Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Makanan yang Baik untuk Mencegah Penyakit Diabetes

Makanan yang Baik untuk Mencegah Penyakit Diabetes – Semua makanan yang tersedia di alam tentunya memberikan manfaat cukup baik khususnya bagi kesehatan jiwa dan raga. Makanan yang sehat tentu menjadi pilihan yang teramat sangat dipentingkan bagi tubuh supaya bisa terhindar dari segala jenis keluhan kesehatan, infeksi penyakit yang timbul serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal demikian itu semua, dalam bahasan kali ini terdapat makanan yang baik untuk mencegah penyakit diabetes yang mesti di coba mengonsumsinya setiap hari.

Pada setiap jenis makanan tentu memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, kegunaan yang berbeda termasuk manfaat kesehatan yang berbeda pula. Di sini, pada bahasan kali ini tetap akan membahas makanan yang baik untuk mencegah penyakit diabetes dan menjadi diet patut untuk dicoba agar mengurangi tingkat diabetes lebih lanjut diantaranya :

○ Kayu Manis

Kayu manis dengan beragam manfaat kesehatan yang telah teruji dan terbukti dari semenjak raturan tahun lalu hingga sampai saat ini senantiasa di pakai untuk bahan herbal atau obat tradisional. Dalam kajian ilmiah pakar kesehatan bahwa kayu manis dapat bermanfaat mengurangi tingkat gula darah.

Salah satu studi yang diterbitkan di Diabetes Care Journal telah menyimpulkan dari individu yang mengalami keluhan kesehatan diabetes melitus tipes 2 telah mengurangi gula darah saat diberikan rempah dan mengonsumsi kayu manis setiap hari. Kayu manis pun dapat mengurangi tingkat kolesterol tinggi dan trigliserida karena kandungan kromium dalam membantu meningkatkan konsekuensi insulin.

○ Blueberry

Badan organisasi pangan dan pertanian internasional (FAO) mengkategorikan buah blueberry sebagai salah satu dari 5 makanan pemeliharaan kesehatan manusia. Buah blueberry kaya akan asam amino, protein, asam folat, selulosa, vitamin c, vitamin E, vitamin A, SOD, flavonoid, kalium, besi, seng, mangan dan lainnya. Tidak hanya itu terdapat kandungan VMA termasuk diantaranya malvidin chloride, peonidin, pyranoside, petunidin, ideain chloride, myricetin dan 15 jenis anthocyanin. Anthocyanin sendiri merupakan unsur utama pengobatan yang tidak ada pada tanaman apa pun.

Blueberry kaya akan kandungan serat larut dan juga tidak larut. Serat larut dapat membantu melancarkan sistem pencernaan juga mengontrol gula darah. Serat yang tidak larut dalam buah Blueberry dapat membantu membersihkan kelebihan asam lemak dari tubuh. Buah blueberry mampu meningkatkan daya penglihatan saat terserang retinopathy diabetic, mencegah glaukoma, mencegah mata kering, iritasi mata, anti degenerasi makula, miopia dan presbyopia.

Collin D Kay dan Bruce T Holub spesialis antropologi dan nutrisi dari Universitas Gurelph Ontario_Kanada dalam majalah berjudul “nutrisi orang inggris” menyatakan : Anthocyanin pada bluberry efektif meningkatkan anti oksidan dalam darah yang berada pada pembuluh darah, meningkatkan kapasitas penampungan volume darah, mengatur permeabilitas guna menjamin pertukaran material dalam darah berlangsung normal.

Dikarenakan ekstrak buah blueberry dapat meningkatkan anti oksidan dalam darah, maka juga dapat mencegah oksidasi serabut elastin yang terdapat pada nadi, mencegah pengerasan pembuluh darah, menjadikan dinding pembuluh darah mampu mempertahankan tingkat elastisitas dalam waktu lama dan mencegah hipertensi.

○ Wortel

Sayuran wortel baik yang mentah dan dimasak mengandung vitamin A dan paling sesuai dalam membantu penglihatan mata juga sistem kekebalan tubuh. Pengidap diabetes dapat memperoleh manfaat baik dari sayuran jenis wortel, karena dalam hasil studi Stanford University School Of Medicine, wortel membantu mencegah diabetes melitus tipe 2.

○ Rasberry

Tidak hanya buah blueberry juga maka buah yang masih kerabat yakni rasberry telah membuktikan bahwa kandungan serat cukup, vitamin C, karbohidrat dan antioksidan kuat yang bermanfaat dalam menangkal keluhan diabetes. Buah rasberry memiliki Indeks Glikemik rendah dan kaya akan antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

○ Kopi Hitam Tanpa Gula dan Krimer

Kopi hitam sangat kaya dengan kandungan antioksidan yang memiliki potensi besar mempercepat proses pembakaran lemak dan menangkal radikal bebas. Penderita diabetes bisa saja konsumsi kopi hitam untuk batas yang wajar tanpa tambahan gula mau pun krimer.

○ Kacang-kacangan

Studi ilmiah memperoleh kajian bahwa individu yang sering konsumsi kacang dapat mengurangi tingkat bahaya diabetes. Dengan kacang pula dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner.

○ Cuka Apel

ACV dengan nama umum cuka apel sangat membantu dalam mengendalikan kelebihan karbohidrat dan membantu mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Cara baik adalah apabila mengalami diabetes boleh saja konsumsi cuka apel dengan manfaat mencegah kenaikan berat badan, mencegah penyakit jantung serta pembengkakan.

○ Biji rami

Mungkin dari namanya yang sangat langka biji rami hanya sering di konsumsi pada daerah tertentu saja dengan kandungan omega 3, anti oksidan dan kaya serat alami.

○ Cokelat Hitam Asli

Cokelat hitam asli dengan kandungan flavonoid membantu dalam mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan.

○ Minyak ikan salmon omega 3, 6 dan 9

Minyak ikan salmon memiliki manfaat mencegah keluhan kesehatan kronik dan akut saat usia senja atau manula. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 mengendalikan tingkat gula darah naik, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, parkinson dan alzheimer. Selain itu, minyak ikan salmon bermanfaat dengan kandungan selenium plus vitamin D untuk tulang, kuku, rambut dan kulit supaya sehat terawat.

○ Kunyit

Kunyit merupakan bahan bumbu paling sering dimanfaatkan, oleh karena itu berbeda sekali dari obat tradisional pada umumnya. Kunyit mampu menurunkan tingkat gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Bahan aktif biologinya berupa curcumin yang mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Bahan tradisional langsung bekerja pada jaringan, otot, sel ginjal dan sel pankreas dengan demikian mencegah peradangan, tumor dan kanker.

○ Minyak kelapa

Kandungan minyak kelapa berupa asam lemak MCFA hadir menyeimbangkan reaksi insulin di dalam sel dan merangsang pencernaan yang sehat.

○ Yoghurt

Yoghurt menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Klinik Nutrisi di Amerika tahun 2012 memperoleh kajian menyatakan “penderita diabetes melitus tipe 2 dapat mengonsumsi makanan ringat berupa yoghurt bertanggung jawab atas manfaat kaya probiotik, magnesium, kalsium dan vitamin D. Selain itu, yoghurt juga dapat di konsumsi karena sangat rendah gula dan protein tinggi.

○ Bawang Merah

Bawang merah diperkaya oleh nutrisi yang dapat menghambat diabetes. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya flavonoid, serat, potassium dan folat.

○ Sayuran Hijau

Sayuran hijau mempunyai manfaat luar biasa bagi pengidap diabetes melitus tipe 2. Cukup konsumsi kangkung, bayam, brokoli dapat mengurangi bahaya diabetes. Sayuran hijau mengandung vitamin K dan C, flavonoid, seng, potassium, magnesium, fosfor dan folat.

○ Bawang putih

Selama hampir beratus-ratus tahun lalu, bahan tradisional bawang putih selalu dimanfaat untuk obat herbal jantung, diabetes melitus, tekanan darah tinggi dan tumor ganas. Bahan tradisional bawang putih membantu mengurangi kolesterol jahat serta mencegah penyakit stroke.

○ Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, mencegah pembekuan darah, mengurangi peradangan kronis.

○ Teh Hijau

Segala jenis makanan dan minuman kaya akan antioksidan bermanfaat untuk penderita penyakit diabetes melitus tipe 2. Kandungan antioksidan mampu mengatur kadar gul dalam darah dan meningkatkan metabolisme.

○ Paprika

Sayuran yang mirip tomat ini mengandung sejumlah magnesium tinggi dalam membantu memanfaatkan glukosa dan melepaskan insulin dengan normal.

Diatas telah dijelaskan beberapa makanan yang baik untuk mencegah diabetes melitus tipe 2 pada sebagian besar kalangan dewasa. Mudah-mudahan menjadi jalan perantara kesembuhan para pembaca sekalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *