Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Menu Makanan Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag

Menu Makanan Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag – Saat berpuasa terutama untuk mayoritas kalangan umat beragama islam satu bulan penuh menjalaninya penuh dengan rasa sukur tatkala mendekati adzan waktu berbuka puasa di bulan ramadhan.

Berpuasa selain menahan perasaan lapar namun memiliki nilai spiritual positif terutama dalam menahan segala bentuk tindakan negatif yang senantiasa menghampiri diri setiap individu.

Menurut catatan medis bahwa memang berpuasa bagi kalangan tidak mampu untuk menjalaninya sangat disarankan untuk tidak boleh melakukan. Sebab apa bila dipaksakan akan memicu berbagai faktor gangguan kesehatan termasuk diantaranya sakit maag bagi penderita sakit maag.

Sakit maag saat puasa untuk sebaiknya tidak meneruskan saat siang harinya atau ketika mengalami gejala sakit maag sebelum berpuasa. Walau bagaimana pun juga saat sakit maag ketika puasa akan membatalkan secara sah menurut ketentuan syarat berpuasa.

Terdapat beberapa hasil laporan yang merasakan gangguan sakit maag yang ditemukan selama dalam berpuasa penuh sebulan lamanya. Maka sangat penting terlebih untuk senantiasa cukup kuat dan mampu menjalani ibadah puasa

Beberapa diantara dengan melaksanakan berbagai bentuk kegiatan seperti hal contoh berikut :

  • Biasakan untuk sahur terlebih dahulu saat¬† malam hari menjelang subuh

Menjalankan ibadah puasa namun sakit lambung sering terjadi akan bisa membatalkan puasa saat siang harinya. Pastikan telebih dahulu untuk sahur dimalam hari menjelang waktu sahur dan cukup mengakhirkan waktu sahurnya. Sebab apabila diawali sahur ketika tengah malam masih jauh dari waktu sahur akan mengakibatkan perut mudah kosong kembali lagi dan merasakah lapar dan haus.

Selain itu, perut yang masih kosong dan fungsi kerja metabolisme belum berjalan karena habis bangun tidur langsung di isi perutnya. Makan sahur dan mengakhirkannya akan membantu dalam mencegah dan menunda rasa lapar ketika siang hari saat menjalani kegiatan berpuasa.

  • Pastikan untuk selalu menyegerakan atau mempercepat berbuka puasa ketika adzan berkumandang

Segeralah berbuka ketika waktunya sudah tiba dan tidak lupa untuk minum terlebih dahulu dengan minuman yang tidak di campur dengan air es sebisa mungkin untuk air putih jernih biasa saja.

Air es atau air panas dan air minuman lainnya akan memicu bentuk panas di dalam organ lambung dan nantinya memicu asam lambung naik. Jadi sangat disayangkan untuk terlebih dahulu mengkonsumsi minuman air putih saja seala kadarnya saat berbuka puasa baru kemudian sarapan dengan yang manis.

  • Saat berbuka puasa sarapan dengan yang manis dan tidak berlebihan

Umpamanya di depan meja makan ada sebuah kolak yang porsinya semangkok penuh jangan sampai dimakan habis tanpa sisa. Sebisa mungkin untuk mencoba mencicipinya dengan ukuran yang wajar saja. Hal demikian untuk menghindari kondisi perut yang tadinya kosong penuh dengan makanan, padahal organ lambung sedang bekerja keras untuk proses mencerna makanan.

  • Konsumsi buka puasa dengan cara perlahan lahan dan tidak terburu buru

Makan dengan cara perlahan-lahan ketika berbuka puasa akan membantu memperlancar sistem pencernaan dalam mencerna makanan. Mengkonsumsi makanan untuk ukuran sangat kecil bisa membantu salah satu kunci dalam mencegah gejala gangguan lambung dari mulai sakit maag hingga asam lambung.

  • Sehabis berbuka puasa atau sahur untuk tidak dianjurkan tidur langsung

Pada umumnya perasaan ngantuk sehabis berbuka mau pun sahur sering ada akibat konsumsi makanan yang boleh jadi berlebihan dalam menyantapnya.

Sekali lagi ditekankan untuk tidak dianjurkan sarapan dengan terburu-buru dalam porsi besar dan porsi kecil sekali pun. Terlebih lagi untuk tidak boleh istirahat tidur langsung, karena jika tidur biasanya kondisi parah mengakibatkan obesitas.

Tentu dalam hal ini kondisi sakit maag tidak ingin terjadi menjelang ibadah puasa untuk satu bulan lamanya. Kondisi sakit maag, asam lambung, tukak lambung dan gangguan lambung akan sangat berbahaya saat sedang menjalani puasa.

Beberapa contoh komplikasi yang berkaitan dengan sakit maag adalah:

  1. Penyempitan esofagus. Penyempitan atau struktur esofagus bisa saja terjadi pada seseorang yang sering mengalami sakit maag akibat refluks asam.
  2. Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan mempersempit saluran tersebut. Gejala yang bisa muncul berupa sulit menelan dan nyeri dada.
  3. Esofagus Barrett. Serupa dengan penyempitan esofagus, esofagus Barrett disebabkan oleh paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus. Namun pada kasus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut berisiko mengarah kepada kanker kerongkongan.
  4. Stenosis pilorus. Kondisi ini disebabkan oleh paparan asam lambung pada area pilorus (bagian antara lambung dan usus halus) dalam jangka panjang.
  5. Paparan menimbulkan jaringan parut dan mempersempit pilorus. Akibatnya makanan menjadi tidak tercerna dengan baik. Selain itu, muntah-muntah juga bisa dialami oleh penderita stenosis pilorus.

Nah, dalam hal ini maka yang berhubungan dengan menu makanan sahur dan berbuka puasa untuk penderita sakit maag memang perlu disajikan ketika menjelang bulan ramadhan supaya menghindari hal-hal yang memicu keluhan kesehatan pada organ lambung.

Sebenarnya menu makanan sahur dan buka puasa untuk penderita maag akut dan maag kronis itu sangat tersedia dalam jumlah yang tidak sedikit.

Senyawa asam alami dalam makanan seperti terdapat pada buah dan sayuran segar hijau itu bisa memicu gejala asam lambung dan sakit maag. Sangat penting untuk bisa memiliki jenis makanan makanan yang baik untuk sakit maag.

Gejala asam lambung naik ke kerongkongan termasuk dari kondisi GERD dan sakit maag ketika umumnya saat menjalani ibadah puasa. Sangat disayangkan apa bila ketika menjalani ibadah puasa batal hanya karena sedang mengalami kondisi sakit maag.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk memilih jenis makanan yang baik dan membantu melancarkan organ sistem pencernaan terutama organ lambung.

  • Sayuran hijau organik dan hidroponik

Sayuran hijau organik dan hidroponik termasuk dalam menu makanan yang wajib dan harus ada ketika menjelang berbuka puasa atau saat sahur.

Ternyata kandungan pada sayuran hijau sangat rendah lemak dan rendah kandungan gula menjadikan menu makanan baik untuk penyakit maag alias asam lambung.

Sayuran hijau akan membantu mengurangi tingkat keasaman seperti yang terdapat pada kacang hijau, brokoli, bayam, asparagus, kembang kol, kentang dan mentimun bahkan bisa membentuk lalapan sehat saat buka puasa.

  • Minuman jahe

Ya mungkin pernahkan anda berbuka dengan minuman jahe saat berbuka puasa ? tentu saja sangat dianjurkan sekali untuk kalangan yang sedang mengalami kondisi sakit maag. Biasakan untuk minum ramuan jahe atau wedang jahe karena kandungan anti inflamasi yang terkandung di dalamnya.

Jahe sebagai ramuan alami untuk membantu mengurangi rasa panas dalam di perut dan gangguan pada organ lambung termasuk usus.

  • Biji bijian utuh seperti gandung, tepung dan oatmeal

Oatmeal merupakan bentuk sarapan yang umum dilakukan tidak hanya bulan puasa saja, ternyata oatmeal kini sudah menjadi makanan favorit keluarga yang sangat bagus bagi kesehatan. Oatmeal ini sangat bermanfaat untuk pengganti nasi dan roti.

  • Buah buahan yang tidak sama sekali mengandung rasa asam

Buah buahan yang tidak mengandung asam tentunya bermanfaat dalam meningkatkan energi saat siang hari ketika sedang berpuasa. Apa bila mengkonsumsi sebaliknya yakni makanan mengandung asam tinggi maka faktor risiko maag akan terjadi. Salah satu jenis makanan yang mengandung manfaat ketika sedang mengalami maag saat puasa berupa kurma dan buah kismis,

  • Putih telur

Selama ini orang menyangka bahwa putih telur hanya biasa saja ketika di konsumsi, tetapi faktanya bahwa kandungan dalam putih telur akan mengurangi panas dari efektivitas metabolisme menjelang buka puasa.  Sebaliknya untuk kuning telur akan memicu gejala panas dan tinggi lemak yang tentunya memicu asam lambung naik ke kerongkongan atau sakit maag

  • Memperbanyak minum ketika menjelang berbuka puasa

Walau pun memperbanyak minum ketika menjelang buka puasa, sangat baik jika minum secara perlahan lahan sebab sangat diperlukan cairan tubuh yang banyak sehingga tidak merasakan haus ketika siang harinya. Buka puasa sebisa mungkin untuk meminum jus yang tidak mengandung es dan di campur dengan madu alami.

Cairan madu telah terbukti mampu meningkatkan faktr energi harian dengan kandungan lengkap penuh zat gizi yang aman di konsumsi oleh kalangan anak-anak hingga manula yang mengalami kondisi maag saat berpuasa.

Itulah beberapa langkah tindakan yang sangat diutamakan ketika berpuasa sementara dirinya sedang mengalami sakit maag. Perlu di ingat pula bahwa faktor lainnya sehingga memicu gangguan maag pada tingkat parah diantaranya :

  • Tidak dianjurkan merokok saat buka puasa untuk kalangan penderita sakit maag khususnya orang dewasa.
  • Bagi penderita sakit maag ketika bulan puasa untuk tidak sama sekali mengkonsumsi jenis obat pereda sakit maag non steroid baik dalam bentuk cair mau pun bentuk apa saja.
  • Kalangan anak-anak terutama mengalami sakit maag untuk segera konsultasi terlebih dahulu apa bila mengalami kondisi buruk akibat sakit maag.
  • Perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi menu makanan saat berbuka puasa dan saat sahur untuk bisa konsumsi dalam batas yang sangat wajar artinya tidak berlebihan.

Menu Makanan Sahur dan Buka Puasa untuk Penderita Maag

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.