilayah di dunia karena bermacam-macam varietasnya.

Buah plum bisa saja dikonsumsi segar langsung, jus, atau dikeringkan dan itu dikarenakan banyak sekali kandungan nutrisi dimilikinya (vitamin C, berbagai jenis vitamin) mineral dari mulai kalsium, zat besi, magnesium, fluride) phenols, dan antioksidan beta caroten, vitamin A, E dan lutein merupakan komposisi dalam gizi yang jumlahnya cukup tinggi.

Jenis buah prem (plum) mempunyai kandungan antochyanins yang cukup tinggi diantaranya salah satu senyawa phenols yang menjadikan nutrisi plum mampu diserap dengan mudah oleh usus kecil dan usus besar kemudian dibuang melalui pembuangan belakang dan cairan urine.

Dampak positif antioksidan dari anthocyanin seringkali diyakini berkaitan erat dengan berbagai manfaat bagi kesehatan diantaranya mempunyai efek anti radang, mencegah penyakit kardiovaskular, dan dapat membantu mencegah diabetes dan obesitas.

  • Mendapatkan banyak manfaat antioksidan dan fitonutrisi besar yang terkandung dalam buah plum

Kandungan antioksidan buah plum lebih banyak dibandingkan dengan antioksidan pada buah blueberry, menjadikannya raja antioksidan yang tidak tertandingi dari jenis buah pada yang lainnya. Buah plum menunjukkan adanya senyawa fenolik jauh lebih besar daripada blueberry dan sudah dipelajari sebagai makanan yang bisa melawan kanker karena fitonutrien yang dikandungnya.

Salah satu studi ilmiah menyebutkan pada terbitan kimia makanan adanya informasi sajian tingkat senyawa fenolik, vitamin C, gula dan kapasitas antioksidan dari plum atau prem. Tanin terhidrolisa dan asam ellagic diidentifikasi sebagai senyawa fenolik utama dan sudah menempatkan buah plum dalam kategori makanan efektif dan aman untuk digunakan di industri nutraceutical dan untuk olahan makanan.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi pertama yang mampu mencegah gangguan mental stres, mengurangi ketergantungan merokok, minuman beralkohol dan gangguan yang mengurangi nutrisi penting bagi tubuh.

Selain kekebalan tubuh yang bermasalah seringkali membuat tubuh lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit tergantung keparahannya, maka perlu adanya persiapan khusus dengan adanya kandungan vitamin C salah satu unsur terkandung dalam buah plum itu bisa diatasi.

Sumber terbesar vitamin C buah plum berpotensi besar dalam mencegah jenis penyakit jantung koroner dan mencegah penyakit neurodegeneratif seperti parkinson dan alzheimer.

  • Buah plum karena kandungannya mampu mengurangi penampilan keriput dan anti penuaan

Nutrisi vitamin C mempunyai kemampuan dalam mengurangi keriput dan bintik-bintik akibat pertambahan usia seseorang. Vitamin C mampu mendukung peningkatan kolagen sehingga dapat mengurangi hiperpigmentasi dan dapat mencegah perubahan kulit yang diakibatkan oleh proses penuaan.

Selain vitamin C ada pula vitamin A dalam buah plum yang diyakini dapat berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya dapat berfungsi dengan normal sebagai mana mestinya. Vitamin A itu sendiri tidak hanya bagus untuk kesehatan mata tapi juga bisa untuk kesehatan kulit dan sangat penting melindungi membran sel pertahanan tubuh.

“Di salah satu studi tahun 2007 menerangkan bahwa buah plum dengan senyawa antioksidan tinggi baik untuk kulit dan pembuluh darah. Para peneliti mengkaji bahwa terdapat 4000 wanita usia 40-74 tahun dan memperoleh asupan vitamin C yang cukup tinggi menurunkan kemungkinan munculnya kerutan, kekeringan pada kulit dan membantu memperlambat penuaan secara alami” berdasarkan laporan American Journal Of Clinical Nutrition”.

Salah satu manfaat antioksidan terutama pada buah plum berupa vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxhantin, neochlorogenic dan asam klorogenik. Sumber nutrisi tinggi antioksidan dapat membantu mencegah beberapa jenis kerusakan sel terutama yang diakibatkan oksidasi.

Kandungan vitamin C pula untuk membentuk protein penting yang dimanfaatkan dalam memproduksi sel kulit, tendon, ligamen dan sistem pembuluh darah. Membantu dalam proses penyembuhan luka, mencegah jaringan parut. Bahkan terdapat beberapa bukti bahwa memanfaatkan krim kulit vitamin C dapat mengurangi jumlah dan durasi kemerahan di kulit pasca iritasi kosmetik, seperti kerut atau penghapusan bekas luka.

  • Plum kering dan masih utuh matang, mampu mencegah gangguan sistem pencernaan

Camilan buah plum kering dapat mempengaruhi saluran sistem pencernaan dengan mencegah sembelit dan kemungkinan kanker usus besar. Senyawa bioaktif dalam buah plum kering dan metabolitnya dapat bertindak sebagai antibakteri dari saluran gastrointestinal dan saluran kencing.

Banyak manfaat buah plum yang merupakan hasil dari kandungan vitamin dan mineralnya buah plum tidak cukup untuk mengatasi pencernaan saja, tetapi buah plum juga mampu meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal radikal bebas serta penurun kadar kolesterol.

Serat tidak mudah larut dalam kulit buah plum membuang kandungan plak mukoid, racun diserap bersama bahan sisa-sisa pembuangan lainnya, sehingga bagus untuk regulasi usus dan gula darah yang sangat stabil. Dengan adanya serat tinggi pada buah plum mampu menurunkan kadar kolesterol secara alami dan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh.

  • Meningkatkan kesehatan tulang dengan cara konsumsi buah plum

Dalam beberapa studi kajian ilmiah 1 kelompok mengonsumsi buah plum, kelompok lain mengonsumsi apel kering dan keduanya mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D. Kelompok plummempunyai kepadatan mineral tulang yang jauh lebih tinggi dari tulang belakang dan lengan bawah. (universitas negeri folirida dan universitas negeri oklahoma jepang).

  • Kandungan buah plum yang berupa senyawa fenolik dan flavonoid mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi

Komposisi flavonoid dan fenolik seperti anthocyanins, asam klorogenik quercetin dan katekin semuanya dapat mempunyai efek anti inflamasi dan mencegah kondisi kesehatan seperti kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

  • Lindungi jantung dari segala jenis serangan yang membahayakan jantung dengan nutrisi penting buah plum

Buah plum segar manis ini mengandung sekitar 113 mg potasium yang membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Vitamin K yang sudah tersedia dalam buah plum dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Jadi petimbangkan untuk mengatasi kekurangan vitamin K yang terlalu umum . Unsur vitamin K terlah terbukti mampu mencegah klasifikasi arteri, salah satu penyebab utama serangan jantung.

Elemen vitamin K bergerak dengan membawa kalsium keluar dari arteri dan tidak memungkinkannya untuk membentuk deposit plak yang keras dan berbahaya. Membantu mencegah pengerasan arteri karena dapat menjaga kalsium keluar dari lapisan arteri dan jaringan lain yang suatu saat memicu kerusakan.

Beberapa hasil penelitian memperoleh kajian bahwa vitamin K merupakan nutrisi penting untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel yang melapisi pembuluh darah, termasuk pembuluh darah vena dan arteri jantung.  Mengkonsumsi unsur vitamin K salah satunya pada buah plum dapat mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi kemungkinan serangan jantung.

  • Meningkatkan kemampuan daya berpikir dan mencegah gangguan masalah di otak

Fintonutrisi yang hadir dalam buah plum mempunyai salah satu manfaat ialah membantu mengurangi peradangan di area neurologi dan meningkatkan kemampuan untuk bisa menyimpan informasi lebih lama. Itu artinya buah plum bisa digunakan untuk mencegah penyakit neurodegeneratif seperti parkinson dan alzheimer.

  • Kemampuan untuk menghancurkan sel-sel kanker dan tumor

Ekstrak buah plum  dapat membunuh sel kanker payudara yang agresif dan mencegah kehancuran sel-sel sehat disekitar sel-sel kanker. Anthocyanin, pigmen biru kemerahan pada buah plum bisa membersihkan radikal bebas berbahaya.

  • Bergaram manfaat buah plum salah satunya baik untuk mencegah diabetes

Plum mempunyai kadar index glikemik yang sangat rendah, sehingga makan buah plum sangat aman dan bisa mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 menurut Dietitians Of Canada.

Kehadiran flavonoid dalam buah plum membantu melindungi tubuh terhadap resistensi insulin. Bukan hanya itu saja ada juga serat larut dalam buah plum yang membantu menormalkan kadar gula darah dan berfungsi sebagai obat alami untuk diabetes.

  • Polyphenol dalam buah plum sebagai antioksidan kuat membantu meningkatkan kepadatan tulang

Adanya kandungan potasium dan polyphenol buah plum bermanfaat untuk tulang dan mencegah keropos tulang, Sudah terkenal sekali untuk mereka yang menderita osteoporosis. Potasium diperoleh pada buah plum untuk membantu melindungi tulang agar tidak mudah lemah dan rentan mengalami keropos tulang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.