Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik tulisan GO-SEND GRAB

   

Makanan Apa Saja yang Mengandung Likopen Cukup Tinggi ?

Makanan yang mengandung lycopene tinggi – Dari pembahasan kali ini diantaranya membahas makanan apa saja yang mengandung likopen cukup tinggi ? – Sangat penting mempelajari dan menyimak ulasan adanya manfaat unsur alami bagi kesehatan terutama kandungan unsur penting likopen bagi tubuh manusia.

Makanan yang di konsumsi setiap hari merupakan bagian dari faktor kebutuhan yang mempengarui kualitas kesehatan. Sangat masuk di akal jika memilih makanan yang padat zat gizi dan memberi manfaat bagi tubuh dari adanya sumber makanan kaya akan anti oksidan kuat.

Likopen yang merupakan antioksidan cukup kuat untuk kajian ilmiah di era modern sekarang ini. Suplemen likopen sudah teruji klinis bermanfaat baik untuk kesehatan salah satunya dalam mencegah pertumbuhan juga membersihkan segala bentuk sel kanker baik kanker prostat, kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kanker lambung dengan sifat menangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

Likopen sebagai karotenoid yang memiliki fungsi memberi warna merah pada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan sehat terkecuali pada buah ceri merah dan stroberi yang tidak terdapat sama sekali kandungan likopennya.

Likopen merupakan unsur anti oksidan yang sangat dibutuhkan, bahkan ahli gizi mengklaim bahwa likopen satu-satunya anti oksidan yang sangat kuat dibandingkan dengan unsur beta karoten. Sebuah studi memperoleh hasil riset bahwa wanita yang mengonsumsi kadar likopen setiap harinya akan terbebas dari osteoporosis jika dibandingkan dengan kalangan yang tidak konsumsi sama sekali likopen.

Kemampuan likopen dalam menangkal radikal bebas supaya tidak masuk ke dalam tubuh dan tidak sama sekali menempel di sel-sel tubuh, sebab apabila radikal bebas sampai menempel pada sel tubuh, besar kemungkinan mengakibatkan kerusakan sel dan memicu peradangan termasuk tumbuhnya sel kanker.

Ketahui juga : Manfaat Likopen Softgel Obat Tumor Ganas

Menurut fungsinya bahwa selain kaya akan kandungan anti oksidan yang cukup kuat, ternyata likopen menurut sifat dan fungsinya diketahui oleh para ahli medis sebagai bahan alami tabir surya internal yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari terik langsung dari luar masuk ke dalam kulit.

Mengonsumsi likopen setiap hari dan dalam batas yang wajar dapat memberikan perlindungan dari segala bentuk serangan radikal bebas berbahaya yang melepaskan sel-sel sehat dari molekul oksigen sehingga melemahkan sel dan menjadi sel-sel tubuh rentan terhadap penyakit.

Kita mengatahui bahwa likopen ada paling banyak diperoleh dari sayuran tomat merah yang sudah matang dan diolah mau pun dimasak terlebih dahulu. Kenapa tomat mesti dimasak dan diolah sedemikian rupa untuk mendapatkan likopen? karena likopen itu sendiri merupakan unsur alami kaya anti oksidan kuat yang hanya terbatas dalam jumlah kecil saja, tetapi manfaatnya begitu besar sekali bagi kesehatan.

Dalam hal ini makanan apa saja yang mengandung likopen cukup tinggi telah menjadi bahasan cukup menarik disamping kita wajib konsumsi makanan kaya nutrisi juga membantu dalam hal perawatan kesehatan melalui unsur-unsur bahan-bahan alami likopen.

Kendati pun konsumsi makanan yang kaya kandungan likopen itu sangat baik, namun hal itu semua perlu adanya membatasi diri dari berlebihan konsumsi likopen sebab hal yang berlebihan dalam konsumsi likopen mengakibatkan gangguan fungsi hati dan masalah kesehatan lainnya.

Beberapa makanan yang mengandung kadar likopen cukup tinggi diantaranya berdasarkan sumber catatan kesehatan yaitu sebagai berikut :

○ Pepaya

Meski pepaya tidak begitu memiliki warna merah yang cerah seperti halnya tomat, tetapi hasil kajian observasi dan analisis para hali di pada likopen yang terdapat dalam buah pepaya cukup besar berkisar 3,4 gram. Tidak hanya itu, buah pepaya juga yang harganya sangat murah meriah kaya sumber vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin E untuk kulit dan rambut.

Perlu diingat juga terdapat beberapa kalangan yang alergi terhadap buah pepaya, maka perlu berhati-hati bagi kalangan yang alergi buah pepaya saat memakan untuk pertama kalinya.

○ Jambu biji merah muda

Salah satu buah dari hutan hujan tropis yang dikembangkan di daerah-daerah pegunungan menjadikan unsur alami bermanfaat karena kandungan likopen juga terdapat pada jambu biji merah muda. Buah yang sangat rendah lemak ini baik di konsumsi setiap hari untuk di buat smoothies (jus buah sehat) untuk mencukupi kebutuhan energi harian. Sama halnya dengan pepaya terdapat kandungan sekitar 5200 mg likopen per 100 gram jambu biji merah muda.

Jambu biji merah muda di kenal sebagai buah kaya manfaat dengan kadar vitamin C tertinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk pada umumnya. Tahukah anda, bahwa sebenarnya biji jambu merah terdapat sumber omega 3 dan kaya serat makanan sehingga cocok untuk program diet sehat.

○ Tomat

Tomat yang termasuk kandungan likopen paling besar dan dikenal sebagai suplemen dan diet sehat untuk mencukupi kebutuhan likopen harian. Tomat yang sudah dimasak dan diolah terlebih dahulu akan menghasilkan likopen dengan mudah, tetapi tomat yang dimakan langsung sangat lama dalam menghasilkan likopennya.

Tomat bisa dibuat menjadi saus, pasta, campuran sayur mayur, bahan bumbu yang baik dan menyehatkan bagi tubuh. Tomat sudah dikenal bermanfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida dan lemak mampu menjaga pembuluh darah bersih dan tidak memicu kerusakan termasuk penyumbatan pada sistem pembuluh darah yang menuju organ jantung.

Selain itu likopen dalam tomat mampu mencegah penggumpalan platelet yang tidak dibutuhkan dalam darah sehingga membantu proses penyembuhan luka, peradangan dalam kulit dan menjadikan kulit tetap sehat.

○ Semangka

Semangka merah terdapat lebih banyak kandungan likopen relatif banyak bersama dengan kandungan buah tomat. Bahkan buah semangkan mengandung vitamin C lebih banyak yang fungsi salah satunya mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh pemicu pertumbuhan sel-sel kanker.

○ Jeruk Bali Merah

Bagi yang senang dengan buah jeruk bali merah, sangat tepat untuk dapat mengonsumsi rutin setiap hari. Sebab di dalam buah jeruk bali merah selain kandungan vitamin C dan berbagai vitamin lainnya terdapat unsur likopen relatif tinggi.

○ Rose Hips

Rose hips salah satu jenis makanan memiliki kandungan relatif rendah likopen dibandingkan dengan likopen yang terdapat pada jenis buah dan sayuran tertentu. Akan tetapi rose hips sebagai kategori sumber vitamin C terkaya dan mengandung vitamin A, vitamin C dan asam lemak essensial. Secara umum kalangan para ahli lebih memberikan manfaat rose hips terhadap keluhan kesehatan arthritis.

○ Aprikot

Terdapat sekitar 0,86 mg likopen per 100 gram aprikot. Aprikot pun dimuat dalam kandungan beta karoten yang sangat penting untuk kesehatan jantung dan pencegahan penyakit degeneratif.

○ Persimmon

Buah yang sangat manis menyediakan sekitar 159 mcg likopen per 100 gram, persimons diperkaya kandungan vitamin A, lutein dan beta karoten untuk membantu penglihatan mata yang sehat.

○ Kubis merah

Selama ini sayuran Kubis ada juga yang memiliki warna merah muda dan ternyata kabar baiknya bahwa sayuran yang satu ini kaya sumber zat likopen cukup tinggi. Jadi sangat penting konsumsi sayuran yang satu ini yang baik untuk kesehatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *