Promo HOT !!! Rp.155.000 Jadi Rp.150.000 Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Sampai

Makanan untuk Orang yang Tidak Punya Kantung Empedu

Makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu sama sekali baik dari sejak lahir  mau pun pasca tindakan operasi dari dampak terjadinya batu empedu dan gangguan lain pada organ empedu. Nama yang paling umum bagi kalangan penderita kantung empedu dalam bahasa inggris gallbladder artinya kantung empedu. Biasanya orang yang pernah mengalami batu empedu kemudian sembuh itu dikarenakan sudah melakukan tindakan pengangkatan kantung empedu sehingga dirinya tidak memiliki sama sekali kantung empedu dalam tubuhnya.

Ada beberapa makanan pantangan pasca operasi pengangkatan kantung empedu dan ada makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu sama sekali alias makanan yang sangat dianjurkan untuk memakannya. Kantung empedu sebagai wadah kecil di dalam tubuh terletak di bawah hati kegunaannya menyimpan dan empedu untuk membantu mencerna lemak.

Sebagai akibat dari adanya berbagai kumpulan kolesterol dan kalsium yang mengendap kemudian mengkristal lama kelamaaan akan menyumbat saluran empedu sehingga membutuhkan tindakan pembuangan batu empedu dengan jalan kantung empedu harus diangkat atau diambil. Sebagai bahan kajian kali ini maka sangat penting memahami pantangan makanan untuk penderita gangguan empedu dan makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu sama sekali pasca operasi.

Di bawah ini terdaftar beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan makanan yang mesti dimakan saat pasca operasi pengangkatan kantung empedu antara lain dibedakan menjadi 2 :

Makanan yang patut untuk dihindari pasca operasi kantung empedu

■ Butiran telur ayam dapat menjadikan tingkat berlanjut untuk keluhan pasca pengangkatan kantung empedu.

■ Hindari konsumsi babi panggang.

■ Jangan konsumsi bawang.

■ Hindari konsumsi unggas berupa jenis ayam dan kalkun.

■ Jangan pernah konsumsi susu, keju, creamer dan mentega.

■ Karbohidrat berupa gandum, jelai, gandum hitam, dieja, kamut dan sejenisnya.

■ Kacang-kacangan dan kacang polong.

■ Jeruk juga jeruk bali.

■ Cokelat.

■ Lemak trans, minyak terhidrogenasi,

■ Margarin
■ Gorengan
■ Lemak jenuh (bahkan minyak kelapa sampai terasa lebih enak)
■ Daging merah
■ Kopi, teratur atau tanpa kafein – kecuali acarculous biliary dyskinesia
■ Makanan pedas
■ Es krim
■ Teh hitam
■ Alkohol, bir, anggur, minuman keras
■ Jus buah dan minuman bergula
■ Lobak
■ Kubis, kembang kol
■ Oat (untuk beberapa orang)
■ Jagung
■ Hindari semua pemanis buatan, gula, pengawet, makanan halus dan dikelantang (seperti tepung putih)
■ Hindari merokok jika memungkinkan karena bisa memperparah gejalanya.
■ Hindari semua kemungkinan alergen makanan.

Makanan untuk orang tidak punya kantung empedu sama sekali alias makanan yang diperbolehkan dimakan pasca pengangkatan kantung empedu

■ Buah Bit
■ Mentimun
■ Kacang hijau tidak untuk dikeringkan
■ Sayuran bendi
■ Ubi jalar
■ Alpukat – cara yang baik untuk mendapatkan lemak yang dibutuhkan secara langsung dari makanan alias mentah
■ Vinegars atau cuka apel
■ Bawang putih membantu membersihkan hati tapi tidak diproses seperti serpih atau bubuk. Beberapa orang mengalami kesulitan dengan itu tapi biasanya ok dan bahkan membantu.
■ Lobak
■ Bawang Merah
■ Tomat – matang
■ ikan air tawar salmon, ikan trout
■ Lemon (jus lemon di pagi hari dengan air panas membantu membersihkan hati)
■ Anggur dan jus anggur organik segar Hindari semua jus buah kecuali jus anggur organik dan apel organik (segar, jus sendiri paling baik).
■ apel, buah beri, pepaya, pir, delima
semangka
■ Minyak omega 3 seperti biji rami. Gunakan ini dengan jus lemon segar atau cuka pada salad Anda.
■ Sayuran dan mentimun sangat membantu kandung empedu Anda bisa menambahkan sayuran hijau lainnya seperti sayuran hijau lembut, swiss chard, seledri, wortel, jahe,- hindari jenis sayuran kubis)
■ Semua sayuran yang tercantum di atas untuk jus bagus. Gunakan sayuran hijau campuran untuk salad dan hindari sayuran hijau pahit untuk saat ini.
Serat seperti yang ditemukan pada buah dan sayuran.

Diatas telah dibedakan jenis daftar makanan yang menjadi pantangan pasca operasi pengangkatan kantung empedu dengan jenis makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu pasca operasi pengangkatan kantung empedu. Maka berikut di bawah ini adalah makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu sama sekali sebagai solusi makanan yang diperbolehkan untuk menyantap sesukanya.

Bawang putih memiliki banyak manfaat dalam membantu mendetoksifikasi limbah yang mengendap dan mengeras terutama di bagian pankreas. Menurut catatan medis yang ada bahwa bawang putih mampu melindungi dan menurunkan konsentrasi kolesterol berlebihan penyebab batu empedu.

Selada air sayuran yang sangat berwarna hijau segar memiliki banyak manfaat cukup baik terlebih jika di makan secara cukup dan tidak berlebihan. Sayuran hijau ini memiliki fungsi mendukung pembersihan hati dan juga saluran empedu sehingga kristal empedu dapat larut juga tidak mengendap.

Asupan protein nabati yang cukup dapat membantu menjadi rekomendasi sesuai dalam kebutuhan pasca operasi angkat kantung empedu.

Sayuran hijau Artichokes ada banyak penelitian yang membuktikan khasiat ekstrak daun artichoke untuk menghilangkan gejala gangguan pencernaan termasuk mual, sakit perut, muntah, perut kembung, sembelit dan intoleransi lemak. Meskipun makan artichoke seperti makanan tidak sama dengan ekstrak pekat, komponen di daun artichoke sangat membantu untuk meningkatkan aliran empedu dan menghilangkan gejala masalah pencernaan. Daun artichoke memiliki efek perlindungan hati dan penurun kolesterol juga.

Demikian uraian kali ini mengenai makanan untuk orang yang tidak punya kantung empedu sama sekali selama pasca operasi pengangkatan kantung empedu.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *