Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Ciri-Cirinya

Menurut sejarah dalam catatan bangsa kekaisaran romawi kuno celcus di pada tahun 2000 tahun yang lalu dokter dizamannya bahwa tertulis “ketakutan dan kemarahan dan kondisi pikiran lainnya mungkin sering merangsang denyut nadi” Stres suatu konsekuesnsi hidup yang tidak dapat terhindarkan, akan tetapi terdapat beberapa tindakan yang mesti dilakukan untuk menghindari dan melakukan kegiatan.

Macam-Macam Penyakit Jantung dan Ciri-Cirinya

Cara yang tepat hanya cukup belajar membedakan keduanya sehingga tidak membuang waktu dan bakat terpendam. Dalam hal ini diantaranya adalah dengan belajar memperbaiki persepsi yang salah dan mengembangkan rasa pengendalian diri yang lebih baik atas aktivitas di tempat kerja atau pun ketika sedang berada di rumah. Dengan hal belajar semacam ini tentu akan memperbaiki kualitas hidup yang bukan hanya itu saja, akan tetapi membantu meningkatkan kesehatan baik secara fisik mau pun secara mental (emosional).

Berbagai makna lainnya dapat diarahkan ke belakang kembali menurut sejarah aristoteles dan virgil mengajarkan filsafat bahwa jantung dan bukan otak merupakan pusat pikiran dan jiwa serta kepercayaan. Serupa dapat ditemukan dalam kitab suci hindu kuno. Lain pula dengan seorang William Harvey memperoleh pemahaman bahwa sistem peredaran darah manusia pada sekujur tubuh melalui jaringan pembuluh darah itu karena aktivitas mekanis jantung dan menyadari bahwa jantung bukanlah hisapan jempol belaka.

Jika memiliki keluhan kesehatan berupa penyakit jantung terutama bagi kalangan lanjut usia maka langkah awal dalam membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit tersebut tidak kambuh lagi adalah dengan merubah pola makan menjadi sehat dan gaya hidup sehat. Olahraga secara teratur dapat membantu dalam hal ini karena diantaranya olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung salah satunya olahraga lari di pagi hari.

Kegiatan yang berkenaan dengan gaya hidup yang sehat dengan senantiasa mengurangi tingkat stres, membiasakan untuk tidak tidur larut malam atau tidak baik untuk selalu begadang setiap malam, makan makanan yang kaya akan serat bagus untuk membersihkan kolesterol berlebihan. Bukan sekedar itu pula, banyak sekali kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat dalam langkah awal mencegah potensi terjadinya penyakit jantung pada lanjut usia antara lain berhenti merokok, berhenti dari ketergantungan obat-obatan keras, berhenti dari konsumsi alkohol berlebihan turut andil untuk mewujudkan jantung yang sehat.

Banyak orang yang berspekulasi mengenai penyakit jantung diakibatkan oleh tekanan emosional, stres, depresi dan gangguan psikis. Hal demikian itu memang wajar dan sudah dikaitkan semenjak lama atas hubungan antara stres, penyakit jantung dan kematian mendadak dari serangan jantung.

Dalam catatan medis para ahli bahwa sangat sukar mendefinisikan stres itu sendiri karena sebagai fenomena dan kejadian subjektif yang berbeda pada setiap masing-masing pribadi bahkan sering kali merespon stres dengan cara yang berbeda pula. Stres dan penyakit jantung bisa saja memiliki kaitan cukup erat, sebab dari yang dikatakan sebelumnya bahwa stres merupakan tekanan dan harus dihadapi sebagai konsekuensi hidup manusia sekarang dan dimasa depan.

Berkenaan dengan hubungan antara stres dan penyakit jantung pada setiap individu baik dari kalangan usia muda hingga lanjut usia sekali pun tentu perlu dasar pemahaman yang tepat dengan melalui dasar macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya untuk membantu menjaga kesehatan dan fungsional jantung.

Studi ilmiah lainnya dari para ahli berkaitan dalam hal stres dan beban pikiran memiliki kaitan erat termasuk tahapan penelitian “stres dapat mengakibatkan aterosklerosis dipercepat dan oklusi koroner yang dikaitkan dengan peningkatan kolesterol, trigliserida, dan asam lemak bebas, peningkatan fibrinogen, haptoglobin, seromucoida plasma, agregasi trombosit dan perekat, polisitemia, dan percepatan pembekuan darah.

Nah, pada bahasan sekian kalinya akan di bahas mengenai macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya yang umum dan terjadi di segala tingkatan usia baik usia muda dan manula. Macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya memang sudah dilakukan hasil kajian ilmiah secara medis dengan banyak sekali macamnya dari mulai gagal jantung kongestif, serangan jantung atau infark miokard, angina juga adanya komplikasi penyakit jantung.

Di bawah ini deretan macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya yang patut sebagai kalangan usia memelihara fungsi-fungsi kerja jantung dan mencegah stres sebagai pemicu utama penyakit jantung dan kolesterol berlebihan.

■ Serangan Jantung (Infark Miokard Akut-Kronis)

Sebenarnya untuk jenis penyakit jantung yang satu ini merupakan macam penyakit jantung yang cukup parah sekali dan perlu adanya tindakan akurat dari ahli medis. Serangan jantung atau infark miokard sebenarnya terjadi saat suplai darah menuju jantung menjadi terhambat dan tersumbat. Adanya aktivitas penumpukan sejumlah jaringan lemak bersama dengan kolesterol berlebihan dan adanya penumpukan elemen molekul sel lainnya. Banyaknya kendala aliran darah pada pembuluh darah menuju jantung dapat merusak kemampuan otot jantung dalam memompa darah.

Ada pun berkaitan erat dengan gejala yang sering dialami dari kondisi keluhan kesehatan serangan jantung alias infark miokard berupa gejala sebagai berikut :

  • Nafas menjadi sesak
  • Nyeri di bagian ulu hati atau pada bagian dada
  • Fisik terasa lemah, lemas, letih, lesu dan kepala pening bahkan terasa mau pingsan
  • Prilaku menjadi mudah cemas dan gelisah serta takut.

Infark miokard tidak tergantung pada keparahan nyeri dada yang terus terjadi. Nyeri dada tidak hanya terjadi pada sebagian besar pasien penderita penyakit jantung, bisa saja terjadi pada mereka yang mengalami keluhan lambung sakit, perih dan maag yang terjadi. Penting di usia muda agar senantiasa menjaga kesehatan fungsional jantung dengan selalu melakukan pola hidup yang sehat dan menjaga pola makan sehat seimbang.

Penyebab penyakit jantung pun tidak luput dari pemahaman berupa kajian macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya. Penyebab terjadinya resiko serangan jantung yang secara umum di dominasi terjadi pada kalangan manula alias manusia lanjut usia diantaranya sebagai berikut :

■ Pemicu paling utama penyakit jantung diantaranya penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner muncul dengan berbagai pemicu utama diantaranya terjadi fenomena tersumbatnya aliran sirkulasi darah pada sistem pembuluh darah akibat aktivitas penumpukan jaringan lemak bersama kolesterol berlebihan. Tersumbatnya aliran darah yang menyuplai oksigen dan darah menuju jantung juga sebaliknya.

■ Aktivitas lain pemicu serangan jantung mendadak berupa kejadian retaknya plak dan berakibat penggumpalan darah. Gumpalan darah yang retak tentunya akan menghambat suplai darah bersama oksigen menuju jantung.

■ Gaya hidup tidak sehat berupa kegiatan negatif dengan selalu ketergantungan merokok, akibat jenis penyakit diabetes, dan hal itu tadi adanya kolesterol berlebihan. Selain itu kebiasaan ngemil makanan berlemak, obesitas pun tidak luput menjadi pemicu serangan jantung dan ketergantungan jenis obat-obatan keras.

■ Jenis penyakit gagal jantung

Lain pula dengan jenis penyakit serangan jantung kondisi gagal jantung adalah saat jantung tidak mampu bertahan dalam kemampuan memompa darah bagi tubuh juga sebaliknya secara normal. Gagal jantung hanya bisa terjadi sebagai akibat dari otot jantung yang putus dan rusak secara permanen dari faktor pemicu infark miokard alias serangan jantung mendadak.

Gagal jantung sebagai bagian dari macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya memang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok dan tipe gagal jantung diantaranya :

  • Gagal jantung bagian kiri bilik kiri jantung tidak mampu bertahan dalam memompa darah dengan sempurna untuk keluar menuju seluruh jaringan tubuh, sehingga potensi bahaya berupa aliran darah berkurang dan kurangnya suplai aliran darah bersama oksigen.
  • Gagal jantung bagian kanan akibat aktivitas rusaknya bilik kanan jantung yang mengakibatkan proses penerimaan suplai oksigen di dalam paru-paru oleh darah tidak berjalan dengan lancar alhasil paru-paru menjadi sesak.
  • Gagal jantung sistolik berupa kondisi otot jantung tidak lagi berkontrasi lagi sebagaimana fungsinya sehingga proses aliran darah suplai oksigen terjadi gangguan.
  • Gagal jantung diastolik kejadian berupa organ jantung sukar sekali terisi darah akibat kaku pada jaringan otot organ jantung.

■ Jenis penyakit jantung koroner

Salah satu dari macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya dengan berbagai gejala yang sering terjadi dan umum lebih dialami orang dewasa bersama kalangan para orang tua. Hidup mengalami penyakit jantung koroner patut untuk senantiasa membiasakan pola makan sehat dan seimbang juga perubahan gaya hidup menjadi sehat. Pada umumnya penyakit jantung koroner termasuk jenis penyakit jantung yang memicu penyakit jantung lainnya.

Pemicu utama dari macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya berupa penyakit arteri koroner alias jantung koroner adalah aktivitas akumulasi plak. Dengan kejadian pembuluh darah arteri jantung yang mengalami kendala dan tersumbat maka membatasi aliran darah menuju organ jantung. Penyakit jantung dapat merembetkan dan memicu lainnya dari mulai tidak terjadi gejala, nyeri di bagian dada hingga serangan jantung.

Diantara berbagai gejala umum yang sering terjadi pada pengidap penyakit arteri koroner diantaranya nyeri di bagian dada, detak jantung tidak terkendali begitu kencang dan nafas terengah-engah, terjadi gastroeintestinal berupa mual dan masalah sistem pencernaan, kepala terasa pening dan keringat dingin, merasakan tubuh mudah goyah dan terjatuh.

Angina alias orang lebih mengenalnya sebagai angin duduk berupa keadaan nyeri dada yang terjadi akibat kekurangan suplai darah menuju jaringan otot jantung akibat terumbatnya sistem pembuluh darah. Kalangan pengidap angina berpotensi besar mengalami serangan jantung mendadak dan membahayakan nyawa seseorang.

Angin duduk atau angina dibedakan ke dalam beberapa jenis menjadi dua diantaranya sebagai berikut :

■ Angin duduk stabil merupakan kejadian serangan angina saat jantung diharuskan untuk melakukan fungsinya secara tidak terkendali. Diambil contoh kejadian berupa aktivitas berat dan melelahkan. Serangan angin duduk stabil hanya dapat di perkecil gejalanya dengan mengonsumsi jenis obat jantung dan istirahat secara teratur.

■ Angin duduk tidak stabil adalah lawan dari angin duduk stabil yang merupakan kejadian cukup parah dan mengancam jiwa seseorang. Angin duduk tidak stabil merupakan kondisi parah dimana semua fungsi-fungsi vital organ jantung tidak berfungsi dan mengalami kelemahan. Sama dengan jenis penyakit jantung koroner bahwa penyakit angin berasal dari penumpukan plak yang rusak dan menghambat aliran darah bersih bersama oksigen.

Itulah pembahasan dan ulasan mengenai macam-macam penyakit jantung dan ciri-cirinya yang baik untuk diwaspadai dan dilakukan pencegahan sedini mungkin dengan berupaya semaksimalnya antara lain istirahat yang cukup, olahra secara teratur, batasi minuman beralkohol, berhenti merokok sekarang juga dan senantiasa menjaga pola makan yang sehat dan seimbang ketika usia mendekati senja alias masa lanjut usia.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *