Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Bayar Setelah Barang Diterima

Klik tulisan GO-SEND GRAB

   

Macam Macam Sendi dan Letaknya Pada Rangka Manusia

Macam macam sendi dan letaknya pada rangka manusia menjadikan suatu pembahasan biologi termasuk ilmu anatomi tubuh manusia patut untuk sama sekali dipelajari semenjak dini.

Persendian merupakan serangkaian sendi yang ada di dalam tubuh manusia dan memiliki fungsi tersendiri selain sebagai titik tumpu dalam bergerak. Sendi atau persendian merupakan hubungan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain. Berdasarkan jaringan penyambungnya dan pergerakannya, jenis-jenis sendi di bagi menjadi 3 diantaranya sebagai berikut :

Sinartrosis

Sendi sinartrosis adalah suatu hubungan tulang yang tidak dapat digerakan atau mempunyai gerakan yang minimal, sesuai dengan jaringan penghubungnya. Macam-macam sendi sinartrosis antara lain :

■ Sinfibrosis merupakan hubungan antar tulang dengan jaringan sabut-sabut kolagen dan jaringan ikat sekitarnya, sehingga tidak dapat digerakan. Misalnya sendi sinfibrosis berupa sutura-sutura di tengkorak mau pun tulang koksa.

■ Sinkondrosis berupa hubungan antar tulang dengan jaringan tulang rawan diantaranya atau adanya diskus. Contoh sendi sinkondrosis berupa tulang tulang vertebra antara tulang dada dengan tulang rusuk.

Diartrosis

Sendi diartrosis adalah hubungan tulang yang dapat digerakan dengan bebas, umumnya diliputi oleh suatu selaput (capsula sinovia) dan diantaranya terdapat cairan sinovia. Berdasarkan sumbu yang ada dan arah pergerakannya dibedakan menjadi beberapa sendi berikut :

○ Sendi engsel merupakan jeis sendi yang berupa hubungan antar tulang yang memiliki satu poros sehingga mampu bergerak ke satu arah. Fungsi sendi engsel terdapat pada sendi siku dan sendi lutut.

○ Sendi peluru merupakan jenis sendi berupa hubungan antar tulang yang memiliki bagian cekung dan bagian bulat, ada poros sehingga bergerak meluncur ketiga arah. Fungsi sendi peluru terdapat dari sendi gelang bahu dan sendi gelang pinggul.

○ Sendi putar merupakan persendian yang memiliki poros yang lebih dari dua, sehingga seolah-olah dapat berputar, bergerak bebas. Fungsi sendi putar terdapat pada sendi antara vertebra servikalis 1-2 dan tulang dasar tengkorak.

○ Sendi pelana merupakan sendi yang mempunyai gerakan yang menggeser saja, seperti kalau menduduki pelana kuda. Fungsi sendi pelana terdapat pada persendian antar tulang pergelangan tangan mau pun kaki.

Amfiartrosis

Amfiartrosis (sendi kaku) merupakan hubungan antara tulang yang hanya sangat sedikit memungkinkan adanya gerakan. Contoh sendi amfiartrosis yakni persendian yang terdapat pada tulang-tulang pergelangan tangan, persendian tulang pergelangan kaki, serta persendian ruas-ruas tulang belakang.

Amfiartrosis merupakan sendi terdiri dari ujung-ujung tulang rawan yang menghasilkan gerakan terbatas dan bersifat kaku. Contoh sendi kaku berupa gerakan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

Sendi mati merupakan sendi yang tidak adanya gerakan. Contoh sendi mati berupa sutura yang menghubungkan antar tulang pada tengkorak.

Sendi gerak memungkinkan sendi mampu melakukan gerakan secara bebas. Contoh sendi gerak berupa sendi diartrosis seperti yang telah dijelaskan diatas.

Macam macam sendi dan letaknya dalam rangka manusia itu memiliki jumlah tertentu bahkan tak terbilang. Bahwa seorang ilmuan muslim dan non muslim mendapati ada ratusan sendi di dalam rangka manusia sehingga memungkinkan manusia bisa melakukan gerakan dan beraktivitas.

Dari salah satu ilmuan Prof DR Hamid Ahmad menerangkan dalam bukunya yang berjudul Rihlah Al-Imam Fi Jism, Al-insan menerangkan bahwa dalam hadits pula dikatakan pada rangka manusia ada sekitar kurang lebih 360 sendi seperti riwayat Sabda Rasululloh SAW.

Ternyata pembuktian benar adanya sendi dari sumber Hadits bahwa memang benar oleh ilmuan baik muslim dan non muslim menemukan bukti mencengangkan dengan jumlah kalau sendi sekitar 360 sendi. Diantara bukti jumlah sendi dalam tubuh manusia berikut dibedakan berdasarkan tulang-tulang penyusunya antara lain :

■ Tulang Belakang Memiliki 147 Sendi

  • 25 sendi belakang tulang belakang
  • 72 sendi dari tulang belakang dan tulang rusuk
  • 50 sendi atas tulang belakang pada jalan makanan samping

■ Tulang dada memiliki 24 sendi

  • 2 sendi antara tulang dada dan rongga dada
  • 18 sendi dari tulang dada dan kepala
  • 2 sendi hubungan tulang selangka dan belikat

■ Tulang atas tubuh memiliki 86 sendi

  • 2 sendi lawan tulang bahu
  • 6 sendi lihat tulang siku
  • 70 sendi dari tulang-tulang tangan
  • 8 sendi dari tulang pergelangan tangan

■ Pada bagian bawah tubuh terdapat 92 sendi

Simak baik-baik obat herbal pengapuran sendi lutut dan osteoarthritis

  • 2 sendi pada tulang paha
  • 6 sendi dari tulang-tulang dua lutut
  • 6 sendi lagi pergelangan kaki
  • 74 sendi atas tulang-tulang telapak kaki
  • 4 sendi dari tulang lutut

■ Daerah sekitar panggul

  • 4 sendi dari tulang ekor
  • 6 sendi antara tulang pinggul
  • 1 sendi untuk hubungan tulang kemaluan

Beberapa komponen pembentuk sendi

■ Ligamen, berfungsi sebagai penghubung bagian luar ujung tulang supaya dapat menyatu dengan sendi dan bisa berfungsi supaya tidak bisa diubah pada lokai sendi dan tulang ketika bergerak

■ Kapsul sendi sangat berfungsi sebagai penghubung antara dua sendi memiliki rongga di dalamnya

■ Tulang rawan diantaranya bagian yang melapisi kedua ujung tulang, berfungsi untuk menjaga tulang dari benturan atau gesekan saat melakukan pergerakan.

■ Cairan sinovial yaitu cairan pelumas pada area ruang persendian.

Sistem muskuloskeletal pada manusia terdiri dari tulang, otot dan persendian (dibantu oleh tendon, ligamen dan tulang rawan). Sistem ini memungkinkan manusia untuk duduk, berdiri, berjalan dan melakukan kegiatan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain sebagai penunjang dan pembentuk tubuh, tulang juga berfungsi sebagai pelindung organ dalam tubuh. Tempat pertemuan antara tulang dinamakan dengan persendian yang berperan untuk mempertahankan kelenturan kerangka tubuh manusia. Tidak adanya persendian. anda tidak mungkin bisa melakukan berbagai gerakan. Sementara yang berfungsi menarik tulang pada saat anda bergerak merupakan otot, berupa jaringan elastis yang cukup kuat.

Terdapat 3 jenis persendian yang dibedakan berdasarkan jangkauan gerakan yang dimiliki antara lain :

■ Persendian fibrosa diantaranya persendian yang tidak dapat digerakan, dimana letak tulang-tulangnya sangat berdekatan dan hanya dapat dipisahkan oleh selapis jaringan ikat fibrosa, contohnya sutura diantara tulang tulang tengkorak.

■ Persendian kartilagenosa diantaranya persendian yang gerakannya terbatas dimana tulang tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan contohnya tulang iga/tulang rusuk.

■ Persendian sinovial diantara persendian yang gerakannya bebas, merupakan bagian terbesar dari persendian pada tubuh orang dewasa, contohnya sendi bahu dan panggul, sikut dan lutut, sendi pada tulang tulang jari tangan dan jari kaki, pergelangan tangan dan kaki.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *