Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Makanan yang Harus Dihindari Setelah Operasi Batu Empedu

Makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu memang perlu dilaksanakan agar tidak terjadi lagi gangguan kesehatan yang cukup kronis. Anjuran medis untuk sarapan makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu akibat pasca operasi batu empedu. Diantara makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu ada banyak sekali sehingga sangat sedikit kalangan penderita mengonsumsi jenis makanan dikarenakan dampak pasca operasi pengangkatan kantung empedu dari dalam tubuh.

Orang yang mengalami pemulihan pasca operasi batu empedu wajib dan dianjurkan sama sekali oleh kalangan medis untuk dengan selalu paham akan makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu dilaksanakan. Lama sekali jika memang proses pemulihan pasca pengangkatan batu empedu sehingga penderita tidak memiliki organ kantung empedu sama sekali.

Kantung empedu yang sudah diangkat lantaran dari adanya produktivitas perkembangan batu empedu pada organ dalam empedu. Batu empedu sebenarnya merupakan salah satu dampak dari pengendapan sejumlah kolesterol berlebihan yang lama kemudian mengeras menjadi butiran batu kecil mau pun besar di dalam kantung empedu. Maka oleh sebabnya, perlu diangkatlah kantung empedu itu karena rusak akibat komplikasi perkembangan batu empedu.

Perlu berhati-hati pada jenis makanan yang di makan selepas pasca operasi batu empedu, sekali pun itu akan membuat makanan favorit tidak lagi di makan. Berikut aka di bahas mengenai makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu di rumah sakit diantaranya :

Makanan yang serba di goreng dan berminyak

Makanan yang serba di goreng tentunya memiliki kandungan lemak cukup besar termasuk menjadikan kolesterol berlebihan dalam tubuh. Setiap makanan yang digoreng tentu menghasilkan lemak, tetapi tidak semua makanan berlemak itu berasal dari makanan yang di goreng. Ada jenis banyak makanan dengan berlemak berupa lemak trans, lemak nabati, lemak hewani, lemak tak jenuh dan sebaliknya lemak jenuh cukup patal.

Makanan berminyak

Jika kebanyakan makanan berminyak berasal dari makanan yang di goreng maka termasuk pada makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu di rumah sakit. Dikatakan demikian, sebab makanan berminyak selalu menghasilkan sama kolesterol dengan makanan serba di goreng. Kolesterol itu sendiri sebagai penyebab terjadinya perkembangan dan pengerasan batu empedu. Mungkin banyak sekali makanan yang serba di goreng dan berminyak baik berasal dari luar mau pun masakan olahan sendiri termasuk makanan dikeringkan.

Makanan olahan dan cepat saji termasuk camilan

Semua jenis makanan camilan tentu sangat menggiurkan dari  mulai kue, kripik, snak. roti, pizza, burger, mie instans, pasta mie dan semua jenis makanan serba instans dan cepat saji sangat tidak dianjurkan sama sekali mengonsumsinya.

Minyak sayur

Minyak sayur perlu diwaspadari dan termasuk makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu di rumah sakit. Kendati banyak kandungan nabati yang baik terutama omega 3, 6 dan 9 pada minyak sayur, namun pemakaian secara berlebihan membuat tingkat kadar kolesterol menjadi naik.

Pasta mayonaise

Pasta mayonaise terbuat bahan minyak nabati yang patut untuk dihindari karena terlalu sering konsumsi makanan dari jenis ini bisa berakibat patal terutama terjadinya pengerasan batu empedu dalam organ kantung empedu.

Produk olahan susu

Baik susu sapi, susu kambing, keju dan margarin sangat tidak dianjurkan sama sekali untuk konsumsi dalam jumlah berlebihan pasca operasi batu empedu.

■ Makanan berserat tinggi juga merupakan jenis makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu.

■ Zat stimulan dan kafein keduanya merupakan zat yang merangsang produktivitas asam empedu berlebihan sehingga memicu petumbuhan batu empedu cukup parah jika terus menerus mengonsumsinya setelah operasi batu empedu.

Makanan yang mengandung rasa pedas

Makanan dengan rasa pedas membuat sistem pencernaan terganggu terlebih makanan pedas itu berasal dari cabe kering dan menyengat di hidung. Perlu diperhatikan bahwa sama halnya dengan minuman berkafein dimana makanan pedas mampu merusak dan membuat iritasi organ pencernaan termasuk kantung empedu yang mengalami gangguan.

Itulah beberapa jenis makanan yang harus dihindari setelah operasi batu empedu dilakukan di rumah sakit. Semoga uraian kali ini bisa memberikan pelajaran bagi kita semua bahwa untuk setiap makanan yang di konsumsi secara berlebihan dan enak tentu akan berdampak tersendiri bagi tubuh, maka oleh sebab itu untuk orang yang mengalami keluhan pasca operasi batu empedu perlu membatasi makanan secukupnya dengan berpuasa/diet.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *