Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Operasi

makanan yang dilarang pasca operasi, makanan agar luka caesar cepat kering, buah yang baik pasca operasi caesar, makanan mempercepat penyembuhan luka jahitan buah untuk mempercepat penyembuhan luka, makanan pasca operasi payudara

Ada sekian jenis makanan yang tidak boleh di makan untuk selepas pasca luka operasi dan dianjurkan untuk memperbanyak makanan tertentu agar cepat memperoleh penyembuhan luka. Bagi setiap orang yang  mendapati dirinya selepas pasca operasi dimana terjadi adanya bekas luka jahitan dan bekas luka tidak di jahit maka akan lama sekali cepat kering dan menutup kembali seperti semula.

Pada saat tertentu dimana luka operasi pasca melaksanakan prosedur operasi itu akan perlu waktu dalam penyembuhan dengan perantaraan konsumsi makanan dan obat khusus luka pasca dioperasi.  Jadi sangat penting juga bagi setiap kalangan usia agar senantiasa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi. Usai melaksanakan perawatan secara intensif baik dengan pengobatan salep, krim dan obat minum pasca di operasi maka hal yang harus dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi.

Sebenarnya hampir semua jenis makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi, namun ada sebagian yang menjadi pantangan untuk tidak konsumsi makanan pemicu efek samping pada luka operasi diantaranya jenis makanan laut bagi yang memiliki keluhan alergi terhadap makanan laut misalnya alergi asin, ikan laut dan jenis ikan lainnya. Bahkan tidak hanya itu jenis makanan berdaging seperti daging ayam, daging ikan, daging sapi, bakso, dan jenis makanan dari daging sangat tidak boleh atau menjadi pantangan tersendiri bagi yang memliki luka operasi selama kurun waktu tertentu.

Berikut di bawah ini terdapat jenis-jenis makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi diantaranya :

■ Makanan kaya serat

Makanan sangat kaya serat dari mulai sayuran hijau, sayuran organik, buah-buahan, biji-bijian sangat mengandung banyak sekali serat yang tergolong dalam makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi. Ada jenis buah-buahan yang bagus dalam mempercepat penyembuhan luka yaitu aneka macam buah berry antara lain buah stroberi, blueberry, blackberry, cranberry dan semua jenis berry lainnya. Buah berry sangat kaya akan senyawa flavonid dengan manfaat antioksidannya membantu mempercepat pengeringan luka operasi.

■ Minuman Teh

Mengenai jenis teh ada banyak sekali jenisnya namun dalam hal ini jenis teh yang dianjurkan sebagai solusi mempercepat penyembuhan luka adalah jenis teh pegunungan. Teh asli yang dipetik dari pegunungan ini memiliki sejuta manfaat lebih khususnya dalam membantu merawat kulit akibat luka operasi sehingga cepat kering dan bekas luka akan hilang.

■ Makanan yang mengandung vitamin A

Ada begitu banyak jenis makanan yang sarat akan vitamin A yang dapat membantu proses penyembuhan luka operasi. Diantara jenis makan yang sarat akan vitamin A adalah wortel. Wortel bukan hanya bagus bagi kesehatan penglihatan saja, namun manfaat lainnya sebagai perawatan yang baik bagi kesehatan kulit termasuk perawatan luka pasca operasi.

■ Cokelat

Berbeda dengan jenis teh hijau, makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi diantaranya cokelat atau bisa juga dengan buah kakao. Buah kakao dan juga cokelat begitu banyak kandungan flavonoid yaitu senyawa yang cepat merangsang kembali pertumbuhan jaringan tubuh dan membantu merawat kesehatan kulit sehingga kulit menjadi normal kembali.

■ Makanan kaya akan protein tinggi

Segala jenis makanan yang mengandung protein cukup tinggi bisa membantu proses penyembuhan luka operasi baik sifatnya terbuka atau pun luka yang tertutup. Fungsi daripada protein itu sendiri diantaranya dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan mati termasuk bekas luka pasca operasi. Misalnya telur rebus, telur yang di masak baik dengan cara di rebus, digoreng dan di kukus terutama putih telur sangat kaya akan kandungan proteinnya. Jadi sebisa mungkin untuk penyembuhan luka pasca operasi dapat rutin konsumsi telur rebus agar luka cepat sembuh kembali seperti sedia kala.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *