Promo HOT !!! Rp.155.000 Jadi Rp.150.000 Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Sampai

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Oleh Penderita Psoriasis

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis itu sangatlah banyak dan seharusnya penderita penyakit kulit psoriasis bisa memilah dan memilih jenis makanan yang bisa di makan dengan jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis.

Di alam bebas dan lingkungan, di pasar, di toko swalayan, di kebun banyak jenis olahan makanan dari sayuran, buah-buahan, daging dan sebagainya. Dalam hal ini bagi yang sedang mengalami keluhan kesehatan berupa penyakit kulit psoriasis alangkah baiknya untuk selalu mewaspadai makanan yang tidak boleh di makan oleh penderita psoriasis.

Berdasarkan jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis itu sangat banyak dan ada pula solusi alternatif lain supaya pengidap psoriasis boleh konsumsi makanan tertentu. Semua penderita psoriasis dari mulai psoriasis anak-anak hingga psoriasis dewasa tentu sebisa mungkin dan berupaya mengenal jenis makanan yang tidak boleh di konsumsi saat mengalami gejala sakit psoriasis.

Sering kali keluhan kesehatan psoriasis itu banyak menimbulkan gejala lainnya manakala gejala tersebut bertahap akan parah dari tahap ringan hingga tingkat parah. Berikut di bawah ini terdapat beberapa keluhan gejala yang sering dialami pada penderita psoriasis diantaranya sebagai berikut :

Radang Sendi

Peradangan pada sendi sebagai akibat dari kondisi autoimun (lemahnya daya tahan) sehingga terjadinya peradangan pada sendi, pembengkakan sendi dan kaku dalam bergerak. Gejala radang sendi psoriasis dari gejala tingkat cukup ringan hingga pada tingkat kronis jika tidak langsung ditangani secepat mungkin.

Susah tidur di malam hari akibat rasa gatal tidak tertahankan

Rasa gatal akibat peradangan kulit mengakibatkan orang yang terkena infeksi penyakit psoriasis sangat terganggu oleh rasa gatal kulit tidak tertahankan. Sebenarnya rasa gatal merupakan bagian dari bentuk perlindungan dan perlawanan diri yang sangat penting dalam merespon iritasi sel kulit dan sel saraf yang mengalami kerusakan.

Terdapat alernatif lainnya yang mesti dilakukan jika rasa gatal terjadi di malam hari dan mengganggu diantaranya jangan konsumsi makanan pemicu alergi, tidak dianjurkan terkena panas terik matahari, tidak boleh mandi dengan air dingin atau air panas dan kenakan sarung tangan serap keringat supaya kuku tangan tidak menggaruk bagian terkena luka.

Munculnya gangguan pada sistem kardiovaskular (kerja jantung)

Menurut American College of Cardiology mengutarakan bahwa penderita psoriasis dominan mengalami masalah pada jantung dan stroke ringan daripada orang normal pada umumnya.

Adanya gangguan pada sistem pernafasan

Banyak gejala lain yang ditimbulkan dari kondisi peradangan kulit psoriasis diantaranya flu, bersin, bersin demam tinggi, batuk-batuk dan gangguan nafas lainnya.

Gejala yang ditimbulkan bisa saja terjadi akibat konsumsi makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis berikut antara lain :

■ Makanan dengan warna putih : Studi ahli medis menjelaskan bahwa makanan berwarna putih diantaranya nasi putih, gula pasir putih, tepung halus putih dan makanan olahan berwarna putih termasuk kriteria makanan yang tidak boleh di makan oleh penderita psoriasis.

■ Kafein : Apabila anda penyuka kopi hitam, kopi moka, teh hijau, teh instans dan teh lainnya sebaiknya saat sedang mengalami keluhan kesehatan psoriasis untuk tidak mengonsumsinya terlebih dahulu.

■ Makanan yang mengandung ragi seperti roti, tape, pizza, dan humberger pun termasuk pada jenis makanan siap saji yang kapan saja dapat memperparah keadaan dari kondisi psoriasis. Maka oleh sebab itu sebisa mungkin agar dapat menghindari jenis makanan-makanan tersebut.

■ Daging merah : Seperti halnya daging sapi, kambing, ayam dan jenis daging merah lainnya yang di buat steack, burger, hotdog, toping pizza itu pun dapat memicu alergi di kulit dan nantinya menyebabkan peradangan pada kulit akan terus-menerus meluas.

■ Minuman bersoda atau pun minuman beralkohol : diantaranya minuman bersoda dan beralkohol tentunya harus menghindarinya bagi penderita psoriasis. Alkohol dan soda minuman dapat mengakibatkan dehidrasi dan kelelahan pada penderita psoriasis.

■ MSG (monosodiumglutamate) salah satu bumbu racik yang mesti dihindari ketika sedang mengalami kondisi peradangan kulit psoriasis sebab nantinya bumbu jenis ini akan memperbutuk keadaan.

■ Makanan serba di goreng : Ada begitu banyak jenis makanan olahan dengan cara di goreng yang sangat menggugah selera termasuk pula makanan serba pedas. Padahal jenis makanan serba di goreng dan pedas sangat tidak dianjurkan sama sekali oleh medis saat sakit psoriasis.

■ Produk olahan susu dan cokelat

Susu meskipun rendah lemak dan juga cokelat yang kaya akan lemak sangat tidak dianjurkan sama sekali bagi kalangan yang memiliki kondisi psoriasis. Selain itu olahan keju, yoghurt, es krim pun tidak luput dari jenis makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis.

Produk olahan susu, keju, es krim, cokelat kaya akan kandungan kasein, salah satu protein yang sangat sukar di olah oleh sistem pencernaan, juga laktosa pada susu, salah satu gula yang sukar di cerna melalui enzim laktase pada penderita psoriasis. Tidak hanya itu, susu, yoghurt dapat meningkatkan jumlah sitokin peradangan di dalam kulit, terjadinya ruam-ruam merah di kulit dan juga bintik-bintik terus menerus menyebar luas.

■ Makanan yang mengandung gluten

Salah satu jenis makanan kaya akan gluten seperti mayonaise, pasta, sereal, permen, saus, sambal, roti, gandum, sup dan jenis makanan kemasan lainnya.

■ Makanan dengan kandungan alkaloid dan lektin

Berikut daftar makanan pantangan bagi penderita psoriasis yang mengandung alkaloid dan lektin diantaranya saus, sambal, pizza, burger, makanan yang di goreng dan jenis makanan siap saji.

Itulah beberapa uraian kali ini mengeni daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis baik pada kalangan anak-anak mau pun pada kalangan dewasa termasuk manula. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua dalam menghindari jenis makanan tertentu dan mengenal makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita psoriasis.

 

 

 

 

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *