Manfaat dari Akar Ilalang untuk Berbagai Pengobatan

Manfaat dari Akar Ilalang untuk Berbagai Pengobatan – Selamatd datang di website jellygamatbandung.com. Selain membahas tentang penawaran peluang bisnis, kami pun selaku agen obat herbal tentunya selalu menyediakan info-info seputar tips kesehatan. Hal ini semata-mata untuk memberi kepuasan minat pembaca, dalam menggali informasi.

Sejuta Manfaat dari Rumput Ilalang yang Tajam

khasiat akar alang alang dan cara mengolahnya, akar alang alang obat sakit pinggang, manfaat akar pinang, manfaat akar pepaya, akar alang alang terkenal digunakan sebagai obat, akar alang-alang berguna untuk, akar ilalang untuk sakit pinggang, kandungan akar alang alang

Tanaman ilalang atau alang-alang merupakan sejenis rumput berdaun tajam. Nama ilmiahnya untuk tanaman ini adalah Imperata cylindrica dengan bunganya berambut putih halus. Pemanfaatan akar ilalang atau akar eurih (sunda), biasanya sebagai bahan obat tradisional.

khasiat akar alang alang dan cara mengolahnya, akar alang alang obat sakit pinggang, manfaat akar pinang, manfaat akar pepaya, akar alang alang terkenal digunakan sebagai obat, akar alang-alang berguna untuk, akar ilalang untuk sakit pinggang, kandungan akar alang alang

Di Bali dan di Indonesia Timur, sering memanfaatkan daun kering Ilalang sebagai atap rumah adat. Serat halus dari malai bunga ilalang terkadang digunakan sebagai pengganti kapuk untuk mengisi bantal. Rimpang dan akar-akar ilalang kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional dalam meredakan sakit kencing (diuretik), mengobati demam dan penyakit lainnya.

Berikut ini cara kerja rimpang dan akar ilalang dalam hal pengobatan diantaranya sebagai berikut :
1. Tekanan darah tinggi dan darah rendah.
2. Membersihkan atau memurnikan darah.
3. Meredakan disentri dan sakit perut.
4. Mengobati malaria, DBD dan demam biasa.
5. Mengatasi Diuretik (peluruh kencing).
6. Mengobati penyakit kuning.
7. Mengatasi Asma (sesak nafas), pendarahan dari dalam, batuk-batuk, mimisan,
8. Mengobati ginjal dan sebagainya.

Efek samping akar ilalang

Sebenarnya efek samping dari rimpang dan akar ilalang tidak ada, selama dalam dosis atau penggunaan yang tidak berlebihan. Adapun berkaitan dengan efek samping akar ilalang diantaranya terjadi rasa mual-mual, pusing, pening serta peningkatan BAB dan BAK (Buang Air Kecil).

Cara Pemakaian dari Rimpang dan Akar Ilalang

Cara pemakaian akar ilalang harus sewajarnya alias tidak berlebihan. Berikut ini cara pemakaian akar ilalang untuk pengobatan tradisional yakni dengan :

  1. Siapkan rimpang (akar) ilalang, sebelumnya cucilah sampai bersih. Kemudian jemur hingga kering.
    Rebus akar ilalang yang telah kering tadi kedalam 3 gelas air selama 10 menit, lalu dinginkan. Saring air rebusan, setelah itu boleh diminum. Ramuan ini biasanya dimanfaatkan sebagai obat meluruhkan kencing, tekanan darah tinggi, penyakit kuning, sakit perut, mules dan sebagainya.
  2. Sebagai obat gosok. Adapun cara lain dipakai sebagai obat gosok. Caranya akar ilalang yang bersih dihancurkan dan dicampurkan minyak gosok untuk mengobati batuk-batuk.

Demikian uraian mengenai pengobatan tradisional dengan media akar ilalang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga anda dapat memetik intisari dalam setiap bahasan. Semoga lekas sembuh. Amiin

Selamat Mencoba !


Posted by :  Agen QnC Jelly Gamat Kota Bandung

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *