Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manfaat Akar Kuning Dayak Kalimantan untuk Kesehatan

Digunakan sebagai obat tradisional asli suku pedalaman dayak kalimantan, maka akar kuning yang mempunyai banyak nama ini seperti di setiap daerah disebut Areuy Ki koneng, Sirawan, daun bulan, akar kuning. Beda lagi di luar negeri antara lain di negeri China Fu Shan, di Malaysia yaitu Mengkunyit, di Thailand yakni Khamin Khruea, Kamphaeng Jedchunum.

Dalam dunia medis dengan nama latinĀ  Arcangelisia flava tumbuhan berkayu yang mempunyai batang menjulur rambat sangat panjang seperti tali dan biasanya melilit pada pohon besar atau diatas permukaan tanah.

Batang pohon yang kita ketahui untuk diambil akar kuning ini, memiliki diameter yang sudah tua 5 cm. dengan kulit berwarna abu-abu atau kuning sehingga batangnya tersebut dinamai akar kuning.

Akar kuning memang tersebar di berbagai wilayah yang mempunyai iklim tropis termasuk negara Indonesia mempunyai akar kuning paling terkenal yakni akar kuning suku dayak pulau Kalimantan.

Tumbuh tersebar di semak belukar dan hutan pedalaman pada dataran rendah dari Kepulauan Indo-China, Malaysia, Kalimantan, Maluku hingga Papua Nugini.

Abutra atau suma nama lain yang disebut negera Philipina ini dari akar kuning memang telah diketahui secara tradisional sebagai bahan ramuan. Banyak orang percaya ketika dulu, akar kuning sering dijadikan bahan racikan pengobatan berbagai jenis keluhan kesehatan.

Akar kuning kaya dengan sejumlah macam nutrisi, mineral alami, dan kandungan senyawa lainnya. Sifat antioksidan yang beperan aktif pada akar kuning dayak Kalimantan mampu melindungi otak dari kerusakan saraf saraf pusat dan mencegah penyakit akibat usia lanjut.

Berkenaan dengan penjelasan diatas kita bisa mengetahui salah satu manfaat akar kuning, bagus untuk meningkatkan kesehatan saat usia manula. Kandungan elektrolit, asam amino, mineral (magnesium, zat besi dan zinc serta kandungan vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin K2.

Sangat penting dari akar kuning dayak Kalimantan karena mampu memperlancar metabolisme tubuh dan memberikan senyawa penting dalam memelihara kesehatan salah satunya germanium untuk sistem imunitas.

Terkandung senyawa saponin dari akar kuning itu memainkan peran dalam sintesis hormon, glukosa dan metabolisme kolesterol, oksigenasi seluler serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Dianggap sangat bermanfaat karena mempunyai sifat anti malaria, anti bakteri, tonik enegeri dan obat penurun panas, antiperiodik yang bisa memicu seseorang berkeringat. Dengan berkeringat berarti racun dan suhu panas tubuh akan segera mereda.

Ini dia beberapa sifat yang dimiliki oleh akar kuning suku dayak Kalimantan yang bisa bermanfaat tentunya bagi kesehatan luar hingga di dalam tubuh.

Akar kuning dayak Kalimantan bermanfaat untuk membantu membersihkan luka mau pun penyakit kulit berupa gatal dan borok. Air rebusan batang akar kuning dan dimakan bisa bermanfaat untuk keluhan sakit perut dan obat penurun panas demam.

Di wilayah lainnya ternyata akar kuning sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada sistem pernafasan seperti asma bronkial.

Di negara Malaysia diambil secara diminum untuk keluhan penyakit kuning, gangguan pencernaan dan sebagai antidiabetes.

Dengan rasa yang pahit ini manfaat yang dirasakan bisa membantu menuntaskan masalah pada sistem pencernaan mulai dari diare, sakit perut, maag dan sebagainya.

Batang berwarna kuning ini dinyatakan oleh para ahli sebagai sumber antioksidan dan sifat sitotoksik yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker manusia.

Anti malaria dan sitotoksik aktivitas antimalaria dan sitotoksik yang dimiliki akar kuning suku dayak Kalimantan sebagai satu dari 49 jenis tumbuhan yang menunjukkan aktivitas antiplasmodial.

Fitokimia dimiliki akar kuning yaitu senyawa kimia yang mampu menghambat babesia gipsoni, sejenis parasit inraterythrocytic yang memicu seseorang anemia hemolitik pada hasil uji coba peneliti.

Diantara fitokimia tersebut adalah palmatine, berberin, jatrorrhizine, dihydroberberine dan hydroxyecdysone. sehingga lebih dikenal sebagai antibasil.

Ada sekian banyak sifat yang terdapat di dalam akr kuning suku dayak Kalimantan yang mungkin tidak dapat disertakan pada bahasan ini.

Namun dibawah ini adalah manfaat yang bisa di dalam dengan jalan konsumsi akar kuning diantaranya sebagai berikut :

  1. Mampu mendukung tingkat energi lebih baik
  2. Meningkatkan kesuburan pria dan wanita
  3. Sebagai perawatan kulit alami
  4. Bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.