Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik =>>> GO-SEND GRAB

   

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Pengapuran Sendi

Mengonsumsi makanan memang menjadikan salah satu pilihan bilamana bagi beberapa kalangan tertentu saja yang memiliki keluhan kesehatan termasuk pula makanan yang dianjurkan untuk penderita pengapuran sendi.

Pengapuran sendi dan tulang memiliki bahasa dan istilah yang sama dikenal sebagai osteoarthritis dalam bahasa medisnya. Hal demikian dihubungkan dengan kondisi peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring berjalannya waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut dinamakan pengapuran sendi atau peradangan sendi.

Kondisi yang mengakibatkan osteoarthritis (pengapuran tulang dan sendi)

Pemicu dari kerusakan tulang dan daerah persendian yang tidak mampu memperbaiki dengan sempurna oleh tubuh ini masih belum dapat dipastikan. Kendati demikian, terdapat beberapa faktor yang di duga berperan dalam meningkatkan seseorang berisiko terkena osteoarthritis atau pengapuran sendi.

Pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapatkan tekanan beban secara berlebihan dalam jangka waktu lama layak mendapatkan perawatan secara intensif bila gejala pengapuran sendi terjadi. Pengapuran sendi dan tulang pun dapat diakibatkan oleh cedera pemicu pekerjaan, diantaranya pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera dan akibat olahraga juga kecelakaan lalu lintas pun dapat meningkatkan risiko terjadinya pengapuran sendi.

Faktor obesitas yang mengakibatkan adanya beban berat berlebihan pada sendi tumpuan berat tubuh, juga meningkatkan risiko terkena osteoarthritis alias pengapuran sendi. Kondisi medis yang sangat mempengaruhi sehingga menjadikan adanya pengapuran sendi berupa rhematik dan diabetes.

Bagi yang selama ini mengenal akan salah satu macam keluhan kesehatan tersebut alangkah baiknya untuk senantiasa dapat memilih dan memilah makanan yang dianjurkan untuk penderita pengapuran sendi dan tulang.

Semua makanan yang dianjurkan untuk penderita pengapuran sendi sangat layak di coba, karena selain kaya akan kandungan nutrisi penting dalam proses penyembuhan juga bermanfaat bagi nutrisi kebutuhan harian.

Ini dia beberapa tips makanan yang dianjurkan untuk penderita pengapuran sendi dan tulang berdasarkan kandungan yang dimilikinya sebagai berikut :

■ Ikan kaya sumber asam lemak omega 3, 6 dan 9

Varietas ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 diantaranya salmon, hati hiu, sarden, ikan trout, mackerel terbukti memiliki sifat anti inflamasi yang manjur. Dengan demikian, segala bentuk peradangan baik yang terjadi pada tubuh mau pun di luar dapat dibantu perantaranya dengan konsumsi teratur ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 atau bisa pula memberikan suplemen minyak ikan hati hiu squalene.

Ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin D keduanya sangat besar kemungkinan untuk memberikan manfaat dalam membantu mengurangi bentuk peradangan dan tingkat keparahan gejala arthritis.

■ Bawang putih

Ya, salah satu bumbu masakan dan rempah-rempah yang baik untuk memberikan dukungan nutrisi harian. Dalam beberapa hasil kajian ilmiah medis menerangkan bawang putih dan komponennya telah terbukti memiliki sifat melawan kanker. Komponen dalam bawang putih mengandung senyawa yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan demensia.

Komponen dalam bawang putih pula yang paling penting dapat memiliki efek sifat anti inflamasi sehingga membantu mengurangi tingkat masalah kesehatan arthritis. Bawang putih pun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkuat sistem imunitas tubuh.

Dalam hasil kajian riset ilmuan medis memperoleh manfaat bagi mereka yang makan bawang putih lebih banyak memiliki risiko osteoarthritis pinggul yang sangat rendah, kemungkinan dengan adanya sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh bawang putih sangat manjur untuk keluhan kesehatan pengapuran sendi dan tulang.

■ Jahe

Tidak hanya untuk dijadikan sebagai bahan campuran susu, teh, minuman kesehatan lainnya, termasuk pula permen jahe dapat membantu meredakang gejala radang sendi. Salah satu hasil riset medis tahun 2001 menilai efek ekstrak jahe pada 261 pasien dengan osteoarthritis lutut. Sesudah 6 minggu, 63% peserta mengalami perbaikan pada nyeri sendi lutut.

■ Brokoli

Bukan rahasia lagi jika brokoli merupakan bagian dari makanan sehat kaya sumber pengobatan tradisional. Bahkan hal itu mungkin terkait dengan faktor berkurangnya tingkat peradangan yang terjadi pada sendi.

Brokoli pun dapat membantu mengurangi gejala arthritis (peradangan sendi) dengan komponen penting yang dimilikinya berupa sulforaphane merupakan senyawa yang ditemukan pada brokoli. Uji-tabung penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu blok pembentukan jenis sel yang terlibat dalam pengembangan rhematoid arthritis.

■ Kenari

Kacang kenari merupakan makanan padat nutrisi dan sarat sumber senyawa yang dapat membantu mengurangi tingkat peradangan terkait dengan penyakit pada sendi.

■ Buah berry

Buah berry tentunya sangat beraneka macam dan warna menghiasi varietas unggul buah sehingga menjadikan ciri tersendiri bahkan kaya sumber nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh dalam membantu proses penyembuhan dari jenis keluhan kesehatan yang terjadi.

Berjuta juta kandungan antioksidan dan vitamin termasuk mineral utuh dijejalkan dalam setiap porsi buah berry, beberapa manfaat yang dapat diambil dari adanya kegiatan konsumsi rutin buah berry sebagai perantara penyembuhan kondisi peradangan di dalam dan di luar tubuh.

Dalam hasil penelitian bahwa kandungan aneka macam buah berry dari mulai blueberry, raspberry, strawberry, cranberry, goji berry terdapat senyawa alamiah quercetin dan rutin keduanya mampu menyembuhkan tingkat peradangan terkait arthrtitis (peradangan sendi).

■ Bayam

Sayur mayur berdaun seperti bayam penuh dengan nutrisi dan beberapa komponennya lain daripada yang lain sebenarnya bisa membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh arthritis (peradangan sendi). Bayam akan antioksidan dan senyawa alami lainnga yang bisa membantu proses pengurangan tingkat peradangan dalam tubuh termasuk peradangan sendi.

■ Anggur

Anggur pun juga sama kaya akan nutrisi antioksidan kuat memiliki sifat anti inflamasi cukup tinggi. Dalam hasil beberapa penelitian ilmuan bahwa 24 pria diberikan bubuk anggur konsentrat yang setara dengan 1,5 cangkir anggur segar setiap hari selama 3 minggu. Bubuk anggur tersebut bekerja secara efektif menurunkan tingkat penanda inflamasi dalam darah

Tidak hanya itu, anggur mengandung beberapa senyawa yang telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan arthritis (peradangan sendi) atau pengapuran sendi pun sama. Diantara kandungan dalam kulit anggur yang kaya sumber anti oksidan cukup kuat berupa resveratrol menunjukkan potensi untuk membantu mencegah penebalan sendi yang terkait dengan arthritis dengan menghalangi pembentukan sel rhematoid arthritis.

Kandungan senyawa di dalam anggur di kenal sebagai proanthocyanidin yang mungkin memiliki efek menjanjikan pada arthritis akut dan kronis.

■ Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal sebagai minyak dengan sifat anti inflamasi tinggi mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi tingkat pengapuran sendi akibat kondisi peradangan sendi.

■ Jus Cerry

Dalam hasil penelitian dari ilmuan Amerika terdapat 58 peserta menerima dua buah jus cerri setiap harinya. Jus cerri selama masa percobaan tersebut secara signifikan memperoleh penurunan risiko gejala osteoarthritis dan mengurangi peradangan sendi.

■ Makanan kaya unsur vitamin C

Unsur kesehatan untuk bagian anggota tubuh sendi-sendi, vitamin C membantu membangun kolagen dan jaringan ikat. Banyak makanan lezat yang menyuplai vitamin C, biasakan untuk mencoba kandungan buah sitrus, paprika merah, stroberi, brokoli, kol dan kangkung.

■ Makanan yang kaya akan serat alami

Semua sayuran dan buah-buahan kaya akan sumber serat alami. Rasa nyeri di area persendian yang membengkak gejala umum yang biasa pada osteoarthritis.

■ Konsumsi cukup air putih setiap hari

Dengan adanya kegiatan rutin konsumsi air secara teratur dan cukup untuk mencukupi cairan tubuh bisa mengurangi tingkat peradangan. Dengan suplai cairan cukup bisa membantu melancarkan aliran darah dan menormalkan suhu dalam memperbaiki metabolisme pencernaan, sebab dengan begitu maka nutrisi yang masuk dapat melengkap proses penyembuhan.

■ Kandungan vitamin D pada beberapa jenis makanan

Vitamin D dapat berkurang bagi kalangan yang memiliki berat badan berlebihan alias obesitas, karena vitamin D efek rutin konsumsi bisa terdapat pada kalangan yang memiliki berat badan ideal.

■ Kandungan makanan vitamin C, vitamin E, selenium dan mineral lainnya bisa membantu dalam menurunkan sitoksin dalam darah dengan begitu membantu melancarkan darah dan mengurangi bentuk peradangan yang terjadi dalam tubuh khususnya peradangan sendi.

Dari beberapa jenis makanan diatas kita dapat memahami bahwa makanan yang bersifat anti inflamasi dapat mencegah keluhan kesehatan dari pengapuran sendi akibat peradangan. Segala bentuk peradangan dari mulai rhematik, asam urat, nyeri sendi adalah bagian dari keluhan kesehatan arthritis.

Maka dari itu, sangat penting untuk senantiasa menjalani pola hidup sehat dengan selalu konsumsi makanan kaya sumber nutrisi penting seperti halnya sayuran, ikan dan buah-buahan. Tidak lupa untuk selalu rutin menjalani aktivitas yang sesuai dan tidak membebani berat sendi sebagai upaya latihan fisiknya.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.